Home / Sulawesi Utara / Wisata Bahari Sulawesi Utara Yang Menakjubkan
View Sulawesi Utara
i0.wp.com

Wisata Bahari Sulawesi Utara Yang Menakjubkan

Sulawesi Utara dikenal daerah yang memiliki keindahan alam malam pesisir serta pemandangan bawah lautnya,  tetapi sangat  di  sayangkan  jika  ke  Sulawesi  Utara  tanpa menikmati pemandangan bawah laut dan menjelajahi  pulau-pulau  eksotik  yang  disuguhkan.  Sulawesi  Utara  merupakan  salah  satu  destinasi wisata bahari terfavorit di Indonesia,karena keberagaman dunia bawah laut yang dimiliki.

Sebagian  besar  orang  hanya  familiar  dengan  wisata  laut  yang  ada  di  Sulawesi  Utara  adalah  Bunaken, mereka tidak menyadari bahwa Sulawesi Utara juga masih memiliki beberapa tempat wisata laut lainnya yang  daya  tariknya  tak  kalah  dengan  Bunaken.  Berikut  ini  adalah wisata  bahari  Sulawesi  Utara yang memiliki keindahan selain Bunaken,

 

Pantai Paal Manado
storage.googleapis.com

Pantai Paal Manado

Keindahan  pantai  di  Sulawesi  Utara  bisa  dibilang  masih  asingbagi  para  traveller  yaitu  pantai  Paal yang lokasinya  berada  di  Desa  Marinsow,  Kecamatan  Likupang  Timur,  Kabupaten  Minahasa  Utara,Sulawesi Utara.  Di  tiap  akhir  pekan  atau  hari  libur  nasional  pantai  ini  dipadati  oleh  ribuan  warga  yang  ingin menikmati suasana pantai berpasir putih ini.

Pantai  Paal Manado merupakan pantai  yang  masih  baru,tetapi lokasinya  sudah  sangat  tertata dengan baik, telah ada beberapa fasilitas yang disediakan seperti rumah panggung untuk mengadakan kegiatan ibadah,  toilet dan lahan parkir  yang  memadai.  Saat  memasuki  pantai  ini  kedatanganmuakan  disambut dengan  hamparan  pasir  putih  bagaikan  karpet  merah  yang  terhampar  sepanjang  100  meter  di  bibir pantai.

Terdapat  pepohonan  yang  tumbuh  di  sekitar  pantai  yang  membuat  suasana  menjadi  sejuk, airnya pun sangat jernih danmenjadi daya tarik tersendiri. Pantai yang lebih di kenal dengan pantai Pal  Likupang  Manadoini juga memiliki gulungan ombak yang sangat  menantang,selain  itu  pemandangannya  yang  sangat  indah  membuat  pantai  ini  disebut sebagai Balinya  Sulawesi  utara.

Pantai Paal Manado2
holidify.com

Di  pantai  ini  kamu  tak  hanya  bisa  menikmati  wisata  pantai  yang  alami,tetapi kamu  tentu  tidak  akan  melewatkanaktivitas  yang  yang  menantang  adrenalin.  Hanya  dengan  rp25.000 kamu dapat bermain Banana Boat Spot Air atau UFO Boat yang tentu saja akan memberikan tantangan yang mengesankan,dengan persyaratan bagi yang ingin mencoba tantangan ini harus bisa berenang.

Pantai Paal memiliki garis pantai yang tidak terlalu lebar yaitu sekitar 200 meter, jika menjelajahi dari ujung ke ujung pantai kamu tidak memerlukan waktu yang lama. Pantai Paal juga sangat cocok untuk menikmati matahari terbit, karena pantai ini terletak tepat menghadap ke Timur, di sekitar pantai juga dikelilingi pohon-pohon yang membuat suasana semakin teduh terutama saat menikmati pemandangan pantai.

Keindahan pantai Paal akan terlihat jelas pada siang hari,di mana air laut akan berwarna biru kehijauan beserta nampaknya buih putih  ombak  yang  membuat  pantai  ini terlihat  sangat  eksotis. Menjelang  sore hari  air  pantai akan  hanya  berwarna  biru, tetapi  tidak  mengurangi  keindahannya  apalagi  di  kedua  tepi pantai juga dihiasi pemandangan bukit hijau yang menjorok ke laut.

Baca Juga :  Wisata Alam Tomohon Terbaru Untuk Rekreasi
Pantai Paal Manado3
tombatu.com

Pantai Paal  memiliki pasir  putih  dengan karakter  berukuran  sedang  dibandingkan  dengan  pasir  putih  di pantai-pantai  lainnya,sehingga  pasirnya  jika  disentuh  tidak  terlalu  halus.  Tetapi  hal  tersebut tidak mengurangi  minat pengunjung  yang  memadati  pantai  apalagi  pantai  ini  ini  memiliki  pasir  yang  tidak lengket  jika  mengenai  tubuh.

Jadi  kamu  tidak  perlu  susah  untuk  membersihkannya,hanya  dengan siraman air maka pasir akan lepas dari tubuh. Pantai  Paal  masih  dikelolaoleh  swadaya  masyarakat  sekitar tetapi  sedikit  demi  sedikit  pemerintah setempat  sudah  mulai  memfokuskan  perhatian  pada  pantai  yang  memiliki  potensi pariwisata  yang cukup tinggi.

Pemerintah daerah terus memberikan fasilitas-fasilitas serta infrastruktur jalan aspal yang dapat ikut mempromosikan pantai ini. Hal tersebut tentu berpengaruh pada warga sekitar,terutama di bidang  perekonomian  karena  wargadapat  membuka  warung  warung  makan.  Dan  salah  satu  usaha pemerintah untuk mempromosikan pantai ini adalah adanya Festival Pantai Paal di tahun 2017, dimana hal tersebut sembari memperlihatkan keindahan dan kebersihan pantai Paal yang masih alami.

 

Pantai Siladen
live.staticflickr.com

Pantai Siladen

Pulau Siladen berlokasi di samping pulau Bunaken, Kota Manado, sebuah pantai yang jaraknya sekitar 50 menit  Jika  menggunakan  kapal  motor  atau  speedboat.  Pulau  siladen  merupakan  salah  satu  pulau  yang terdapat  di  Taman  Nasional  Bunaken,  yang mencakup  sekitar  31,25  hektar  dan  dikelilingi  oleh  pantai berpasir  putih.  Pantai  ini  juga  ditumbuhi  pohon-pohon  sagu,Woka,silar  dan  kelapa.

Pantai Siladen Manadoini  cocok  bagi  wisatawan  yang  mendambakan  lingkungan  alami  dengan  ketenangan  yang dipadukan pemandangan alam yang mencakup keindahan alam bawah laut, angin laut yang segar serta nyanyian burung merupakan paket yang lengkap ditambah dengan sinar matahari khas pantai yang siap menemani ketenanganmu.

Pulau Siladen termasuk pantai pasir putih di Manadoyang memiliki keindahan yang terletak pada lokasi yang biasa disebut Siladen 1 dan Siladen 2, kamu akan melihat pulau kecil ini terhampar pasir putih yang begitu  luas.  Pantai  Siladen  ini  juga  menjadi  tempat  favorit  bagi  para  penyelam  profesional  dan  bahkan tempat  ini  juga  menjadi  tempat  snorkeling  bagi  seseorang  yang  ingin  menikmati  pemandangan  bawah laut.

Pantai Siladen2
7bd86aba206a59981820-a1471e32c826f82a376e3a3b16604284.ssl.cf6.rackcdn.com

Pasir putihnya yang bersih berpadu dengan kondisi air yang tidak terlalu banyak terdapat terumbu karang dan hanya didominasi pasir membuat pantai ini sangat pantas untuk dijadikan tempat berenang. Pulau  Siladen  telah  banyak  dikunjungi  oleh  wisatawan,oleh  karena  itu terdapat  banyak  resort  resort mewah yang tersusun dengan rapi.

Jika Taman Nasional Bunaken memiliki keindahan bawah laut, maka Pulau Siladen mengunggulkan keindahan hamparan pantainya, karena adanya Pantai Pasir Putih di pulau Siladen  membuat  hamparan pantai terlihat sangat  indah  dan  berpotensi  untuk  dijadikan  objek  wisata dan melakukan olahraga pantai.

Beberapa  kegiatan  wisata  yang  dapat kamu  lakukan  di  pulau  Siladensalah  satunya  adalah  menikmati taman  laut,  kamu  dapat  menggunakan  perahu  kaca  atau  Katamaran  untuk  mengelilingi  Pulau  ini. Atau bagi kamu  yang  hobi  snorkeling, diving,f otografi  bawah  laut  atau  sekedar  berjemur  dibawah  matahari kamu dapat juga melakukannya di tempat ini.

Baca Juga :  Wisata Goa Jogja Ini Masih Banyak Pengunjung Meskipun Ada Yang Tidak Terawat

 

Pulau Lembeh
cdn.idntimes.com

Pulau Lembeh

Pantai yang ada di Manado lainnya adalah pantai yang terkenal dengan 88 spot menyelam yang indah berada  di  Pulau  Lembeh,  yang  tak  kalah  menawan  jika  di  bandingkan  dengan  Bunaken  yang  bahkan telah  menjadi  ikon  wisata  Sulawesi  Tengah.  Bagi  kamu  yang  hobi  snorkling,  diving  atau  fotografi  maka kamu perlu untuk mencoba menjelajahi pulau yang satu ini.

Daya tarik utama pulau ini ada pada titik selam yang banyak lengkap dengan penghuni nya yang sekitar 300  famili  biota  bawah  laut  dan  ribuan  spesiesdi  dalamnya.  Yang  paling  sering  ingin  dilihat  oleh pengunjung adalah mini octopus, Sotong. Dan untuk menikmati keindahan bawah laut pulau Lembeh ini, kamu dapat menyewa kapal nelayan.

Puas  menikmati  pemandangan  bawah  laut,  pulau  Lembeh  juga  menyuguhkan  pemandangan  eksotis berupa  hutan  manggrove  yang  hijau  dan  rimbun.  Tempat  ini  juga  ramai  dikunjungi  wisatawan  yang penasaran  dengan  adanya  hutan  manggrove  ini,  bahkan  sering  kamu  jumpai  para  wisatawan  yang mengabadikan moment di tempat ini, atau  sekedar ingin menikmati uadara segar yang di hasilkan oleh hutan mangrove ini.

Pulau Lembeh2
cdn.idntimes.com

Tempat  ini  sangat  menarik  karena  selain  bebas  polusi  dan  jauh  dari  kebisingan  kota  besar,  kamu  juga akan menemukan sebuah jalan yang terbuat dari kayu lebih dalam untuk memudahkan wisatawan yang ingin  menikmati  pemandangan  laut  yang  terdapat  bukit  di  kedua  sisinya.

Hutan  manggrove  di  buat  di atas  lahan  4  hektar  yang  di  dalamnya  di  tanam  4  jenis  mangrove  seperti  Soneratia Alba,  Soneratia Caeolaris, Rhizophora Mucronata dan Rhizophora Apiculata. Pulau  ini  terletak  di  kota  Bitung dan  terbagi  di  dua  kecamatan  yaitu  kecamatan  Lembeh  Utara  dan kecamatan Lembeh Selatan dan dipisahkan dari daratan utama Pulau Sulawesi oleh Selat Lembeh.

Pulau Lembeh3
ceritaeka.files.wordpress.com

Di  pulau  Lembeh  ini  juga  terdapat  Monumen  Tri  Kota,  Pulau  Serena,  dan  pantai  Pasir  Panjang.  Pulau Serena  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  batu  karang  raksasa  yang  pada  bagian  tengahnya  terdapat lubang yang akan membuat air laut mengalir masuk pada celah batu karang.Pulau  Lembeh adalah pantai  terkenal  di  Manado yang juga  di  manfaatkan  masyarakat  sebagai  tempat konservasi  laut  terutama  terumbu  karang.

Peranan  penting  bagi  setiap  masyarakat  dalam  rangka menjaga  keutuhan  ekosistem  laut  terutama  terumbukarang,  dan  masyarakat  pun  menyambut  dengan baik adanya pembentukan DPL atau Daerah Perlindungan Laut, dimana kawasan yang menjadi PL adalah kawasan yang menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang yang bagus dibandingkan tempat lain.

Ini  dibuktikan  dari  adanya  usaha  konservasi  yaitu  melakukan  transplantasi  terumbu  karang  dengan tujuan mengurangi atau memperbaiki terumbu karang yang telah ada. Hal ini pun didukung oleh aktivis Manengkel Solidaritas yang merupakan lembaga konservasi di Manado. Keindahan Pulau ini semakin lengkap dengan adanya Monumen Trikora yang yang dibangun tahun 1992 2  dan  diresmikan  di  tahun  1993.

Bangunan  tersebut  menceritakan  tentang  pembebasan  Irian  Barat dilihat  pada  relief  nya.  Kamu  juga  dapat  melihat  Pelabuhan  Bitung  dan  gunung  duabersaudara  dari kejauhan. Sulawesi   Utara   telah   membuktikan  sebagai   The   Rising   Star   di   sektor   pariwisata   dengan   adanya peningkatan jumlah wisatawan hingga 600%, hal tersebut belum termasuk potensi besar pariwisata lain yang   dapat   dikembangkan   dimana   hal   tersebut   memungkinkan   adanya   perlonjakkan kunjungan wisatawan dan merupakan daya tarik utama Sulawesi Utara.

Pulau Lembeh4
phinemo.com

Pemerintah   menyambut   baik dan berencana   untuk   mengembangkan   Pulau   Lembeh   dengan   cara memperkenalkan   pulau   ini   sebagai   objek   wisata   yang   sangat   menarik.   Pemerintah   juga   akan membangun  jembatan  yang  menghubungkan  daratan  Kota  Bitung  dengan  pulau  Lembeh,  agar  akses menuju kawasan wisata menjadi mudah dannyaman untuk datang ke pulauLembeh.

Jembatan  yang  akan  dibangun  Sepanjang  1  km,  membelah  Selat  Lembeh  yang  berupa  perairan  sempit setelah  menjadi  akses  kapal  yang  hilir  mudik.  Pemerintah  optimis  untuk  melakukan  pengembangan jangan wisata ini karena tak sedikit fasilitas pendukung KEK Bitung yang memang belum tersosialisasi.

Pulau Lembeh ini  tentu  akan menjadi  daya  tarik  bagi  para  wisatawan karena  memiliki  kesamaan  letak keindahan  yang  bisa disandingkan dengan  pulau  Bunaken, meskipun tidak  sepopuler  Bunaken.  Pulau Lembeh memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat dikembangkan menjadi objek wisata hingga ke kancah internasional.

 

Itulah  beberapa  pantai  yang  sangat  di  banggakan  oleh  warga  Sulawesi  Utara,  karena  pantai  pantai tersebut   memiliki   daya   tarik   yang   mampu   memajukan   Sulawesi   Utara   hingga   di   kenal   di   dunia internasional.  Oleh  karena  itu,  peran  serta  masyarakat  sangat  di  butuhkan  untuk  menjaga  kelestarian alam  yang  ada.  Semoga  pantai  pantai  di  atas  dapat  kamu  jadikan  pilihan  destinasi  liburanmu  yang berkesan. Selamat berlibur.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …