wisata Bali
https://thebalidestiny.com/

Tempat Wisata Baru Di Tabanan, Nusa Dua Dan Nusa Lembongan

Pulau Bali adalah primadona pariwisata Indonesia, yang berada di sebelah timur pulau Jawa dan sudah cukup terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Bali memiliki pesona bahari dan juga populer karena memiliki aneka kesenian dan kebudayaan yang unik dan menarik untuk di pelajari yang hingga kini masih dilestarikan.

Kamu tidak akan cukup waktu untuk berpetualang ke tempat tempat wisata di Bali yang tak pernah habis memberikan kejutan keindahan alamnya. Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dengan memiliki banyak tempat wisata menarik mampu menyedot perhatian wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara, berikut ini adalah tempat wisata menarik di Bali yang wajib kamu kunjungi.

Tabanan adalah Kabupaten yang berada di provinsi Bali dan terletak di tengah-tengah pulau Bali, arah menuju ke Gilimanuk dari Denpasar tempat penyeberangan antara Bali dan pulau Jawa maka kamu pasti akan melewati Kabupaten Tabanan. Tabanan memiliki objek wisata yang cukup terkenal dan tak kalah dengan indahnya objek wisata lain yang ada di Bali. Letak geografis kota ini yang berada di tengah-tengah Pulau Bali, membuat Kabupaten Tabanan memiliki objek wisata pantai serta indahnya alam yang patut untuk kamu kunjungi.

Salah satu objek wisata di Tabanan yang sudah terkenal adalah Pura Tanah Lot, tetapi tak hanya Tanah Lot saja yang dimiliki oleh Tabanan karena masih ada lagi objek wisata baru di Tabanan menarik lainnya yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bali.

 

Pura Tanah Lot
https://www.befreetour.com/

Pura Tanah Lot

Tanah Lot merupakan salah satu pura penting bagi umat Hindu di Bali, yang lokasinya terletak di atas batu besar yang berada di lepas pantai. Karena kepopuleran objek wisata ini, hampir setiap hari objek wisata ini selalu dipadati oleh pengunjung. Pura Tanah Lot memiliki keunikan berupa lokasinya yang berada di atas batu karang, yang pada saat air laut pasang akan terlihat seperti berada di tengah laut.

 Selain itu kamu dapat kenikmati keindahan pemandangan Sunset dengan siluet pura, bagi kamu para pemburu pemandangan indah, maka kamu tak salah memilih tempat ini untuk menyaksikannya. Di pura ini pun terdapat ular suci yang memiliki ciri-ciri seperti ikan, warna hitam berbelang kuning yang konon ular tersebut dipercaya sebagai jelmaan dari selendang pendiri pura yaitu seorang Brahmana dari Jawa yang berkelana ke Bali bernama Dang Hyang Nirartha. Menurut cerita masyarakat, ular Suci Tanah Lot di tugaskan untuk menjaga pura.

Baca Juga :  Inilah Keistimewaan Daerah Canggu Sebagai Wisata Yang Hits Di Tahun 2020

 

Vihara Dharma Giri
https://3.bp.blogspot.com/

Vihara Dharma Giri

Vihara Dharma Giri adalah salah satu Vihara yang terkenal di Bali, selain untuk beribadah, vihara ini juga dibuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan serta ketenangan suasana di sekitar vihara. Di Bali juga terdapat banyak bangunan Vihara sebagai tempat suci bagi Umat Buddha, tempat-tempat tersebut terlihat sangat indah dan menarik yang bahkan beberapa diantaranya menjadi destinasi wisata.

Setiap bangunan Vihara memiliki ciri khas tersendiri seperti bangunan berbentuk stupa, pagoda, altar  lonceng, patung Sang Buddha, kamu juga akan temui bangunan klenteng atau konco. Seperti halnya di vihara Dharma Giri di desa Pupuan, Tabanan, Bali ini selain memiliki patung Buddha yang duduk bersila ada juga patung Budha tidur dengan ukurannya cukup besar berwarna putih bersih, dimana patung tersebut terlihat sangat megah dan spektakuler ditambah lagi balutan pemandangan alam sekitar yang membuat patung Buddha tidur ini kini menjadi hits dan menjadi objek wisata baru di kawasan Tabanan Bali.

Kini sedang tren wisata untuk foto selfie, dan patung Budha tidur di kawasan Vihara Dharma Giri ini bisa menjadi tujuan untuk mencari Spot foto unik dan menarik. Dan untuk menuju ke objek wisata ini, akses jalan menuju Desa Pupuan kamu akan disuguhi pemandangan yang cukup asri dengan bentangan sawah hijau berteras, di mana kita akan melihat suguhan yang sangat menyejukkan.

Bali Treetop Adventure Park Bedugul

Tren saat ini wisatawan yang berlibur ke Bali tak hanya mencari tempat wisata Bali untuk menikmati pemandangan, tapi tak sedikit wisatawan yang ingin melakukan aktivitas wisata Petualangan atau Bali adventure. Perubahan minat wisatawan ini membuat beberapa perusahaan menyediakan fasilitas Bali adventure yang salah satunya ada di Kebun Raya Bali di Bedugul yaitu Bali Treetop Adventure Park Tour Bedugul.

Beberapa  kegiatan petualangan yang ada di objek wisata ini antara lain adalah,

7 adventure sirkuit dengan ketinggian 2 meter hingga 20 meter yang tersambung dari pohon satu ke pohon yang lain,

Tersedia 72 tantangan permainan seperti spider nets, flying fox, suspended Bridge, tarzan jumps, flying flying dan juga aktivitas lainnya,

Untuk Bali flying fox memiliki panjang 160 meter di mana Bedugul Treetop Park adalah tempat untuk mencari flying fox di Bali.

Untuk melakukan aktivitas tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus diikuti antara lain adalah untuk anak-anak minimal 4 tahun dengan maksimal umur 70 tahun dan berat badan maksimum 120 kg. Rentang umur yang begitu panjang membuat hampir semua wisatawan dapat mencoba aktivitas petualangan yang tersedia di Bedugul Treetop Adventure Park.

Baca Juga :  Daftar Wisata Gianyar Dan Karangasem Yang Memanjakan Mata Anda

 

Air panas Penatahan
https://cdn.rentalmobilbali.net/

Air panas Penatahan

Objek wisata sekaligus tempat rekreasi pemandian air panas penatahan menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk menikmati hangatnya ekstrasi menggunakan air panas alam yang lokasinya terletak di desa penatahan Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan.

Objek wisata pemandian air panas penatahan berdiri di atas lahan seluas 2, dengan memiliki sarana yang cukup lengkap seperti lahan parkir yang luas, setoran, dek Arya dan juga resor untuk tempat bermalam lengkap dengan taman-taman yang membuat pemandian air panas di Bali ini menjadi spesial. Pemandian air panas ini cukup populer dengan nama air panas penatahan atau Yeh panes.

Pengelolaan objek wisata ini terbilang sangat baik karena kamu akan mendapati taman-taman sangat tertata dengan rapi sehingga mampu menyejukkan mata pengunjung. Khususnya bagi warga Hindu jika ingin melakukan terapi seperti untuk menyembuhkan penyakit kulit dan rematik sekiranya perlu untuk menghaturkan persembahan dan melakukan persembahyangan untuk memohon kesembuhan serta keselamatan terutama untuk yang pertama kali.

 

kebun strawberry bedugul
https://image.cermati.com/

Kebun Raya Strawberry Bedugul

Banyak hal-hal menarik yang di tawarkan di Bali seperti indahnya alam Bedugul, dataran tinggi pegunungan berhawa sejuk hingga beragam sayur dan buah-buahan yang memang sangat cocok tumbuh di kawasan ini, dan salah satu yang sedang hits saat ini yaitu strawberry. Sepanjang jalan menuju kawasan wisata Bedugul kamu akan banyak menemukan pemandangan kebun kebun strawberry milik warga, apalagi saat buah tersebut telah masak dan siap panen yang tentu saja warnanya akan menggoda kamu untuk mencicipinya.

Di kawasan Bedugul ada objek wisata petik strawberry, mana kamu dapat memetik buah segar sesuai dengan keinginan keinginanmu yang tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan berada di objek wisata ini.

Nusa Dua terkenal dengan pantainya yang indah dan mempesona yang menawarkan keeksotisan pantai dan pemandangan tempat wisata seperti pantai, Cafe ataupun restoran yang romantis dengan harga terjangkau lengkap dengan pemandangan pantai wisata air yang sangat menyenangkan.

Pulau Bali memang populer dengan julukan pulau Dewata dan juga pulau seribu Pura sebagai destinasi wisata yang sudah mendunia, oleh karena itu Bali adalah jawara The Best Destination of The World. Nusa Dua adalah sebuah kawasan wisata Bali yang sengaja dibangun untuk menunjang fasilitas serta akomodasi wisata di Pulau Bali, berawal dari kedatangan Raja Salman yang berasal dari Saudi Arabia yang datang ke Nusa Dua.

Berikut ini adalah tempat wisata Nusa Dua terbaru yang patut kamu masukkan ke daftar destinasi liburan mu.

 

Pantai Nusa Dua
https://koranmemo.com/

Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua terletak di kawasan Nusa Dua Bali yang memiliki daya tarik pasir pantai yang berwarna putih bersih. Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di pantai ini seperti jalan-jalan pantai sambil menikmati hembusan angin serta deburan ombak laut yang berwarna biru. Atau kamu bisa datang sekedar untuk duduk santai berjemur di bawah sinar matahari sambil menunggu sore menjelang untuk menyaksikan keindahan sunset di pantai Nusa Dua, yang tentunya akan memberikan pemandangan yang cukup cantik dan romantis. Fasilitas yang dimiliki pantai Nusa Dua sudah memadai seperti tempat makan, penginapan, toko toko penjaja souvenir serta toilet umum.

Baca Juga :  Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi

 

Pantai Mengiat Nusa Dua
https://resort.ayodyaresortbali.com/

Pantai Mengiat Nusa Dua

Pantai yang satu ini terletak di kawasan Ayodya hotel yang menyuguhkan daya tarik berupa pasir putih lengkap dengan ombak laut yang tenang dan air lautnya yang berwarna biru. Pantai Mengiat cukup populer untuk dijadikan tempat snorkeling atau menyelam dan diving yang menawarkan daya tarik bawah laut yang sangat indah. Sama seperti pantai pada umumnya, di pantai ini pun kamu dapat menikmati pemandangan di sore hari berupa matahari terbenam yang akan memancarkan sinar berwarna oranye yang akan menimbulkan nuansa romantis. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini adalah berenang, bermain pasir atau duduk santai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan sekitar serta hembusan angin pantai.

 

Pantai Sawangan Nusa Dua
https://www.baligetaway.co.id/

Pantai Sawangan Nusa Dua

Pantai Sawangan berlokasi di Jalan Gunung Payung Benoa Kuta Selatan dengan daya tarik sebuah pantai yang tersembunyi, dengan pengunjung yang masih sangat sedikit tetapi memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Bali. Untuk bisa sampai ke tempat ini kamu harus menyiapkan tenaga ekstra karena akses untuk dapat sampai ke pantai kamu harus menuruni banyak anak tangga, karena memang lokasinya berada di bawah lereng tebing yang cukup curam. Setibanya di pinggir pantai Sawangan Nusa Dua, maka rasa lelahmu akan hilang seketika terbayarkan dengan keindahan pasir putihnya yang tampak bersih serta suasananya yang dapat menenangkan. Alasan itulah yang membuat banyak pasangan memilih tempat ini untuk melakukan prewedding. Kamu juga dapat melakukan aktivitas menarik dan unik di pantai ini seperti wisata naik kuda di pantai Sawangan Nusa Dua.

 

Pantai Segara Sumuh
https://tempatwisatadibali.info/

Pantai Segara Sumuh

Pantai Segara sumuh berlokasi di Benoa Kuta Selatan yang menyuguhkan daya tarik berupa pasir putihnya yang nampak bersih dan dikelilingi oleh banyak penginapan. Pantai Segara Sumuh adalah pantai privat atau private beach yang berada di kawasan the Westin Resort Nusa Dua Bali. Aktivitas yang bisa kamu lakukan antara lain seperti jalan-jalan di pinggir pantai ataupun bermain pasir.

Baca Juga :  Asyiknya Berlibur Bersama Keluarga ke 4 Objek Wisata Keren yang Ada di Jawa Timur

 

Pantai Geger
https://ksmtour.com/

Pantai Geger

Pantai Geger berada di dekat dengan Pantai Nusa Dua yang keindahannya dapat disandingkan dengan Pantai Nusa Dua. Pantai ini patut kamu kunjungi karena lagi-lagi pasir putih yang sangat mempesona serta ombaknya yang cukup menyenangkan. Pantai ini terkenal sebagai tempat budidaya tanaman rumput laut, di mana sebagian besar mata pencaharian warga sekitar adalah nelayan. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat berada di pantai ini adalah berburu foto untuk menambah koleksi foto pribadimu, karena pantai ini sangat instagramable. Kamu juga bisa melakukan jalan-jalan pinggir pantai atau sekedar untuk duduk dan bersantai menikmati pemandangan. Karena ombaknya yang tenang maka pantai ini cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Beranjak Ke kawasan Bali lainnya yaitu Nusa Lembongan. Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di dekat nusa ceningan dan tempat wisata di Nusa Penida. Nusa Lembongan memiliki banyak sekali tempat yang dapat kamu kunjungi dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Nusa Lembongan yang sangat menarik.

 

Gua Gala Gala
https://media-cdn.tripadvisor.com/

Gua Gala Gala

Di Pulau Nusa Lembongan juga dikenal dengan nama Under Ground House yaitu sebuah rumah yang terletak di bawah tanah,  yang memiliki sejumlah cabang terowongan. Pengerjaan rumah ini memakan  waktu sampai 15 tahun oleh almarhum Jero Mangku Dalang yang bernama Mangku Byasa yang berprofesi sebagai petani dan seorang Petapa dan menekuni dunia spiritual di mana lorong lorong tersebut sebagai tempat tinggalnya, dan lorong terdalam memiliki kedalaman hingga 7 meter. Karena pengerjaannya menggunakan alat konvensional, sehingga rumah ini membutuhkan proses yang sangat lama. Situs ini sangat layak untuk dijadikan sebagai situs warisan budaya yang kini menjadi destinasi tour dengan peminat yang cukup banyak.

 

Pantai Jungut Batu
https://edelweiss-travel.com/

Pantai Jungut Batu

Pantai Jungut Batu merupakan tempat wisata yang menjadi jalur untuk menikmati keindahan alam yang ada di Nusa Lembongan. Jungut Batu adalah sebuah desa dimana penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan dan juga petani rumput laut. Desa ini pun dikenal memiliki keasrian serta masih jalrangnya terdapat kendaraan sehingga  udara masih terasa segar dan bebas polusi. Wisatawan yang datang ke Jungut Batu untuk menikmati air pantai yang jernih berwarna biru serta banyaknya perahu dan fastboat yang bersandar di tepian pantai menambah keeksotisan pantai ini.

Jika kamu ingin melihat pemandangan perumahan dari ketinggian di bukit Panorama Point, maka akan terlihat keindahan pantai Jungut Batu secara keseluruhan. Tak hanya di siang hari tetapi di malam hari pun pantai ini terlihat sangat indah, dengan gemerlap lampu yang berasal dari hotel hotel dan resort sembari menikmati gemuruh ombak yang membuat suasana menjadi romantis.

 

Devils Tears
https://i.ytimg.com/

Devils Tears

Devils Tears adalah sebuah pulau yang terletak di pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari namanya kemungkinan masih cukup asing bagi banyak orang, tetapi ternyata di pemandangan alam yang disuguhkan dapat membuat pengunjung terpesona.

Devil’s Tears Nusa Lembongan bukanlah sebuah pantai yang memiliki pasir putih, tetapi hanya terdapat tebing-tebing karang yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia di mana pantai ini juga menyuguhkan pemandangan alam laut dan gelombang yang terpecah oleh karang yang menjadi suguhan menarik di pantai ini.

Pantai ini cocok bagi kamu yang memiliki hobi berpetualang atau pecinta alam, karena di pantai ini memiliki suguhan yang berbeda dari pantai-pantai pada umumnya, di pantai ini kamu hanya akan menemui tebing tebing dengan sensasi ombaknya yang terpecah karang yang menjadi daya tarik pantai ini. Pantai ini sangat tenang, hanya terisi oleh suara deburan ombak memecah Karang, pemandangan alam juga masih sangat asri karena belum banyak terjamah tangan manusia.

Baca Juga :  6 Lokasi Wisata Yang Kini Menyeramkan

 

Mushroom Bay
https://www.thenusapenida.com/

Mushroom Bay

Pantai Mushroom Bay tak hanya menyuguhkan pemandangan indah tetapi juga sebagai Dermaga fast boat di Pulau Nusa Lembongan, kamu akan menemukan banyak sekali kapal cepat atau speed boat yang bersandar di tepi pantai ini, dan dalam pelayanannya satu provider fast boat dapat melayani 4 kali pulang pergi dari Bali selama 1 hari. Tak heran jika pantai Mushroom Bay selalu ramai dengan kapal, perahu lokal dan juga speed boat.

Objek wisata pantai Mashroom Bay menawarkan berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air lautnya yang sangat jernih, di mana pengunjung dapat berenang dan merasakan kesegaran air laut, selain itu kamu juga dapat melakukan kegiatan snorkeling ataupun sekedar bersantai di tepi pantai sambil memandang kesibukan dermaga dengan aktivitas kesehariannya.

Mushroom Bay Nusa Lembongan juga dikenal dengan nama Teluk Jamur, dengan pemandangan laut yang sangat menawan dihiasi tebing-tebing bukit di kiri dan kanan pantai yang tak henti hentinya membuat mata tak jenuh memandangnya.

 

Dream Beach
https://www.amazingpenidatour.com/

Dream Beach

Dream Beach terletak cukup tersembunyi, karena berada di antara pulau-pulau kecil yang ada di Bali, namun pantai ini tetap memiliki sejuta eksotisme yang sangat menarik. Dream Beach bukanlah pantai yang luas, tetapi ombaknya yang terlihat tinggi cepat dan keras sangat menantang nyali minum untuk berselancar di pantai ini.

Pantai ini belum terlalu populer karena belum banyak orang yang mengetahui, tapi disitulah daya tarik dari pantai ini karena belum tereksploitasi oleh tangan jahil manusia. Kamu bisa bermain pasir di pantai ini sambil menikmati keindahan serta sejuknya udara pantai. Pantainya yang terpencil membuat kamu serasa berada di Pulau asing.

 

Hutan Mangrove
https://darwinaryablog.files.wordpress.com/

Hutan Mangrove

Apakah itu hutan Mangrove? Terdapat pohon bakau 80 spesies yang berbeda satu sama lain, dan untuk dapat hidup, pohon bakau harus ditanam di daerah berkadar oksigen sangat rendah dengan kecukupan air dan air harus bergerak lambat. Gerakan air yang lambat akan membentuk sendimen tanah dan pasir halus dapat menumpuk.

Pohon bakau banyak tumbuh di daerah tropis karena tidak kuat dengan suhu dingin, sehingga memerlukan ekosistem khusus. Hutan bakau biasanya terdapat di daerah pinggir di garis pantai, memiliki air payau atau air tawar yang tercampur dengan air laut.

Pulau Bali dikelilingi oleh dan laut ombak besar, untuk melindungi pantai dari abrasi maka dibuatlah hutan bakau. Kawasan hutan bakau yang ada di Bali tepat berada di jalan keramaian kabupaten Badung yang selalu dipenuhi dengan kebisingan serta polusi udara. Adanya banyak pohon di hutan bakau dapat berfungsi untuk mengurangi polusi udara di kawasan sekitar.

Hutan bakau di Bali telah berkembang, dan pemerintah provinsi Bali menjadikan hutan bakau sebagai tempat rekreasi yang ditujukan untuk warga sekitar. Kamu dapat menjelajahi hutan bakau tanpa harus menginjak rawa berlumpur, karena pengelola telah menyediakan jembatan kayu dengan panjang 2 km. Di beberapa tempat di jembatan tersebut juga tersedia tempat khusus untuk dapat menikmati keindahan datang secara seksama.

Itulah beberapa tempat wisata Bali yang sangat recommended dan dapat kamu masukkan ke dalam daftar destinasi liburanmu. Sebagai saran, sebelum berlibur sebaiknya rencanakan perjalanan secara matang agar liburanmu benar benar dapat kamu nikmati dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selamat berlibur.

Check Also

pesona Papua

Souvenir Khas Papua Yang Wajib Dibawa Pulang

Keanekaragaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, membuat Indonesia memiliki nama di mata dunia dalam bidang …