Merapi Jogja
paketwisatajogja.biz

Wisata Air Terindah Di Jogja Untuk Bersnorkling

Pariwisata di Daerah Istimewa Jogjakarta selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Jogja selalu saja memiliki magnet wisatawan manca dan domestik untuk merasakan kangen berlibur ke Jogja. Ada banyak sekali alasan wisatawan lebih memilih Yogyakarta untuk menghabiskan waktu liburannya antara lain tidak cukup memakan banyak biaya, mudahnya transportasi, terdapat banyak kuliner yang cukup lezat dengan harga yang murah, dan menjadi surga spot wisata alam, wisata pantai, wisata Goa, budaya, edukasi, sejarah dan masih banyak lagi. Alasan tersebut belum termasuk dari banyaknya tempat-tempat yang terus bermunculan dan langsung naik ke puncak popularitas saat ini.

Daerah Istimewa Jogjakarta terbagi menjadi lima kabupaten yaitu,

Kotamadya / kota Jogja

Kabupaten Wates

Kabupaten Wonosari

Kabupaten Bantul

Kabupaten Sleman

Kota jogja
pengentraveling.com

Di mana pada setiap Kabupaten memiliki ciri khas wisatanya masing-masing seperti Kabupaten Wonosari Gunungkidul yang banyak memiliki Goa bawah tanah, dan wisata pantai dengan pasir putihnya yang sangat mempesona.

Kabupaten Kulon Progo yang memiliki wisata dengan view alam perbukitan serta air terjun yang sangat eksotis, kabupaten Bantul yang terkenal memiliki pesona Negeri Diatas Awan atau disebut dengan wisata Mangunan Jogja, kabupaten Sleman yang memiliki gunung Merapi yang sangat melegenda termasuk wisata Puncak Kaliurang, bunker Kaliadem serta wisata edukasi berupa museum Gunung Merapi. Dan terakhir di pusat kota Jogja tersendiri memiliki wisata yang sudah cukup populer yaitu Jalan Malioboro, tugu Jogja, Titik Nol Kilometer yang kini telah menjadi ikon pariwisata Jogja dan tidak salah jika memilih Jogja untuk mengisi liburan ke yogyakarta tempat wisata yang sudah sangat populer.

Bicara tentang liburan di Jogjakarta sudah pasti tidak akan ada habisnya, karena di Jogja kita dapat menemukan berbagai tempat wisata yang cukup mengasyikkan mulai dari wisata alam, budaya, pendidikan, hingga Wisata bawah laut. Bicara tentang wisata keindahan laut, tak banyak orang tahu jika Jogja juga memiliki pantai yang menyediakan tempat untuk menikmati Wisata bawah laut dengan bersnorkling.

Wajar Jogja memiliki keindahan bawah laut, karena berbatasan langsung dengan samudra Hindia untuk daerah Selatan yang terkenal dengan ombak yang cukup besar. Tetapi hal tersebut tidak berlaku di beberapa pantai berikut ini, karena anda akan leluasa menikmati keindahan laut bahkan berinteraksi langsung dengan biota laut dan leluasa bersnorkling. Berikut ini adalah tempat-tempat snorkling di Jogja terbaik yang bisa anda nikmati.

 

Pantai Nglambor
jogjaonstage.com

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah tempat yang tepat jika ingin melakukan snorkeling. Akan jauh dari fikiran kita untuk snorkeling di pesisir pantai Selatan di Yogyakarta, karena ombak yang dimiliki memang cukup besar dengan arus yang kuat. Pantai ini memiliki Laguna kecil sehingga airnya relatif lebih tenang dibandingkan dengan garis pantai lain yang terbuka lepas. Tetapi anda harus tetap waspada, karena mengingat sifat pantai Selatan memiliki arus yang cukup kuat.

Air yang jernih juga anda dapati di tempat ini, sehingga Anda akan melihat pemandangan bawah laut dengan jelas saat snorkeling, seperti melihat biota laut yang berada di sekitaran terumbu karang. Di pantai ini pun akan dapat 2 buah batu karang yang cukup besar, dengan bentuk yang menyerupai 2 buah kura kura, yang letaknya tepat di mulut pantai. Dan kedua batu karang inilah yang membuat pantai Nglambor memiliki ombak yang tidak begitu besar.

Terumbu karang yang terdapat di pantai ini masih sangat alami, dan juga keindahan biota laut yang beragam membuat anda akan sangatpluas bisa snorkeling di pantai ini.

Pantai Nglambor2
indowalk.com

Berada di Pantai Nglambor, anda tidak hanya dapat berenang tetapi juga akan leluasa melakukan snorkeling, anda dapat melihat indahnya pemandangan bawah laut tanpa takut terhempas ombak ganas. Pantai-pantai di Jogja memang terkenal dengan ombaknya yang ganas, karena berbatasan langsung dengan samudra Hindia, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya pantai yang memiliki ombak yang cukup tenang. Jika anda ingin melakukan snorkling tetapi tidak memiliki peralatannya, maka di tempat ini juga terdapat beberapa tempat penyewaan alat snorkling dengan harga yang cukup murah.

Snorkling adalah daya tarik utama di pantai ini, suasana alaminya yang ada di sekitar pantai juga sangat mempesona. Anda juga dapat menyeberang ke pulau Nglambor melalui jembatan gantung jika ingin menguji nyali anda.

Pantai nglambor adalah pantai yang diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan ini adalah pantai yang sangat kecil, karena tidak terlalu luas serta aksesnya cukup sulit sehingga wisatawan enggan untuk berkunjung ke tempat ini. Hanya satu keluarga yang mendiami pantai Nglambor yaitu Mbah Tukiyem dan suaminya Mbah Kartomo, dan alasan mereka bertahan di tempat itu adalah untuk menjaga ternaknya serta mencegah datangnya monyet ekor panjang yang sering keluar untuk merusak kita memakan hasil Taninya.

Wisata pantai di pesisir Gunung Kidul mulai melejit, namun pantai Nglambor tidak mengalami perkembangan, tetap sepi pengunjung. Hingga akhirnya ada sekelompok orang yang menyadari pantai Nglambor memiliki potensi wisata yang cukup besar dan tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain yaitu snorkeling.

Pantai Nglambor3
1.bp.blogspot.com

Pantai Nglambor memang tidak memiliki luas seperti pantai lainnya, tetapi di pantai ini anda dapat melakukan kegiatan snorkeling di mana kondisi perairan di pantai ini yang menyerupai cekungan bisa dibilang aman untuk berenang dan snorkeling, hal itu disebabkan adanya dua batu karang yang terletak di tengah laut. Dua batu karang tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak serta penahan gelombang, hingga tidak akan mencapai ke bibir pantai dan akhirnya ombak cenderung tenang. Kini Pantai Nglambor  sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, tetapi meskipun sudah ramai pengunjung kondisi alam pantai masih sangat alami dan bersih.

Baca Juga :  Pantai Unik Yang Ada Di Gunung Kidul Yang Mampu Menarik Wisatawan

 

Pantai Drini
dolanyok.com

Pantai Drini

Pantai Drini banyak dikenal oleh wisatawan domestik atau asing sebagai tempat yang pas untuk bersnorkling. Pantai ini tak jauh letaknya dengan pantai Pok Tunggal, pantai Nglambor dan juga pantai Baron. Terletak di perbukitan yang tinggi, sehingga anda dapat menyaksikan serta menikmati pemandangan alam secara luas yang merupakan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Drini.

Keunggulan dari Pantai Drini adalah, di mana anda dapat melakukan kegiatan snorkeling yang menyajikan pemandangan bawah laut. Terdapat sebuah pulau karang yang membelah pantai menjadi dua bagian. Pada sisi Barat digunakan sebagai Dermaga serta pelelangan ikan, dan di sisi Timur adalah laguna yang indah yang memiliki ombak yang cukup tenang dan tidak terlalu dalam. Laguna ini memiliki kedalaman hanya sekitar satu setengah meter, tetapi keindahan di dalamnya sangat mempesona dimana anda akan menemui banyak biota laut serta terumbu karang yang cantik.

Pantai Drini2
dolanyok.com

Tentu saja akan menjadi petualangan bawah air  yang tidak akan terlupakan, tetapi jika berencana akan melakukan kegiatan snorkling, cari tahu dahulu keadaan pantainya. Hindari snorkeling saat keadaan air sedang pasang karena sangat berbahaya, ombak pun biasanya tidak terprediksi dan akan menyeret  Anda ke tengah.

Tak hanya snorkling, pantai Drini memiliki banyak daya tarik yang dapat membuat wisatawan ingin berlibur lama di pantai ini, antara lain adalah,

Pasir putih yang lembut, daerah pantai yang landai dan cukup luas, air laut yang jernih, pemandangan yang indah dari atas tebing, dan fasilitas yang sudah cukup lengkap.

 

Pantai Sadranan
merahputih.com

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan juga merupakan wisata alam yang tiba-tiba memunculkan diri dari banyaknya pantai-pantai indah di Jogja. Sebelumnya pantai Nglambor telah populer terlebih dahulu sebagai tempat snorkeling di area Gunungkidul, tetapi ternyata wisatawan dikejutkan dengan munculnya pantai Sadranan yang memiliki ciri khas pasir putih dengan karang koral di area yang sangat dekat dengan bibir pantai. Pantai Sadranan ini mirip dengan pasir di pantai yang sudah cukup terkenal seperti Kuta di Bali dan Mandalika di Lombok.

Pantai Sadranan2
zazatourjogja.com

Pantai Sadranan ini memiliki dua kelebihan yang tidak dimiliki oleh dua pantai terkenal yaitu adanya koral karang di pantai. Selain itu pantai ini juga masih terbilang sepi, tetapi dapat dimanfaatkan dengan dengan leluasa saat ingin menikmati keasrian pantai tanpa harus terganggu dengan hiruk-pikuknya manusia.

Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, hal tersebut karena adanya karang alami yang mampu memecahkan ombak di depan pantai. Pemecah ombak itu berupa Gili atau pulau kecil dan gugusan Karang yang membuat kondisi ini melengkapi kesempurnaan pantai sebagai lokasi snorkeling.

Baca Juga :  10 Wisata Laut Terbaik Dan Terindah Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

 

Pantai Wedi Ombo2
jogjaonstage.com

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo terletak cukup jauh yaitu berada di paling ujung provinsi Yogyakarta, yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pesona yang sangat luar biasa, sehingga banyak sekali wisatawan yang berburu ke tempat ini untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Pantai Wedi Ombo berasal dari bahasa Jawa yang artinya pasir yang luas, jadi pantai Wedi Ombo adalah sebuah objek wisata pantai yang memiliki pemandangan pasir yang sangat luas, dan memang saat dilihat pantai ini memang memiliki area pasir terluas dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di sekitar Wedi Ombo.

Pantai Wedi Ombo
2.bp.blogspot.com

Saat Anda memasuki area pantai ini, maka anda akan langsung terpesona dengan jernihnya air laut yang berwarna biru, lengkap dengan berbagai macam karang-karang nan indah yang mampu menjadi daya tarik pengunjung. Dilengkapi dengan ombak-ombak yang menghantam karang karang penjaga pantai, di mana hempasan ombak menghadirkan pesona lain berupa air terjun yang seolah mengalir di antara bebatuan hingga kembali ke lautan.

Dengan pantai Nglambor dan pantai Sadranan, pantai Wedi Ombo juga memiliki paket snorkeling yang sangat menawan. Pantai Wedi Ombo juga menawarkan paket snorkeling tidak hanya bersnorkling di pantai tetapi hingga ke lepas pantai, dan di Yogyakarta inilah paket snorkeling pertama yang menawarkan paket snorkeling hingga ke lepas pantai.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …