Home / Jawa Barat / Wisata Alam Terbuka Di Kuningan Yang Memikat Para Pengunjung
Kuningan
wisatalengkap.com

Wisata Alam Terbuka Di Kuningan Yang Memikat Para Pengunjung

Kuningan  adalah  sebuah  kabupaten  yang  ada  di  provinsi  Jawa  Barat,  dimana  lokasinya  tepat  berada  di jalur lintas regional yang menghubungkan Cirebon dengan Priangan Timur. Dan akses jalan di kabupaten ini juga merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan Bandung. Kuningan  memiliki  potensi  wisata  yang  sangat  beragam  dan  tak  kalah  dengan  potensi  wisata  lainnya yang  ada  di  Jawa  Barat,  yang  tentu dapat  dieksplorasikan  lebih  jauh  lagi.

Selain  gunung  Ciremai,  masih ada  beragam  destinasi  wisata  yang  bisa  dikunjungi  saat  musim  liburan.  Berikut  ini  adalah  beberapa daftar rekomendasi tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang belakangan ini sedang ramai dikunjungi, dan bisa anda jadikan pilihan untuk merencanakan liburan bersama keluarga.

 

Situs Balong Dalem2
3.bp.blogspot.com

Situs Balong Dalem

Penamaan  situs Balong  Dalem  Kuningan  Jawa  Barat diambil  dari  bahasa  Sunda “Balong”yang  artinya adalah kolam, sedangkan “Dalam”mengacu pada status sosial  seseorang. Situs ini memiliki keterkaitan yangerat  dengan  keberadaan  Sultan  Matangaji atau  Buyut Bayu yang  berasal dari  Kesultanan  Cirebon. Konon  beliau  menetap  dan  juga  meninggal  dunia  ditempat  ini.

Semasa  Hidup  beliau  menyebarkan ajaran  agama  Islam, hingga  meninggal  dan  dimakamkan  di  lokasi  yang  takjauh  dariBalong  tersebut. SitusBalong  Dalam  berlokasi  di  desa  Babakan  Mulya  tak  jauh  dari  pusat  Kota  Kuningan,  aksesnya  pun cukup mudah karena berada di tepi jalan raya beraspal. Di tempat ini juga ada Taman Makam Pahlawan Samudera.

Situs Balong Dalem4
kuningankab.go.id

Di  dalam  situs  Balong  Dalamterdapat  mata  air  dan  2 monolityang  terletak  berdampingan  dengan julukan batu kawin areal, area kosong yang disebut Karangmangu dengan kolam yang cukup besar serta terdapat makam Buyut Bayu. Balong Dalem sangat dijaga keasliannya, hal itu terbukti masih adanya pepohonan yang berusia ratusan tahun tumbuh rimbun di sekitar situs, di tempat ini juga dijadikan tempat untuk beraktivitas sehari-hari warga sekitar sebagai tempat mencuci atau memancing ikan.

Balon  Dalam rutin menyelenggarakan   upacara  adat   berupa  upacara  kawin  cai.  Tradisi kawin   cai merupakan   warisan   leluhur   yang   sudah   lama   ada,dan   hingga   saat   ini  masih   tetap   dilestarikan. Rangkaian acara kawin cai adalah menyatukan dua mata air yang ada di Balong Dalam, serta yang ada di objek wisata Cibulan di desa Manis Kidul, kecamatan Jalaksana. Upacara ini biasanya diawali doa bersama dipimpin oleh tokoh adat dan dilanjutkan mengambil mata air Cikandang oleh dua penggawa desa yang sudah disiapkan sebelumnya.

Situs Balong Dalem
1.bp.blogspot.com

Air dalam Kendi pun diarak secara bersamaan mata air 7 Sumur, dan setelah sampai akan dicampur kan ke dalam sumber mata air untuk dikawinkan atau dicampur dan kendikembali di arak beramai-ramai ke tempat semula. Tradisi  seperti  ini  rutin  diselenggarakan  pada  hari  Kamis, malam  Jumat  Kliwon, bulan  September  dan November  dan  dilaksanakan  setelah  salat  zuhur.

Tujuan  diadakannya  upacara  ini  yaitu  memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menurunkan hujan dan membebaskan dari kekeringan yang sudah lama berlangsung, yang menghambat aktivitas pertanian dan kegiatan Petani dalam mengolah lahan. Secara  tidak  langsung  tradisi  kawin  cai  ini  menjaga  kerukunan  dan  komunikasi  antar  warga  yang  ikut hadir   melaksanakan   upacara   tersebut.

Situs Balong Dalem3
chateauceloteh.files.wordpress.com

Pengelola   juga   berharap,upacara   ini   menjadi   daya   tarik wisatawan  lokal  ataupun  nasional  atau  bahkan  mancanegara  untuk  datang  ke  Balong  Dalem  dan  ikut menghadiri upacara kawin cai. Di balik keindahan Balong Dalam  terjadi polemik tentang pengelolaan objek wisata Balong Dalam terus bergulir,   bahkan   warga   desa   Babakan   Mulya   datangke   kantor   Bupati   Kuningan   menuntut   agar pengelolaan Balong Dalam menjadi aset desa.

Kita   mengharapkan   bantuan   dari   pemerintah   daerah,khususnya   Bupati   Kuningan   untuk   dapat memperjuangkan Balong Dalam dikembalikan menjadi aset desa Babakan Mulya yang sejak pemekaran tahun 1982 Balong Dalam dimiliki oleh desa Babakan Mulya.

Menurut  sejarah, Balong  Dalam  tidak  pernah  dikuasai  oleh Perhutani,  dan  desa  Babakan  Mulya  pun tidak pernah memberikan pengelolaan kepada TNGC, sejak awal Balong Dalam dikelola oleh warga dan Pemerintah  Desa  di  mana  warga  selalu  melakukan  reboisasi  agar  mata  air yang  mengairi  6  desa  saat kemarau tiba. Bupati Kuningan menyampaikan akan melakukan pertemuan dengan pihak TNGCdan memperjuangkan yang menjadi hak-hak masyarakat Kuningan.

Baca Juga :  6 Tempat Wisata Malam Bandung Kekinian dan Hits Banget! Anak Muda Wajib Datang!

 

Bukit Panembongan
1.bp.blogspot.com

Bukit Panembongan

Objek  wisata Bukit  panembongan Kuningan terletak  di  desa  Tembong, yang menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan yang baru dibuka pada Januari 2016 lalu. Dari tahun ke tahun tempat wisata ini semakin populer,karena  banyaknya  wisatawan  yang  datang  ke  sini untuk menikmati kesejukan  daerah ini.  Selain  itu kepopuleran Bukit  Panembongan  semakin  menanjaksejakbanyaknya  warga  atau netizen yang mengunggah foto Bukit Panembongan ke media sosial hingga akhirnya menjadi viral.

Bukit Panembongan2
1.bp.blogspot.com

Kini   Bukit   Panembongan   dikenal   memiliki   spot   foto   yang   sangat   instagramable   yang   populer   di Kuningan,  anda  dapat  menemukan  fasilitas  tempat  duduk  yang  posisinya  menjorok  ke  jurang  yang sangat unik dan seru untuk dijadikan tempat berfoto. Fasilitas  lain  yang  ada  di  Bukit  Panembongan  yaitu  Tower  Guluduk  yang  merupakan  sebuah  menara terbuat  dari  bambu  dengan  posisi  menjorok  ke  jurang.

Bukit Panembongan3
4.bp.blogspot.com

Di  ketinggian  Tower Guluduk,  anda  dapat menikmati wilayah selatan kabupaten Kuningan yang memiliki panorama sangat luar biasa. Pada  awalnya  Bukit  Panembongan  adalah  bumi  perkemahan,  dan  di  tahun  2015  banyak  antusiasme masyarakat  terhadap  lokasi  wisata.  Hingga akhirnya  pengelola  dan  warga  sekitar  bahu-membahu menambah beberapa fasilitas untuk kenyamanan wisatawan yang datang.

Warga   pun berinisiatif   untuk   mendirikan   gardu   pandang,karena   sadar   dengan   potensi   yang menyuguhkan  pemandangan  indah  dari  puncak  bukit.  Warga  bergotong-royong  melengkapi  beberapa fasilitas wisata demi kenyamanan dan keamanan wisatawan dari berbagai daerah.

 

Bumi Pelangi
camerawisata.com

Bumi Pelangi

Bumi  pelangi  yang  berlokasi  di  desa  babakanmulya  Kecamatan  Jalaksana  Kabupaten  Kuningan  adalah tempat  wisata  yang  juga  terbilang  baru.  Bumi  Pelangi  mulai  dikenal  memiliki  pesona  alam  setelah banyaknya orang yang mengabadikan dan menguploadnya ke media sosial. Bumi  Pelangi Kuningan  Jawa  Barat menawarkan  pemandangan  yang  indah,  dan  rencananya  juga  di tempat  ini  akan  dibangun  beberapa wahana lainnya  untuk  membuat  pengunjung  betah  berada  di tempat  ini.

Ada  juga rencanaakan dibangun  Pujasera  atau  tempat makan  24  jam  serta  wahana permainan khusus untuk anak-anak dan dewasa. Anda  juga  dapat  camping  di  tempat  ini, tetapi  terlebih  dahulu  Anda  harus  berkoordinasi  dengan pengelola.  Anda  juga  tidak  perlu  repot-repot membawa peralatan  berkemah,di  tempat  ini  juga  ada penyewaan  tenda  dan  yang  lainnya.

Bumi Pelangi2
1.bp.blogspot.com

Untuk  fasilitas  yang  khawatir  karena  fasilitas  listrik,air  dan keamanan sangat terjamin karena hal tersebut sudah menjadi prioritas pengelola untukpara wisatawan yang datang ke Bumi Pelangi. BumiPelangi  adalah  objek  wisata  yang  memiliki  konsep baruyang  sangat  instagenic,di  mana  anda dapat berselfi  ria dengan  pemandangan  yang  cukup  unik  di  tempat  ini.

Anda juga  dapat  menikmati beberapa wahana seperti kolam renang dengan konsep terasering, dan space untuk kegiatan outbound. Akan  semakin  lengkap, karena  sajian  suasana  dan  panorama  alam  yang  sangat  asli  dan  mengejutkan yang membuat Anda akan betah berada di tempat ini. Di  tempat  ini  Anda  juga  dapat  menemukan  warna-warni  bangunan  yang  dikelilingi dengan  perbukitan hijau dengan suasana yang sejuk dan wahana yang menarik akan menambah keceriaan liburan anda.

Bumi Pelangi memang objek wisata yang masih baru,tetapi pengelola sudah melengkapi fasilitas untuk para pengunjung seperti toilet,mushola,Spot foto,kolam renang,mobil antar jemput dan Space untuk outbound hingga aktivitas camping. Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan bersama komunitas di tempat ini mulai dari kemping atau kopdar  komunitas,  mini  gathering,  outbound  atau  sekedar  untuk  selfie  menambah  koleksi  Instagram anda.

Baca Juga :  Farmhouse Susu Lembang, Objek Wisata Dengan Sejuta Pesona!

 

Pemandian Cibulan
travelblog.id

Pemandian Cibulan

Pemandian  Cibulan  Kuningan  Jawa  Barat tak  terlepas dari  kehadiran  Ikan  Dewa  atau  Candra  Bodas sebutan dari warga sekitar. Ikan Dewa ini termasuk salah satu daya tarik dari objek wisata ini, sehingga banyak pengunjung yang datang ke objek wisata Cibulan. Di  tempat  ini  anda  akan  merasakan  sensasi  yang  berbeda  karena  berenang  bersama  ikan  keramat, mungkin Anda juga berminat  untuk bisa  mengabadikan  gambar  saat  mencium  ikan  yang  konon  adalah jelmaan dari prajurit PrabuSiliwangi.

Objek  wisata  Cibulan  dikenal  memiliki  tujuhSumur  keramat  yang  menurut  ceritamerupakan  petilasan Prabu  Siliwangi  dan  dipercaya  memiliki  khasiat.  Ke-7 sumur  tersebut  memiliki  khasiat  dan keampuhan yang  berbeda-beda seperti  sumur  Kejayaan, sumber  Kemuliaan,  sumur Pengabulan,  sumur Cirancana, sumur Cisadane, sumur Kemudahan, dan terakhir sumur Keselamatan.

Pemandian Cibulan2
cdn.ayobandung.com

Ke-7 sumur  di  Cibulan ini  juga  termasuk  daya  tarik  di  tempat  ini, sehingga  banyak  pengunjung  yang penasaran  dan  datang  ke tempat  ini tak terkecuali  pejabat, artis  hingga  anggota  DPR, bahkan  presiden pun pernah datang ke tempat ini. Suasana  yang  sejuk  dan  alami  di  objek  wisata  Cibulan, membuat  objek  wisata  ini  semakin  populer  di tengah-tengah masyarakat,   terutama masyarakat   di   daerah   beriklim   panas.

Demi   peningkatan pengunjung, pengelola   pun   melakukan   berbagai   pengembangan   dengan   menghadirkan   beberapa wahana permainan seru. Wahana-wahana permainan ketangkasan seperti sepeda gantung, sepeda air dan pojok selfie beraroma cinta. Penambahan wahana di tempat wisata ini sesuai dengan keinginan pengunjungyang kebanyakan lebih  suka  berfoto  selfie  dengan  alam  terbuka  yang  akan  menambah  romantis.  Untuk  menambah keromantisan  juga tersediajembatan  cinta yang  memiliki  latar  bentuk  hati,  yang  membuat  sesi  foto Anda semakin bermakna

Check Also

Bandung malam hari

6 Tempat Wisata Malam Bandung Kekinian dan Hits Banget! Anak Muda Wajib Datang!

Wisata  malam  Bandung yang  selalu  ramai  dan  menawarkan  berbagai  macam keseruan  tentunya  memiliki  daya  tarik  …