Home / Yogyakarta / Berikut Ini Adalah Tempat Recommended Yang Dapat Anda Jumpai Di Jogjakarta
wisata di Jogja
paketwisatajogja75.com

Berikut Ini Adalah Tempat Recommended Yang Dapat Anda Jumpai Di Jogjakarta

Liburan  tentu  menjadi  saat  paling  dinantikan  bagi  anda  dan  keluarga,  di  mana  hanya saat  liburan saja Anda  dapat  berkumpul  bersama  keluarga  ataupun  teman, sambil  mengenyampingkan  urusan  urusan pekerjaan  yang  setiap  hari  Anda  hadapi.  Dan  untuk  menikmati  liburan Anda,  Anda pasti  akan  memilih tempat yang tepat dan benar-benar anda butuhkan untuk dapat berkumpul bersama keluarga, dan jika Anda  memilih  Jogja, maka  anda  memilih  tempat  yang  tepat  karena    banyak tempat  recommended  di Jogja yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang ada di  Indonesia  yang  telah  banyak  dikunjungi  wisatawan  asing  ataupun  domestik.  Berikut  adalah  tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi jika anda mampir ke Jogjakarta,

 

Kaliadem Jogjakarta

Gunung Merapi adalah icon dari kota Jogja, di mana Gunung Merapi adalah gunung terbesar yang masih aktif  hingga  saat  ini  yang  jika  dipandang  gunungini  mirip  seperti  Gunung  Fuji  di  Jepang, terutama melihat dari lokasi wisata bunker Kaliadem Yogyakarta. Sebelumnya, wisata  bunker  Kaliadem  Jogjakarta  berfungsi  untuk  mengamati  aktivitas  Gunung  Merapi dari dekat, tetapi saat terjadi letusan terakhir yang begitu dahsyat bunker ini tertimbun hingga 4 meter di  dalam  tanah  hingga  menelan  2  korban  relawan  saat  kejadian  letusan tersebut.

Setelah  beberapa waktu  letusan  pun  mereda,  pemerintah  langsung  tanggap  untuk  menggali  bunker  Kaliadem  ini.  Tidak mudah  untuk  menggali  bunker  ini  karena  tanda  yang  menjadi  kekuatan  bunker  juga  ikut  lenyap  akibat letusan Gunung Merapi, yang kemudian bunker tersebut dijadikan wisata bunker Kaliadem Jogjakarta.

Wisata bunker Kaliadem Jogjakarta tak hanya sekedar wisata alam biasa yang hanya dapat menyaksikan kemegahan  gunung  Merapi  dari  dekat,  fungsi  awalnya  untuk  mengamati  aktivitas  Gunung Merapi. Wisata  bunker  Kaliadem  memiliki  nilai  sejarah  dan  juga  saksi  dari  keganasan  ledakan  gunung  Merapi, yang  sepanjang  sejarah  sudah  5  kali gunung  ini meletus,  hingga  ledakan  itu  meninggalkan  jejak  yang sangat jelas di depan pintu baja dengan ketebalan 15 cm.

Untuk menuju ke bunker Kaliadem ini, anda harus menuju ke desa Kinahrejo di Kecamatan Cangkringan,Kabupaten  Sleman.  Untuk  jarak  yang  ditempuh  sekitar  1  jam  dari  Jogjakarta.  Kendaraan  pribadi diwajibkan  untuk di  parkir  di desa Kinahrejo,  karena  medan untuk menuju ke  lokasi  sangat  berat. Oleh karena   itu   Anda   harus   menggunakan   mobil   offroad   yang   banyak   di   sewakan   dengan   kapasitas maksimum  6  orang.  Pihak  pengelola  juga  menyediakan  jasa  untuk  tour  Merapi,  dimana  anda  dapat menjelajahi berbagai lokasi dari letusan Gunung Merapi.

Saat  anda  berada  di  Kaliadem, anda  akan  berdiam  sejenak  melihat  puing-puing berserakan  akibat bencana  alam, Anda  akan  merasa  tidak  percaya  jika  tempat  ini  merupakan  tempat  terfavorit  pendaki gunung untuk membuat  tenda perkemahan. Kejadian itu memang  sudah lama berlalu tetapi kita masih bisa melihat bukti-bukti akibat dari letusan Merapi.

Selain sejarahnya,berada di kawasan Kaliadem Anda jugaakan merasakan hembusan udara yang  sejuk dan  menikmati  tempat  wisata  Lava  Tour  Kaliadem Merapi  yang  didirikan  oleh  warga  sekitar  dan  juga campur tangan pemerintah. Kegiatan Lava Tour Kaliadem Merapi terdiri dari pemberian edukasi kepada wisatawan yang datang tentangkejadian letusan dari gunung Merapi, selain itu Anda juga dapat melihat puncak gunung Merapi dari jarak pandang 2 Km saja yang tentunya sangat membuat anda tak berhenti berdecak kagum.

Jika  anda  ingin  merasakan  nuansa  berbeda  maka, berkunjunglah  ketika  malam  hari  di  mana  Anda  bisa melihat   aktivitas   gunung   Merapi   mengeluarkan lava secara   terus   menerus   tak   pernah   berhenti mengeluarkan  asap  dari  dalam  kawah  Merapi.  Proses  lelehan  lava  yang  berpijar  menuruni gunung tersebut juga dapat Anda lihat, pemandangan unik ini hanya anda dapatkan di malam hari.

 

Kalibiru Yogyakarta
hargatiket.net

Kalibiru Yogyakarta

Objek wisata kalibiru tentu sudah  sangat  dikenal  terutama oleh warga yang tinggal di Kabupaten Kulon Progo,  Yogyakarta.  Tempat  wisata  di  Jogja  ini  cukup  populer  karena  memang  mempunyai  keunikan tersendiri. Objek wisata  ini  tak  hanya  dikenal  oleh  warga  sekitar  saja  tetapi  wisatawan  dari  domestik ataupun  mancanegara  banyak  yang  menghabiskan  liburan  di Kalibiru  Jogjakarta ini.

Kalibiru  adalah nama sebuah desa di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk menuju ke Kalibiru memerlukan  waktu  kurang  lebih  1jam  perjalanan  dari  pusat  Kota  Jogja.  Banyak  tempat-tempat  ada  di sekitar Kediri selain sekitar Kalibiru yang masih dikelilingi hutan, pesona alamnya juga sangat indah dan dapat   menarik   pengunjung   untuk   menikmati   pemandangan   dengan   menaiki   panjang   yang   telah disediakan  oleh  pengelola.

Di  mana  kita  akan  terus  memakai  pemandangan  alam  sekitar  yang  sangat jarang  kita  dapatkan.  Banyak  sekali  tempat-tempat   yang  dapat  kita  jumpai  dan  tak  salah  untuk mengunjungi, berikut ini adalah tempat-tempat tersebut menarik tersebut,

 

Waduk Sermo
travelspromo.com

Waduk Sermo

Waduk  Sermo  merupakan  wisata  sekaligus  dapat  mengidentifikasi  wisatawan  di  kulon  Progo,  dengan pemandangan    bukit-bukit    membuat    suasana    semakin    menarik    apalagi    juga    tersedia    fasilitas pemancingan. Daya tarik utama banyaknya wisatawan yang gemar di Waduk Sermo karena adanya ikan “setan merah”yang merupakan ikan predator, anda juga dapat menyewa perahujika ingin mengunjungi Waduk  Sermo  sambil  menikmati  pemandangan  di  perbukitan  Menoreh.

Waduk Sermo  sekilas  nampak sama  seperti  waduk  waduk  pada  umumnya,denganbendungan  di  wilayah  barat  Jogja  yang  fungsinya untuk menyediakan air bersih untuk warga sekitar. Karena memiliki Tata bangunan yang unik serta letak lokasi  yang  sangat  Asri, kini  Waduk  Sermo  Kulonprogo banyak  di  kunjungi wisatawan.  Jogja  memang memiliki fasilitas sejenis yang tata bangunannya menjadi daya tarik untuk dijadikan objek wisata seperti Embung  Nglanggeran  di  Gunungkidul,  bendungan  Kamijoro  di  Bantul  dan  juga  tempat-tempat  lainnya.

Karena  banyak  lokasi  yang  wajib  Anda  kunjungi,maka  pihakpengelola  menyediakan  berupa  fasilitas tour wisata,sewa bus pariwisata dan fasilitas-fasilitas lainnya yang memudahkan wisatawanberkunjung ke  waduk  Sermo  Kulon  Progo.  Waduk  Sermo  diresmikan  oleh  Presiden  Soeharto  pada  tanggal  20 November  1996  yang  beroperasi untuk  mengalirkan  air  bersih wargadi  sekitar, sertamenjadi  lokasi pelatihan  olahraga  air  yang  bahkan  kini  menjadi  objek  wisata  yang  telah  menarik  banyak  wisatawan untuk datang.

Waduk Sermo2
genpijogja.com

Lokasi ini berada di alam yang masih di kelilingi hutan dan sekaligus menjadi cagar alam, sehingga  terkadang  kita  sering  menemui  satwa  hutan  ataupun  tumbuhan  di  lokasi  ini  yang hidup di sekitar  waduk,  terdapat bumi  perkemahan di  waduk  ini  karena  keasrian  alam  di  sini.

Kita  juga  dapat mengelilingi   Waduk   semua   menggunakan   perahu   yang   bisa   di   sewa   dengan   harga   yang   cukup terjangkau, wisata lain yang bisa dikunjungi juga ada gardu pandang, Spot foto, Taman, Bukit dan lokasi wisata  lainnya.  Bentuk  Waduk  Sermo berbentuk dengan  jalan  aspal  yang  mengitari  Waduk  serta terdapat beberapa jembatan sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

 

Kedung Pedut Kulon Progo3
i.pinimg.com

Kedung Pedut Kulon Progo

Kedung  Pedut  Kulon Progo  juga berada di sekitaran Kalibiru Jogjakarta yang  memiliki  segudang  pesona alam  yang  tak  kalah  dengan  Gunung  Kidul  serta  Bantul,  karena  saat  ini  Kulonprogo dalam  proses pengembangan potensi wisatanya, didukung dengan pembangunan kawasan bandara yang tak lama lagi akan beroperasi.

Air terjun Kedung Pedut masih terasa asing terdengar di telinga, kawasan ini juga telah menjadi  sebuah  acara  televisi  yang  bertemakan  travelling,  di  mana keindahan air  terjun  ia  tak  kalah dengan  air  terjun  ternama  di  Jogja.  Kawasan  air  terjun  Kedung  Pedut  berada di daerah  perbukitan,  tak hanya  air  terjun  Kedung  Pedut  saja,  karena  masih  banyak  air  terjunyang  dapat Anda temukan  yang berada di sekitar, hanya belum terekspos keindahan yang dimiliki air terjun tersebut.

Kedung Pedut Kulon Progo5
i.pinimg.com

Air  terjun  Kedung Pedut memiliki  keunikan  warna  air  yang  terdiri  dari  2  warna  yaitu  hijau  tosca  dan berwarna putih, sedikit mustahil tetapi anda perlu membuktikannya dengan datang ke lokasi ini, karena ini  asli  bukan  hasil  editan  ataupun  cerita  yang  berlebihan.  Air  terjun  baru  dibuka  secara  resmi  pada tanggal  15  Februari  2015,  yang  lebih di  kenal dengan  Waterpark  alami,  karena  terdapat  sebuah  kolam renang yang terbentuk tanpa campur tangan  manusia tetapi secara alami dengan sumber air dari mata air  yang  tak  jauh  dari  kawasan  ini.

Warna  yang  terlihat  di  tempat  ini  terjadi  karena  adanya  batuan  di dasar sungai yang hanyut secara perlahan sehingga berpengaruh pada warna air. Kedung Pedutmempunyai lebih 5 kedung yaitu kedung Anyes, kedung Lanang, kedung Wedok, kedung Merak dan kedung Merang. Dimana setiap kedung memiliki kedalaman yang cukup bervariatif, sehingga Anda dapat memilih mau terjun di kedalaman yang anda inginkan.

Kedung Pedut Kulon Progo4
jogjaonstage.com

Kedung  Pedut  memiliki  arti  genangan  air  yang  cukup  dalam,  di  mana  rata-rata  memang  cukup  dalam yaitu  antara  2 -3  meter,  yang  bahkan  kolam  renang  pun  tidak  ada  yang  menggunakan  kedalaman seperti ini. Kolam  ini terdiri  dari dua kolam,  yaitu  kolam  yang  berada dekat  dengan  air  terjun  utama  di mana  disarankan  agar  anda  tidak  berenang  di  kolam  ini  karena  cukup  berbahaya.

Masih  ada  beberapa kolam  kecil  yang  ada  ada  di  tempat  ini,yang  cukup  unik  yaitu  membentuk  seperti  sebuah  tangga  yang jika dipandang dari gardu pandang maka keindahannya akan lebih dinikmati. Fasilitas  yang  ada  di  tempat  ini  sudah  cukup  terjangkau,  sudah  banyak  fasilitas-fasilitas  yang membuat agar para wisatawan merasa nyaman seperti kursi, jembatan kayu, musala, toilet,  warung-warung yang menjajakan  makanan,  ruang ganti,  dan  masih  banyak  lagi.

Kedung Pedut Kulon Progo
camerawisata.com

Untuk  menuju ke  Kedung  Pedut  kita  harus berjalan  kaki  tetapi  tidak  akan  melelahkan  karena  jarak  yang  ditempuh  cukup  bersahabat,  tidak  terlalu terjal dan cukup landai. Sumber mata air dari tempat ini berasal dari Sungai Mudal yang letaknya tak jauh dari air terjun kedung Pedut,  dan  tidak  hanya  kedung  Pedut, Sungai  Mudal  juga  mengaliri  beberapa air terjun  yang  ada  di sekitar  kedung  Pedut.

Kedung Pedut Kulon Progo2
piknikasik.com

Tak  hanya  airnya  saja,tetapi  kawasan  alam  yang  sangat  mendukung  tempat ini untuk  menjadi  di  objek  wisata serta  terdapatnya  bebatuan untuk  dijadikan  Spot  foto  yang  unik  yang tentunya  sayang  jika  tidak  diabadikan.  Jika  diteliti,  sebenarnya  pada  setiap  sudut  kedung  Pedut  Anda akan  mendapatkan spot  foto  keren  untuk  diabadikan. Yang  perlu  Anda  waspadai  adalah  pada  saat musim hujan karena kawasan ini cukup licin sehingga Anda harus sedikit berhati-hati.

 

Pule payung
travelspromo.com

Pule payung

Pule  Payung  adalah  objek wisata yang  yang  terletak  sekitaran Kalibiru Jogjakarta, yang  juga tidak  kalah asyik dengan wisata alam lainnya di Jogja. Wisata Pule Payung menyajikan wahana menantang sekaligus keindahan diketinggian  yang  bisa  dinikmati.  Sudah  banyak  yang  datang  ke  Pule  Payung  Kalibiru terutama  pada  saat  musim  liburan.

Banyak  hal-hal yang  dapat  Anda  temukan  di  Pule  Payung  wisata alam  Hargowilis,  Kulpn  Progo, Daerah  Istimewa  Yogyakarta.  Di  sini  anda  dapat  menyaksikan  Waduk Sermo dari kejauhan, ditambah tersajinya pegunungan dan bukit yang cantik terutamapadasaat cuaca cerah. Wahana Pule Payung yang ada di sini sedikit menantang yang tentunya wajib Anda coba.

Pule payung2
pbs.twimg.com

Wahana tersebut antara lain adalah gardu pandang  heksagonal di ketinggian,di mana anda akan merasakankan takut  saat  naik  tetapi  begitu  berada  di  atas, keindahannya  spontan  membuat  rasa  takutmu  hilang.  Di Pule  Payung  Jogja  juga  ada  jembatan  surga  Pule  Payung  Kulon  Progo,  yang  berada  di  ketinggian.  Tak sedikit orang yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto dengan background yang sangat menarik.

Dan  Wahana  selanjutnya  ada  Pule Payung  sepeda  langit,  dimana  dengan  sepeda  ini  anda  dapat merasakan melayang dengan sepeda seperti yang ada di Dago Dream Park Bandung. Ada pula spot foto menarik seperti  skywings  atau  ayunan langit, kursi  langit, flying  fox dan  Spot  angkasa juga dapat  anda temukan di sini,di mana Anda juga dapat menyaksikan keindahan hingga ke Pesisir Selatan Jogja.

Pule payung3
i.pinimg.com

Wisata Pule Payung telah dibuka sejak Maret 2017,tetapi baru dikenal dan ramai dikunjungi pada tahun 2018.  Hal  itu  disebabkan  karena  tempat  wisata  ini  sangat  instagramable.  Lokasi  Pule  Payung  letaknya tidak jauh dari Kalibiru yaitu di Dusun Saropati desa hargotirto Kecamatan kokap Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta atau rute yang sama dengan Kalibiru.

Ayunan Langit Watu Jaran Ayunan  Langit  Watu  Jaran  terletakdi  desa  Purwosari,  kecamatan  Girimulyo,  kabupaten  Kulon  Progo, Yogyakarta  yang  baru  saja  diresmikan  di  di  tanggal  16  mei  2017.  Ayunan  yang  ada  di  tempat  ini  bukan ayunan  biasa,  karena  ayunan  ini  dapat  membuat  jantungmu  tidak  berhenti  berdegup  kencang  karena berayun di atas ketinggian 800 m di atas permukaan laut.

Ayunan ini berada tepat di atas jurang dengan tinggi  kurang  lebih  10  meter,  tetapi  jangan  khawatir  tentang  keamanannya  karena  sangat  terjamin meskipun  hanya  dengan  bantuan  besidan  sudah  dibina  teknisnya dari  SAR Yogyakarta, di  bagian  besi tersemat tali yang berfungsi untuk mengamankan para wisatawan. Lokasi  sekitar  Ayunan Langit  Watu  Jaranjuga  dikelilingi  oleh  alam  yang  masih  sangat  asri  serta pemandangan perbukitan Menoreh.

Banyak spot spot menarik di tempat ini yang tak kalah menariknya dengan  Kalibiru.  Ayunan  langit  Watu  Jaran  merupakan  wisata  yang  sedang  dikembangkan  di  desa Purwosari yang juga dapat kita temui wisata baru yaitu wisata Gua Kidang Kencana dengan medan yang sangat ekstrem.

 

Pantai Glagah2
4.bp.blogspot.com

Pantai Glagah

Pantai  Glagah  adalah  pantai  yang  paling  dikenal  di  KulonProgo,karena  memiliki  Laguna  dan  tetrapod beton  yang  dapat  memecahkan  ombak, dimana  ombak  yang  menghantam  tetrapod  akan  menjadi deburan ombak di pinggir pantai. Banyak  keistimewaan  yang kita  dapat  dari  Pantai  Glagah  yang  menjadi  daya  tarik  wisatawan  untuk datang berkunjung antara lain adalah,

Pantai Glagah
jpswisata.com

-Laguna unik

Jika  kita  berbicara  tentang  Pantai  Glagah  maka  masyarakat  Jogja  pasti  langsung  terbayang  dengan Laguna pantai ini, pada umumnya laguna pantai memiliki penghalang berupa pasir, batu karang dan lain-lain  meskipun berada  dekat  dengan  laut  dan  biasanya  berada di  lokasi perairan  yang  dangkal  dan sepi. Tetapi  di  Pantai  Glagah  kita  dapat  menemukan  laguna  yang  dibentuk  dari  bagian  daratan  yang  sedikit cekung  berisikan  air  laut  pasang.

Lama-kelamaan  cekungan  ini  akan  membentuk  telaga  luas  berair tenang dengan tepian yang sangat subur hingga ditumbuhi rumput liar. Laguna  Pantai  Glagah  pun  sekarang  dijadikan  tempat  wisata  air  seperti  perahukayu,  kano  hingga sampan  yang  kecil  dapat  digunakan  untuk  berkeliling  sekitar  laguna.  Lokasinya  pun  tenang,  tanpa  ada deburan ombak sehingga aman untuk dikunjungi anak-anak.

Pantai Glagah3
1.bp.blogspot.com

-Dermaga panjang dengan tetrapod

Pantai Glagah memiliki ombak yang cukup besar, itulah alasan mengapa di pantai ini dibangun tetrapod. Tetrapod terbuat  dari struktur  beton yang  memiliki  empat  kaki yang  bertujuan  untuk memecah ombak agar tidak masuk hingga ke bibirpantai. Ditengah tetrapod dibangun jalan setapak panjang yang terbuat dari  beton  mengarah  ke  tengah  laut.

Jalan  ini  dibuat  untuk  akses  menuju  dermaga,  dan  banyak pengunjung memanfaatkan  keberadaan  tetrapodini  untuk  memancing  sambil  menikmati  hembusan angin  laut  dan  suara  deburan  ombak.  Adanya  jalan  setapak  yang  dikelilingi  oleh tetrapod inilah  yang menjadi  ciri  khas  Pantai  Glagah,  yang  tentu  saja  para  pengunjung  tidak  mungkin  melewatkan  moment berfoto terutama pada saat ombak terpecah setelah menghantam tetrapod.

-Stupa Cagar Budaya

Di  area  pantai  ada  sebuah  situs  bersejarah  bernama  Stupa  Cagar  Budaya  yang  menjadi  saksi  sejarah berdirinya  Desa  Glagah.  Menurut  cerita  warga  setempat,stupa  tersebut  adalah  peninggalan  di  masa pemerintahan  Bupati  Cangakmengeng  di  wilayah  Kadipaten  Sios.

Cagar  budaya  itu  diyakini  warga berasal  dari  abadke  6,di  mana  stupa  ini  berdiri  di  tempat  yang  menjadi  pertapaan anak  gadis  Bupati yaitu  Nyai  Sekar  Kenanga.  Ada  peninggalan  sejarah  yang  lain  yang  ditemukan  oleh  warga  yaitu, batu yang  diduga  sebuah  Gong  serta  batu  berbentuk  Lingga  dan  Yoni  yaitu  simbol kesuburan  di  mana  yang berbentuk panjang melambangkan alat kelamin pria dan lubang untuk alat kelamin wanita.

Banyak  aktivitas  seru  yang  dapat  anda  lakukan  di  Pantai  Glagah  agar  anda  mendapatkan  momen-momen  untuk  mengisi  liburan  yang  sempurna  seperti  menjelajahi  perkebunan  buah  yang  letaknya  tak jauh dari pantai. Tak  jauh dari sini anda  akan menemukan  perkebunan  buah naga  bernama Agrowisata Kusuma Wanadri.

Dulu kebun ini berupa semak belukar yang tumbuh di sekitar Pantai Glagah, tetapi di tahun  2003  Romo  Paulus  yang  merupakan  seorang  tokoh  terkemuka  di  kawasan Glagah mengubah semak belukar menjadi budidaya buah naga. Berada di perkebunan ini,anda akan mendapatkan banyak

informasi  tentang  budidaya  buah  naga  dari  proses  penanaman,  perawatan  hingga  khasiat  yang  dimiliki oleh  buah  naga.  Setelah  puas  mengelilingi  perkebunan  buah  naga,anda  juga  dapat  bermain  di  area outbound atau aktivitas seru lainnya seperti flying fox, voli pantai, sawah,pantai dan lain-lain. Di  sini  juga  disediakan  fasilitas  bagi  Anda  yang  memiliki  hobi  memancing.

Ada  dua  spot  favorit  yang ramai dikunjungi yaitu laguna dan tetrapod. Bagi Anda yang belum mahir memancing sebaiknya memilih laguna, karena  lebih  aman  serta  ikan  pun  cukup  beragam  mulai  dari  ikan  nila, Betik, Belanak, kakap bakau, Betutu dan ikan Gabus. Di  Pantai  Glagah  anda  juga  dapat  menyaksikan  matahari  terbenam  yang  menampilkan  panorama eksotis.

Tapi  jikaingin  berburu  sunset  pastikan  saat  itu  cuaca  sedang  cerah  agar  panorama  keindahan sunsetterlihat  sangat  maksimal,  dan  datang  sekitar  pukul  16.00  agar  anda  benar-benar menyaksikan matahari menjelang terbenam dan dapat mengabadikannya.

 

 

Kampung Flory

Kampung  Flory di Kabupaten Sleman ini mengangkat tema agrowisata.  Pendiri Desa Flory ini dipelopori oleh Sugihartono dan juga dibantu oleh rekan rekan yang tergabung dalam CV.Mitra Tani yang berawal dari berjualan bibit tanaman buah secara berkeliling. Tujuan dari Mitra Tani adalah agar warga di sekitar desa  bergerak  di  bidang  pembibitan  tanaman  hias  ataupun  tanaman  buah  unggul  yang  kini  terwujud dengan nama kampung Flory.

Luas Kampung Flory sekitar 4 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona. Zona yang pertama adalah zona Taruna Tani,di mana di zona initerdapat usaha tanaman hias,tanaman buah  dan  juga  kuliner. Sedang    kedua  yaitu  zona  Dewi  Flory  yang  menyajikan  jasa  penginapan,outbound,pelatihan  kewirausahaan  agribisnis.  di  zona  ketiga  yaitu  zona  agroBushdimana  wisatawanakan merasakan memetik buahsecara langsung, wisata edukasi dan juga pelestarian lingkungan.

 

Kampung  Flory  bisa  dibilang  sebagai  tempat  wisata,  dengan  adanya  fasilitas  yang  cukup  lengkap  akan membuat  liburan  anda  terasa  nyaman  dan  akan  betah  berlama-lama  di  sini.  Fasilitas  yang  ada di kampung Flory antara lain homestay, wisata petik buah, rumah makan, tempat outbound, desa wisata, mushola, kolam terapi ikan dan juga toilet.

Kita juga akan  menemukan  jembatan  goyang  yang  berada  di  ujung  kampung  Flory,  dimana  anda  dapat menyeberang  ke Puri  Mataraman  melewati jalur  ini.  Puri Mataraman baru  dibuka  November  2018  dan di bawah jembatan goyang ada sungai kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Kampung  wisata  Flory  Sleman Yogyakarta juga sebagai  wisata kuliner  yang  menyajikan  tempat  makan dengan harga yang terjangkau.

 

Menu yang dihidangkan di tempat ini adalah menu-menu khas pedesaan dan  juga  makanan  rumahan  seperti  gurame  goreng,  udang  tambang,  nila  goreng,  dan  masih  banyak menu-menu   lainnya. Bupati   Sleman Drs.   Sri   Purnomo.   Msi   mengharapkan   kampung   Flory   dapat mengulang kesuksesan dari wisata tebing Breksi. Dan jika melihat perkembangan potensinya, kampung Flory dapat menjadi objek wisata baru terpopuler di Indonesia.

Banyak  sekali  wisata yang  dapat  Anda temukan di  kampung  Flory,  selain wisata edukasi, wisata kuliner dan  juga  wisata  bermain.  Sangat  cocok  untuk  masuk  nominasi  destinasi  wisata  liburan  Anda  bersama keluarga ataupun teman Anda. Destinasi wisata ini berbasis agrowisata yang menggunakan sistem desa wisata yang mampu menjadi magnetwisatawan untuk datang berkunjung.

 

Konsep edukasi yang diangkat oleh pengelola ternyata sukses menjadikan kampung Flory sebagai objek wisata   keluarga   yang   selalu   ramai   pengunjung,   yang   bahkan   tak   jarang   Anda   akan   menemukan pengunjung  yang  datang  kemari  lebih  dari  1  kali.  Tentu  saja  wisata  yang  menarik,  karena  Anda  juga mendapatkan informasi penting tentang pertanian, perkebunan dan perikanan. Untuk dapat menikmati wisata ini, pengunjung juga tidak di  pungut biaya sepeser pun alias gratis, Anda hanya membayar buah yang berhasil Anda petik secara langsung dari kebun yang ada di objek wisata ini.

 

Itulah  beberapa  wisata  yang  dapat  menjadi  pilihan  untuk  berlibur  yang  ada  di  Jogjakarta,  terutama  di kabupaten  Kulon  Progo.  Tak  hanya  pesona  keindahan  alam  yang  dapat  Anda  nikmati,  tetapi  juga suasana yang jauh dari hingar bingar kota besar yang selalu Anda hadapi dari hari ke hari.

Check Also

Kuliner Raja Ampat

Kuliner Khas Raja Ampat Yang Terbilang Ekstrim Namun Menyehatkan

Setiap  wilayah  pasti  memiliki  kuliner  khas,termasuk  kepulauan  Raja  Ampat  yang  juga  memiliki  kuliner yang  wajib …