Jawa Barat
ksmtour.com

Wisata Air Di Jawa Barat Sebagai Destinasi Wisata Keluarga

Jawa  Barat  terkenal  memiliki  keindahan  alam  yang  jarang  dimiliki  oleh  wilayah  wilayah  lainnya  di Indonesia, menjadi incaran wisatawan yang kebanyakan populer karena diunggah ke media sosial. Jawa Barat  juga  terkenal  memiliki  udara  yang  cukup sejuk,  hal  ini dikarenakan daerah  Jawa  Barat  dikelilingi oleh pegunungan yang menambah keelokan daerah Jawa Barat.

Tak hanya wisata alam, Jawa Baratjuga memiliki  daya  tarik  wisata  budaya,  kuliner,  dan  juga  tempat  hiburan  serta  tempat  makan  berkonsep unik.  Kemungkinan  besar,  hal  inilah  yang  membuat  wisatawan  tidak  pernah  bosan  untuk  menjelajahi berbagai  tempat  wisata  yang  ada  di  Jawa  Barat , dan tak  jarang  juga  wisatawan  yang  datang  kembali untuk  membantu  anda yang  berburu  wisata  air  di  Jawa,  berikut  ini  adalah  wisata  air  yang  terus berbenah diri untuk menjadi objek wisata yang menyenangkan.

 

Ranggon Hills
travelspromo.com

Ranggon Hills

Ranggon  Hills terletak  diujung  barat  merupakan  kawasan Taman  Nasional  dan  menjadi  objek  wisata karena  alam yang  sangat  cantik.  Berada  di  Ranggon  Hills, anda  dapat  menikmati  pemandangan yang mempesona dan hembusan angin yang ikut membelai tubuh. Lokasi Ranggon Hill letaknya tak jauh dari Curug  Pangeran  yang  memang  lebih  dulu  terkenal,dan  masih  dalam  kawasan  Taman  Nasional  Gunung Halimun.

Ranggon Hills2
berliburan.com

pemandangan hutan lembah yang mengelilingi membuat suasana tempat ini sangat asri, yang tak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga banyak daya tarik pada masing-masing tempat bagaimana latar belakang alam yang di unggulkan. Ranggon Hills merupakan destinasi wisata yang baru, tetapi sudah  mampu  menjadi  tempat  wisata  yang  banyak  dikunjungi  oleh  wisatawan  karena  terkenal dengan susunannya yang sangat instagramable di kalangan remaja dan dewasa.

Daya  tarik  dari objek  wisata  ini  adalah, pemandangan  dengan  pesona  yang  sangat  menakjubkan, lokasinya  pun tak jauh  dari  kota-kota besar, tetapi  tetap  menyajikan  lanskap  yang  jauh  dari  kebisingan kota.  Lokasi  yang  masih  dalam  kawasan  Taman  Nasional ini membuat Anda  menyatu dengan  alam sekitar yang  keasriannya masih  terjaga, sehingga  pengunjung  akan  merasakan udara yang  sangat  segar dan sejuk serta bebas dari polusi.

Ranggon Hills3
superadventure.co.id

Pemandangan yang  menakjubkan kemudian di kolaborasikan dengan ide  atau  kreatifitas,  dengan  membuat  lebih  dari  10 spot foto  yang  memiliki  ciri  khas  masing-masing. Dimulai dari gardu pandang yang sederhana hingga wahana yang cukup menantang di mana setiap spot akan memberikan pengalaman tersendiri. Gardu Pandang  yang  terdapat  dalam  berbagai  bentuk  serta  warna,  mulai  dari  bentuk  hati,  bunga matahari  hingga  balon  udara  di  mana  kalian  dapat  berfoto  tanpa  dikenakan  biaya  kecuali  balon  udara. Ada juga canopy trail,dan jembatan gantung yang baru saja di resmikan.

Di sisi lain ada juga yang lebih unik, yang berbentuk sarang burung dan sarang burung gantung menyerupai kursi, di mana pengunjung dapat  merasakan  menjadi  burung  yang  berada  di  sangkar  pada  ketinggian.  Ada  juga  gardu  pandang berbentuk  perahu  bambu, di  mana  anda  dapat  merasakan  sekarang  sedang  berlayar  di  atas  langit.

Ranggon Hills4
travelspromo.com

Setelah puas menikmati wahana tersebut, ada wahana  yang dapat menguji adrenalin. Wahana-wahana meja gantung jika ingin merasakan piknik  di udara,atau ada pula sepeda di udara dengan pengaman tali, jika anda ingin merasakan mengayuh pada ketinggian diatas hamparan hutan. Jika  menurut  anda  spot  wisata  tersebut  kurang  menantang, Anda  dapat  mencoba  Flying  jumping  yaitu dilempar  ke  udara  dengan tali lentur yang  diikatkan  ke  batang  pohon  pada  kedua  sisi  dan  terjamin aman,  Anda  dapat  merasakan  sensasi  melayang  di  udara.

Atau  Anda  ingin  mencoba spot  permadani terbang  yang  sangat  unik,dan  spot foto  yang  satu  ini  juga  sering  di  gunakan  untuk  pengambilan foto preweding. Banyak  sekali  pilihan  tempat  untuk  beroto,  jadi  Anda  tidak  perlu  takut  bosan  atau  mati  gaya  saat berfoto.

Tempat ini sengaja di dekorasi sedemikian rupa demi kenyamanan para pengunjung, karena jika ingin berfoto tak hanya sebatas di spot foto atau wahana yang ada saja, tetapi di setiap sudut Ranggon Hils ini dapat Anda jadikan latar untuk mengabadikan momen Anda berada di tempat ini seperti gazebo, jembatan, hammock, tangga batu dihiasi payung berwarna warni.Pada hari hari tertentu, Ranggon Hills juga  memiliki  jadwal  yang  juga  dapat  diikuti  oleh  pengunjung  seperti  acara  pergantian  tahun dengan hiburan kembang api dan pertunjukkan musik live.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

 

Situ Bagendit2
bicarajabar.com

Situ Bagendit

Situ   Bagendit   terletak   di   desa   Bagendit, wilayah   kecamatan   Banyuresmi,   kabupaten   Garut   yang merupakan  objek  wisata  alam  berupa  sebuah  danau  yang  cukup  menyita  perhatian  wisatawan.  Situ Bagendit  memiliki  daya  tarik  berupa  nuansa  alam  yang  memiliki  kualitas  lingkungan,  kebersihan  serta bangunan yang  terjaga  sangat  baik  hingga  kini.  Kita  dapat  menemukan  berbagai  macam  bangunan  di kawasan ini, yang permanen ataupun semi permanen yang terawat.

Daya tarik lain di Situ Bagendit adalah sejarah di balik wisata ini yaitu, legenda si pelit yang menjadi icon Situ Bagendit, karena terjadinya Situ Bagendit berawal dari kisah ini. Zaman dahulu, hidup seorang janda yang memiliki harta berupa bernama Nyai Endit, sang janda tinggal di sebuah desa didaerah Garut yang memiliki  banyak  harta  tetapi  terkenal  sangat pelit  ,  tamak  dan  juga  sombong  oleh  warga  sekitar, terutama dengan  orang-orang  terbilang tidak mampu.

Suatu hari Nyai  Endit menyelenggarakan  sebuah acara   selamatan   memperingati hartanya   yang   semakin   berlimpah.   Saat   acara   selamatan sedang berlangsung, Nyai Endit kedatangan seorang pengemis dengan pakaian compang-camping, badan yang sangat kurus dan keadaan yang sangat menyedihkan. Si pengemis meminta makanan kepada Nyai Endit, tetapi  justru  disambut  kemarahan  oleh  Nyai  Endit karena penampilannya  yang  terbilang  kotor dan berani  masuk  ke  dalam  rumahnya  yang  megah  tersebut.

Situ Bagendit3
pedomanbengkulu.com

Nyai Endit tidak  terima  dengan  kedatangan sang  pengemis  dan mengusir  sang  pengemis  dari  rumah.  Si  pengemis  pun  merasa  sedih  dan  hatinya terluka kemudian pergi. Keesokan hari masyarakat setempat menemukan sebatang lidi yang menancap di  jalan  desa,  setiap  warga  mencoba  untuk  mencabut lidi tersebut  tetapi  seorangpun  yang  mampu mencabutnya.

Kemudian  sang  pengemis datang  mencabut  lidi  tersebut,  setelah  tercabut  seketika munculah  pancuran  air  yang  sangat deras tiada  hentinya dan membuat kawasan  sekitar tergenang  air. Warga sekitar bergegas mengungsi karena takut terendam air,tetapi tidak dengan Nyai Endit yang tetap bertahan  karena  enggan  meninggalkan  rumahnya  yang  banyak  menyimpan  hartanya.

Situ Bagendit
radarpriangan.com

Nyai  Endit lebih sayang dengan hartanya dibandingkan nyawanya yang akhirnya sang janda ini tenggelam bersama harta bendanya, sedangkan warga lainnya selamat dari banjir tersebut. Situ  Bagendit  merupakan  wisata  air  yang  letaknya  tak  jauh  dari  pusat  kota  Garut,  danau  ini  memiliki panorama  alam  dengan  pemandangan  gunung  yang  mengelilingi  Garut,  bahkan  Gunung  Guntur, dan gunung Haruman dapat terlihat jelas dari tempat ini.

Fasilitas dan juga wahana wisata yang ada di objek wisata  Situ Bagendit  ini antara  lain  penyewaan  rakit,  sepeda air,  kita juga dapat  menemukan  beberapa bangku  taman  dan  juga  6  buah  Shelter  yang  disewakan untuk para  pengunjung.  Objek  wisata  Situ Bagendit  juga  menyediakan  wahana  untuk  anak-anak,  yaitu kereta  api  mini  ataupun  bermain  dan berenang  di  kolam  renang  yang  ada  di  kawasan  Situ  Bagendit.

Aktivitas-aktivitas yang  dapat  anda lakukan di Situ Bagendit ini antara lain adalah,

Screenshot 1.pngSitu Bagendit.png
i0.wp.com

Naik rakit dan bebek

Di sepanjang pinggir danau Anda akan menemukan banyak sekali rakit dan perahu bebek berjejer yang disewakan dengan  harga  sewa  Rp20.000 per  15-20  menit  dan  mampu  menampung  2  hingga  3  orang. Dengan  menggunakan  kendaraan  sewa  ini,anda  dapat  menjelajahi  area  sekitar  danau  tetapi  kalian harus   mengayuh   sendiri   serta   mengendalikan   kecepatan   yang   anda   inginkan.   Atau   kalian   dapat menyewa rakit yang dapat memuat penumpang lebih banyak dengan tarif Rp60.000.

Situ Bagendit4
upload.wikimedia.org

Pemandangan yang menakjubkan

Anda  berkunjung  ke  situ  Bagendit  walaupun  sekedar  untuk  duduk-duduk  sudah  cukup  memuaskan, karena  anda  akan  disuguhkan pemandangan  danau  dengan  latar  belakang  pegunungan  Garut.  Dari tempat  ini,kalian  dapat  melihat  gunung  Guntur,  Papandayan, Cikuray  dan  lainnya  berdiri  kokoh di kawasan danau.

Warung terapung2
4.bp.blogspot.com

Warung terapung

Di  Situ  Bagendit Anda dapat  menemukan  beberapa  warung  terapung  di  tempat-tempat tertentu, di mana  anda  dapat  menikmati  aneka  makanan  dan  minuman,  dan  yang  menjadi  andalan  salah  satunya adalah kelapa  muda.  Pada  warung  terapung  tersebut  disediakan  tempat  duduk yang  terbuat  dari  rakit yang  dihubungkan  dengan  tempat  makan,  di  mana  anda  dapat  istirahat  di  tengah  danau  ataupun  ber-selfie di atas rakit.

mencari ikan
3.bp.blogspot.com

Kegiatan para warga

Pada waktu-waktu tertentu Anda dapat bertemu para warga yang selalu mencari ikan di danau. Mereka menggunakan  alat  tradisional  dengan  rakit  kecil  sambil melemparkan  jala  untuk  meraup  ikan  yang  ada di danau.

Berburu oleh-oleh

Situ Bagendit juga mempunyai oleh-oleh khas yang bisa didapatkan di toko-toko yang banyak berjajar di sepanjang pintu masuk tak jauh dari tempat parkir. Yang biasa dijajakan oleh toko-tokoselain makanan khas seperti udang rebon serta olahan olahan ikan kecil lainnya juga menjual kerajinan berupa miniatur rakit,baju dan lain-lain.

Baca Juga :  Wisata Pegunungan Di Jawa Barat Yang Meskipun Baru Tetapi Mampu Menarik Banyak Pengunjung

 

Pulau kecil tengah danau2
1.bp.blogspot.com

Situ Gede Tasikmalaya

Sumatera  Utara  memiliki  danau  terbesar  di  Indonesia  yaitu  Danau  Toba  yang  memiliki  pesona  sangat menakjubkan,  tetapi  di  Jawa  Barat  juga  memiliki  danau    yang  memiliki  pemandangan  yang kurang lebih dengan Danau Toba. Jadi buat Anda yang ada Jawa Barat tidak perlu jauh-jauh ke Sumatra Utara  untuk  melihat  Danau  Toba, karena  Jawa  Barat  juga  memiliki  wisata  air  yang  juga  cukup  terkenal terutama  cerita  sejarahnya  yang  berkembang  hingga  ke  beberapa  tempat  di  Jawa  Barat.

Cerita-cerita sejarah Situ Gede Tasikmalaya saling berkaitan dengan rentetan cerita yang unik dan menarik. Jawa  Barat  memiliki  banyak  sekali  wisata  Danau dengan daya  tarik  tersendiri  pada  setiap  danaunya. Anda  tidak  perlu  pergi  jauh-jauh  hanya  untuk  berwisata  menggunakan  kapal,  karena  di  Situ  Gede Tasikmalaya  ada  wisata  semacam  itu.

Situ Gede Tasikmalaya2
i.ytimg.com

Tasikmalaya  kini  sedang  mengembangkan wilayahnya  untuk mempromosikan  beberapa  tempat  sebagai  wisata  yang  patut  diandalkan,  seperti  pantai  Cipatujah, Curug  Dengdeng  dan  Curug  Sawer  Mandalamekar  yang  memiliki  daya  tarik  tersendiri.  Situ  Gede memiliki  wilayah  yang  cukup  luas  yaitu  sekitar  40  hektar  dengan  kedalaman  hingga  6  meter.

Beberapa tahun   lalu   pernah   terjadi   tragedi   seorang   pengunjung   yang   terjemur   ke   dalam   air   saat   sedang memancing  di  tengah  danau,  yang  kemungkinan  besar  berada  diatas  kedalaman  air  6  meter  dan  tidak bisa  berenang.  Kejadian  tersebut  menjadi  peringatan  bagi  para  pengunjung  untuk  selalu  berhati-hati memperhatikan himbauan dari tempat wisata.

Beberapa fasilitas yang telah disediakan untuk para pengunjung bersantai antara lain adalah,

Situ Gede Tasikmalaya3
inseparfoundation.files.wordpress.com

Gazebo

Anda dapat menemukan banyak Gazebo yang disediakan oleh pengelola,uniknya gazebo berada di atas air  dan  dilengkapi  dengan  meja  dan  kursi  sebagai  tempat  untuk  bersantai.  Tetapi  untuk  menikmati suasana  seperti  ini  hanya  dapat  dilakukan  ketika  hari-hari biasa, sebab  di  saat  musim  liburan  banyak pengunjung yang berkreasi  tempat  ini  dan  menggunakan  gazebo  gazebo  tersebut.

Sambil  bersantai,anda  dapat  menikmati  hidangan  yang  disediakan  oleh  warung  makan  yang  menjajakan  makanan  di sekitar  lokasi  yang  menawarkan  menu-menu  istimewa  yang  berbahan olahan  ikan.  Ada  pula  Gazebo yang letaknya berada di tengah danau yang akan membuat Anda serasa berada di atas kapal.

Kenangan seperti  ini  tentu  sayang jika diabadikan, terutama bagi  Anda  yang  yang  ingin  mengambil latar tersebut untuk membuat foto prewedding. Konsep yang diusung masih sangat alami, tetapi justru hal itulah yang membuat  tempat  ini  nyaman  untuk  ditempati,apalagi  ada  juga  tempat  duduk  di  bawah  pohon  yang dibuat sedemikian rupa yang sangat unik untuk dijadikan tempat berfoto.

Pulau kecil tengah danau situ gede
3.bp.blogspot.com

Pulau kecil tengah danau

Adanya pulau kecil yang memiliki luas 1 hektar berada di tengah danau menjadi salah satu daya tarik Situ Gede dipadati oleh para wisatawan. Ada tiga buah makam di pulau tersebut yang yang menjadi asal mula adanya Situ Gede Tasikmalaya, yaitu makam Eyang Prabudilaya dan 1 pengikut nya yakni Jayakarta serta istil Jayakarta yang konon dapat bernyanyi ala Jawa atau sering disebut nginden. Fasilitas lain yang dapat anda temukan antaranya musala ke Manding perahu dan jogging track. Adanya fasilitas perahu Anda dapat menjelajahi keseluruhan Situ Gede sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan.

Situ Gede Tasikmalaya
4.bp.blogspot.com

Sejarah Situ Gede Tasikmalaya

Telah  dijelaskan  sebelumnya,  bahwa  makam  yang  ada  di  pulau  kecil  di  tengah  danau  memiliki  kaitan yang  sangat  erat  dengan  keberadaan  Situ  Gede  ini.  Cerita  yang  melegenda  di  kalangan  masyarakat adalah,  pada  zaman  dahulu Eyang  Prabudilaya  merupakan  tokoh  Islam  yang  sangat  dipercaya  karena merupakan  keturunan  dari  Wali.  Eyang  Prabudilaya  gemar  melakukan  ritual di  tempat-tempat  yangcukup dalam  jangka  waktu  yang  lama.

Eyang Prabudilaya memiliki  2  orang  istr,  Sekar  Karembong  dan Sembah  Dalem.  Saat Eyang  Prabudilaya melakukan  ritual  matigeni memakan  waktu  yang  cukup  lama, membuat kedua  istri merasa panik karena suami tak kunjung pulang. Akhirnya mereka berdua mencari keberadaan Eyang, tetapi saat sang suami ditemukan kedua istri Eyang Pradudilaya membawa suami ke sebuah tempat dan dibunuh oleh mereka sendiri.

Pulau kecil tengah danau3
awsimages.detik.net.id

Para pengikut mengetahui pimpinannya dibunuh dan dengan setia memakamkan Eyang Prabudilaya. Para pengikutnya tidak memakamkan Eyang Prabudilaya di  tempat  tersebut, justru  jauh  di  tanah  seberang  yang  menempuh  waktu  hingga  berhari-hari berjalan kaki. Jenazah pun dibawa hanya dengan menggunakan bambu yang diikat  dengan kain sarung.

Selama   perjalanan   mereka   menempuh perjalanan dengan   melewati   banyak   daerah   yang   justru meninggalkan  nama  bagi  wilayah  tersebut.  Dan  akhirnya  mereka  telah  sampai  di  sebuah  pulau  dan makamkan   Eyang   Prabudilaya.   Hingga   saat   ini   belum   diketahui   Apa alasan   para   pengikutnya memakamkan  Eyang  di  Pulau  Situ  Gede  yang  hingga  saat  ini  masih  menjadi  misteri  yang  belum terpecahkan.

Baca Juga :  Farmhouse Susu Lembang, Objek Wisata Dengan Sejuta Pesona!

 

Situ Mustika
i.ytimg.com

Situ Mustika

Objek wisata Situ Mustika berada di Kota Banjar, Jawa  Barat. Bagi warga Kota Banjar Jawa Barat, nama Situ  Mustika sudah  tidak  asing  lagi  sebagai objek wisata  legendaris  yang  telah hadir  sejak  tahun  90-an. Tempat ini terdapat danau kecil yang penuh dengan pepohonan besar dan juga rindang, yang tentunya tempat  ini  sangat  pas  untuk  dijadikan  tempat  rekreasi  bersama  keluarga  menikmati  panorama  alam bernuansa hutan.

Luas  yang  dimiliki  oleh  objek  wisata  ini  sekitar  8,5  hektar,  tetapi  sayangnya  sudah lama tidak ada yang mengelola sehingga terbengkalai. Padahal adanya danau kecil yang merupakan icon Situ Mustika,dapat dijadikan objek wisata yang menarik jika dibenahi lebih serius. Dibalik  itu,tempat  inijuga  menyimpan  cerita  legenda  yang  yang  juga  dapat  menarik  minat  wisatawan untuk datang ke objek wisata ini.

Situ Mustika3
pbs.twimg.com

Situ Mustika memiliki potensi yang besar,yang kini justru diincaroleh investor besar yang memiliki pemahaman bahwa Kota Banjar adalah daerah yang yang mulai mengalami kebangkitan disektor ekonomi,tetapi belum memiliki objek wisata yang dapat diandalkan. Situ  Mustika  menunjukkan  keseriusannya  dalam  rangka  berbenah diri, hal  itu  terbukti  saat  ini  sedang dibangun  sebuah  tempat  rekreasi  yang  memiliki  konsep  taman  bunga  dengan  latar  danau  dan  hutan yang  nantinya  taman  tersebut  akan  ditanami  berbagai  macam  jenis  bunga  anggrek  baik  lokal  ataupun import.

Oleh karena itu, rencananya tempat rekreasi ini akan dinamai objek wisata Taman Anggrek situ Mustika,  tetapi  dalam  hal  dalam  hal  fasilitas  objek  wisata  ini  masih  dalam  tahap  pembangunan  untuk melengkapi  fasilitas  yang  dapat  menjamin kenyamanan para  pengunjung.  Area  tersebut juga  akan dibangun  Taman  Madu, di  mana Anda  dapat  mengenal  berbagai  jenis  madu  serta  proses  pengolahan madu secara alami, anda pun dapat membeli madu di tempat ini.

Situ Mustika4
media3.id

Konsep yang diangkat objek wisata ini lebih  mengarah  untuk  wisata  keluarga,  pengelola  jugamenyediakan  beberapa gazebo    dan  juga  saung lesehan untuk tempat bersantai bersama keluarga. Di tempat ini juga tersedia wahana permainan anak-anak  dan  juga  dewasa  seperti  bola  air  dan  permainan  berjalan  diatas  air,  yang memanfaatkan  Danau Situ  Mustika.

Arena  bermain  anak  lainnya  seperti  ayunan,perosotan,kolam  renang  anak  juga  dapat anda temukan di tempat ini. Di  area  tempat  wisata  juga  akan  dibangun  sebuah  foodcourt  yang  menyajikan  berbagai  pilihan  menu makanan dan juga minuman, di sekitar danau juga akan dibangun sebuah restodengan fasilitas hiburan live  music,denganbangunan  yang  nantinya  akan  dikemas  semenarik  mungkin.

Situ Mustika2
1.bp.blogspot.com

Hal  tersebut  bertujuan menarik  pengunjung  terutama  anak  muda  untuk  datang  ke  ke  objek  wisata  ini,  bahwa  tempat  ini  juga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak muda bersama teman-teman. Selain itu juga akan dibangun  tempat camp  ground,  aula  pertemuan  dan  juga  Spot  foto  yang benar  benar  akan  menarik minat wisatawan untuk datang ke objek wisata ini.

Check Also

Desa wisata Raja Ampat

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  …