taman di jawa barat
https://www.tourbandung.com/

Taman Wisata Di Jawa Barat Ini Mampu Melepaskan Penat Dengan Rutinitasmu Yang Padat

Kawasan Jawa Barat selalu menyuguhkan wisata alam yang mampu membuat siapa saja terpukau melihat pesona alam di bumi Paharyangan. Liburanmu pun akan menjadi menyenangkan karena memilih Jawa Barat sebagai pilihan untuk melepaskan penat dari rutinitas harianmu.

Kesibukkan serta padatnya rutinitas di kota besar seperti Jakarta terkadang membuat tingkat stres meninggi yang akan mengakibatkan turunnya produktivitas kerja. Berikut ini adalah tempat wisata yang dapat menurunkan tingkat stresmu.

 

Taman Karang Resik
https://backpackerjakarta.com/

 

Wisata Karang Resik adalah sebuah taman kota yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat tepatnya di Jalan Muhammad Hatta, kota Tasikmalaya tepat di perbatasan Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis yang juga sebagai penghubung antar provinsi di pulau Jawa yang kini telah dijadikan objek wisata.

Dulu taman wisata Karang Resik Tasikmalaya Jawa Barat hanyalah sebuah taman biasa yang tampilannya tidak begitu istimewa, yang bahkan hanya dipandang sebelah mata oleh pengunjung. Hanya satu saja yang menarik dari taman ini, yaitu taman ini merupakan taman bersejarah sebagai saksi bisu pengusiran penjajah oleh prajurit Siliwangi. Pada Agresi Militer pertama Agustus 1947, Belanda berusaha untuk masuk ke kota Tasikmalaya tetapi berhasil dihadang oleh tentara RI dan juga rakyat Tasikmalaya.

Daya tarik Taman Karang Resik ini adalah banyak tersedianya spot foto oleh pengelola dengan beragam bentuk serta bermacam pemandangannya. Selain Spot foto yang menarik untuk diunggah di Instagram mu, kamu juga dapat menemukan kawasan wisata lain yang keindahannya juga tak kalah menarik seperti Teras Cikapundung, Peta Park, The Loge Maribaya, Barusen, Waterboom, Taman Bunga, Museum 3 dimensi, Hobbit, Farm House, cafe di bukit, Amfiteater, flying fox, arung jeram di sungai Citanduy dan juga wisata lainnya.

Di objek wisata ini kamu juga akan menemukan bangunan yang terbuat dari bambu yang dikemas secara unik, hingga terbentuklah sebuah Spot foto keren dan menarik dengan bentuk yang sangat indah. Ada beberapa bangunan yang menjadi ikon wisata karangresik sebagai pembeda dengan wisata kreatif lainnya yang ada di Indonesia. Kini Taman Karang Resik menjadi sebuah tempat wisata favorit warga Tasik ataupun Ciamis, yang bahkan ada wisatawan yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat ataupun Jakarta.

Taman Karang Resik berdiri di atas lahan seluas 32 hektar yang memiliki beberapa wisata seperti kawasan agrowisata, wisata alam, wisata atraksi, lokasi dan juga wisata budaya. Dan untuk menikmati wisata Karang Resik kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000, tetapi biaya tersebut hanya untuk biaya masuk saja, karena jika ingin menikmati wisata lainnya seperti flying fox, arung jeram, farm House dan Waterboom maka kamu harus membayar lagi sebesar Rp20.000, tetapi untuk dapat menggunakan Spot selfie nya kamu tidak perlu khawatir karena digratiskan atau tidak perlu membayar lagi.

Dan beberapa Spot selfie yang menjadi idola bagi para pengunjung adalah icon-icon di dunia, jembatan Cirahong, rumah pohon, rumah Viking, sepeda gantung dan juga spot-spot lainnya. Masih ada beberapa spot seli tambahan yang masih dalam proses pembangunan. Tak jarang kamu akan menemui pengunjung yang memang bertujuan datang untuk mengambil foto dengan latar beragam bentuk miniatur bangunan yang sangat menarik.

Kamu juga akan menemukan sebuah amfiteater yang digunakan untuk pertunjukan pentas seni dan budaya dengan daya tampung hingga 1000 orang penonton. Tak jarang juga amfiteater tersebut digunakan untuk penyelenggaraan band-band atau yang menghibur wisatawan yang datang. Dan untuk konsep agrowisata terdapat beberapa jenis sayuran dan juga tanaman pangan yang juga cocok sebagai wisata edukasi dan sebagai pengenalan berbagai macam jenis tanaman dan juga sayuran untuk anak-anak.

Dan yang tidak ketinggalan terutama bagi para wanita, tempat yang satu ini pasti sangat dicari yaitu toko souvenir khas Tasik. Di tempat ini kamu akan menemukan banyak sekali souvenir ciri khas Tasikmalaya yang dapat kamu bawa pulang sebagai oleh oleh. Lapar? Jangan khawatir karena masih berada di kawasan ini, kamu akan menemukan arena kuliner yang menyediakan hidangan yang mampu menggugah selera mu. Kini Karang Resik telah dikenal banyak orang, terlebih bagi para selebgram ataupun akun travelling yang mengunggah foto keren yang berlokasi di Karang Resik demi mencari follower yang banyak.

Baca Juga :  Pesona Wisata Alam Jawa Barat Yang Mampu Menyihir Mata Wisatawan
Kebun Begonia Lembang
https://dolandolen.com/

Kebun Begonia Lembang

Kebun Begonia Lembang merupakan salah satu tempat rekreasi alam yang terletak di Bandung. Taman ini memiliki beraneka ragam tanaman hias yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan datang berkunjung, dan yang menjadi ikon kebun ini adalah bunga balinea yang berasal dari Bali.

Tidak hanya warga dari Bandung, bahkan wisatawan yang dari luar Bandung pun datang ke sini untuk melihat keindahan sebuah taman bunga di bumi Parahyangan. Tempat wisata di Lembang ini telah menjadi favorit yang banyak diburu oleh para wisatawan, ternyata kebun Begonia Lembang ini tak hanya menarik kaum wanita saja. Adanya taman Begonia di Lembang ini memiliki daya tarik yang mampu merubah pandangan bahwa bunga-bunga yang berada di taman ini disukai oleh semua orang. Pria, wanita, kecil, besar, dewasa, tua ataupun muda semua sangat menikmati keindahan pesona taman yang berada di perbukitan Lembang yang sangat sejuk.

Taman bunga Begonia Glory di Lembang ini merupakan kawasan yang didirikan dengan tujuan memperkaya florikultura Indonesia. Untuk itu dibuatlah sebuah kawasan taman bunga yang lengkap dengan aneka jenis bunga taman yang tak kalah dengan Rainbow Garden di Floating Market Lembang. Dan beberapa bunga yang ikut menghiasi taman bunga Begonia ini antara lain adalah bunga celosia, melampodium, bunga impatiens, bunga Salvia, bunga geranium dan masih ada beberapa jenis bunga lainnya.

Sejarah penamaan kebun Begonia Bandung Jawa Barat ini adalah taman bunga ini berada di dataran tinggi Lembang yang sebagian besar komoditas unggulan dan juga sebagai ikon taman ini yaitu bunga Balinea. Bunga balinea adalah kepanjangan dari bunga Begonia yang berasal dari Bali.

Bunga balinea menjadi sangat terkenal dan juga fenomenal bagi para pencinta bunga, karena balinea adalah bunga Begonia Bali yang memiliki tampilan bentuk dan warna yang sangat menarik, yang apabila dibandingkan dengan bunga yang lain yang ada di taman bunga ini dan sudah kita kenal adalah,

Bunga balinea mampu untuk tumbuh meskipun berada di kawasan dataran tinggi ataupun rendah dan juga tetap lebat dan tidak terpengaruh dengan musim.

Bunga balinea tahan terhadap cuaca ekstrem seperti musim penghujan ataupun panas dan juga bunga ini sangat mudah untuk memeliharanya.

Bunga balinea bisa ditanam di berbagai kontur tanah dan juga di segala tempat tanaman seperti kebun, pekarangan, rumah atau di Jalan Perumahan.

Bunga Begonia juga dapat menjadi media yang baik untuk diletakkan di pot, balkon atau pun langsung ditanam di tanah.

Taman begonia Lembang sangat cocok sebagai tempat rekomendasi untuk keluarga, terutama pada saat musim liburan tiba. Wisata taman ini selain kamu dapat menikmati pesona keindahan Taman, kamu juga akan mendapatkan ilmu atau informasi tentang bunga seperti  beragam jenis tanaman bunga dari dalam ataupun dari luar negeri, cara pemeliharaan bunga yang baik dan benar serta hal baru yang sangat menarik lainnya.

Anda juga akan terkesima melihat penataan taman bunga yang berada ditengah dataran tinggi kawasan Bandung Barat. Taman Begonia Lembang yang berada di ketinggian 1200 m diatas permukaan air laut ini dirancang untuk membudidayakan beraneka macam tanaman bunga yang sekaligus juga dapat sebagai kawasan wisata alam.

Di tempat ini kamu sudah dapat menikmati beragam fasilitas yang telah dibangun yang mampu mengakomodasi semua aspek kenyamanan berwisata para pengunjung seperti adanya beberapa area taman bunga, kebun yang ditanami oleh banyak macam sayuran dan juga kamu juga dapat menemukan Cafe. Di tempat ini juga ada tempat makan dimana kamu dapat menikmati pemandangan alam yang disajikan sambil menikmati makan dan minum yang sudah kamu pesan.

Keunikan lain di tempat ini yaitu kamu diperbolehkan memetik buah-buahan sendiri di area khusus perkebunan yang ada di sekitar Taman ini. Sayuran yang sudah dipetik di kebun juga bisa kamu nikmati langsung ditempat atau bisa juga di bawa yang kemudian dimasak di tempat yang telah disediakan oleh pengelola taman. Sayuran yang dapat kamu temukan di area perkebunan Taman ini antara lain adalah cabe, jagung, terong, tomat ceri, kaktus, brokoli, serta beberapa sayuran lainnya yang tumbuh di dataran tinggi pegunungan Lembang.

Selain disuguhkan dengan keindahan aneka taman bunga, di tempat ini juga tersedia fasilitas menarik lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti wisata outbound khas taman Begonia yang mengusung konsep Van Treasure Hunt. Outbound ala Taman Begonia ini meliputi puzzle treasure, secret passage, pinata dan farm trekking.

Banyak wahana yang menarik yang disediakan untuk kenyamanan para pengunjung taman bunga ini, di mana keunikan bunga akan menarik perhatianmu untuk berfoto dengan latar yang sangat cantik. Wahana tersebut antara lain adalah,

Gerbang Begonia

Pertama kali kamu memasuki kebun, kamu akan disambut dengan gerbang yang sangat eksotis dengan deretan bunga yang tersusun sebagai gerbang, lengkap dengan ornamen “Welcome to kebun Begonia Lembang”.

Bunga cinta

Bunga Cinta adalah salah satu wahana yang sangat favorit bagi para pengunjung. Saat memasuki wahana ini kamu akan disambut dengan sebuah gerbang berbalut bunga dengan bentuk hati, yang tentu akan menarik perhatian sepasang kekasih untuk melakukan foto.

Mobil bunga

Mobil bunga adalah salah satu wahana yang sangat unik di mana seluruh mobil dipenuhi dengan berbagai macam bunga, lengkap dengan tambahan bentuk cinta di bagian belakang mobil yang menambah keunikan mobil.

Memberi makan kelinci

Wahana yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak, karena dapat mengajarkan mereka untuk menyayangi binatang dan juga berinteraksi secara langsung dengan memberi makan pada kelinci lucu.

Berkuda

Selain kelinci, koleksi fauna yang ada di kebun Begonia Lembang ini adalah kuda. Kamu dapat merasakan berkuda jika ingin menikmati suasana kebun dengan santai dan tidak ingin capek. Kuda yang ada di taman ini merupakan kuda jinak, dan pengunjung tidak perlu khawatir karena selain jinak pengunjung juga akan dikawal oleh pawang yang sudah profesional dalam berkuda.

Semua fasilitas seperti menikmati keindahan Taman Begonia Lembang dan juga wisata outbound dapat dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Tetapi terdapat perbedaan terhadap pengunjung yang membawa kamera jinjing profesional dengan resolusi tinggi seperti DSLR akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp50.000.

Baca Juga :  6 Rekomendasi wisata Jogja 2019 yang wajib banget kamu kunjungi!
Kebun Teh Ciater
https://miro.medium.com/

Kebun Teh Ciater

Objek wisata kebun teh di Subang Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang merupakan tempat wisata yang selalu dipadati oleh wisatawan baik di hari biasa ataupun di hari liburan.

Keberadaan kebun teh Ciater tepatnya di Kabupaten Subang setelah melewati kawasan wisata alam gunung Tangkuban Perahu menuju pemandian air panas Ciater. Perkebunan ini berada di ketinggian 1100 m diatas permukaan laut, yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda yang memperkenalkan teh di tahun 1915.

Kebun teh Ciater memiliki pabrik teh di tahun 1934 yang memulai operasi di tahun 1937. Dan diawal aktivitasnya pabrik menghasilkan 900 ton teh kering pertahun, yang kemudian di tahun 1990 dibangun pabrik teh modern dengan kapasitas pengolahan teh hingga 60 – 70 ton per hari.

Lokasi kebun teh ini sangat mudah ditemui karena letaknya berada di pinggir jalan raya Subang Bandung. Saat ini kebun teh Ciater memiliki luas 3000 hektar dan dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Sebenarnya kebun teh terhampar luas mulai dari daerah Ciater hingga Bukanagara, Cisalak ,kabupaten Subang.

Kebun teh ini ini dibuat dengan konsep wisata edukasi yang memiliki program seperti tea walk, fun Games, tea break di air terjun, memetik teh serta mengunjungi pabrik pengolahan teh yang memiliki sistem Ortodoks dan tea testing.

Kebun teh Ciater sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Subang dan lengkap dengan beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut antara lain adalah penginapan agrowisata Ciater tea mountain, area parkir yang luas, mushola, ruang serbaguna, toilet dan juga pemandian air panas tetapi kini sudah tidak beroperasi.

Tak jauh dari penginapan agrowisata, pengunjung juga dapat menikmati momen terindah yaitu matahari terbit. Di tempat ini juga banyak Spot di mana kamu dapat menikmati matahari terbit dengan leluasa dengan suasana yang berbeda melihat matahari terbit di atas hamparan perkebunan teh yang menghijau.

Aktivitas-aktivitas lain lagi yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi pabrik teh Ciater, di mana tempat ini petugas dengan senang hati akan menjelaskan kepada pengunjung bagaimana proses produksi pembuatan teh hingga siap untuk dinikmati. Ada juga fasilitas museum teh atau galeri rumah Teh Gedong Buleud, dan destinasi wisata baru yang ada di Teh di perkebunan teh Subang yaitu flying Tea atau  melayu di atas hamparan kebun teh menggunakan peralayang atau paramotor. Untuk dapat menikmati segala fasilitas tersebut, VIII kamu harus menginap di kawasan agrowisata Ciater di mountain yang dikelola PTPN dengan melakukan reservasi.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pesona keindahan obyek wisata yang ada di Bandung, yang tentu saja mampu menarik perhatianmu. Semua rencana liburanmu akan sangat berkualitas meskipun singkat, jika direncanakan dengan sangat rapi sehingga akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dengan mendapatkan manfaat dan juga inspirasi dari perjalanan liburan yang sudah terlaksana terutama bersama keluarga atau teman terdekatmu.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …