wisata alam Bukit Lawang

Serunya Mengunjungi Wisata Alam Bukit Lawang Di Sumatera Utara

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pulau Sumatera memanglah sebuah pulau yang memiliki banyak tempat wisata, tak terkecuali wisata alamnya. Salah satu provinsi yang di pulau Sumatera yang memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Sumatera Utara.

Sumatera Utara sendiri sebenarnya memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa menjadi pilihan kamu saat mengunjungi provinsi ini. Salah satu tempat wisata alam di Sumatera Utara yang dapat kamu jadikan destinasi wisata liburan kamu adalah Bukit Lawang.

Objek wisata yang satu ini menawarkan panorama hutan hujan tropis yang sangat indah yang dilengkapi dengan berbagai macam jenis flora serta beberapa jenis tumbuhan langka seperti Raflessia Arnoldi.

Bagi kamu yang memiliki hobi mengunjungi wisata alam dan menyukai wisata adventure atau bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan kamu untuk menikmati keindahan alam kamu dapat mengunjungi wisata Bukit Lawang ini. Sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut, terdapat beberapa informasi yang perlu kamu ketahui seperti dibawah ini.

Lokasi wisata alam Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Bukit Lawang ini terkenal dengan sungainya yang jernih serta memiliki arus yang cukup deras. Di Bukit Lawang ini kamu juga dapat menemukan berbagai tempat pengamatan Orang Utan Sumatera semi-liar yang berada di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser.

Akses menuju wisata alam Bukit Lawang

Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata alam Bukit Lawang, kamu dapat menggunakan Bus ALS atau Damri dari Bandara Kuala Namu dengan jurusan Namu-Binjai,

Jika dari Kota Medan, kamu dapat menuju teriman Bus Pinang Baris, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus atau mobil carteran yang terletak di persimpangan Pinang Baris. Biaya yang perlu kamu keluarkan diperkirakan sekitar Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000/orang dengan rute Pinang Baris-Bukit Lawang. Selain menggunakan kendaraan bus atau mobil carteran, kamu juga dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam dari kota Medan.

Dalam perjalanan menuju Bukit Lawang, kamu akan melewati Kota Binjai kemudian menuju persimpangan dari Jl. Gatot Subroto kemudian menuju rute Jl. Binjai-Kuala. Kamu juga akan melewati 7 jembatan besi, perkebunan sawit yang mengharuskan kamu lebih waspada saat melewati kawasan ini karena terdapat beberapa ternak lembu milik warga yang terletak disekitar jalan.

Setelah sampai di Gapura atau Gerbang PT. Langkat Nusantara Kepong, kamu akan menemukan persimpangan jalan, tetapi kamu hanya perlu berjalan terus menuju Rindu Alam Hotel. Setelah itu, berbelok ke arah kanan menuju ke tempat parkir khusus kendaraan, ditempat parkir ini kamu diharuskan membayar biaya parkir sebesar Rp. 20.000/mobil.

Baca Juga :  Kamu harus tahu ini! 4 Objek Wisata Kampung di Jawa Timur yang Menyajikan Panorama Terindah

Harga tiket masuk wisata alam Bukit Lawang

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tempat wisata memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda. Sama seperti bukit lawang yang memiliki biaya tiket masuk tersendiri.

Setiap pengunjung yang ingin memasuki kawasan wisata alam Bukit Lawang diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000/orang.

Selain itu, kamu juga dapat menyewa tenda di pinggiran sungai dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 100.000. Kamu juga dapat menyewa ban untuk bermain di sekitaran sungai dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 15.000/ban.

Daya tarik dan fasilitas wisata alam Bukit Lawang

Wisata alam Bukit Lawang merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang banyak menarik perhatian wisatawan dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai macam daerah maupun berbagai macam negara.

Di bukit ini, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang dilengkapi dengan satwa-satwa didalamnya seperti Orang utan atau gajah. Disini para pengunjung juga dapat menyegarkan diri di sungai yang terbilang jernih.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa wisata alam Bukit Lawang ini merupakan bagian dari kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser, maka tak heran apabila kamu dapat melihat Orang utan Sumatera (Pongo Abelii) yang hanya dapat kamu temukan di pulau Sumatera.

Selain menemui berbagai macam satwa dan sungai yang sangat jernih, kamu juga dapat menemukan goa yang didalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan kelelawar yang dikenal dengan sebutan Goa Kelelawar. Untuk kamu yang menyukai caving, maka kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk melakukan caving di Goa Kelelawar yang terletak di Bukit Lawang ini. Goa ini juga memiliki interior yang cukup unik dan cantik dengan pemandangan stalagit-nya.

Jika kamu tidak ingin melakukan kegiatan caving, kamu dapat bersantai serta menikmati keindahan dan keasrian dari udara yang beradai di bukit ini karena udara di bukit ini masih sangat segar dan terbebas dari polusi. Kamu dapat duduk disekitar bukit sembari menikmati suara kicauan burung atau suara aliran air yang mengalir di sungai Bukit Lawang ini.

Di bukit ini juga terdapat rumah makan atau kios-kios souvenir yang biasanya dikunjungi para wisatawan untuk membeli buah tangan. Kamu dapat menemukan kios souvenir atau rumah makan yang terletak sebelum jembatan penyebrangan.

Yang unik dari jembatan penyebrangan yang ada di Bukit Lawang ini adalah setiap pengelola tempat wisata membangan jembatan sendiri untuk menyebrangkan para tamu-tamunya. Jembatan penyebrangan ini terletak di sebelah Rindu Alam Hotel, setiap pengunjung yang melintasi jembatan ini akan dikenakan biaya Rp. 2.000/orang.

Fasilitas yang dapat kamu temukan di Bukit Lawang ini adalah adanya gubuk-gubuk lesehan yang dapat kamu gunakan untuk berisitrahat dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 70.000. Jika kamu merasa biaya tersebut terlalu mahal, kamu dapat melakukan aktivitas tawar menawar dengan si pengelola tempat wisata tersebut.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki rencana untuk bermalam di lokasi wisata tersebut, kamu dapat bermalam di penginapan yang tersedia dengan biaya sewa yang cukup terjangkau kurang lebih Rp. 150.000 sampai Rp. 400.000/malam.

wisata alam Bukit Lawang2

Penginapan dan Resort

Terdapat beberapa hotel atau penginapan yang terletak di kawasan wisata Bukit Lawang ini, seperti:

  1. Wisma Batu Mandi
  2. Ponco Resort
  3. Sawah Indah Guesthouse
  4. Jungle Inn
  5. Brown Bamboo Bukit Lawang
  6. Hotel Orangutan
  7. Sam’s Bungalow
  8. Junia Guesthouse Bukit Lawang
  9. Bukit Lawang Hill Resort

Tips mengunjungi wisata alam Bukit Lawang

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata alam Bukit Lawang, terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  1. Mengunjungi wisata perbukitan ketika cuaca sedang cerah
  2. Selalu waspada dan berhati-hati ketika berada di lokasi wisata
  3. Datang pada pagi hari dan jangan telat
  4. Membawa perlengkapan keselamatan serta properti foto
  5. Menggunakan alas kaki yang nyaman
  6. Menggunakan jaket dna topi

Demikian beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi kawasan wisata alam Bukit Lawang. Untuk mengunjungi wisata ini, kamu juga dapat menggunakan jasa travel yang menyediakan paket wisata Bukit Lawang. Semoga bermanfaat!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …