Wisata Magelang
1.bp.blogspot.com

Tempat Rekreasi di Magelang dengan Pemandangan yang Memukau dan Sayang Jika Dilewatkan!

Tempat  rekreasi  di  Magelangmemang  banyak  menarik  perhatian  wisatawan. Magelang  merupakan  kota  sejuta  bunga  yang  semakin  ramai  oleh  kunjungan  para wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan dalam negeri. Kabupaten  yang  satu  ini  mempunyai  banyak  gunung-gunung  yang  memiliki tempat wisata  yang  disukai  oleh  para  wisatawan.  Selain  itu,  terdapat  juga  beberapa  lokasi yang pernah dijadikan sebagai tempat untuk shooting beberapa film yang meledak di pasaran.

Kemudian,  lokasinya  yang  berdekatan  dengan  Yogyakarta  juga  membuat  banyak orang  juga  berkunjung  ke  Magelang  dan  tidak  menyia-nyiakan  kesempatan  tersebut untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di kabupaten ini. Magelang  juga  menyimpan  banyak  sekali  potensi  wisata  yang  memiliki  keindahan yang  tentunya  sangat  memukau.  Disini,  kamu  bisa  menemukan  wisata  air  terjun, candi ataupun gardu pandang yang memiliki keindahan yang menakjubkan.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat-tempat rekreasi di Magelang. Berikut ini beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  di  Magelang  dengan  pemandangannya  yang memukau dan sayang sekali jika dilewatkan.

 

Bukit Tidar
i2.wp.com

1.Bukit Tidar

Bukit  Tidar  merupakan  tempat  yang  biasanya  dimanfaatkan  sebagai  tempat  untuk berlatih Akademi Militer setempat dan disebut-sebut sebagai “Pakunya Tanah Jawa”.Suasana  di  bukit  ini  terasa  begitu  asri.  Ditambah  lagi  dengan  adanya  deretan  pohon pinus yang membuat tempat wisata ini terasa semakin asri dan segar.

Selain  itu,  kamu  juga  bisa  menemukan  makam  keramat  yang  katanya  merupakan penakluk bukit ini, yaitu Syaikh Subakir. Kemudian, tak jauh dari lokasi makam juga terdapat  makam  lainnya,  milik  Kyai  Sepanjang  yang  merupakan  tombak  empuhnya Syaikh Subakir dengan panjangnya yang mencapai 7 meter.

 

Ketep Pass
ksmtour.com

2.Ketep Pass

Ketep  Pass  merupakan  objek  wisata  di  Magelang  yang  memiliki  pemadangan  alam yang  sangat  memukau,  berupa  Gunung  Merapi  yang  dapat  kamu  saksikan  dari  jarak pandang yang cukup dekat. Sangat menarik bukan?Dulunya,  tempat  wisata  ini  bernama  Gardu  Pandang  Ketep  dan  dibangun  di  lahan dengan luas kurang lebih 8000 meter persegi. Di sekitar lokasi tempat wisata ini kamu bisa  menemukan  banyak  penjual  makanan  ringan,  seperti  mie  instant,  susu  jahe  dan juga jagung bakar.

Beberapa  tahun  kemudian,  tempat  wisata  ini  mengalami  perkembangan  yang  cukup signifikan.  Kamu  tidak  hanya  dapat  menikmati  pemandangan  dari  gardu  pandang, melainkan  juga  dapat  mengunjungi  Museum  Vulkanologi  yang  didalamnya  terdapat berbagai macam informasi tentang aktivitas Gunung Merapi. Tidak  hanya  itu,  kamu  juga  dapat  menemukan  teater  mini  yang  memutar  film mengenai sejarah Gunung Merapi, teropong dan juga perlengkapan Pancaarga.

 

Pinusan Kragilan
hargatiket.net

3.Pinusan Kragilan

Pinusan  Kragilan  berlokasi  di  Kaki  Gunung  Merbabu  yang  membuat  tempat  wisata yang   satu   ini   didominasi   oleh   pohon-pohon   pinus   yang   menjulang   tinggi   dan membuat suasana di tempat wisata ini terasa begitu asri dan sejuk. Para pengunjung biasanya mengenal tempat wisata ini dengan sebutan “Top Selfie Pinusan Kragilan”. pemberian nama ini juga dikarenakan tempat wisata ini memiliki banyak  sekali  tempat  atau  spot  untuk  berfoto-foto  dengan  background  yang  sangat unik  dan  menarik.

Salah  satunya,  yaitu  di  bagian  tengah  hutan  atau  juga  di  jalanan lurus yang letaknya berada tepat sesudah pintu masuk. Disini  juga  terdapat  Sungai  Selo  Tumpang  yang  mengalir  di  sepanjang  hutan  pinus, jadi sambil menelusuri hutan dan berburu foto, kamu juga dapat menikmati keindahan sungai tersebut. Untuk  memasuki  tempat  wisata  ini,  para  pengunjung  akan  dikenakan  biaya  tiket masuk,  yaitu  sebear  Rp  10.000/orang.  Namun,  perlu  diingat  bahwa  tidak  diizinkan untuk berkemah dan mendirikan tenda di tempat wisata ini.

Baca Juga :  Inilah 5 Desa Wisata Malang yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Air Terjun Kedung Kayang
phinemo.com

4.Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Air Terjun Kedung Kayang tidak hanya terkenal karena keindahan panorama alamnya  yang  sangat  memukau,  melainkan juga  karena adanya  mitos  dibalik  adanya tempat  wisata  yang  satu  ini. Air  pancurannya  berasal  dari  tiga  mata  air  yang  berasal dari  retakan  bebatuan.  Dibalik  derasnya  pancuran  air  tersebut,  ada  sebuah  gua  yang katanya sering dijadikan sebagai tempat untuk bertapa.

Selain itu, mitos ini juga masih berlanjut pada penamaan tempat wisata ini. Kabarnya, air  terjun  yang  satu  ini  dinamai  dari  3  orang  empu,  yaitu  Empu  Panggung,  Empu Khalik dan Emput Putut. Lokasi ini adalah tempat tinggal dari ketiganya. Kemudian, mereka  mengadakan  sayembara  melempar  telur.  Lalu,  lokasi  pecahnya  telurtersebut yang menjadi asal mula dari ketiga sumber pancuran airnya.

 

Punthuk Setumbu
travelspromo.com

5.Punthuk Setumbu

Bagi  kamu  yang  ingin  menikmati  pemandangan  matahari  terbit  ataupun  tenggelam yang sangat memukau, maka kamu dapat mengunjungi wisata Punthuk Setumbu yang mampu memenuhi keingan tersebut.Bertemankan  Gunung  Merapi  dan  Merbabu  diantaranya,  terbit  dan  terbenamnya matahari  merupakan  peristiwa  yang  paling  menawan  yang  dapat  kamu  saksikan  di tempat wisata yang satu ini. Selain itu, siluet Candi Borobudur dari kejauhan pun juga membuat pemandangan ini terlihat semakin memukau dan akan membuat mulut tidak berhenti untuk berdecak kagum.

Disini,   terdapat   gazebo   yang   dapat   digunakan   oleh   para   pengunjung   untuk bersantai-santai  sambil  menunggu  pemandangan  matahari  terbit  atau  tenggelam.Waktu  terbaik  untuk  mengunjungi  tempat  wisata  ini  adalah  ketika  musim  kemarau datang atau diantara bulan Juli hingga Agustus.Dahulu, sebelum menjadi destinasi wisata, Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit dengan  ketinggian  400  meter  yang  digunakan  oleh penduduk  setempat  sebagai ladang.

 

Candi Borobudur
wartawisata.id

6.Candi Borobudur

Tak  lengkap  rasanya  apabila  berkunjung  ke  Magelang  tanpa  menginjakkan  kaki  ke tempat  wisata  yang  paling  tersohor  di  Magelang,  yaitu  Candi  Borobudur.  Candi  ini dibangun pada rentang abad ke-18 Masehi. Ketika memasuki kawasan candi ini, kamu akan dibuat takjub dengan banyaknya arca.

Kabarnya, terdapat kurang lebih 504 arca yang ada di kawasan ini. Kemudian, meniti tangga  hingga  ke  bagian  puncaknya,  kamu  bisa  menemukan  sebuah  stupa  dengan ukuran besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil yang juga dilengkapi dengan arca di bagian dalamnya.

Baca Juga :  Info lengkap wisata Dataran Tinggi Dieng yang sayang banget kalau dilewatkan!

 

Desa Candirejo
i.ytimg.com

7.Desa Candirejo

Ketika  berkunjung  ke  Magelang,  jangan  lupa  untuk  mengenal  lebih  jauh  mengenai budaya  dan  tradisinya  yang  unik.  Kamu  dapat  mengunjungi  Desa  Candirejo  yang berjarak kurang lebih 2,5 kilometer saja dari Candi Borobudur. Kabarnya,  dahulu  desa  ini  merupakan  tempat  menginap  para  wisatawan  yang  akan berkunjung ke Candi Borobudur.

Selain  itu,  kamu  pun  juga  dapat  bermalam  atau  menginap  disini  serta  menikmati aneka wisata yang ditawarkan para penduduk, mulai dari wisata alam, wisata agro dan budayanya. Selain  itu,  kamu  juga  dapat  mempelajari  adat  dan  tradisi  masyarakat  setempat  yang sampai saat ini masih dipertahankan dan dilestarikan keberadaannya walaupun zaman sudah berubah menjadi lebih modern sejak lama.

 

Nah,  itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  di  Magelang  yang  menarik untuk  dikunjungi.  Kamu  juga  bisa  mengunjungi  berbagai  tempat  wisata  menarik lainnya yang ada di Magelang karena Magelang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

World of Wonders Citra Raya

Dengan Budget Murah Dapat Menikmati 7 Keajaiban Dunia di World of Wonders Citra Raya

Selama ini Tangerang yang kita kenal sebagai pusat Perindustrian di nusantara ternyata juga memiliki beragam …