Tuesday , December 10 2019
Home / Sulawesi Selatan / Jangan Lewatkan Kesempatan Menelusuri Keindahan Bawah Laut di 5 Tempat Wisata Diving Terbaik Di Sulawesi
Jangan Lewatkan Kesempatan Menelusuri Keindahan Bawah Laut di 5 Tempat Wisata Diving Terbaik Di Sulawesi

Jangan Lewatkan Kesempatan Menelusuri Keindahan Bawah Laut di 5 Tempat Wisata Diving Terbaik Di Sulawesi

Pulau Sulawesi terkenal dengan keindahan alamnya sehingga banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Nah terutama wisata bawah lautnya yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Mungkin banyak orang hanya tahu Bali atau Lombok yang terkenal akan wisata bawah lautnya. Tetapi, di Sulawesi kamu juga bisa menemukan surga bawah laut lho! 
 
Bahkan banyak wisatawan yang rela datang ke Sulawesi  untuk tujuan menyelam menikmati keindahan bawah lautnya. Bagi kamu yang suka dengan kegiatan menyelam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat diving yang ada di Sulawesi. Dijamin kamu akan terpesona dengan keindahan biota laut dan terumbu karangnya. 
 
Nah kali ini kita akan membahas apa aj sih wisata diving di Sulawesi  yang jangan sampai kamu lewatkan jika berkunjung kesini? Biar nggak lebih penasaran lagi, simak penjelasan dibawah ini yuk.
 
1. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara
 
Taman Laut Bunaken merupakan salah satu dari surganya menyelam di dunia. Dari sekian banyak spot menyelam di Sulawesi, taman laut yang satu inilah yang paling populer. Lokasinya berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia hingga Kepulauan Solomon. 
 
Bagi kamu yang hobi diving,  jangan sampai melewatkan kesempatan menyelam di 20 macam titik selam yang mengagumkan. Kamu bisa melihat keramaian biota bawah laut yang dihiasi 70 jenis terumbu karang, 5 jenis kura-kura, dan 91 jenis ikan yang cantik-cantik. Air lautnya juga sangat jernih sehingga dari permukaan laut pun kamu sudah bisa melihat ikan-ikan berenang.
 
Untuk bisa menikmati keindahan Taman Laut Bunaken, kamu harus menempuh perjalananan selama satu jam dari kota Manado, kemudian mengikuti trip perjalanan pulau Bunaken, Siladen, dan Nain. Kamu harus membayar sekitar 200 ribu per orangnya. Nah kalau kamu tidak membawa peralatan snorkeling, disini disewakan mulai dari harga 150 ribu dan untuk peralatan menyelam mulai dari harga 900 ribu. Sehabis menyelam pasti merasa lapar kan? Di sekitar taman laut bunaken banyak menjual hidangan khas laur manado. Kamu harus coba
deh!
2. Pulau Kadidiri, Sulawesi Tengah
 
Selain Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah juga punya surganya para penyelam yaitu Pulau Kadidiri. Mungkin banyak orang yang belum mengenal pulau yang satu ini, namun di kalangan para pencita olahraga bawah laut, tempat ini sudah menjadi tujuan favorit. Lokasinya beradadi Kepulauan Togean,Teluk Tomini,  Sulawesi Tengah. Namun, untuk bisa sampai ke Pulau Kadidiri bisa membutuhkan waktu hingga 6 jam menggunakan kapal laut dari kota Ampana dan butuh waktu sekitar 30 menit lagi dari Wakai ke Pulau Kadidiri. 
 
Walaupun jauh dari kota besar, keindahan alam bawah lautnya lah yang membuat pulau ini terkenal sampai ke mancanegara. Aktivitas air seperti diving, snorkeling, memancing, dan berlayar bisa kamu lakukan disini. Air lautnya jernih sekali seperti kaca sehingga kamu bisa melihat terumbu karang tanpa harus menyelam. Tetapi kalau ingin menyelam lagi, semakin seru deh! Bebagai jenis ikan, penyu, hingga  hiu pun ada disini. 
 
Spot-spot terbaik diving bisa kamu temukan seperti puing pesawat B 24  bekas Perang Dunia II dulu dan disekitaranya dihiasi banyak terumbu karang yang usianya sudah puluhan tahun. Nah jika ingin kesana kamu harus menaiki speedboat terlebih dahulu.  Untuk mendapat pemandangan terindah, kamu bisa berkunjung ke Pulau Kadidiri  pada bulan April hingga November.
3.  Wakatobi, Sulawesi Tenggara
 
Pulau Wakatobi terletak di Laut Banda, Sulawesi Tenggara. Tidak diragukan lagi kalau pulau yang satu ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk olahraga menyelam di dunia.  Dengan luas total 1,39 juta hektar, Wakatobi menjadi rumah bagi kehidupan biota laut yang ada di Laut Banda. 
 
Taman Nasional ini sudah diresmikan sejak tahun 1996. Ada 40 spot menyelam yang bisa kamu temukan disini, diantaranya yang paling favorit yaitu Carol Garden, Roma, Hous Reef, dan Cornucopia. Kamu bisa merasakan sensasi menyelam sampai kedalaman 25 meter lho! Di spot Cornucopia bahkan bisa menyelam hingga kedalaman 55 meter. 
 
Namun, dibutuhkan sertifikat menyelam untuk bisa menyelam sedalam itu. Banyak biota bawah laut yang bisa kamu lihat disini mulai dari lobster, kura-kura hijau, ikan kecil warna-warna, dan yang paling mengejutkan disini terdapat  750 jenis terumbu karang yang cantik-cantik. Keren banget kan?
4.   Taman Laut TakaBonerate, Sulawesi Selatan
 
Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu spot diving unggulan di pulau Sulawesi. Letaknya masih  berada di kepulauan Selayar. Yang berbeda dari taman laut lainnya, TakaBonerate  merupakan kepulauan dengan atol terbesar ketiga didunia. Atol sendiri adalah sebuah pulau karang yang mengililingi laguna. 
 
Cocok banget deh tempat ini dijadikan wisata bawah air  karena didalamnya terdapat terumbu karang, ratusan ikan, penyu, dan kura-kura. Untuk bisa menikmati keindahan  Taman Laut TakaBonerate, kamu cukup membayar 25 ribu rupiah saja, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif 60 ribu rupiah. 
 
Bagi kamu yang tidak memiliki perlengkapan menyelam ataupun  tidak membawanya dari rumah, disini juga tersedia penyewaan berbagai macam perlengkapan menyelam. Harga sewanya sebesar 250 ribu rupiah. Nah waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini yaitu antara bulan antara bulan April hingga Juni dan antara bulan Oktober hingga Desember.
5.   Taman Laut Tumbak, Sulawesi Utara
 
Bagi kamu yang tidak tinggal di Sulawesi , tempat ini masih terdengar asing. Jangankan yang tinggal di luar pulau Sulawesi, masyarakat Sulawesi Utara saja masih banyak yang belum kenal dengan taman laut yang satu ini. Tumbak ialah nama  desa yang letaknya berada di Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minasaha Tenggara, Sulawesi Utara. 
 
Desa Tumbak merupakan desa nelayan dan disana juga didirikan sebuah penginapan bernama Water Cottage yang dibangun diatas laut. Dengan tarif menginap 350 per malamnya, kamu bisa menikmati keindahan Taman Laut Tambuk lebih lama lagi. Nah yang menjadi keunikan dari Taman Laut Tumbak adalah pulau-pulau kecil  yang pasirnya bewarna putih.  
 
Dikarenakan letak tempat wisatanya yang jauh dari kota Manado, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam, karena tempat ini memang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Tetapi, tidak bagi para penyuka kegiatan menyelam, tempat ini merupakan surga lautnya para penyelam.  Di Tumbak, terdapat 20 titik snorkeling dan diving. 
 
Yang menjadi favorit diantaranya yaitu spot Bohaga, Small Bohaga, MFT 1, MFT 2, Napo Kipas, Pintu Samudra, dan Taman Karang. Kamu akan merasakan pengalaman menyelam di hamparan karang yang luas banget, ada karang lunak dan juga karag keras.  Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati keindahan sea fan coral di area yang luasnya 300m di kedalaman 3-6 m.
Nah itu dia 5 tempat wisata diving terbaik di Sulawesi yang jangan sampai kamu lewatkan jika berkunjung ke pulau Sulawesi.  Nggak akan rugi deh jika berkunjung ke tempat-tempat wisata diving diatas! Dan pastinya juga akan menambah pengetahuanmu tentang kehidupan bawah laut. Penasaran sama keindahan tempat-tempat diving diatas? Yuk langsung kesini aja. Semoga artikel kali ini bermanfaat. . .

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *