Saung Bambu Lembang 2
pergidulu.com

Wisata Edukasi Lembang Yang Cocok Untuk Anak Anak Mengisi Liburan

Anda ingin mengisi liburan akhir tahun Anda dan pada saat ini sedang sibuk untuk mencari destinasi terbaik untuk berlibur, anda patut mencoba wisata di Lembang. Selain panoramanya yang sangat indah, di Lembang juga banyak sekali objek wisata yang bisa dijadikan untuk tempat mengisi liburan akhir tahun Anda bersama teman, keluarga atau orang terkasih. Berikut ini adalah tempat wisata di Lembang yang sangat direkomendasikan karena memiliki panorama yang sangat indah.

 

farm house susu lembang
topwisata.info

Farm House Susu Lembang

Farm House susu Lembang adalah tempat wisata yang terbilang baru tetapi sangat fenomenal, karena memiliki konsep yang berbeda dengan wisata lainnya yang sudah ada di Bandung. Di sini menawarkan sebuah kawasan wisata dengan konsep perkebunan dan juga peternakan yang mirip seperti gaya eropa dengan sebutan Farm House. Lokasi ini berada di Jalan Raya Lembang, No.108, Gudang Kahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang merupakan tempat yang sangat strategis karena berada di kawasan wisata Lembang dan dapat dijangkau dengan mudah oleh para wisatawan.

Farm House susu Lembang didirikan pada bulan Juli 2015, yang merupakan sebuah kawasan wisata yang pengelolaannya satu grup usaha dengan De Ranch, Floating Market Lembang dan Rumah Sosis. Dan oleh sebab itu, tiketnya pun dijual dengan sistem yang tidak berbeda yaitu 1 tiket ditukar dengan 1 cup susu sapi atau 1 sosis bakar yang lezat. Objek wisata ini memang terbilang baru, tetapi daya tariknya sudah mampu membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini, yang bahkan kini menjadi tempat wisata di Lembang dan menjadi primadona baru wisata Bandung.

Tak sedikit wisata populer di Bandung yang berawal dari media sosial Instagram ataupun Facebook, dan tidak jarang membuat tempat wisata tersebut menjadi viral. Tempat-tempat tersebut antara lain Tebing Keraton, Taman Asia Afrika Bandung, Dago Bakery, Lampion Park di Tegalega Bandung ataupun wisata Maribaya Lembang, yang pada waktu itu benar-benar mencapai puncak popularitas saat foto-foto dipajang di dunia maya. Dan kini terjadi pada Farm House susu Lembang yang tak kalah menonjol ke popularitasnya karena ditampilkan di media sosial.

Farm House susu Lembang letaknya tak jauh dari kawasan wisata alam Bandung seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Jayagiri,  dan wisata hutan pinus Pal 16. Farm House Lembang juga memiliki wisata yang unik, yaitu mengambil konsep Eropa yang memang kini ini menjadi trend wisata terbaru yang telah banyak di sukai oleh wisatawan. Farm House Lembang adalah perpaduan bangunan klasik yang bernilai tinggi dan juga panorama wisata Indonesia  yang jika di satukan menjadi sangat unik karena memiliki cita rasa Eropa.

farm house susu lembang 3
cariinfoyuk.com

Di tempat ini juga ada area bangunan para kurcaci atau rumah Hobbit. Desain bangunannya dibuat sangat mirip seperti yang ada di film Hobbiton Movie Set yaitu berukuran mungil, jadi untuk masuk ke rumah Hobbit di Farm House Lembang ini anda harus membungkukkan badan. Rumah ini juga sangat unik untuk dijadikan Spot foto paling menarik bagi para pengunjung terutama mereka yang sering eksis di media sosial.

Di Kota Kembang belakangan ini menjamur tempat wisata yang yang menggunakan sistem budaya suatu negara, misal saja Kampung Korea di Bandung dengan Little Seoul Bandung, ada juga Kampung Cina di Bandung atau Chinatown Bandung dan ada pula Kampung Jepang kyotoku. Dengan hadirnya Farm House Lembang maka tempat wisata berkonsep budaya khas luar negeri bertambah, karena Farm House juga mengambil konsep gaya eropa. Di tempat wisata ini juga harga tersedia bagi anda yang ingin merasakan berpenampilan bak gadis Eropa, seperti menggunakan gaun dari Eropa zaman dulu. Tersedia tempat penyewaan kostum pakaian alamat di Farm House Lembang Bandung dengan tarif 50.000/jam.

Ada lagi yang menarik disini yaitu Farm House yang juga termasuk sebagai salah satu objek wisata yang memiliki nuansa romantis. Tak jarang kita akan melihat wisatawan yang berpasangan yang juga dapat mengabadikan perasaan cinta dan kasih mereka dengan cara gembok cinta, bahkan tempat ini juga dijadikan sebagai destinasi tempat honeymoon yang sangat romantis.

Baca Juga :  Curug Terindah Di Jawa Barat Yang Layak Dijadikan Destinasi Wisata Yang Recomended

Farm House Lembang juga menyediakan  kebun binatang mini yang tentunya akan banyak disukai oleh pengunjung terutama anak-anak yang ini berinteraksi dengan satwa, seperti iguana, angsa, kelinci, burung, kambing dan lain-lain.

Terdapat pula taman bunga di Farm House Lembang Bandung ini yang tentunya akan menjadi tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Taman bunga di  tempat ini tak kalah indah dengan taman di Bandung, karena terdapat bunga yang sangat cantik seperti kebun Begonia atau Gropse Farm dan Barusen Hills ataupun Palalangon Park yang ada di Ciwidey.

Di Farm House Lembang Bandung dapat Anda temukan sebuah jembatan di mana ada gembok cinta yang berada di sisi kanan dan kiri jembatan. Pada gembok cinta ter,sebut tertulis nama pasangan sebagai ungkapan janji untuk selalu bersama. Dan untuk mendapatkannya Anda harus mampir dulu ke kios dan membelinya  yang tak hanya menjual gembok tetapi baik juga menjual souvenir ataupun properti barang-barang lucu.

Farm House Lembang Bandung sudah sangat populer di telinga wisatawan domestik ataupun mancanegara, yang tentunya pengelola berusaha semaksimal mungkin untuk melengkapi fasilitas yang ada demi kenyamanan wisatawan yang datang berkunjung. Fasilitas itu antara lain :

Tiket Penukaran Susu Murni Dan Sosis

Pada umumnya untuk membeli suatu barang kita akan membayarnya dengan sejumlah uang tetapi berbeda di Farm House lembang ini, karena saat kita masuk dan membeli tiket ke Farm House Lembang Bandung ini maka tiket yang anda punya dapat ditukarkan dengan  minuman “selamat datang” tak jauh dari pintu masuk. Minuman ini berupa susu murni alami yang juga memiliki beberapa varian rasa, tak hanya minuman, tetapi ada juga makanan berupa sosis bakar yang pasti sangat disukai.

Farm House Lembang ini juga dapat dijadikan wisata edukasi terutama bagi anak-anak, karena di Farm House ini tak hanya  taman bunga saja yang anda temui tetapi juga beberapa kandang binatang. Adanya kadang-kadang tersebut, anda dapat berinteraksi langsung dengan binatang sebagai proses pengenalan dan juga mendidik anak terhadap beberapa jenis binatang yang ada dan langka.

Di tempat ini juga kita banyak menemukan tempat-tempat yang sengaja ditempatkan secara alami terbuat dari kayu, kebanyakan terletak di bawah rindangnya pepohonan yang akan membuat kita merasa sejuk berada di bawahnya, ditambah lagi dengan tanaman hias yang membuat suasana menjadi sangat asri. Lokasi ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai, melepas lelah selama perjalanan atau kepenatan terhadap keramaian kota apalagi dengan polusi udaranya.

Ada pula fasilitas tempat makan atau tempat jajanan yang populer dengan nama Backyard Kitchen. Selain desain ruangan yang cantik dan unik, sajian yang tersaji juga sangat spesial mulai dari makanan khas Bandung hingga hidangan ala cafe di Bandung. Ada pula minuman healthy juice dan juga Coffee yang sangat pas dinikmati sambil menikmati suasana sekitar.

Fasilitas utama dan wajib Anda kunjungi adalah tempat berbelanja oleh-oleh khas Bandung. Ada toko yang menawarkan berbagai barang yang sangat unik dan juga lucu bernama Pony and Pine dengan harga harga yang terjangkau.

Baca Juga :  Tempat Yang Sangat Recommended Untuk Bulan Madu Di Jogja
Floating Market Lembang 1
travelingyuk.com

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang bisa dikatakan sebagai salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Lembang Bandung, karena di tempat ini memiliki banyak keunikan terutama buat Anda yang sangat suka mengabadikan momen-momen yang unik. Saat pertama kali Floating Market ini beroperasi, banyak wisatawan yang datang karena, tempat wisata ini termasuk memberikan warna baru bagi wisata di Lembang yang sebelumnya tidak ada yang istimewa. Pada awal pembukaan Floating Market Bandung, tanah yang dimiliki tidak terlalu luas seperti saat ini, tetapi karena telah memiliki banyak objek wisata baru maka perlahan Floating Market Bandung harus ada tambahan area. Nama Floating Market ini sepertinya tertuju pada stand tempat jual makanan yang  sangat unik yaitu di dalam perahu. Tetapi tidak seperti di pasar terapung Lok Baintan atau Muara Kuin di Kalimantan, mereka hanya berjualan aneka makanan yang ada di dalam perahu dan untuk menikmati kulinernya kita tetap berada di darat di deretan tempat makanan yang telah disediakan. Tak hanya pasar kuliner terapung, di tempat ini juga ada beberapa Cafe ataupun tempat makanan lain dengan suasana yang tak kalah indah, karena cukup asri dan juga tertata rapi didukung dengan udara yang segar membuat anda ingin berlama-lama di tempat ini. Lokasi Floating Market berada di pusat kota Lembang tepatnya di Jalan Grand Hotel, No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang untuk menuju ke sana sangat mudah dijangkau. Berada di Floating Market Lembang anda dapat melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan  seperti:

Floating Market Lembang 3
bobocantik.com

Berkeliling area Floating Market Lembang

Disini anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengelilingi area Floating Market Lembang, sembari menikmati suasana dan pemandangannya yang sangat segar. Terdapat danau yang diisi beberapa perahu yang menjajakan makanan, ada pula kereta air, ataupun penjaja makanan yang berada di pinggir danau serta beberapa Wahana menarik lainnya. Disini Anda juga dapat melihat beberapa spot foto menarik yang menyajikan bareng-bareng khas dari negara Jepang yaitu lukisan. Selain itu tiket masuk yang anda miliki dapat ditukar dengan segelas minuman soda ataupun minuman hangat seperti Milo untuk menemani perjalanan Anda mengitari area Floating Market Lembang. Momen yang paling menyenangkan adalah saat menjelang malam karena suhu udara akan berubah menjadi lebih dingin dan dihangatkan dengan lampu-lampu di sepanjang jalan, jadi jangan pernah lupa untuk membawa pakaian hangat milik anda.

 

Floating Market Lembang 2
citytourlembang.blogspot.com

Wahana

Ada beberapa wahana yang tersedia di tempat ini dan juga gratis tanpa dipungut biaya seperti Kota Mini, Taman Angsa, The Rock, Taman Kelinci, Rainbow Garden, permainan sepeda dan juga sampan, atau Kyotoku wisata Jepang yang yang dapat anda kunjungi. Wahana untuk anak-anak juga tersedia di tempat ini seperti miniatur kereta api atau bermain di Taman Angsa dan Taman Kelinci, jadi Anda dapat membawa anak anda bermain bersama sambil mengenalkan kepada anak-anak cara berinteraksi langsung dengan beberapa binatang.

Wahana Air

Ada danau luas berada ditengah area Floating Market yang bisa dimanfaatkan untuk mencoba mendayung perahu ataupun sekedar melihat pemandangan yang ada di sekitar danau. Ada juga kereta air yang dapat ditarik menggunakan perahu bermesin, atau bermain wahana menggunakan tenaga sendiri seperti sepeda air, Kano ataupun perahu.

Wisata Kuliner

Setelah lelah berjalan atau pun menikmati wahana ada tempat untuk Anda mencoba berbagai makanan yang mayoritas pedagang berjualan di atas perahu kecil yang terparkir di pinggir danau. Banyak sekali makanan yang dapat dinikmati di meja yang telah disediakan atau membeli serta menikmati makanan dari atas perahu. Anda harus menukarkan uang rupiah dengan koin,  Rp5.000 senilai dengan 1 koin berwarna kuning, Rp10.000  dengan koin berwarna biru, Rp50.000 koin berwarna pink dan yang paling tinggi adalah Rp100.000 dengan koin berwarna jingga. Sebaiknya menukarkan koin secukupnya saja, karena koin yang sudah anda tukar tidak dapat diuangkan kembali hanya bisa dibawa pulang atau untuk berkunjung ke tempat yang sama di lain waktu.

Mencoba Untuk Menggunakan Kimono

Di tempat ini anda akan mengenal banyak tentang negara Jepang beserta bangunannya  yang memiliki suasana arsitektur ala negeri Sakura. Selain itu Anda juga dapat mencoba untuk memakai pakaian khas dari Jepang yaitu kimono, tentu akan sangat menarik jika anda abadikan.

Cinderamata

Tidak lengkap jika berlibur ke suatu tempat tanpa ada yang dibawa atau oleh-oleh cri khas daerah yang dikunjungi. Di tempat ini juga ada beberapa toko yang menjual cinderamata seperti baju, tas, gelang, makanan hingga cemilan dan ada juga pernak-pernik jepang dapat anda temui di sini.

Lembah Dewata Lembang 1
travelingyuk.com

Lembah Dewata Lembang

Taman Lembah Dewata  Lembang merupakan salah satu alternatif wisata yang ada di Bandung. Taman Lembah Dewata Lembang ini terletak di wisata berkuda Ganesha  Equestrian Lembang Tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu, KM 3,7, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dalam perjalanan menuju ke Taman Lembah Dewata kita akan menemui jalanan yang berkelok-kelok dengan pemandangan pegunungan yang tentu saja sangat menyejukkan, dan saat Anda sampai di lokasi maka anda akan disuguhkan danau yang memiliki air sangat jernih, pepohonan rimbun yang hijau membuat suasana menjadi sangat asri. Di sekitar danau terdapat anjungan bambu yang yang menjorok ke danau dan bisa anda gunakan sebagai tempat untuk berselfie ria, ada juga sampan yang bisa anda gunakan untuk menikmati suasana di danau. Lembah Dewata Lembang ini pun sering digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding, jadi buat Anda yang ingin segera menikah maka tempat ini sangat direkomendasikan untuk mengambil foto prewedding.

Saung Bambu Lembang 1
pergidulu.com

Saung Bambu Lembang

Saat ini Kota Bandung yang dulu terkenal sangat sejuk sekarang terasa semakin panas, terutama di area Bandung Selatan karena telah banyak didirikan pabrik dan pohon-pohon sudah lagi tidak nampak. Tetapi tidak di daerah Ciumbuleuit Dago Atas dan arah Bukit Moko yang hingga kini masih lumayan sejuk terutama di malam dan pagi hari.

Konsep Bukit Saung Bambu Lembang pasti sudah dapat kita tebak, bahwa sebagian besar bangunannya terbuat dari bambu. Sang pemilik sengaja memilih bambu sebagai bahan utama bangunan yang bertujuan untuk menonjolkan nuansa sunda, yang bahkan ada struktur bambu raksasa yang merupakan bangunan utama berdiri dengan kokoh. Pada bangunan utama ada beberapa tingkat yang dihubungkan dengan daerah dapur serta lobi. Terdapat meja panjang dan panggung mini di tengahnya, biasa dipergunakan untuk pertunjukan seni seperti tari-tarian atau angklung tetapi jika tidak ada event ruang tengah ini akan digunakan sebagai tempat untuk duduk-duduk saja.

Disini terdapat 4 saung berlantai 2 yang mengelilingi sebuah kolam, di mana lantai dasar digunakan sebagai area untuk bersantai, sedangkan lantai 2 digunakan sebagai kamar. Kamar tidur di tempat ini ditata sedemikian rupa, sehingga pengunjung merasa nyaman berada di kamar tersebut meskipun dengan fasilitas yang cukup sederhana. Matras berukuran besar dan diletakkan di lantai dan dibungkus dengan sprei serta selimut tipis yang sudah pasti akan membuat tidur anda semakin banyak. Yang paling menarik di kamar Saung Bambu ini adalah jendela besar yang menggunakan rangka bambu dan mengarah langsung ke pemandangan pegunungan, ada Gunung Patuha, malabar, kendang dan Manglayang yang sudah pasti suasana yang sangat di inginkan.

Cafe Bukit Saung Bambu

Di Bukit Saung bambu tidak usah khawatir tentang masalah makanan, karena di sana juga terdapat cafe-cafe yang buka untuk umum jadi tidak hanya pengunjung Saung Bambu saja yang dapat membeli makanan di cafe tersebut, tetapi orang luar pun dapat membeli makanan di cafe ini. Di cafe Saung Bambu sudah pasti menyediakan makanan khas Sunda yang akan dimasak saat ada pesanan saja, jadi makanan yang tersedia sudah pasti fresh dari dapur. Menu andalan di cafe Bukit Saung Bambu adalah nasi liwet Padudek yang memiliki keunikan, yaitu disajikan dengan nampan yang dihiasi juga dengan sayur-mayur sangat segar. Nasi liwet berupa nasi gurih yang disajikan menggunakan kastrol ciri khas liwet Sunda. Menu nasi liwet ini sangat cocok jika dimakan beramai-ramai misalnya dengan keluarga atau dengan teman-teman, cukup 150.000 saja untuk mendapatkan nasi liwet ini.

Baca Juga :  Wisata Pantai Dengan Ombak Terganas Di Bali!

 

Bandung Treetop Adventure Park 1
naf-arf.com

Bandung Treetop Adventure Park

Untuk mendapatkan wisata yang berbeda, Anda dapat mengunjungi Treetop Adventure Park yaitu sebuah kawasan rekreasi yang juga dapat dijadikan zona outbound. Di tempat ini juga terdapat beberapa permainan yang sangat menantang, tempatnya ada 6 sirkuit yang disediakan untuk menguji keberanian Anda seperti Yellow, dicovery, blue, orange, red and black. Meskipun banyak sekali permainan yang penuh dengan tantangan di tempat ini juga ada Wahana khusus anak-anak yang berumur minimal 4 tahun seperti Wahana yellow sirkuit karena lintasannya hanya setinggi 2 m dari permukaan tanah.

Di Treetop Adventure Park terdapat sekitar 72 permainan yang menantang seperti flying fox, spider nets, flying Wings, Tarzan Jumps, Suspended Bridges dan lain lain. Untuk menjaga keamanan, maka sebelum menggunakan fasilitas yang ada pengunjung yang ingin menikmati wahana harus sesuai dengan persyaratan yang berlaku yaitu usia minimum 4 tahun dan maksimal 70 tahun, harus memiliki badan maksimal 120 kg dan semua wahana yang dipersiapkan di tempat ini sesuai dengan umur dan juga berat badan.

Ada beberapa kategori permainan menantang antara lain,

Squirrel yellow circuit yang dikhususkan untuk anak-anak usia 4 hingga 6 tahun dengan lama permainan 15 menit.

Squirrel Green sirkuit yang khusus untuk anak usia 4 hingga 8 tahun berdurasi 10 menit

Green sirkuit sama seperti Squirrel Green sirkuit yang dikhususkan untuk anak usia 4 hingga 8 tahun tetapi lebih lama karena berdurasi 15 menit

Blue sirkuit dikhususkan untuk anak-anak usia 8 tahun hingga dewasa memiliki durasi 30 hingga 45 menit

Orange sirkuit yang juga di khusus untuk anak usia diatas 8 tahun yang juga dapat ditemanin oleh orang tua dengan durasi 30 hingga 45 menit

Red circuit yaitu level untuk anak di atas 12 tahun yang juga ditemani dengan orang tuanya di dalam permainan ini dengan durasi 25-40 menit

Adrenalin Black sirkuit yaitu sirkuit teratas untuk anak usia diatas 12 tahun yang juga orang tua wajib untuk ikut menemani bermain di era ini dengan durasi 30 hingga 40 menit.

Jendela Alam Bandung 2
tempatwisatadibandung.info

Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung adalah salah satu tempat wisata anak di Lembang Bandung yang sangat cocok dan bagus untuk berkunjung bersama keluarga. Jendela Alam Bandung termasuk tempat wisata anak, karena dapat dijadikan sebagai wisata edukasi yang juga dapat sekaligus menghibur anak-anak dengan Jendela Alam daerah Lembang yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Lokasinya berada di Komplek Graha Puspa Lembang. Pusat wisata anak ini dapat menjadi sarana belajar yang juga menyediakan modul pendidikan untuk siswa dan siswi sekolah, kegiatan live in juga kegiatan sekolah lainnya dari tingkatan playgroup hingga tingkatan setara SMA, dari kegiatan untuk perorangan atau individu dan juga instansi. Ada 5 fasilitas Wahana edukasi sekaligus untuk bermain anak-anak antara lain,

Jendela Air

Wahana air di Jendela Alam Bandung mirip dengan Waterboom, water Ball dan juga disini anak anak juga dapat mempelajari dan mengenalkan bagaimana proses untuk menjernihkan air, marine scaping.

Jendela Petualangan

Di tempat  ini anak-anak dapat mengenal dunia permainan seperti trampolin, play ground, bak pasir dan juga ada pula jenis permainan tradisional yang jarang sekali ditemukan saat sekarang ini.

Jendela Hewan

Wahana bermain dan juga mendidik anak untuk memperkenalkan area peternakan seperti memerah susu sapi, memberi makanan kepada kelinci ataupun kambing, mengambil telur ayam, dan juga bermain bersama burung.

Jendela Tumbuhan

Di jendela tumbuhan kita dapat memperkenalkan anak-anak untuk belajar bercocok tanam seperti tomat ceri, labu raksasa, kebun strawberry, kebun hidroponik dan juga kebun tradisional.

Kedai Alam

Di kedai alam terdapat sajian khas Sunda yang sangat lengkap, di mana mereka mengambil sayuran dari hasil sendiri yaitu sayuran organik yang juga ada di Kebun Sayur Jendela Alam Bandung.

Jendela Workshop

Di sini para pengunjung juga akan diajari tentang berbagai hal seperti membenah membedah anatomi hewan, workshop hidroponik, biogas hingga komposting. Pengunjung akan dijelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan di jendela workshop.

Jendela Permainan

Bermain akan menjadi kegiatan yang paling digemari oleh pengunjung terutama anak-anak, karena di tempat ini pun ada beberapa game seru yang yang sangat digemari anak-anak. Permainan itu antara lain menangkap ikan yaitu pengunjung harus turun ke kolam buatan untuk menangkap ikan mas. Ada juga menggiring bebek, pengunjung harus masuk ke arena Untuk menggiring Bebek masuk kedalam kandang. Flying fox juga menjadi salah satu permainan favorit yang ada di jendela permainan.

Itulah informasi wisata edukasi yang sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga, semoga dapat menjadi inspirasi untuk menentukan pilihan tempat liburan, yang tidak hanya menghibur tetapi juga dapat mendidik.

Check Also

pesona Papua

Souvenir Khas Papua Yang Wajib Dibawa Pulang

Keanekaragaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, membuat Indonesia memiliki nama di mata dunia dalam bidang …