Home / Nusa Tenggara Timur / Wisata Air Terjun di NTT dengan Keindahan yang Memukau dan Sayang Kalau Dilewatkan!
Wisata Air Terjun di NTT dengan Keindahan yang Memukau dan Sayang Kalau Dilewatkan

Wisata Air Terjun di NTT dengan Keindahan yang Memukau dan Sayang Kalau Dilewatkan!

Air terjun di NTT tentunya menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dijelajahi. Pulau Timor, terlebih khususnya untuk Kupang dan Soe di Nusa Tenggara Timur tidak hanya dianugerahi dengan pantainya yang sangat indah, sabananya yang cantik dan penduduk-penduduknya yang manis. Namun, di pulau yang biasa dikenal dengan daging Se’i-nya ini, kamu juga dapat menemukan kekayaan alam lainnya yang tentunya juga menarik untuk dijelajahi, yaitu berupa air terjun.

            Kamu juga dapat menemukan destinasi daerah wisata di Kupang yang tentunya mempunyai tempat-tempat wisata menarik, seperti pantai, air terjun dan lain sebagainya. Selain itu, di Nusa Tenggara Timur juga terdapat Pulau Komodo dan juga destinasi wisata Nusa Tenggara Timur lainnya, seperti wisata air terjun yang sangat indah dan unik yang membuat siapapun akan tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat wisata tersebut.

            Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun yang ada di Nusa Tenggara Timur, berikut ini beberapa rekomendasi wisata air terjun yang dapat kamu kunjungi.

 

Air Terjun Oenesu

  1. Air Terjun Oenesu

Meskipun Kupang di NTT dikenal dengan kering dan panasnya, tetapi dibalik itu semua kamu dapat menemukan Air Terjun Oenesu yang menjadi oase dari panasnya Kota Kupang ini. Air terjun yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan untuk menyegarkan badan serta menghilangkan kepenatan dari panasnya terika matahari karena tempat wisata ini juga dikelilingi dengan rerimbunan berbagai macam jenis pohon yang membuat suasana disekitarnya menjadi tambah asri dan sejuk.

Air Terjun Oenesu merupakan wisata alam yang berlokasi di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang dan berjarak kurang lebih 20 kilometer dari Kota Kupang.

Selain itu, Air Terjun Oenesu juga mempunyai air terjun yang bertingkat-tingkat bahkan hingga mancapai empat lapisan. Pada masing-masing tingkatan, di sela-selanya kamu dapat menemukan kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah. Kolam-kolam ini banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk berendam ataupun berenang.

Selain mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, pemerintah setempat juga telah menyediakan beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk duduk serta berlama-lama untuk menikmati air terjun tersebut. Tempat ini juga dapat dimanfaatkan oleh keluarga yang berekreasi untuk bersantap siang di bawah gazebo yang telah tersedia. Maka tak heran apabila tempat yang satu ini bisa menjadi salah satu tempat rekreasi di Kupang yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga tercinta atau rekan liburanmu.

Air Terjun Love Soe

  1. Air Terjun Love Soe

Destinasi wisata air terjun di Nusa Tenggara Timur yang selanjutnya, yaitu Air Terjun Love Soe. Air Terjun Love Soe ini memiliki nama yang unik dimana air terjun ini biasa dikenal dengan sebutan air terjun Cinta. Air terjun ini diberi nama tersebut karena terdapat sebuah lubang di area bebatuan yang terdapat di sekitar air terjun yang mempunyai bentuk seperti hati. Selain itu, di tempat wisata ini kamu juga dapat menemukan kolam yang tidak terlalu dalam yang bisa kamu gunakan untuk bermain air yang pastinya akan menambah keseruanmu ketika berada di tempat wisata ini.

Wisata Air Terjun Love Soe berlokasi di Desa Noinbila, Kecamatan Molo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Untuk sampai di tempat wisata ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dari Kota Soe.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Favorit Di Sulawesi Utara

gambar Air Terjun Taplel

 

  1. Air Terjun Taplel

Wisata Air Terjun Taplel berlokasi di Desa Oesusu, Kec. Takari, Kab. Kupang. Tempat wisata yang satu ini juga mempunyai pemandangan yang tak kalah indah karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindah, sehingga para pengunjung merasa betah dan ingin berlama-lama di tempat wisata ini baik untuk mandi ataupun sekedar duduk-duduk karena mempunyai suasana yang nyaman dan juga sejuk.

Selain itu, wisata Air Terjun Taplel juga mempunyai spot foto yang menarik dan sangat cocok bagi kamu yang senang berfoto-foto. Air terjun ini hanya memiliki 1 tingkatan saja dengan ketinggian mencapai kurang lebih 10 meter.

Ketika sampai di lokasi Air Terjun Taplel, kamu akan menyaksikan pemandangan yang unik dan juga menarik yang mana kamu bisa menemukan dinding tebing yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, disini juga terdapat kolam yang menjadi tempat terjunnya air dimana kamu dapat menggunakan kolam tersebut untuk berenang.

Untuk sampai di lokasi wisata ini, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1 hingga 2 jam dari Kota Kupang, kamu juga dapat menggunakan akses yang mudah untuk digunakan.

 

Air Terjun Oehala

  1. Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala menjadi salah satu wisata air terjun yang wajib untuk dikunjungi ketika kamu sedang mengeksplorasi Pulau Timor dan juga kota kecil So’E yang lebih tepatnya.

Lokasinya berada di Desa Oehala, Kota So’E, Kecamatan Mollo Selatan, Kabuapaten TTS, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki aliran air yang berasal dari Gunung Mutis, maka kamu tidak perlu merasa lagi mengenai kesegaran dan juga kejernihan dari air terjun ini.

Air Terjun Oehala juga biasa dikenal dengan sebutan Air Terjun 7 Tingkat, hal ini karena air terjun ini memang memiliki 7 tingkatan air terjun dimana pada akhirnya bermauara di Samudera Hindia. Walaupun mempunyai debit air yang cukup besar, tetapi kedalaman dari kolam air alaminya tidak begitu dalam sehingga para wisatawan dapat menikmati setiap tingkatan dari kolam alaminya dengan sekedar berfoto-foto, bermain air ataupun berenang.

Tidak hanya itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang menjulang tinggi yang membuat suasana di sekitar tempat wisata ini menjadi semakin sejuk dan asri.

Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk kurang lebih Rp 3.000.

 

Air Terjun Tesbatan

  1. Air Terjun Tesbatan

Wisata Air Terjun Tesbatan yang menjadi kebanggaan dair masyarakat Amarasi ini mempunyai ketinggian mencapai kurang lebih 7 meter. Wisata ini mempunyai air segar yang mengalir turun dengan melalui bebatuan yang tinggi, sehinga menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Ditambah lagi dengan semilir angin di sekitar lokasi wisata yang membuat suasana terasa lebih sejuk dan asri.

Ketika sampai di lokasi air terjun ini, maka semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan begitu menyaksikan keindahan dari tempat wisata ini.

Di wisata air terjun ini, kamu juga dapat menikmati kolam pemandian alami yang sangat indah. Aliran dari air terjun yang berkumpul hingga membentuk kolam yang cukup dalam, kurang lebih satu setengah meter. Wisata ini mempunyai kolam yang terlihat jernih dan tentunya terasa begitu segar ketika kamu mencoba untuk berendam.

Mengenai kebersihan dan kejernihan, kamu tidak perlu khawatir lagi karena lokasinya yang berada di tengah hutan dan sumber air yang berasal dari pegunungan membuatnya terlihat sangat jernih. Bahkan, pada saat terkena pantulan cinar matahari, warnanya akan terlihat hijau kebiruan. Benar-benar sangat cantik.

Lokasi air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat suasana di sekitar tempat wisata ini terasa sangat sejuk dan asri. Kamu dapat bermian air sepuasnya sembari mendengar kicauan burung dan tidak perlu khawatir akan terganggu akan teriknya sinar matahari.

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata air terjun di Nusa Tenggara Timur yang dapat kamu kunjungi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari tempat wisata yang dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

Tempat Rekreasi di Jepara

10 Tempat Rekreasi di JeparaTerpopuler dan Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat rekreasi di Jeparadapat menjadi tujuan kamu serta keluarga atau rekan liburanmu untuk melepas penat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *