Home / DKI Jakarta / Tempat Wisata Menarik Yang ada di Jakarta
Wisata Jakarta
nowjakarta.co.id

Tempat Wisata Menarik Yang ada di Jakarta

Jakarta  adalah  ibukota  negara  Indonesia  yang  sekaligus  menjadi  pusat  pemerintahan  Negara  republik Indonesia. Oleh karena itu kota ini menjadi kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara. kemacetan dan kepadatan penduduk  membuat  kota  ini  terus  mengembangkan  pembangunan  termasuk  objek  wisata dalam berbagai bidang seperti sejarah, wisata keluarga, hingga wisata belanja dipenuhi di kota ini. Berikut ini adalah tempat tempat untuk mengisi liburan selama kamu berada di Jakarta.

 

Monumen Nasional
i.ytimg.com

1. Monumen Nasional

Monumen  Nasional  atau  lebih  akrab  di  sebut  Tugu  Monas  merupakan  sebuah  bangunan  dengan  tinggi 32  meter  yang  menjadi  simbol  kemerdekaan  Republik  Indonesia  hingga  menjadi  ikon  kota  Jakarta. Sebelumnya  Monas  didirikan  untuk  menghargai  jasa  para  pahlawan  yang  berjuang  mempertahankan kemerdekaan  Indonesia,  Ir.  Soekarno  yang  saat  itu  menjabat  sebagai  presiden  pertama  RI  menjadi pencetus diadakannya pembangunan ini. Pada  puncak  Monas  memiliki  mahkota  berbentuk  lidah  api  yang  dilapisiemas.

Untuk  mengetahui sejarah bangsa Indonesia, kamu dapat mengunjungi Monas sebagai destinasi wisata utama yang mengisi liburanmu.  Monas  termasuk  tempat  wisata  yang  terbilang  murah  yang  beroperasi  setiap  hari  mulai pukul 8 hingga pukul 3 sore. Namun jika kamu ingin mencobauntuk menaiki lift menuju ke puncak, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5000 untuk anak anak dan mahasiswa.

 

Kebun Binatang Ragunan
upload.wikimedia.org

2. Kebun Binatang Ragunan

Kebun  binatang  Ragunan  berada  di  Jalan  Harsono  No.1  Ragunan,Jakarta  Selatan.  Ragunan  menjadi tempat  hidup  sekitar  270  spesies  binatang  dan  171  spesies  bunga  serta  tanaman. Kebun  Binatang Ragunan adalah yang pertama di Indonesia dengan luas 140 hektare yang dibangun pada tahun 1864. Kebun binatang ini juga ditumbuhi sekitar 50 ribu pohon, sehingga memmbuat hawa menjadi sejuk dan jauh  dari  polusi  udara  kota  metropolitan.

Untuk  bisa  masuk  dan  menikmati  kebun  binatang  ini  cukup murah,  hanya  dengan  Rp4000  untuk  dewasa  dan  Rp3000  untuk  anak  anak  belum  termasuk harga menaiki wahana tertentu seperti menaiki kuda tunggang, kereta keliling dan lain lain.

 

Kepulauan Seribu
blibli.com

3. Kepulauan Seribu

Tempat  liburan  di  Jakarta  yang  paling populer  adalah  Kepulauan  Seribu.  Pulau  bernuansa  bahari  ini terdiri  dari  beberapa  pulau  yang  memiliki  pesona  luar  biasa  yang  mampu  menghipnotis  wisatawan untuk  datang  ke  pulau  ini.  Pulau  yang  terdapat  di  Kepulauan  Seribu  antara  lain  Pulau  tidung,  Pulau Bidadari,  Pulau  Harapan,  Pulau  Pari,  serta  beberapa  pulau  pulau  menarik  lainnya  yang  menawarkan keindahan alamnya.

Apakah  kamu  tertarik  untuk  berlibur  ke  Pulau  Seribu?  Untuk menuju  kesana,  dari  Muara  Angke  kamu harus  menyebrang menggunakan kapal,  seperti  KM  Kerapu  yang  beroperasi  mulai  pikul  06.30 –07.30 WIB.  Kapal  akan  memulai  aktivitas  menyebrangkan  penumpangnya  pada  pukul  08.00,  sementara keberangkatan  dari  pulau  adalah  pukul  13.00.Banyak  rute  yang  bisa  dipilih dengan  variasi  patokan harga mulai dari Rp42.000 –Rp72.000.

Baca Juga :  Asyiknya Berlibur Bersama Keluarga ke 4 Objek Wisata Keren yang Ada di Jawa Timur

 

Kota Tua
topcareer.id

4. Kota Tua

Kota  tua  adalah  gambaran  suasana  Batavia  yang  menggambarkanmsuasana  masa  lalu  kota  Jakarta dengan   arsitektur   bangunan   yang   klasik   namun   menarik.   Pengunjung   pasti   akan   tertarik   untuk mengelilingi  kota  bernuansa  kuno,  untuk  itu  pengelola  telah  menyediakan  sepeda  ontel  yang  bisa  di sewa. Di dalam juga terdapat sebuah museum yang jangan sampai dilewatkan.

Pengunjung  dapat  menambah  pengetahuan  sejarah  Jakarta  pada  masa  lalu  hanya dengan  membayar Rp2.000  hingga  Rp5.000,  tak  salah  jika  Kota  Tua  juga  termasuk  tempat  liburan  yang  murah  di  Jakarta. Pada  suasana  malam  banyak  pedagang  yang  datang  untuk  menjajakan  dagangannya,  dari  makanan pakaian  hingga  souvenir.  Harga  yang  ditawarkan  oleh  pedagang  juga  sangat  terjangkau,jangan ragu untuk bernegosiasi. Masih di kawasan kota Tua juga terdapat suasana ala cafe yang buka di Kota Tua.

 

Dunia Fantasi
korporat.ancol.com

5. Dunia Fantasi

Dunia  Fantasi  atau  lebih  dikenal  dengan  nama  Dufan  adalah  sebuah  tempat  hiburan  yang  berada  di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Banyak macam wahana yang tersedia di Dufan dan penamaan wahana  tersebut  disesuaikan  dengan tempat  tertentu.  Sebagai contoh  kawasan  Eropa  yang mengusung  tema Eropa ini akan membawa pengunjung seolah berada di Benua Biru tersebut. Wahana tersebut   dapat   membantu   untuk   meningkatkan   imajinasi   pengunjung   sehingga   akan   merasakan keseruan yang tidak akan terlupakan.

Dufan  merupakan  salah  satu  objek  wisata  yang  menjadi  favorit  anak-anak.  Bahkan  selain  anak-anak, orang  dewasajuga  dapat  mencoba  untuk  mengeksplorasi  wahana-wahana yang  ada,  karena  banyak wahana yang  ditawarkan di  Dufan.  Untuk  masuk ke  Dufan kamu harus  membayar  tiket  reguler  sebesar Rp190.000 untuk hari biasa biasa dan rp270.000 khusus akhir pekan dan hari libur. Ada  pula  harga  tiket  premium  dengan  patokan  harga  Rp350.000  hari  biasa  dan  Rp450.000  untuk  akhir pekan  dan  hari  libur.  Sementara  perpanjangan tiket  mannual  pass  yaitu  Rp350.000 di  hari  biasa maupun akhir pekan.

 

Taman Mini Indonesia Indah
cdn1.goibibo.com

6. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah juga sangat pas menjadi Wahana rekreasi sekaligus edukasi yang tentu saja menjadi  tempat  rekreasi  keluarga  dan  anak-anak.  Semua  kalangan  sangat  cocok  mengunjungi  tempat wisata  yang  satu  ini,  karena  di  tempat  ini  pengunjung  dapat  mengetahui keanekaragaman  Indonesia. Terdapat rumah-rumah dari Sabang hingga Merauke, karena Taman Mini Indonesia juga sebagai bentuk miniatur Indonesia.

Selain itu terdapat  sejumlah tanaman,museum,berbagai tempat  ibadah,teater serta Wahana rekreasi yang  dapat  kamu  kunjungi.  Dengan  luas  150  hektar  tempat  wisata  yang  berlokasi  di  Jakarta  Timur dengan  patokan  harga  tiket  yang  berbeda-beda,jangan  sampai  kamu  lewatkan jika  kamu  berada  di Jakarta.

 

Planetarium
cdn1-production-images-kly.akamaized.net

7. Planetarium

Planetarium adalah tempat wisata yang jangan sampai ketinggalan untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Jakarta.  Planetarium  ini  berada  di  Jalan  Cikini  Raya,Nomor  73,Menteng,Jakarta  Pusat  di  kawasan Taman  Ismail  Marzuki.  Planetarium  memiliki  desain  bangunan  yang  mirip  dengan  kubah  setengah  bola di manapengunjung dapat menyaksikan planet-planet yang ada di alam semesta.

Objek  wisata  ini  sangat  dianjurkan  untuk  keluarga  terutama  anak-anak,karena dapat  menjadi media edukasi melalui  rekreasi.  Rasa keingintahuan  anak-anak  dan dunia luar  angkasa  akan terjawab  diobjek wisata ini. Wisata ini juga didukung dengan harga tiket  yang sangat  terjangkau yaitu dewasa dikenakan tarif  Rp7.000  anak-anak  Rp3500,  planetarium  ini  juga  mulai  beroperasi  dari  hari  Senin  hingga  hari Minggu.

Baca Juga :  Inilah Objek Wisata Nusa Tenggara Barat yang Populer dan Menarik Untuk Dikunjungi!

 

Ocean Ecopark
travelspromo.com

8. Ocean Ecopark

Di  Ocean  Ecopark,  pengunjung dapat merasakan objek wisata dengan sensasi “back to nature” yang masih berada di kawasan Ancol, tepatnya di Jalan Lodan Timur no.7, Ancol, Pademangan, Jakarta bagian Utara. Ocean Ecopark menyajikan wahana wahana yang menarik, terdapat 4 tema seperti Eco Care, Eco Art, Eco Energy, dan Eco Nature.

Selain itu, tempat ini sering diselenggarakan acara musik yang diisi oleh artis dari dalam dan luar negeri. Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp25.000 /orang, dan untuk wahana  permainan  kano,  paintball  shooting,  dan  oubondholic  pengunjung  harus  mengeluarkan  biaya tambahan.

 

Masjid Istiqlal dan Gereja Katredal
gdb.voanews.com

9. Masjid Istiqlal dan Gereja Katredal

Kali  ini  adalah  wisata  yang  sangat  penting  karena  berhubungan  dengan  keyakinan  yaitu  wisata  Religi, wisata  religi  yang  akan  dibahas  adalah  Masjid  Istiqlal  dan  Gereja  Katredal.  Kedua  rumah  ibadah  ini terletak  berdampingan  yang  menggambarkan  kerukunan  antar  umat  beragama  di  Indonesia.

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di asia Tenggara, yang ketenarannya telah mendunia yang bahkan mantan presiden Amerika pun pernah datang ke lokasi tempat ibadah ini. Untuk  pengunjung  yang  beragama  Islam  tentu  akan  mengunjungi  Masjid  Istiqlal,  sedangkan  umat kristiani dan berdoa di Gereja Katredal.

 

Pasar Tanah Abang
cdn1-production-images-kly.akamaized.net

10. Pasar Tanah Abang

Setelah  puas  mengelilingi  objek  wisata  di  Jakarta,  maka  saatnya  pengunjung  memuaskan  keinginan berbelanjadi Pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang adalah pusat grosir terbesar di Jakarta, dimana di pasar ini tersedia berbagai macam pakaian dengan model yang beragam.

Terdapat banyak kios yang bisa dikunjungi yang menawarkan dagangannya. Selain bisa berbelanja untuk pribadi,  pengunjung  yang  ingin membuka  usaha  tekstil  banyak  yang  berbelanja  di  pasar  ini  untuk  dijual kembali di daerahnya.

 

Itulah  tempat  wisata  yang  ada  diJakarta  yang  wajib  kamu  kunjungi  saat  mampir  ke  kota  metropolitan ini.  Jakarta  selalu  memberikan  sajian  sajian  menarik,  termasuk  objek  wisata  yang  siap  menyambut kedatangan wisatawan lokal ataupun mancanegara. Selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …