Home / Jawa Barat / Tempat Wisata Yang Ada di Kabupaten Kuningan Untuk Berlibur Bersama Keluarga
Kota Kuningan
anekatempatwisata.com

Tempat Wisata Yang Ada di Kabupaten Kuningan Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Pariwisata di Jawa Barat tak hanya Bandung atau lembang yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur, tetapi Jawa Barat  juga memiliki kabupaten yang lain yang juga dapat mencuri perhatian karena memiliki keindahan alam, budaya dan juga kuliner yang mampu menggoyang lidah Anda sebagai tujuan liburan tak terkecuali adalah Kuningan Jawa Barat. Berangkat dari Jakarta kita akan menempuh jarak kurang lebih 250 km, Kuningan juga memiliki pesona alam yang dapat diperhitungkan, properti adanya gunung Ciremai yang menjadi salah satu keajaiban alam yang ada di Kuningan membuat kekayaan bertambah menarik untuk dikunjungi.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Kuningan sebagai tujuan wisata berlibur bersama keluarga, berikut ini adalah daftar tempat-tempat yang dapat anda kunjungi, dan dijamin anda pasti kagum dengan pesona alam yang dimiliki daerah bermaskot kuda ini.

 

Taman wisata alam Linggarjati2
3.bp.blogspot.com

Taman wisata alam Linggarjati

Taman wisata alam Linggarjati adalah salah satu dari banyaknya objek wisata yang dimiliki oleh Kuningan. Mendengar Linggarjati untuk kita akan langsung teringat dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Di Kuningan terdapat sebuah gedung yang bernama Linggarjati dimana terjadinya perjanjian antara indonesia dan Belanda pada bulan November 1946. Dan gedung ini kini dijadikan taman wisata Linggarjati Kuningan.

Taman wisata Linggarjati Kuningan ini berdiri diatas lahan seluas 11,5 hektar yang telah ditetapkan sebagai taman wisata alam berdasarkan surat keputusan Menteri Pertanian nomor : 53/Kpts/Um/2/1975 tanggal 17 Februari 1975.

Objek wisata alam Linggarjati memiliki beberapa koleksi flora dan fauna yang sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Koleksi flora yang ada di taman wisata alam Linggarjati antara lain bunbungu, pasang kiara, lemo, jamuju,dan kiacret. Jenis-jenis tumbuhan ini tumbuh dengan subur di mana sebagian besar menjadi pohon yang tinggi dan besar membuat suasana semakin sejuk.

Taman wisata alam Linggarjati3
pasundan.id

Taman wisata alam Linggarjati adalah salah satu dari wisata alam yang terdapat di Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang memiliki jarak sekitar 500 meter dari gedung naskah kesepakatan Linggarjati. Seperti kita ketahui kesepakatan Linggarjati merupakan hasil dari perundingan bangsa Indonesia dengan Belanda di tahun 1946 yang pernah kita pelajari waktu masih berada di bangku sekolah.

Taman wisata alam Linggarjati memiliki rimba yang cukup luas atau disebut sebagai titik jalan menuju ke gunung Ciremai. Lokasi ini adalah sisi terpisah dari lokasi rimba lindung Gunung Ciremai sejak tahun 1924, yang telah diputuskan oleh pemerintah Belanda. Dan di tanggal 17 Februari 1975 lokasi ini pun dijadikan sebagai taman wisata alam oleh menteri pertanian.

Baca Juga :  Hutan Pinus Kare Madiun, Objek Wisata dengan Beragam Spot Foto Menarik di Madiun
Taman wisata alam Linggarjati
i0.wp.com

Pesona alam yang tersaji di objek wisata ini sangat mencuri perhatian, tak sedikit para wisatawan yang datang ke tempat ini untuk mengisi liburan bersama keluarga. Anda juga dapat bermain perahu bebek di danau buatan bersama keluarga anda.

Bagi Anda yang mengoleksi tempat-tempat menarik untuk berfoto tentu sangat disesalkan jika tidak mampir ke tempat ini. Karena tempat ini cocok dijuluki sebagai surganya fotografi karena pemandangan yang sangat asri.

Tak jauh dari lokasi taman wisata alam Anda dapat menjumpai sebuah bangunan dengan nilai sejarah yang cukup tinggi yaitu gedung tempat dimana diadakannya Perjanjian Linggarjati. Keberadaan gedung ini tentu memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Letak wisata alam Linggarjati berada di bawah kaki Gunung Ciremai yang membuat Hawa di kawasan ini sangat sejuk.

Fasilitas yang tersedia di taman wisata inggarjati sudah cukup lengkap seperti area parkir yang sudah mendukung, mushola, aula pertemuan, restoran dan penginapan. Ada juga fasilitas lain yang menjadi tempat hiburan para pengunjung seperti arena bermain anak, kolam renang, pemancingan dan arena outbound. Sebagai pelengkap juga terdapat bukit dan pepohonan yang sangat cocok untuk tempat bersantai.

Untuk dapat masuk ke taman wisata alam Linggarjati Anda cukup membayar dengan harga yang terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp9.000 untuk anak-anak.

 

Bukit perkemahan Trijaya3
pbs.twimg.com

Bukit Perkemahan Trijaya

Dinamakan segera Bumi Perkemahan Trijaya karena tempat ini berlokasi di sebuah daerah bernama Trijaya tepatnya di Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang sebelumnya adalah sebuah kawasan hutan yang terbengkalai hingga pada akhirnya di bulan Mei 2014 tempat ini di jadikan tempat wisata Trijaya Kuningan.

Lokasi tempat wisata ini sangat jauh dari jalan raya dan juga akses jalan menuju objek wisata tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu mulus sehingga untuk menuju ke objek wisata ini sedikit membutuhkan pengorbanan. Namun setelah Anda sampai maka pengorbanan Anda selama perjalanan akan terbayar dengan pesona alamnya yang sangat asri.

Bukit perkemahan Trijaya
muhamadnursidikhome.files.wordpress.com

Begitu Anda menginjakkan kaki ke tempat wisata ini, anda akan dibuat kagum dengan pemandangan berupa hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi yang membuat suasana menjadi sejuk, asri dan juga alami. Buper Trijaya ini kini menjadi Primadona bagi sebagian orang, karena memiliki area yang cukup luas dengan panorama alam yang sangat indah. Hal itu terbukti dengan banyaknya wisatawan yang ada pada setiap sudut tempat wisata ini.

Fasilitas yang ada di bumi perkemahan Trijaya sudah cukup memadai seperti area parkir, flying Fox, Spot foto yang sangat instagramable,  warung makan, rumah pohon, area berkemah dan juga mushola.

Spot foto favorit yang banyak diincar oleh pengunjung adalah dari sudut rumah pohon. Dari  rumah pohon ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang berupa hamparan hutan pinus hijau dari ketinggian. Selain itu juga ada spot menarik lain terutama bagi para remaja dari beberapa pohon yang dinamakan pohon status, pada pohon status memiliki banyak sekali status yang biasa dituliskan oleh remaja kekinian di media sosial. Dan tak hanya itu, masih banyak lagi Spot menarik lainnya yang ada di bumi perkemahan Trijaya.

Bukit perkemahan Trijaya2
i.ytimg.com

Tak jarang Anda akan menemukan sepasang kekasih yang sedang melakukan foto prawedding atau sekedar untuk menikmati suasana alam berduaan.

Untuk dapat masuk ke bumi perkemahan Trijaya, anda hanya harus membayar biaya yang cukup terjangkau yaitu Rp5.000/ orang, dan untuk biaya perkemahan akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000. harga yang cukup bersahabat di kantong para pelajar.

Keindahan alam yang tersaji yang dapat dinikmati hanya dengan biaya yang terjangkau serta dukungan fasilitas yang cukup lengkap membuat Buper Trijaya menjadi destinasi liburan Anda bersama keluarga.

Baca Juga :  Info lengkap tempat wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung yang wajib dikunjungi!

 

Bumi Perkemahan Ipukan2
3.bp.blogspot.com

Bumi Perkemahan Ipukan

Bumi Perkemahan ipukan terletak di desa Cisantatana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Objek wisata Ipukan Kuningan ini sangat cocok bagi Anda yang menggemari kegiatan pecinta alam terutama mendaki gunung bersama dengan teman, maka tempat ini sangat cocok. Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, apalagi terletak di bawah kaki Gunung Ciremai sehingga banyak sekali para pendaki gunung yang datang dari berbagai daerah.

Ipukan adalah objek wisata yang memiliki luas lahan hampir 2 hektar, dengan ketinggian 1200 diatas permukaan laut. Jadi disarankan bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi bumi perkemahan Ipukan sebaiknya menyiapkan berbagai peralatan seperti mantel hangat, karena udaranya sangat dingin dan kadang diselimuti kabut putih.

Bumi Perkemahan Ipukan
blue.kumparan.com

Di beberapa lokasi seperti di lereng bukit atau di atas perbukitan yang dikelilingi oleh pohon pinus telah disediakan beberapa tenda khusus oleh pengelola yang diperuntukkan bagi para pengunjung, sehingga pengunjung tidak perlu direpotkan untuk membawa semua perlengkapan camping karena tersedia tenda-tenda yang bisa di sewa dengan harga yang murah.

Lokasi dan tenda biasanya dibedakan, yang disesuaikan dengan besaran harga yang diinginkan pengunjung. Sebagai contoh yang terletak persis di samping jalan saat menuju parkiran dan warung sederhana di bagian atas. Tenda tersebut memiliki ukuran yang cukup besar yang bisa ditempati sekitar 7 orang dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti tempat tidur, selimut, bantal, air panas untuk mandi, tempat makan umum, toilet dengan tempat duduk yang ada di lereng bukit dan lengkap dengan seikat kayu bakar untuk api unggun.

Bumi Perkemahan Ipukan4
i.ytimg.com

Kisaran harga yang dipatok mencapai hingga 500.000 – 700.000/ malam, dan untuk tenda berukuran kecil yang memuat hanya 2-3 orang dipatok harga 200.000 – Rp300.000/ malam. Ada juga tenda yang harganya dapat ditawar yaitu tenda yang berada tepat di atas perbukitan.

Pengelola juga memasang lampu hias yang terbuat dari lampion beraneka warna untuk melengkapi keindahan malam sambil menikmati udara dingin. Dari tempat ini Anda juga dapat menikmati pemandangan yang penuh dengan kelap-kelip lampu warga di perkotaan dari kejauhan, hutan yang lebat hingga adanya sejumlah satwa liar yang terkadang muncul.

Tak kalah indahnya lagi Anda akan disuguhkan pemandangan pematang sawah, aneka bangunan yang berhiaskan lampu-lampu pada malam hari serta pemandangan di langit yang penuh dengan bintang-bintang, dan momen yang paling dinantikan adalah saat pagi hari dimana anda dapat menyaksikan sunrise atau matahari terbit.

Bumi Perkemahan Ipukan3
2.bp.blogspot.com

Menurut sang perintis sekaligus pengelola tempat ini menjelaskan, bahwa setiap hari pengunjung yang datang terus bertambah. Ada yang datang bersama keluarga atau bahkan dengan teman, yang memiliki tujuan untuk mendaki juga tidak sedikit. Bisa dibilang tenda-tenda sudah cukup banyak tetapi karena ramainya pengunjung terus bertambah, maka pengelola masih harus membuat tenda tenda dadakan. Dan pengunjung biasanya akan membludak di saat akhir pekan yang tak hanya dari Jawa Barat saja tetapi ada yang dari Jakarta, Kalimantan, Jawa, Sumatera dan beberapa daerah lainnya.

Karena terus bertambahnya jumlah pengunjung, pengelola pun mengerahkan sekitar 60 pekerja untuk melayani permintaan para tamu mulai dari tukang parkir, pos jaga, orang yang mendirikan tenda, pemandu wisata menuju ke air terjun dan lain-lain. Pengelola Bumi Perkemahan Ipukan terus memperlengkap fasilitas demi kenyamanan pengunjung, karena hal itu adalah prinsip mereka.

Di Ipukan juga terdapat beberapa tempat yang menarik seperti adanya Curug atau air terjun yang sangat indah. Lokasi pun tak jauh dari tenda atau warung yang menyiapkan beragam makanan. Tak hanya Curug Cisurian tetapi ada juga beberapa Curug yang terdapat di tempat ini seperti Curug Payuh yang memiliki medan agak sulit karena terdapat banyak bebatuan yang berundak-undak dan sempit.

Baca Juga :  Serunya Berlibur Di Kawasan Wisata Kintamani Bali

 

JJ Kuningan
travelblog.id

 

J&J Kuningan

Bagi warga Kabupaten Kuningan nama J&J Resto adalah salah satu tempat wisata yang sekaligus juga restoran tentu tidak asing di telinga. Tempat liburan yang satu ini cukup terjangkau untuk kalangan bawah, karena tiketnya sangat murah. Hanya dengan tiket yang murah anda dapat menikmati suasana yang sangat nyaman dan juga menyenangkan berada di wisata J&J Kuningan. Di tempat ini tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, bahkan juga ada untuk balita.

J& menjadi tempat favorit bagi sebagian orang karena dapat membawa keluarga khususnya anak-anak untuk bermain air, setelah puas bermain air Anda juga dapat membawa anak-anak mengenal binatang yang ada di sini karena J&J memiliki kebun binatang mini atau Mini Zoo.

JJ Kuningan2
travelblog.id

Di kebun binatang mini ini terdapat berbagai macam jenis ular, dari yang berukuran kecil hingga besar, dari yang memiliki bisa yang sangat berbahaya hingga yang tidak. Koleksi burung juga cukup banyak serta binatang lain seperti kadal, iguana, buaya, macam-macam ikan serta rusa.

Yang menarik lagi Anda dapat menunggangi kuda yang hanya dikenakan biaya Rp10.000 untuk 2 kali putaran. Ada juga foto bisa langsung dicetak jika anda ingin berfoto atau selfie di spot yang tersedia di tempat ini. Dan untuk ukuran besar dikenakan biaya Rp20.000 dan yang kecil 10.000. Anda juga akan menemui banyak saung atau tempat duduk untuk menyimpan barang bawaan anda serta adanya gambar 3 dimensi yang dapat menyenangkan anak-anak. Ada juga terapi ikan bagi Anda yang ingin menghilangkan kulit mati di kaki.

JJ Kuningan3
1.bp.blogspot.com

Alamat J&o Restu berada di Jalan Raya Bojong, Linggarjati, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Hanya dengan tiket masuk Rp10.000 di hari Senin sampai Jumat dan Rp12.000 di hari sabtu dan minggu anda sudah dapat menikmati keceriaan di tempat ini.

Itulah informasi tentang beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan, beberapa destinasi wisata di atas mungkin dapat Anda masukkan sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Check Also

panorama Bitung

Wisata Kota Bitung Yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi  sebagian  orang,  Sulawesi  Utara  memiliki  objek  wisata  yang  sudah  cukup terkenal  seperti  Taman Laut  …