Home / Nusa Tenggara Timur / Serunya mengunjungi tempat-tempat wisata di NTT dan tempat bersejarah di NTT!
pesona NTT
static.republika.co.id

Serunya mengunjungi tempat-tempat wisata di NTT dan tempat bersejarah di NTT!

Tempat bersejarah di NTT juga menjadi salah satu hal yang menarik untuk diketahui dari provinsi yang satu  ini.  Tidak  hanya  memiliki  wisata  pantai  dan  wisata  gunungnya,  tetapi  di Nusa Tenggara Timur juga kamu dapat menemukan tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi serta dipelajari. Aktivitas  berlibur  dan mengunjungi  tempat-tempat wisata  memang sangat  seru  dan  menarik untuk  dilakukan.

Selain  itu,  kamu  juga  dapat  mengunjungi  tempat-tempat  wisata  besejarah yang juga dapat menambah pengetahuan kamu mengenai sejarah yang ada di kota yang kamu kunjungi tersebut. Bagi  kamu  yang  memiliki  rencana  untuk  berkunjung  ke  Nusa  Tenggara  Timur,  berikut  ini beberapa  rekomendasi tempat  pariwisata  di  NTTyang  menarik  untuk  dikunjungidan tentunya membuat perjalananmu menjadi lebih menyenangkan.

Pantai Batu Nona Kupang
1.bp.blogspot.com

1. Pantai Batu Nona Kupang

Tempat   wisata   yang   satu   ini   menjadi   salah satu   pilihan   warga   Kota   Kupang   untuk menghilangkan  kepenatan.  Pantai  yang  satu  ini  memiliki  pemandangan  yang  sangat  indah dengan adanya hamparan pasir putih yang halus serta batu karang yang turut menghiasi bagian bibir pantai. Pada  salah  satu  bagian  pantai  ini  juga  kamu  dapat  menemukan  banyak  pohon  lontar  yang semakin mempercantik pantai ini.

Di pantai yang satu ini juga setidaknya ada tiga tempat kolam renang yang sesuai dengan kemampuan renang pengunjung. Di pantai ini kamu dapat menikmati keindahan sunset, oleh sebab itu disaranakn untuk datang pada sore hari untuk menikmati keindahan pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga kamu bisa menemukan   rumah   makan.   Tersedia   juga   penginapan   dengan   harga   yang   terjangkau.

Bagaimana? Menarik bukan? Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

 

Situs Tugu Jepang Kupang
1.bp.blogspot.com

2. Situs Tugu Jepang Kupang

Salah satu wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur, yaitu Situs Tugu Jepang. Situs ini berlokasi di daerah Penfui, tepatnya berada di Jalan Antonov RT.17/RW.18, Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Walaupun  menjadi  lokasi  peninggalan  perang,  tetapi  letak  tempat  wisata  ini  bisa  dibilang strategis karena berada di dalam wilayah kota, hal ini tentunya membuat para wisatawan yang merupakan peminat wisata sejarah menjadi mudah untuk mengaksesnya.

Situs  Tugu  Jepang  ini  memiliki  bentuk  persegi  empat  berundak-undak  dan  juga  terdapat  17 anak  tangga.  Pada  tugu  bagian  depanyang  menghadap  ke  arah  selatan,  menampilkan  dua marmer  yang  mana  terdapat  tulisan  nama-nama  tentara  Jepang  yang  jenazahnya  dibakar  di tempat tersebut. Hanya saja, marmer tersebut telah hilang karena dicuri oleh orang yang tidak diketahui keberadaannya.

Baca Juga :  10 Wisata Laut Terbaik Dan Terindah Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

 

Gua Jepang
1.bp.blogspot.com

3. Gua Jepang

Sebenarnya,  kamu  dapat  menemukan  beberapa  gua  yang  berada  di  Kupang,  Nusa  Tenggara Timur.  Tetapi,  tidak  semua  dari  gua-gua  tersebut  yang  terbentuk  dari  proses  yang  alami. Namun,  ada  juga  yang  merupakan  gua  buatan.  Gua  buatan  tersebut  merupakan  peninggalan dari  pasukan  Jepang  yang  dulunya  pernah  menjajah  Indonesia.

Salah  satu  Gua  Jepang  yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Kupang, yaitu gua peninggalan Jepang yang berlokasi di Desa Baumata. Baumata  merupakan  desa  yang  berjarak  kurang  lebih  20  km  dari  pusat  kota  Kupang.  Jika menggunakan kendaraan bermotor, maka akan membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk sampai di desa tersebut. Sedangkan, apabila kamu ingin mengunjungi gua Jepang yang berada di Desa Baumata, maka kamu dapat menanyakannya pada penduduk setempat.

Hal ini karena terdapat 4 gua Jepang yang berbeda lokasinya dan berdekatan di Desa Baumata. Dari 4 gua Jepang yang berada di Desa Baumata, terdapat 2 diantaranya yang memiliki mata air.  Bahkan,  suara  air  sudah  dapat  didengar  dari  mulut  gua. Namun,  untuk  melihat  mata  air tersebut, maka harus masuk beberapa meter ke dalam gua. Selain itu, karena panjang gua yang dapat mencapai beberapa km, maka cahaya matahari tidak dapat menembus masuk ke bagian dalam  gua.

Oleh  sebab  itu,  sebaiknya  jangan  masuk  terlalujauh  ke  dalam  gua  tanpa menggunakan  peralatan  yang  mencukupi.  Selain  karena  faktor  kondisi  gua  yang  gelap,  di tempat tersebut juga belum terdapat pemandu yang mengetahui seluk beluk gua.

 

Benteng Makes
kebudayaan.kemdikbud.go.id

4. Benteng Makes

Benteng  Makes  biasa dikenal  warga  sebagai  warisan  budaya  kuno  dari  nenek  moyang  yang terletak di kaki Gunung Lakaan. Benteng ini mempunyai lapisan yang berjumlah 7 lapis. Selain itu, ketika mengunjungi tempat ini kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan yang berada di sekitar lokasi Benteng Makes. Benteng Makes berlokasi di Desa Dirun, Kec. Lamanen, Kab. Atambua, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini beroperasi mulai pukul 06.00 –16.00 WITA.

 

Pantai Lasiana
backpackerjakarta.com

5. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kupang. Bahkan, pantai ini juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di  pantai  ini,  kamu  bisa  menemukan  Lopo-lopo  yang  merupakan  bangunan  khas  dari  timor yang  beratap  ilalang  atau  alang-alang.

Selain  itu,  di  Pantai  Lasiana  ini  juga  kamu  bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru dan menyenangkan, seperti berenang, berselancar, memancing, karaoke, bermain sepak bola dan juga berjemur. Pantai  ini  memiliki  luas  hingga  mencapai  3,5  hektar.  Pada  bagian  barat  pantai,  kamu  dapat melihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil tersebut menjadi latar belakang yang menambah keindahan dari Pantai Lasiana ini.

Selain itu, pada bagian atas lahan pantai ini juga ditumbuhi oleh banyak pohon kelapa dan juga flora lontar. Wisata Pantai Lasiana berlokasi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang, Nusa   Tenggara   Timur.   Untuk   memasuki   tempat   wisata   ini,   para   pengunjung   harus mengeluarkan biaya tiket masuk kurang lebih Rp 5.000.

Baca Juga :  Objek Wisata Ini Bisa Menjadi Tempat Yang Asik Di Jogja

 

Bukit Cinta
i.ytimg.com

6. Bukit Cinta

Mungkinbeberapa dari kalian masih ada yang merasa bingung mengapa bukit ini dinamakan dengan Bukit Cinta. Hal ini karena tempat wisata Kupang yang satu ini sering kali dijadikan sebagai tempat untuk memadu kasih para pemuda dan pemudi Kupang. Ketika menjelang sore hari, bukit ini bahkan tidak pernah terlihat sepi.

Selalu saja dikunjungi oleh  sekelompok  anak  muda  yang  terlihat  menggunakan  bukit  ini  sebagai  tempat  untuk bercengkrama, berkumpul dan juga berfoto-foto. Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata di Kupang yang menarik untuk dikunjungi  karena  menyuguhkan  pesona  keindahan  yang  berbeda  dengan  adanya  hamparanpadang  rumputnya  yang  bagaikan  permadani  yang  berwarna  hijau  segar  pada  saat  musim penghujan tiba.

Bukit Cinta berlokasi di Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kupang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk.

 

Taman Rekreasi Gua Monyet
4.bp.blogspot.com

7. Taman Rekreasi Gua Monyet

Tempat wisata yang satu ini menjadi satu dari taman wisata yang mempunyai keunikan dengan adanya  hewan  monyet  yang  cukup  jinak.  Bahkan, perilaku  dari  monyet-monyet  yang  ada  di tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri. Kamu dapat menyaksikan pemandangan yang unik dan juga lucu dari perilaku monyet-monyet tersebut, seperti bercengkrama dan berguling, bergelantungan  dan  melompat  dari  dahan  ke  dahan,  berkejaran,  bergelantungan  ataupun berkelahi karena memperebutkan sesuatu.

Maka tak herah apabila perilaku dari monyet-monyet tersebut membuat beberapa pengendara sepeda  motor  ataupun  mobil  pribadi  yang  kebetulan  melintas,  berjalan  perlahan  ataupun berhenti sebentar untuk menyaksikan perilaku monyet-monyet tersebut.Taman Rekreasi Gua Monyet berlokasi di Kelapa Satu, Kelurahan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

 

Taman Nostalgia
haidibarasa.files.wordpress.com

8. Taman Nostalgia

Taman  yang  satu  ini  mempunyai  luas  kurang  lebih  500  m2.  Taman  yang  satu  ini  semakin terlihat cantik dengan adanya pepohonan serta tanaman rindang yang berada di setiap sudutnya. Seperti tamanam Bunga Bougenvile dan juga Flamboyan yang membuat suasana di taman ini semakin terasa sejuk dan asri. Di  taman  ini  juga  ada  Paguyuban  Pedagang  Kuliner  Taman  Nostalgia  yang  mana  terdapat belasan lapak kuliner yang buka mulai dari sore sampai malam hari.

Kamu dapat menemukan berbagai macam makanan seperti siomay, mie ayam, bakso goreng dan berbagai macam jenis makanan lainnya yang berada di lapak kuliner yang ada di tempat wisata ini.Taman  ini  biasa  digunakan  oleh  masyarakat  sekitar  sebagai  tempat  favorit  untuk  sekedar bertemu, bercengkarama atau berkumpul. Bahkan, pada sore hari taman ini semakin ramai dan dikunjungi oleh para muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu sembari berwisata kuliner ataupun berfoto-foto.Taman ini berlokasi di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Itulah tadi beberaparekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur. Kamu juga dapat mengunjungi berbagai macam tempat wisata lainnya yang ada di Nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

wisata gembong

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di …