Home / Sulawesi Utara / Wisata Eksotis Di Manado Yang Wajib Di Jelajahi
pantai manado
jalanjalanyuk.com

Wisata Eksotis Di Manado Yang Wajib Di Jelajahi

Indonesia  telah  di  kenal  dunia  sebagai  negara  yang memiliki  kekayaan  alam  melimpah,  tak  hanya  dari sumber  dayanya  saja  tetapi,  pesona  alamnya  yang  mampu  menjadi  primadona  bagi  dunia.  Terutama kekayaan alam bawah lautnya yang bahkan telah menjadi identitas pariwisata Indonesia. Sulawesi Utara adalah  salah  satu  propinsi  yang menyimpan  kekayaan  alam  bawah  laut  yang  sangat  luar  biasa,  dan berikut  ini  adalah tempat  wisata  di  Manado  2020 yang  diyakini  akan  menjadi  lebih  populer  di  mata dunia.

 

Taman Laut Bunaken5
fajar.co.id

Taman Laut Bunaken

Taman  Nasional  Bunaken  telah  lama  di  kenal  sebagai surganya  pemandangan  bawah  laut  yang  telah mendunia sebagai tempat  hiburan  di  Manado. Dunia  pariwisata  di  Indonesia telah  menetapkan Bunaken  sebagai  Taman  Nasional  yang  di  lindungi  jauh  sebelum  berkembangnya  bidang  pariwisata  di Indonesia,  sekitar  27  tahun.  Penghuni  Taman  Laut  Bunaken  ini  sangat  terjaga,  kurang  lebih  58  jenis terumbu karang dan 90 spesies ikan yang menjadi habitat di tempat ini.

Di  Taman  Laut  Bunaken  juga  terdapat  beberapa  spesies  ikan  yang  tidak  akan  pernah  kamu  temui  di tempat lain seperti penyu sisik hawksbill. Di kesehariannya penyu langka ini bermain di sekitar terumbu karang , di pohon damselfih, clownfish, angelfish dan lain lain. Bunaken  memiliki  luas  area  sekitar  280  mil    yang  berhasil  mendapatkan  penghargaan  dari  Unesco sebagai  situs  warisan  dunia.

Taman Laut Bunaken2
pariwisataindonesia537635950.files.wordpress.com

Merupakan  satu  kebanggaan  mendapatkan  penghargaan  dari  UNESCO,  mengingat  masih  ada saja  nelayan  yang  tidak bertanggng  jawab  yang  berani  menangkap  ikan  yang  ada di Bunaken yang tentu saja sangat mengancam terumbu karang yang ada di dalamnya. Adanya beragam spesies ikan di Bunaken serta terumbu karang  menjadi tujuan utama para wisatawan Nusantara maupun mancanegara,  karena  sangat kagum dengan berbagai  spesies  ikan dan  terumbu karang yang  ada  di  di  tempat  ini.

Ikan-ikan yang  sering menyapa  wisatawan yang  ingin melihat pemandangan bawah  laut adalah  ikan  kuda  gusumi,  ila  gasi,lolosi  ekor  kuning,  oci  putih,  goropa,  dan pseudanthias.  Kumpulan  ikan-ikan inimenjadi  objek  incaran  foto  para  sobat  native  saat  menikmati pemandangan   di  bawah   laut. Bahkan   sekumpulan   ikan   ikan   tersebut   seolah   akrabdengan   para wisatawan yang datang untuk menyapa para ikan, mengikuti irama untuk dijadikan objek foto.

Taman Laut Bunaken4
mimoza.tv

Bunaken  juga  terkenal  memiliki  garis  pantai  yang  eksotis,  di  mana  terdapat  tumbuhan  mangrove  di berbagai  jenis  seperti  rhizopora  sp,  lumritzera  sp,  sonneratis  sp,  dan  brugukera  sp  yang  selalu  siap menyapa   pengunjung   dengan   memperlihatkan   pesona   yang   mereka   miliki. Tak   hanya   tumbuhan mangrove,  kamu  juga  akan  menjumpai  tumbuhan  yang  mampu  menyejukkan  suasana  seperti  pohon palem,  silar,  sagu,  kelapa,  dan  woka yang  siap  memberikan  sensasi  kesejukkan  terutama  di  saat  terik matahari yang menyengat.

Spesies  lain  yang  dapat  kamu  temukan  di  Bunaken  adalah  beberap  jenis  kepiting,  udang,  mouskuka serta  burung  burung  yang  ikut  meramaikan  suasana  dengan  nyanyiannya  antara  lain  burung  camar, merpati  laut,  dan  bangau.  Dan  semakin  bertambah  lagi  keceriaan  dengan  ikut  hadirnya  jenis  monyet hitam Sulawesi, polecat dan rusa.

Baca Juga :  Jangan Lewatkan Kesempatan Menelusuri Keindahan Bawah Laut di 5 Tempat Wisata Diving Terbaik Di Sulawesi
Taman Laut Bunaken6
d99i6ad9lbm5v.cloudfront.net

Setelah mengetahui pesona alam Bunakaen,  maka tak ada salahnya jika kamu juga mengetahui sejarah awal berdirinya kawasan Taman Nasional ini. Taman Nasional Bunaken pertama di resmikan pada tahun 1975.  Saat  itu  taman  ini  berada  di  daerah  terpencil  karena  memang  pada  saat  itu  adalah  masa  orde baru, dimana liburan adalah satu kata yang masih asing.

Beberapa  penyelam  profesional  mencoba  mengenali  keindahan  laut  Bunaken  yang  masih  terkendala saat menyelam, banyak nelayan yang menyarankan untuk tidak menyelam karena menurut nelayan ada roh jahat yang menghunilaut Bunaken. Di tahun 1970-an memang masih erat dengan unsur mistis dan mitos tentang keberadaan roh jahat, apalagi sebelumnya pernah terjadi penyelam yang meninggal dunia yang akhirnya di hubungkan dengan cerita yang sudah berkembang saat ini.

Taman Laut Bunaken3
picture.triptrus.com

Penyelam tidak  mempercayai  sepenuhnya  cerita  para  nelayan,  yang  akhirnya  para  penyelam  nekat untuk  menyelam  ke  Bunaken  dan  tidak  di  sangka  bahwa  penyelam  menemukan  surga  dunia  di  bawah laut.  Para  penyelam  akhirnya  memberikan  laporan  kepada  pemerintah  setempat tentang  apa  yang sudah  mereka  temukan  di  bawah  laut  Bunaken.

Dan  sejak  saat  itulah  dengan  berkoordinasi  dengan pemerintah pusat terbentuklah Taman Nasional Bunaken. Bunaken  kini  menjadi  surga  para  penyelam  yang  memiliki  lebih  dari  20  titik  spot  diving  yang  bisa di gunakan untuk penyelaman, dimana 12 titik bisa di temui di Bunaken. Kondisi airnya yang sangat jernih membuat  jarak  pandangmu mencapai  20  meter,  sebuah  jarak  yang  benar  benar  dapat  memanjakan mata.

Bahkan di saat saat tertentu jarak pandang bisa mencapai 35 meter. Keindahan   Bunaken   bawah   laut   semakin   tampak   dengan   hadirnya dinding   karang   raksasa   yang melengkung  berbentuk  vertikal  yang  berfungsi  untuk  makanan  ikan  ikan  kecil  yang  juga  hidup  di  laut Bunaken.  Keindahan  Bunaken  memang  belum  ada yang  menandingi, semua  titik  penyelaman  yang  ada di  dunia  bisa  terkalahkan  dengan  ciptaan  Tuhan  yang  satu  ini  dan  banyak  wisatawan  yang  penasaran dan membuktikannya sendiri dengan datang ke Taman Nasional Bunaken.

Wisatawan  yang  datang  berkunjung  akan  di  sambut  baik  oleh  penduduk  sekitar karena,  masyarakat sekitar  terkenal  sangat  ramah  bahkan  ada  yang  fasih  berbahasa  Inggris  yaitu  bahasa  yang  sering  di gunakan  oleh  wisatawan  mancanegara.  Nelayan  pun  ada  yang  kesehariannya  mengantar  pengunjung diving dan juga fasih berbahasa Inggris.

Mereka mendapatkan itu semua karena keinginan untuk belajar demi memberikan pelayanan terbaik agar pengunjung merasa nyaman di tempat ini.Taman   Nasional   Bunaken   berada   di   daerah   Manado.   Dari   bandara   Sam   Ratulangi   kamu   bisa menalnjutkan perjalanan menggunakan taksi menuju kota Manado. Dari Manado kamu akan di antar ke pelabuhan  Marine  Blue  Panter,  lalu  menaiki  kapal  selam  20  menit  untuk sampai  ke  Pulau  Bunaken dan bersenang senanglah.

Taman Laut Bunaken 1
datawisata.com

Untuk bisa menikmati kemewahan surga bawah laut Bunaken ternyata tidak mahal, hanya dengan 5 ribu rupiah saja kamu dapat menikmati pesona alam ciptaan Tuhan ini. Ada perbedaan untuk turis asing yang harus membayar 150 ribu rupiah untuk bisa masuk ke pulau ini.

Selain  wisata  bahari  Taman  Nasional  Bunaken, Sulawesi  Utara  juga  memiliki  tempat  wisata  yang  tidak kalah  indahnya  dengan Bunaken  yaitu  di  Likupang  di  mana  mungkin  bagi  sebagian  orang  masih  terasa asing  tetapi, tempat  ini  banyak  menyimpan  keeksotisan  yang  wajib  untuk  dieksplor. Tempat  wisata  di Likupang  Manado berikut  ini  dapat  kamu  temui  pesona  keindahan  alamnya  seperti  pantai, savana, hutan bakau serta keindahan pemandangan lautnya yang wajib kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga. Berikut ini adalah tempat wisata recommended yang dapat kamu temui di Likupang dan telah populer.

Baca Juga :  Wisata Alam Dan Kuliner Khas Manado Yang Seru Untuk Di Jelajahi

 

Pantai Pulisan
cdn-image.bisnis.com

Pantai Pulisan

Pantai  Pulisan  terletak  di  Desa  Pulisan,  kecamatan  Likupang  Timur,  Kabupaten  Minahasa  Utara.  Pantai Pulisan  selalu dipadat ioleh  para  pengunjung  terutama  pada  musim  liburan  tiba.  Areal  yang  dimiliki pantai ini mencapai kurang lebih 3 hektar, dimana pantai ini menyajikan arena petualangan yang cukup lengkap. Di  pantai  ini kamu bisa menikmati keindahan pantai  pasir  putih,  bermain air  atau  mandi  di gua  dengan air yang sangat jernihdansegar, atau ingin menjelajahi bukit untuk melihat padang rumput Savana yang menakjubkan.

Pantai  ini  masih  terbilang  baru  karena  baru  dibuka  untuk  umum  pada  akhir  Maret  tahun 2014  lalu. Pantai  ini  memiliki  daya  tarik pantai  ini  memiliki  garis  pantai  sepanjang  500  meter, ombaknya  juga tenang  membuat  pengunjung  merasa nyaman  jika ingin berenang  di  pantai  ini. Di  sebelah  barat pantai juga terdapat wisata hutan lindung yang ditumbuhi aneka ragam pohon berusia ratusan tahun.

Pantai Pulisan bisa dikatakan istimewa dibandingkan dengan Pantai lainnya yang ada di Sulawesi karena memiliki tiga Spot pemandangan pasir batu dan Padang Savana yang terlihat istimewa. Belum termasuk pemandangan  bawah  laut  yang  akan  membuatmu  takjub  akan  ciptaan  tuhan  yang  satu  ini.  Jadi  kamu pecinta  alam  bawah  laut  kamu  dapat  bebas  melakukan  snorkeling  karena  memang  pantai ini  menjadi pilihan yang tepat, tidak perlu ke tempat yang dalam Kamu sudah akan menemukan karang yang indah yang dekat dengan bibir pantai.

Pantai Pulisan  terbagi  menjadi  tiga  bagian  yang  dipisahkan  oleh  sebuah  batu  menjorok  ke  laut.  Pada bagian  pertama  kawasan  ini  dikelola  masyarakat  Desa  Pulisan,  tempat  parkir  kendaraan,  toilet, ruang ganti dan meja  tersedia untuk disewakan  di  sini.  Untuk sebuah meja,masyarakat  menyewakan dengan harga  Rp50.000,  barang  bawaan  bisa  dititipkan  jika  ingin  naik  perahu  Karena  untuk  bisa  menikmati panorama pantai ini kamu harus menyebrang menggunakan perahu.

Pantai Pulisan2
1.bp.blogspot.com

Kawasan  yang  menjadi  favorit  pengunjung  adalah  Goa  yang  merupakan  sebuah  tebing  yang  berbentuk gua dan bersentuhan langsung dengan laut. Di goa ini banyak pengunjung yang mandi, sembari melihat pemandangan tebing bebatuan abu-abu eksotis. Dan untuk bisa menikmati Padang Savana kamu hanya perlu memanjat setinggi 50 m. Perpaduan  Padang  Savana  dengan  pemandangan  laut  tepi  pantai  membuat  Pantai  Pulisan  terlihat berwarna  hijau  tosca,  yang  merupakan  pemandangan  yang  sangat  mempesona.

Dan  untuk  menikmati itu  semua  kamu  hanya  perlu  merogoh  kocek  sebesar  Rp25.000  per  orang  untuk  bisa  menjelajahi kawasan  ini.  Ongkos  tersebut  juga  termasuk  pulang  pergi,  dengan  perahu  berkapasitas  maksimal  7 orang akan mengantarmu dan akan dijemput sesuai dengan permintaan pengunjung. Dan perlu diingat Kamu tidak akan diperbolehkan membawa makanan kecuali barang-barang berharga.

Untuk   bisa   masuk   ke   area   pantai   kamu   akan   dikenakan   dana   Rp5.000   yang   digunakan   untuk pengembangan desa. Bagi kamu yang suka dengan tantangan kamu bisa menikmati banana boat dengan biaya  sewa  Rp25.000  per  orang.  Soal  keamanan  jangan  khawatir,  karena  beragam  perlengkapan  telah disiapkan oleh pengelola untuk keamanan. Di sekitar kawasan pantai juga telah banyak ditemui warung-warung  yang  menjajakan  sajian  kuliner,  hanya  saja  menunya  terbatas  dan  yang  menjadi  menu  utama adalah mie instan.

 

Pantai Pal Likupang
3.bp.blogspot.com

Pantai Pal Likupang

Pantai Pal terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, sulawesi Utara. Pantai ini akan dipadati oleh pengunjung yang ingin menghabiskan masa liburan. Pantai ini masih terbilang  baru  tetapi,kawasan  ini  telah  tertata  dengan  baik  dan  telah  ada  beberapa  fasilitas  yang disediakan  seperti  rumah-rumah  yang  difungsikan  untuk  kegiatan  ibadah, toilet  dan  juga  lahan  parkir yang cukup luas.

Begitu  kakimu  menginjakkan  pantai  ini  maka,kamu  akan  merasakan  untaian  pasir  tercantik  dengan hamparan  sepanjang  100  m  di  bibir  pantai.  Rindangnya  pepohonan  yang  tumbuh  di  sekitar  pantai membuat  udara  yang  tertiup  terasa  sejuk,  ditambah  lagi  dengan  airnya  yang  jernih  menambah  daya tarik tersendiri, sapuan ombak dari laut menuju bibir pantai tampak seperti gulungan kertas putih.

Keindahan   hamparan   Pasir   Putih   serta   deburan   ombak   yang   seolah   menantang   serta   pesona pemandangan  laut  lepas  membuat  pantai  ini  disebut  bali-nya  Sulawesi  Utara.  Selain  dapat  menikmati pemandangan kamu juga bisa mencoba wahana yang menantang Adrenalinseperti banana boat spot air dan UFO Boat hanya dengan membayar Rp25.000 orang. Jika  inginpuas  menikmati  pemandangan  pantaiini  maka,waktu  yang  tepat  untuk  mengunjungi  nya adalah  pagi  hari,  karena  menjelang  siang  hari  pantai  ini  akan  ramai  oleh  wisatawan  yang  juga  ingin menikmati suasana pantai.

Pantai Pal Likupang3
pantainesia.com

Pada pagi hari kamu bisa dengan leluasa menjelajahi setiap sudut pantai ini, dan  disarankan  jika  bermain  pantai  tetaplah  waspada  dan  jangan  mencoba  untuk  ke  tengah  karena ombak  di  Pantai  ini  cukup  menantang.  Kelebihan  pantai  ini  adalah  posisi  Pantai  yang  menghadap  ke Timur  lengkap  dengan  panorama  yang  indahakan  menciptakan  suasana  sunrisedi  pantai  ini  semakin romantis. Jadi bagi kamu yang yang suka berburu sanrise maka,kamu wajib untuk datang ke pantai Pal Likupang.

Untuk bisa menikmati semua itu kamu hanya harus membayar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor, parkiran di tempat ini pun cukup luas. Kamu juga akan mendapati Gazebo yang bisa di sewa serta beberapa kios makanan. Setelah selesai bermain air maka saatnya kamu untuk berbilas, warga setempat telah menyiapkan tempat khusus untuk berbilas.

Untuk  bisa  ke  pantai  ini  maka  dari  Manado  kamu  bisa  menempuh  perjalanan  selama  2  jam  menuju  ke arah  Likupang,  hingga menemui  Tugu  rusa  menuju  jalan  Likupang-Girian.  Tiba  di  pertigaan  Desa Marindal maka kamu sudah akan menemukan petunjuk arah jalan menuju ke Pantai Pal.

Baca Juga :  Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi

 

pulau lihaga 1
superadventure.co.id

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga merupakan salah satu pulau yang tidak memiliki penghuni tetapi, pesonaalam yang indah bisa kamu dapatkan di Kawasan administrasi Sulawesi Utara ini. Pulau Lihaga letaknya tidak terlalu jauh dari  pulau Gangga  serta  pulau    Bunaken,  jadi  kamubisa  mengunjungi  3  pulau  sekaligus  dalam  sekali perjalanan. Luas  wilayah  daratan  Pulau  Lihaga  sendiri  sekitar  8  hektar  termasuk  dalam  Kecamatan  Likupang Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara.

Dan untuk bisa menikmati perjalanan menuju pantai Lihaga kamu  dapat  menggunakan  akses  kapal  yang  berangkat  dari  kampung  Sereidi  Kupang  sekitar  45menit perjalanan.Untuk bisa mengunjungi pantai ini kamu bisa menggunakan dua jenis kapal, yang pertama adalah serupa denganspeedboat namun  hanya  berkapasitas  sedikit  muatan,  tetapi  jika  kalian  datang  dalam  jumlah yang   cukup   banyakmaka   anda   bisa   menggunakan   kapal besar   yang   berkapasitas   45   orang.

Mendapatkan  harga  yang  murah  dan  aman  untuk  berlibur  maka,sebaiknya  menyewa  dari  beberapa beberapa waktu sebelum hari keberangkatan. Paket harga sewa untuk kapalbesar membutuhkan dana sekitar Rp1.000.000 hingga Rp1.200.000 dalam sekali perjalanan, jika kalian datang dalam jumlah besar maka harga masih bisa dinegosiasikan.

Warna gradasi antara Pasir Pantai, batu karang serta deburan ombak laut akan ikut menghiasi liburanmu apalagi  berada  di  kondisi  lingkungan yang  bersih  asri  dan  nyaman,  kamu  tak  akan  melihat  sampah berserakan di kawasan Lihaga. Wisatawan diharapkan untuk ikut menjaga kebersihan lokasi pantai.

 

Pulau Lihaga2 1
i1.wp.com

Pulau Gangga

Pulau Gangga terletak Kabupaten Minahasa utara,tidak jauh dari Manado. Pulau Gangga bisa dikatakan sebagai  surga  yang  tersembunyi  di  mana  pulau  tersebut  masih  sangat  Asri  karena  belum  tereksplor sehingga  belum  banyak  orang  yang  mengetahui. Melakukan diving  di  Pulau  gangga  akan  membuatmu memiliki  pengalaman  yang  tidak  akan  terlupakan,  banyaknya  biota  laut  yang  bervariasi  serta  terumbu karang  penuh  dengan  warna  hingga  berbagai  jenis  ikan  khas  samudra  Indonesia  dan  Pasifik  ikut menghuni Pulau ini dan juga menjadi favorit bagi para fotografer bawah lautdan tempat pariwisata di Manadobisa di setarakan dengan Taman Nasional Bunaken.

Pulau  Gangga  dapat  dijadikan  starting  point  ideal  bagi  yang  ingin  melakukan  kegiatan  diving  di  tempat lain  seperti  Bangka,Bunaken  dan  Selat  Lembeh.  Belum  ada  yang  mengetahui  asal  usul  dinamakan Gangga. Apakah  ada  keterkaitan  dengan  sungai yang  ada  di  India,  tetapi  yang  jelas  Pulau  ini  memiliki pesona alam bawah laut yang menawan. Dipulau  Gangga juga  terdapat  dua  buah  desa  yang  dihuni  oleh  para  warganya.

Desa  yang  pertama adalah Desa Gangga Iyang merupakan desa yang terbesar, penduduknya yangbanyak serta wilayahnya yang luas dibandingkan dengan desa lainnya. Warga yang tinggal di desa Gangga Idominan dihuni oleh etnis  Sangihe,  sementara  di  desa  Gangga  II didominasi  oleh  etnis  Gorontalo  yang  menghuni  rumah-rumah  sederhana  yang  ada  di  desa  tersebut.

Walaupun  memiliki  perbedaan  keyakinan  dan  juga etnis,kerukunan  antar  warga  sangat  terjaga  bahkan  tak  lama  lagi  akan  berdiri  sebuah  Kecamatan  baru  dari pulau Gangga, Talise dan kinabuhutan. Jadi Desa Gangga Iakan dijadikan ibukota kecamatannya karena berada di pertengahan kawasan tersebut.

Tak  susah  untuk  bisa  mengunjungi  pulang Gangga,  jika  berangkat  dari  kota  Manado  maka  kamu  bisa menunggu   minibus   dengan   rute   Manado -Likupang   di   terminal   Paal  2.   Kamu   akan   menempuh perjalanan  selama  2  jam  ke  arah  utara  Manado  dan  akan  dilanjutkan  dengan  speed  boat  atau  perahu kayu di kawasan Pasar Likupang. Perahu bertarif Rp15.000 orang dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menuju ke pulau Gangga. Pulau  Gangga  menjadi  hunian  bagi ikan raksasa,  bunga-bunga  yang  masih  sangat  alami  yang  membuat Pulau Gangga memiliki kecantikan yang setara dengan Bunaken.

 

Desa Bahoi Likupang
pbs.twimg.com

Desa Bahoi Likupang

Desa  Bahoi  Likupang memiliki  warga  yang  berprofesi  sebagai  nelayan  serta  petani,  dimana  sejak  tahun 1999 nelayan masih ada yang melakukan penangkapan ikan dengan cara merusak seperti menggunakan bom  dan  racun.  Hutan  mangrove  pun  juga  dimusnahkan.  Hingga  akhirnya  mereka  pun  menyadari kesalahan  tersebut  dan  berusaha untuk mengembalikan ekosistem desa dengan  melakukan perubahan sebagai desa ekowisata.

Ekowisata Bahari dikelola  secara partisipatif oleh  masyarakat, keindahan terumbu karang yang  menjadi andalan  tempat  ini  dan  juga  flora  dan  fauna  yang  ada  di  hutan  mangrove,  kawasan  pasir  putih  dan panorama desa yang asli membuat warganya bangga memiliki desa ekowisata tersebut. Untuk bisa menuju ke desa ekowisata Bahari kamu harus menempuh waktu sekitar 1,5 jika berkendara dari  kota   Manado.

Desa Bahoi Likupang2
2.bp.blogspot.com

Saat   memasuki   Desa   kamu   akan   disambut   dengan   jalanan   menurun   dengan pemandangan  laut  Minahasa  yang  sangat  indah  terlihat  dari  atas  bukit.  Yang  perlu  diingat  wisatawan harus melapor kepada hakim ketuasetempat jika ingin berkunjung. Di desa ini tersedia homestay milik milik  warga,  yang  segala  sesuatunya  juga  di  kelola  oleh  warga  seperti makanan sertapenyambutan wisatawan yang datang.

Anda juga dapat menyatu bersama masyarakat yang sangat ramah, dimana budaya daerah asal mereka masih  sangat  erat  dipertahankan  seperti  budaya  Sangihe  yang  berupa  tarian  masamper,  empat  Wayer dan  pota-pota. Kamu  bisa  menumpang  kapal  jika  ingin menuju  ke  kawasan  DPL,di  mana  kawasan tersebut  adalah  kawasan  untuk  menjaga  kelestarian  terumbu  karang  dan  tempat  berkembang  biaknya biota laut.

Desa Bahoi Likupang3
asset.kompas.com

Para  pemandu  akan  membawanya  untuk  menjelajahi  pesona  bawah  laut  yang  keindahan  karang  dan spesies ikan yangtak kalah dengan Taman Nasional Bunaken yang telah mendunia. Disini kamu juga bisa bertemu  Spesies  ikan  langka  seperti  Mamicatau  napaleon,  siput  laut  hingga  jenis  nudibranchia.  Hanya dengan uang Rp5.00.000 per tabung kamu sudah bisa melakukan diving,harga itu juga sudah termasuk guidedan  sewa  perahu.

Untuk  peralatan divingkamu  hanya  cukup  mengeluarkan  biaya  sebesar Rp250.000, sewa perahu sendiri dengan harga Rp350.000. Di desa ini juga terdapat rumah apung yang berada di tengah laut di mana di bawahnya merupakan titik penyelaman  favorite.  Biaya  Rp10.000  kamu  sudah  bisa  menikmati  menggunakan  rumah  apung  untuk bersantai ataupun beristirahat setelah lelah melakukan diving dan snorkeling.

Baca Juga :  Kini Kamu bisa Merasakan Suasana Berada di Afrika dengan Berkunjung ke Kampung Afrika Kota Blitar Jawa Timur

 

Bukit Larata
blue.kumparan.com

Bukit  Larata

Bukit Larata berlokasi di Desa kinunang, Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara,kurang lebih 1,5jam waktuyang  harus  ditempuh.  Jalur  perjalanan  yang  harus  ditempuh  melalui  jalan  memutar melewati Likupang Timur atau dari kota Manado menuju desa Maliambao. Setelah menempuh   perjalanan   yang   sangat  panjang, akhirnya   kamu juga   akan   sampai   di   desa Maliambao  dan  masih  harus  melanjutkan  perjalanan  menuju  ke  desa  Kima  kurang  lebih  30  menit.

Selama  perjalanan  menuju  Desa  kami  melewati  pasar  Likupang,  desa  Wineru  dan  melewati juga  jalan yang   biasanya   dilalui   oleh   orang-orang   yang akan   menuju   ke   wisata   pantai   Larata   kamu   harus mengambil  jalur  lurus  hingga menemui pertigaan, kurang  lebih  15  menit  yang  akhirnya sampai ke  desa Kinunang. Desa  Kinunang adalah  Desa  paling  ujung  dan  terakhir,  tapi  kami  belum  juga  menemukan  objek  wisata yang  kami  tuju.  Hingga  akhirnya  kami  melihat  pemandangan  dengan  hamparan  rumput  hijau bak padang  Savana.

Bukit Larata2
1.bp.blogspot.com

Inilah  tempat  yang  kami  tuju  yaitu  bukit  Larata  yang  berada  di  desaKinunang, Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Melihat pemandangan yang indah, tetapi belum puas kami pun naik ke puncak bukit yang penuh dengan hamparan padang rumput di sisi kanan dan sisi kiri. Sangat  disayangkan  karena  keberadaan Bukit  Larata belum  dikelola  dengan  baik,  padahal  bukit  ini memiliki  potensi  tinggi  untuk  dijadikan  destinasi  wisata  yang  juga  akan  berpengaruh  pada  pendapatan perekonomian  warga  setempat.

 

Semoga  artikel  ini  dapat  sampai  ke  pemerintah  terkait  agar  dapat merubah Bukit Larata menjadi lebih baik. Itulah  beberapa tempat  wisata  di  Manado  yang  bagusyang  patut  untuk  kamu  jelajahi.  Bagi  kamu pecinta petualangan atau para pemburu tempat tempat eksotis maka, informasi ini pasti sangat penting untuk  kamu  bisa mekanjutkan  rencana  penjelajahan  tempat  wisata.

Indonesia  merupakan  negara  yang kaya akan tempat wisata yang eksotis yang bahkan telah banyak yang  populer hingga ke mancanegara. Kita sebagai  warga negara  Indonesia  sudah  sepatutnya  bangga dan ikut  melestarikan  dan  menjaga apa yang sudah di miliki oleh bangsa Indonesia.

Check Also

Daftar Wisata Gianyar Dan Karangasem Yang Memanjakan Mata Anda

Pulau Bali memiliki objek wisata dan juga tempat rekreasi yang tersebar di seluruh kabupaten, dan …