View Bangka Belitung
amanahbelitungtour.com

Wisata Belanja Recommended di Bangka Belitung Sebagai Penutup Perjalanan Wisata

Kebanyakan orang menghabiskan waktu liburan dimanfaatkan untuk menjelajah wisata yang tentu saja akan mengistirahatkan sejenak pikiran dari kegiatan sehari-hari. Bangka Belitung juga termasuk salah satu tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan, karena banyak sekali terdapat pantai-pantai yang menawarkan panorama yang sangat indah, lengkap dengan alam bawah laut yang mampu membuatmu betah berlama-lama di tempat tersebut.

Setelah selesai menjelajahi beragam destinasi wisata yang ada, sebagai kegiatan penutup adalah belanja oleh-oleh khas Bangka Belitung. Tentu saja akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri jika kita memberikan oleh-oleh kepada orang yang sudah menunggu kita di rumah, selain itu kamu juga  harus membeli beberapa kebutuhan sebagai bekal selama perjalanan. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Bangka Belitung yang bisa kamu bawa pulang,

 

Keripik Siput Gonggong
i.ytimg.com

1. Keripik Siput Gonggong

Gonggong adalah biota laut yang menjadi kegemaran masyarakat setempat, berbagai jenis olahan gonggong dapat ditemukan mulai dari untuk teman makan nasi atau sekedar cemilan. Ada lagi varian baru yang terbuat dari gonggong yaitu kerupuk siput gonggong. Kerupuk ini memiliki rasa yang renyah dan sangat terasa daging gonggong nya. Dengan harga Rp15.000 kamu sudah dapat membawa pulang keripik siput gonggong ini.

 

2. Kerupuk Sukun

Kerupuk atau keripik yang terbuat dari singkong mungkin sudah biasa dan dapat ditemukan di mana saja, namun berbeda dengan kerupuk asal Bangka Belitung yaitu kerupuk sukun yang terbuat dari buah sukun. Kerupuk ini memiliki rasa yang terasa manis, gurih dan renyah. Kamu dapat dengan mudah menemukan kerupuk sukun, karena hampir di setiap toko oleh-oleh yang ada di Bangka Belitung menyediakan kerupuk sukun.

 

Kerupuk Belitong
2.bp.blogspot.com

3. Kerupuk Belitong

Kerupuk belitong wajib kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kerupuk yang satu ini dibuat dengan bahan dasar seafood mulai dari ikan, udang, cumi hingga kepiting. Variannya yang berbagai macam membuatmu dapat memilih jenis kerupuk yang sesuai dengan selera, apapun variasi jenisnya kerupuk belitong tetap memberikan rasa gurih dan crispy.

 

Sirup Jeruk Kunci
detikhalal.com

4. Sirup Jeruk Kunci

Selain camilan, Bangka Belitung juga memiliki minuman khas yang sudah cukup populer yaitu sirup jeruk kunci. Sirup jeruk kunci memiliki rasa yang sangat menyegarkan saat membasahi tenggorokkan. Minuman khas ini memiliki beberapa varian seperti sirup jeruk cino, sirup jerul colong, sirup jeruk kalamachi dan masih banyak varian lainnya lagi.

Baca Juga :  Kuliner Murah Di Kota Kembang Yang Dapat Mengenyangkan

 

Dodol Khas Bangka Belitung
s3.bukalapak.com

5. Dodol Khas Bangka Belitung

Bangka Belitung juga memiliki makanan khas yang berupa dodol, dan rasanya juga tak usah diragukan lagi. Proses pembuatan dodol khas Bangka ini sama seperti dodol dodol lainnya, yang membedakannya hanyalah dari kemasannya saja. Dodol khas Bangka dikemas sangat menarik, dengan tujuan wisatawan akan melirik bentuknya yang menarik.

 

Kepiting Isi
cf.shopee.co.id

6. Kepiting Isi

Kepiting isi atau lebih akrab disebut ketam adalah makanan khas yang juga dapat dijadikan oleh oleh. Kepiting isi memiliki rasa yang lezat dan gurih.

 

Keripik Ikan Teri
i2.wp.com

7. Keripik Ikan Teri

Keripik teri juga menjadi makanan favorit warga setempat, dan kamu juga dapat membawanya pulang untuk dijadikan oleh oleh. Makanan ini banyak dijual di warung warung sepanjang jalan di kawasan Sijuk. Siapapun yang menikmati keripik teri krispi pasti akan ketagihan. Untuk membuat ikan teri membutuhkan bahan dasar ikan teri yang segar hasil tangkapan nelayan dari Desa Tanjung Binga, yang juga menjadi salah satu panganan yang digemari oleh masyarakat di Belitung.

Terdapat beberapa varian dari antara lain adalah keju, balado dan rasa original nya. Ikan yang dibuat biasanya ikan teri yang memiliki ukuran sedang, dengan bahan bahan antara lain tepung beras, tepung tapioka, garam,bawang putih, telur dan lada yang dicampur kan dengan ikan teri untuk menghasilkan sajian kuliner khas yang lezat.

 

Kaos Khas Belitung
lh3.googleusercontent.com

8. Kaos Khas Belitung

Jogja tekenal dengan merk Dagadu, Bali dengan Joger, atau C56 dari Bandung tentu sudah menjadi ikon kaos di daerah masing masing. Di bangka Belitung memang belum ada merk kaos yang mengusung ciri khas Bangka Belitung, tetapi ada banyak desain khas Belitung yang bisa kamu dapatkan disini dengan harga yang bervariasi tergantung bahan, ukuran dan sablonnya. Dengan menggunakan kaos khas Bangka, orang tak akan ada yang meragukan jika anda pernah menginjakkan kaki di Bangka Belitung.

 

Batu satam
s1.bukalapak.com

Bangka Belitung juga memiliki aneka kerajinan dan batu satam. Batu satam mungkin masih asing di telinga, namun batu satam merupakan batu khas Indonesia yang ada di Pulau Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Batu ini cukup unik berwarna hitam dengan urat-uratnya yang juga termasuk batu langka. Batu ini terbentuk dari hasil proses alam akibat dari tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi. Serpihan batu meteor itu jatuh ke seluruh dunia seperti Australia, Czechoslovakia, Arab dan Indonesia.

Pulau Belitung memiliki kandungan timah yang sangat banyak yang akibatnya terbentuklah batu hitam yang dinamakan batu satam. Batu satam hanya ada di Indonesia dan menjadi batuan langka dan diburu oleh para kolektor batu yang ada di seluruh dunia. Itulah beberapa oleh-oleh yang menarik untuk dibeli khas Belitung. Dan untuk mendapatkan itu semua ada beberapa tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja berbagai barang tersebut, seperti berikut ini.

 

Toko BnB Snack
img-z.okeinfo.net

1. Toko BnB Snack

Toko BnB Snack berada di Jalan Veteran, Tanjung Pandan dimana toko ini didominasi oleh makanan, minuman dan snack khas Belitung. Namun terdapat juga beberapa souvenir dan baju kaos bernuansa Belitung, hanya saja tidak terlalu banyak variannya. Toko BnB Snack bukanlah toko yang sangat besar, namun tetap memberikan kualitas dan rasa yang sangat enak dengan varian makanannya seperti kerupuk ikan, terasi, kue sagu, sirup jeruk kunci, ikan asin jambal roti serta masih banyak varian makanan lainnya.

 

Toko Oleh oleh Khas Belitung Outlet
bangkatour.com

2. Toko Oleh-oleh Khas Belitung Outlet

Toko yang satu ini kira-kira lokasinya berada di Jalan Sudirman,  daerah Tanjung di Tanjung Pandan, Belitung. Toko ini memiliki tempat yang cukup besar dengan barang-barang yang di dominasi  baju kaos dan souvenir khas Belitung. Jadi jika kamu ingin berburu kaos-kaos yang menggambarkan ciri khas wisata di Belitung, maka kamu dapat mampir ke  outlet ini, karena memiliki berbagai bahan, ukuran dengan variasi harga.

 

Galeri UMKM
cdn2.tstatic.net

3. Galeri UMKM

Belitung dan Belitung Timur Di tempat ini kamu dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh dan lokasinya juga tak jauh dari kawasan monumen batu satam, Tanjung Pandan, Belitung. Produk olahan hasil laut mendominasi di tempat ini dan juga banyak wisatawan yang menyukainya seperti pilus rumput laut lada hitam, keripik telur cumi, aneka ikan, daging cumi, udang dan ikan asin.

Baca Juga :  Kamu harus tahu ini! 4 Objek Wisata Kampung di Jawa Timur yang Menyajikan Panorama Terindah

 

Pondok Kelapa
utamiisharyani.files.wordpress.com

4. Pondok Kelapa

Pondok Kelapa menjadi pusat oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Air Saga, nomor 89 Tanjung Pandan Belitung. Beragam buah tangan bisa kamu dapatkan di tempat ini seperti aneka snack,  minuman souvenir hingga pakaian. Pondok Kelapa memiliki area yang cukup besar, bahkan juga terdapat restoran di tempat yang sama. Snack yang dapat kamu temukan di Pondok Kelapa antara lain kemplang, kerupuk udang, cumi dan berbagai olahan hasil laut berbentuk keripik.

Dan untuk makanan ringan kamu dapat menemukan keripik kopi dengan rasa manis pahit, namun tetap lezat untuk dinikmati. Selain itu di tempat ini juga menyediakan berbagai bumbu makanan contohnya Lada, karena memang lada adalah rempah yang khas dari Belitung mulai dari lada putih hingga lada hitam. Tak ketinggalan olahan minuman yaitu sirup jeruk kunci khas Belitung yang memiliki sensasi rasa asam dan segar, apalagi dicampur dengan air es membuat dahaga hilang seketika.

Di ruang lain lagi kamu juga akan melihat aneka aksesoris, pakaian dan souvenir yang ditawarkan seperti tempelan kulkas, gantungan kunci, aneka kalung hingga batik. Setelah lelah menjelajahi Pondok Kelapa, pada bagian luar kamu juga dapat beristirahat di kedai kopi legendaris Belitung yakni Kong Djie. Kopi ini memiliki rasa yang enak dan bervariasi mulai dari kopi hitam, kopi susu hingga coklat dengan harga yang dibanderol Rp10.000 per gelas.

 

My Snack
cf.shopee.co.id

5. My Snack

My Snack adalah toko yang menjual berbagai pilihan snack khas Bangka Belitung. Menurut sang pemilik, My Snack didirikan memiliki tujuan utama yaitu ingin mengenalkan snack khas Bangka Belitung. Toko yang beralamat di Jl. Achmad Rosidi Hamzah No. 200, Pangkal Pinang, Bangka menjual aneka snack khas Bangka Belitung seperti getas yaitu kerupuk bulat yang terbuat dari ikan tenggiri, Hipio yang berupa perut ikan, jamur kulat, asinan kelubi, kricu yaitu stik telur cumi, keripik cumi, kue masin, kue rintak, siput gonggong, sambal lingkung, dodol ikan dan masih banyak lagi.

Selain beragam snack, My Snack juga menjual beragam bumbu bumbu dapur seperti pala, lada biji, lada bubuk dan bumbu bumbu lainnya. Tak ketinggalan juga ada the hijau khas Bangka dan madu khas Bangka, dan oleh oleh termahal juga ada disini yaitu sarang burung walet. Harga yang dibandrol di toko ini juga relatif murah, mulai 20 ribuan sampai yang paling mahal yaitu sarang burung walet yang dibandrol dengan harga 1,5 juta lebih.

 

Kaos Senai
sribu-sg.s3.amazonaws.com

6. Kaos Senai

Kaos senai yaitu kaos khas Bangka yang bergambar cukup unik, yaitu gambar pulau Bangka Belitung, atau bahasa bahasa setempat. Kaos senai memiliki bahan yang adem dan nyaman saat dikenakan, dengan gambar gambarnya yang sangat cocok digunakan oleh anak muda. Kaos kaos ini tak kalah dengan kaos keluaran distro, hanya saja bergambar mercusuar di pulau Lengkuas hingga tulisan Kupi Manggar. Kamu bisa mendapatkannya di Jl. Buluhtumbang, Tanjungpandan, Belitung dengan harga mulai dari 80 ribuan.

 

Setelah membaca artikel di atas, tentu ada ketertarikkan untuk menjelajah di bumi Bangka Belitung dengan beragam wisata yang ditawarkan serta tak lupa menjelajah kuliner dan wisata belanja yang tak boleh ketinggalan. Selamat berbelanja!

Check Also

Pesona Pacitan

Oleh-oleh Khas Pacitan yang Wajib Dibawa Pulang

Kota seribu goa ini menjadi destinasi wisata yang di unggulkan di Pacitan, Jawa Timur. Selain …