Home / Jawa Barat / Wisata Alam Majalengka Yang Menegangkan
Wisata Alam Majalengka Yang Menegangkan
image source: wisatacirebon.info

Wisata Alam Majalengka Yang Menegangkan

Jawa Barat memiliki wisata yang banyak membuka mata untuk melihatnya, sehingga menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satunya adalah Cadas Gantung Majalengka, yang terletak di Desa Mirat Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat. Letaknya pun tidak jauh dari wisata lain di Majalengka yaitu Curug Gantung, untuk menuju ke bukit ini memerlukan tenaga yang lebih karena  sangat sulit untuk bisa mencapai Cadas Gantung. Faktor sulitnya lokasi  dijangkau, maka hanya sedikit saja pendaki yang pernah menaklukkannya. Warga sadar bahwa Cadas Gantung memiliki potensi wisata yang sangat besar, berhubung infrastruktur yang belum mendukung menjadikan Cadas Gantung ini hanyalah sebuah tantangan bagi mereka yang berani untuk datang ke Cadas Gantung. Jalan yang akan dilalui sangat curam, menanjak serta berkelok dan bisa dikatakan kurang baik, tetapi sesampainya di sana maka anda tidak akan merasa sia-sia mendapatkan lebih dengan pesona keindahan Cadas Gantung Majalengka ini.

Lokasi Cadas Gantung

     Cadas Gantung baru dikenal pada pertengahan tahun 2015 melalui sosial media, lokasi berada di perbukitan dan harus melalui hutan alam, dengan ketinggian sekitar 500 hingga 700 mdpl. Waktu perjalanan 60 menit dari Kota Majalengka dengan jarak sekitar 30 km. Di tebing Cadas Gantung pun sering dijadikan Bukit perkemahan sebagai tempat camping atau berkemah, dengan didukung lokasi yang cukup landai yang sebelumnya adalah bekas lahan pertanian. Dengan luas sekitar 5 hektar dan posisi yang sangat strategis, maka kamu akan lebih  mengeksplorasi lebih jauh lagi seputar Cadas Gantung.

Daya Tarik Cadas Gantung    

     Terdapat juga beraneka ragam tumbuhan di sekitar Cadas Gantung, banyak tumbuhan yang tumbuh di area Cadas Gantung seperti Jati, kemiri, hutan pinus dengan wangi khas alami. Pemandangan yang dilihat dari bukit pun sangat menarik, cocok jika mengambil foto foto dengan landscape pemandangan  persawahan dan perkebunan. Sama halnya saat melakukan pendakian, maka sepanjang perjalanan kita akan menemui persawahan terasering. Kendala utama yang dihadapi adalah sarana dan juga fasilitas, padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari kota. Jika anda tertarik untuk mengunjungi Cadas Gantung maka kami memberikan beberapa tips untuk menuju ke Cadas gantung Majalengka Jawa Barat.

  • Pastikan kendaraan yang akan digunakan untuk menunjukkan Cadas Gantung memiliki kondisi yang prima.
  • Dari Kota Majalengka anda pergi menuju Desa Mirat Leuwimunding dengan patokan SDN 3 merak.
  • Lakukan pemanasan fisik agar siap untuk jalan kaki jauh sebelum menuju ke Cadas Gantung.
  • Dari tempat parkir akan memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit jika cuaca baik.
  • Tak lupa untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup.
Baca Juga :  Seribu Wisata Di Propinsi Terkecil Di Indonesia, Daerah Wisata Jogjakarta

Kebun Teh Majalengka 

Majalengka juga memiliki wisata kebun teh yang memiliki suasana yang sangat menyejukkan. Kebun teh Majalengka terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, jika berangkat dari Majalengka kita akan menempuh jarak 2 jam atau sekitar 52 kilometer ke sebelah Selatan. Kebun teh Majalengka Cipasung berada di lereng timur Gunung Cakrabuana, kita dapat melihat panorama Indah dengan hamparan hijau kebun teh serta udara sejuknya yang jauh dari polusi. Objek wisata ini memiliki luas sekitar 58 hektar yang dikelola oleh koperasi Buana Mukti, selain itu juga ada sebuah pabrik pengolahan yang langsung mengolah teh yang telah dipetik. Seperti biasa pada hari libur pengunjung yang datang cukup banyak di setiap harinya yang berasal dari sekitar Majalengka seperti Ciamis, Cirebon dan Kuningan. Dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 dan Rp5000 untuk biaya parkir motor kita sudah dapat menikmati sejuknya alam di kebun teh Majalengka. Di kebun teh Majalengka Cipasung menyediakan fasilitas seperti mushola, toilet dan juga toko atau warung yang menjual jajanan ataupun minuman.

 

arung jeram majalengka
image source :
https://www.youtube.com/watch?v=lZaoODAofdM

Arung Jeram Majalengka

Majalengka juga memiliki objek wisata air River Tubing Cikadongdong yang berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka yang juga merupakan nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019. Pihak dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka mengajukan sejumlah objek wisata dengan tujuan mendapat penilaian dari tim penilai API di tahun ini, dan dari objek wisata alam Terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapura, Cikadongdong di Desa Payung, objek wisata alam Gunung Karang di blok Pancurendang Kelurahan Babakanjawa Kecamatan Majalengka dan sejumlah objek wisata lainnya yang diterima adalah objek wisata Arung Jeram Majalengka River Tubing yang ternyata masuk menjadi nominasi dalam kategori wisata air.

Fasilitas Arung Jeram Majalengka

Wisata air River Tubing baru beberapa tahun ini didirikan dan sudah cukup menarik wisatawan yang semakin banyak, yang tidak hanya datang dari  wilayah Majalengka tetapi juga  luar Jawa Barat. Karena semakin banyaknya wisata ini dikunjungi oleh wisatawan, maka mulai diadakan pemberdayaan terhadap masyarakat dengan menata objek wisata ini dengan baik seperti fasilitas toilet, sarana parkir dan juga penunjuk jalan menuju ke lokasi wisata sudah ditata dengan tujuan wisatawan akan merasa nyaman dalam perjalanannya. Dan kini tempat ini sudah sering dijadikan tempat pertemuan hal itu didukung dengan Suasananya yang sangat nyaman dan sejuk karena berada di area perkebunan pegunungan.

Daya Tarik Arung Jeram Majalengka

Objek wisata River Tubing ini berada di sungai cikadongdong, yang jernih meskipun pada musim hujan hal itu disebabkan air yang mengalir berasal dari sumber mata air pegunungan. Bahkan di musim kemarau pun air tetap mengalir dengan deras, sehingga wisatawan tetap berkunjung walaupun pada musim kemarau. Daya tarik dari River Tubing ini adalah jaraknya yang cukup lumayan jauh hingga 250 meter, lintasan yang berliku dan banyak jeram, terdapat banyak bebatuan tetapi tetap aman karena telah dibuat jalur aman dengan penataan batu tersebut, pada bagian-bagian tertentu tetap ada yang menjaga agar peserta River Tubing tetap merasa aman. Dan untuk menambah keamanan para peserta River Tubing pengelola juga menyediakan helm, pelindung tangan dan lutut, dan pelampung. Dan yang menambah keasrian dari wisata air di Cikadongdong ini terdapat pepohonan di sepanjang aliran sungai yang sangat rimbun, yang Bahkan tidak ada setitik cahaya matahari yang masuk ke aliran sungai tetapi tetap terang karena adanya lorong lain yang bercahaya. Bagi Anda para pecinta petualangan, dapat mencoba untuk menaklukkan Arung jeram atau penduduk sekitar lebih sering menyebutkan arum jeram.

Baca Juga :  10 Wisata Curug Dan Tempat Wisata Lainnya Di Majalengka Yang Luar Biasa

Itulah beberap wisata alam yang terdapat di Majalengka, yang masih sangat asri dan alami karena berada di tempat terpencil sehingga masih sedikit wisatawan yang berkunjung. Tetapi saat ini sedang di tata karena mulai banyak pengunjung yang datang yang bahkan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan  Majalengka ikut turun tangan untuk ikut memajukan dan memperkenalkan objek wisata tersebut di atas.

Check Also

Tempat Rekreasi di Jepara

10 Tempat Rekreasi di JeparaTerpopuler dan Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat rekreasi di Jeparadapat menjadi tujuan kamu serta keluarga atau rekan liburanmu untuk melepas penat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *