Tuesday , December 10 2019
Home / Yogyakarta / Seribu Wisata Di Propinsi Terkecil Di Indonesia, Daerah Wisata Jogjakarta
Seribu Wisata Di Propinsi Terkecil Di Indonesia Daerah Wisata Jogjakarta

Seribu Wisata Di Propinsi Terkecil Di Indonesia, Daerah Wisata Jogjakarta

Tempat wisata di jogja paling terkenal yang dimiliki oleh negara Republik Indonesia dan memiliki sejarah serta wisata yang sudah tidak diragukan lagi yaitu Yogyakarta. Yogyakarta hanya memiliki 4 Kabupaten yaitu Kulonprogo, Gunung Kidul, Sleman dan Bantul serta satu kota ini Jogjakarta. Yogyakarta terbilang kota yang kecil tetapi memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Berikut ini adalah tempat wisata Jogja yang paling digemari oleh wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara :

 

Next Prev

wisata candi borobudur

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan pusat Kerajaan Mataram Kuno sekitar 1000 tahun yang lalu, yang memiliki kehidupan sangat makmur dan peradaban yang tinggi. Dan kerajaan inilah yang pertama kali mendirikan Candi Borobudur dan juga menyebutkan sebagai candi Budha terbesar di dunia. Candi Borobudur berlokasi di Magelang, sekitar 40 km dari Jogja serta mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

 

wisata jalan malioboro

  1. Malioboro

Malioboro adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi, karena tidak lengkap rasanya bila pergi ke Jogjakarta tanpa mampir ke Jalan Malioboro. Malioboro tidak pernah sepi dengan pengunjung, karena banyak sekali kita temukan pedagang-pedagang di pertokoan ataupun  di emperan toko dengan harga yang murah dan masih bisa ditawar lagi untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Barang-barang yang dijual antara lain kerajinan tradisional khas Jogjakarta, pakaian, batik kain, hingga kuliner. Malioboro juga sering digunakan sebagai tempat nongkrong dan juga sangat asyik untuk shopping, meskipun susah untuk mencari tempat parkir tetapi pengunjung tetap memenuhi Malioboro.

 

wisata Benteng Vredeburg

  1. Benteng Vredeburg

Terletak tidak jauh dari jalan Malioboro tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Nomor 6, Yogyakarta adalah tempat wisata edukasi karena di tempat ini kita bisa mempelajari sejarah yang pernah ada di Jogjakarta. Benteng Vredeburg dibangun pada tahun 1765 yang kini dijadikan sebagai museum. Banyak koleksi meriam yang digunakan pada zaman kolonialisme, terdapat juga bangunan kuno sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Foto-foto pahlawan nasional juga dapat kita temui di sini untuk menambah wawasan tentang sejarah nusantara.

 

wisata keraton jogjakarta

  1. Keraton Jogjakarta

Keraton Yogyakarta juga merupakan tempat wisata edukasi, di mana kita dapat mengenal tentang kehidupan di di Keraton Yogyakarta. Keraton Jogja adalah keraton terbesar yang ada di Indonesia yang sampai saat ini masih terawat dengan baik dan, karena itulah Keraton Jogja menjadi keraton yang paling terkenal. Koleksi yang ada dalam Keraton antara lain berupa benda-benda yang banyak sekali menjadi saksi sejarah seperti pusaka kerajaan, naskah kuno, foto-foto raja beserta keluarga dan kerabatnya dan masih banyak lagi.

 

wisata nol kilometer jogja

  1. Nol Kilometer Jogja

Nol kilometer Jogja merupakan tempat terbuka yang terdapat di kawasan perempatan kantor pos besar Yogyakarta, tidak ada yang spesial dengan tempat ini dan juga bukan pula tempat wisata namun di tempat ini memiliki keunikan tersendiri sehingga kita tetap wajib untuk datang ke tempat ini. Bangunan yang terdapat pada tempat ini sebagai tanda 0 Km antara Jogja dengan Gedung Agung, kantor pos besar, benteng Vredeburg, gedung BNI serta monumen Serangan Umum satu Maret dan Monumen batik. Biasanya kawasan 0 km dijadikan tempat nongkrong anak muda ataupun tempat di mana para pelaku seni melangsungkan pertunjukan seni ataupun bahkan aksi demo.

 

wisata taman sari

  1. Taman Sari Yogyakarta

Tamansari juga merupakan bagian terpenting dari keraton Yogyakarta, karena pada zaman dahulu taman Sari digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga Kerajaan. Tempat ini  berlokasi 1 Km sebelah Keraton dan pada masa itu merupakan taman atau kebun istana Keraton Jogja yang dibangun pada zaman Sultan Hamengkubuwono 1 di tahun 1758-1765. Tapi kini lokasi Taman Sari berada di tengah perkampungan masyarakat, namun tidak mengurangi kesan klasik yang masih terasa pada beberapa bagian. Di Tamansari terdapat kolam pemandian yang memiliki bangunan tingkat di dekatnya, menurut ceritanya saat para istri mandi sultan akan berada di bangunan tingkat untuk melihat para istrinya.

 

wisata pasar beringharjo

  1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo berlokasi di Jalan Malioboro yang merupakan pasar tertua di Yogyakarta, banyak souvenir yang dapat kita temui di pasar ini dengan harga murah, seperti makanan tradisional, uang kuno, bahan-bahan, batik, tekstil, kerajinan tradisional, hingga ada yang menjual uang kuno. Berkunjung ke Jogjakarta tidak akan lengkap, maka Beringharjo wajib kamu kunjungi karena  merupakan salah satu tempat yang mempunyai cerita tersendiri di Jogjakarta.

 

wisata tugu jogja

  1. Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan icon yang juga sangat dikenal sebagai kota gudeg. Tugu ini terletak di jalan pangeran Mangkubumi, jalan Jenderal Sudirman, AM. Sangaji dan Jalan Pangeran Diponegoro dan telah memiliki umur lebih dari 3 abad, dan yang sekarang terlihat adalah hasil dari pemugaran karena tugu Jogja memiliki tinggi asli 25 meter. Kawasan dekat Tugu Jogja ini sering dijadikan tempat nongkrong oleh anak muda di malam hari, dan juga dapat dijadikan  tempat berfoto-foto di depan Lama Kota Jogja.

 

taman pintar jogja

  1. Taman Pintar

Taman Pintar terletak di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3 yogyakarta, yang sangat cocok untuk kamu yang ingin memperluas wawasan serta pengetahuan. Taman Pintar merupakan cetusan ide dari Walikota Yogyakarta Herry zudianto, dibangun diatas tanah seluas 12000 m. Di taman pintar disuguhkan berbagai wahana belajar serta hiburan yang cukup lengkap sangat cocok untuk anak-anak sekolah menengah.

 

wisata alun alun jogja

  1. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Yogyakarta memiliki dua alun-alun, yang pertama alun-alun Utara, kedua alun-alun selatan atau bahasa Jawanya alun-alun Kidul singkat dengan alkid. Saat kita berjalan ke alun-alun kita akan sering menemukan tempat makan yang menawarkan menu yang khas yaitu kopi jos, minuman  yang disajikan ditambahkan dengan arang ke dalam minuman. Keunikan yang dapat kita temukan di alun-alun adalah berkeliling menggunakan becak cinta yaitu semacam becak yang sudah dimodifikasi menjadi bentuk mobil dengan fasilitas musik. Dan yang tidak ketinggalan untuk dilakukan adalah melewati jalan antara pohon beringin kembar di tengah lapangan tetapi dengan mata tertutup, dan hal ini dapat menguji konsentrasi.

 

hutan mangrove kulon progo jogja

  1. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan mangrove Kulon Progo adalah wisata baru yang saat ini ini sedang hits. Kita dapat menikmati wisata alamnya yang sangat asri, selain itu juga kita dapat menyantap sajian kuliner yang sangat beraneka ragam dengan harga yang cukup murah. Di tempat wisata ini terdapat perbukitan dan juga air terjun yang sangat cocok untuk dijadikan tempat foto-foto,  terlebih lagi jika berada di saat hari menjelang senja karena juga kita akan melihat sunset yang sangat cantik yang sayang untuk dilewatkan.

Next Prev

     Itu hanya sebagian kecil dari wisata wisata yang terdapat di yogyakarta, masih banyak tempat wisata yang akan membuat Anda menyayangkan untuk melewatkan tempat wisata tersebut. Jika di buat daftar daerah wisata jogja, mungkin tidak cukup untuk di ungkapkan hanya dengan selembar kertas sebut saja Candi Prambanan, pantai Indrayanti, museum ullen Sentalu, museum Gunung Merapi, pantai Parangtritis, kebun Buah Mangunan, pantai Depok, tebing breksi, kalibiru Kulon Progo, hutan pinus pengger, Merapi Park, candi Sewu dan masih banyak lagi.

 

Belum lagi juga di Jogjakarta terdapat desa wisata yang dapat menjadi tempat hiburan dengan masalah dan keunikannya yang khas yang bisa dibilang berbeda dengan desa desa pada umumnya. Antara lain,

  • Desa wisata ketingan yang merupakan habitat burung blekok dan burung kuntul dilestarikan di di desa ini.
  • Desa wisata Kasongan yaitu desa yang terkenal memiliki produk industri tekstil gerabah
  • desa wisata sendari yaitu desa yang memproduksi berbagai kerajinan serta produk dengan menggunakan bahan baku bambu
  • desa wisata Krebet desa yang terkenal memiliki pahatan kayunya yang yang luar biasa
  • desa wisata Tembi yaitu desa hanya menyuguhkan suasana pedesaan dengan budaya yang dimilikinya
  • desa wisata trumpon yaitu desa yang sebagian besar penduduknya menanam buah salak pondoh
  • desa wisata Manding yaitu desa yang memproduksi kerajinan kulit di Jogjakarta dan masih ada lagi desa-desa lainnya.

     Yogyakarta memang memiliki banyak sekali jenis-jenis seperti pantai, Candi, museum dan juga air terjun. Ada beberapa air terjun yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dan sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi berenang. Dan wisata air terjun di Jogjakarta adalah :

Next Prev

 

Air Terjun Kedung kandang

  1. Air Terjun Kedung kandang

Air terjun ini biasanya akan ramai dikunjungi pada saat hari libur, memiliki pemandangan yang yang sangat mempesona dan juga kita dapat melihat keindahan Gunung Api Purba langgeran. Dan untuk bisa sampai ke lokasi ini kita harus melewati jalur gunung Nglanggeran atau jalur Embung Nglanggeran.

 

wista Curug Ghede jogja

  1. Curug Ghede

Terletak jauh dari kedung kandang terdapat juga Curug Gedhe dan untuk dapat sampai ke lokasi ini harus mengeluarkan tenaga yang lebih karena kita harus tracking ke tengah hutan serta menyusuri lembah. Sesampainya ke tempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat mempesona pada saat air terjun berketinggian 30 meter ini berlimpahan air dikarenakan musim hujan dengan debit air yang melimpah. Untuk sampai ke Curug Gedhe ini kita juga akan melewati jembatan gantung tertinggi di Jogjakarta, sekaligus untuk menguji keberanian anda.

 

wisata Air Terjun Sri Gethuk

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Bleberan Playen, Gunungkidul, dan sudah termasuk air terjun paling banyak pengunjungnya di Jogja apalagi lokasi ini juga pernah digunakan sebagai background dalam film mancanegara Beyond Skyline. Keunikan air terjun terletak pada tumpahan air yang mengenai batuan  sebelum masuk ke dalam kolam. Untuk sampai ke lokasi ini pengunjung harus melalui sungai Oyo atau bisa juga dengan berjalan kaki.

 

wisata Air Terjun Luweng Sampang

  1. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun luweng Sampang berada di Dusun Sampang, gedangsari, Gunungkidul yang khas dengan air yang membelah tebing. Air terjun Luweng Sampang akan semakin indah saat dikunjungi pada musim penghujan karena debit air akan melimpah ruah.

 

wisata Air Terjun Kembang Soka

  1. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun kembang Soka sangat cocok jika dikatakan sebagai air terjun tercantik yang ada di Jogja karena memiliki pasokan air dari aliran sungai bawah tanah lalu mengalir keluar lokasi yang yang penuh dengan pohon kembang Soka. Keindahan yang disajikan oleh air terjun ini adalah timbulnya warna putih dan biru tosca di antara bebatuan berwarna kuning dan kemerahan membuat lokasi ini seperti Negeri dongeng. Untuk sampai ke air terjun ini yang terdapat di dusun Gunung kelir, Kecamatan Girimulyo dapat melalui Jogja dengan jalur ke arah Godean.

 

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

  1. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air terjun ini cukup tinggi yang mendapatkan sumber air dari aliran lereng bukit Plawangan yang merupakan salah satu Bukit di Gunung Merapi. Tetapi berhubung Gunung Merapi merupakan gunung yang gersang membuat debit air terjun sedikit, terutama pada saat kemarau panjang gunung air terjun ini kadang menjadi kering tanpa air.

 

wisata Air Terjun Randusari

  1. Air Terjun Randusari

Air terjun Randusari terletak di Wonosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Air terjun ini berketinggian sekitar 12 hingga 15 meter dan kedalaman 1 hingga 3 meter terletak tak jauh dari pusat Kota Jogjakarta hanya kurang lebih 2 km. Untuk sampai ke air terjun Randusari saat anda tiba di parkiran Anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit melewati jalan setapak, dan juga melalui rumah-rumah tempat saluran irigasi dan sawah membuat suasana liburan seperti dalam petualangan.

 

wisata Air Terjun Kedung Pengilon

  1. Air Terjun Kedung Pengilon

Air terjun Kedung Pengilon terletak di kabupaten Bantul dan lebih tepatnya di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan kasihan, kabupaten Bantul Yogyakarta. Air terjun ini memiliki suasana yang sangat eksotis itu dikarenakan air terjun ini memiliki air yang sangat jernih sehingga kitapun dapat berkaca di air. Keunikan lain yang ada di air terjun ini Anda  akan menemukan air kolam yang berwarna hijau tosca yang sangat menarik mata untuk memandangnya, ditambah dengan suasana sekitar yang masih asri.

 

Air Terjun Jurang Pulosari

  1. Air Terjun Jurang Pulosari

Air terjun ini memiliki sumber air dari aliran sungai alami di kawasan perbukitan sekitar lokasi. Tempat wisata yang satu Ini terbilang kecil namun yang membuat menarik adalah lokasinya berada ditengah kawasan perbukitan yang sangat eksotis. Lokasi ini terletak di Dusun jeruk, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter saja dan terdapat kolam di bawahnya, tetapi tidak menghalangi pengunjung untuk dapat mandi di air terjun ini.

 

Air Terjun Grojogan Sewu

  1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun ini terletak di Dusun Beteng, Girimulyo, Kulon Progo. Kondisi air di air terjun ini selalu terlihat jernih sekalipun akan diguyur dengan hujan. Diberi nama Grojogan Sewu karena   aliran air yang deras yang akan turun ke kolam lalu membentuk jalur-jalur kecil sehingga terkesan terdapat ribuan arus yang turun.

 

Air Terjun Pantai Jogan

  1. Air Terjun Pantai Jogan

Lokasi Air Terjun Pantai Jogan berada di Gunung Kidul, memiliki aliran yang mengalir langsung ke laut tanpa turun ke kolam. Ini juga menjadi favorit wisatawan terutama para penggemar olahraga ekstrim.

 

Air Terjun Kedung Pedut

  1. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung pedut terletak di Kembang Desa, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini sempat viral karena banyak anak-anak yang senang berfoto dengan background air terjun Kedung Pedut. Setelah gambar ini masuk ke Instagram turut meramaikan linimasa Instagram di tahun 2015 sehingga sampai saat ini air terjun ini tetap ramai dengan pengunjung. Daya tarik yang ada di air terjun ini adalah terdapatnya pemandangan air terjun dengan kolamnya yang sangat jernih dan berwarna hijau tosca membuat kita tidak dapat menahan hasrat untuk mandi di kolam ini, selain itu ada pula Waterpark yang terbentuk secara alami memiliki dua warna air yaitu putih dan hijau tosca menarik bukan.

 

Taman Sungai Mudal

  1. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan wisata Air terjun berikutnya yang memiliki tempat terpadu yang berupa ekowisata yang di budidayakan oleh masyarakat dan dijadikan objek bermain yang cocok untuk semua usia. Selain itu adanya  pemandian taman Mudal ini juga diramaikan dengan paket wisata lengkap seperti flying fox, camping and River Tubing.

 

Air Terjun Seribu Batu

  1. Air Terjun Seribu Batu

Air terjun ini memiliki keunikan berupa  anak sungai berbatu dengan air yang terlihat menghijau dilihat dari kejauhan yang saat kita sampai kita akan disuguhkan dengan air terjun cantik yang sangat enggan untuk tidak melihatnya. Jika ingin berkunjung ke air terjun Seribu Batu terletak di Cengkehan, wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

 

Air Terjun Tuwondo

  1. Air Terjun Tuwondo

Terletak di Tuwondo, Kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki wahana yang seru untuk bermain, berenang serta berfoto Ria. Dengan kedalaman 3 m maka syarat utama untuk berenang adalah harus mahir berenang,  mengingat kedalamannya yang berbahaya jika tidak mahir berenang.

 

Wisata Alam Grojogan Pucung

  1. Wisata Alam Grojogan Pucung

Wisata alam Grojogan Pucung terletak di Dusun Pucung, desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Air terjun dengan ketinggian 4 M memiliki kolam yang dapat dijadikan tempat bermain sambil mandi. Anda akan dimanjakan dengan air terjun yang jernih dengan batu kapur sehingga benar-benar terlihat sangat jernih.

 

Air Terjun Goa Selarong

  1. Air Terjun Goa Selarong

Wisata Air Terjun berikutnya adalah air Terjun Goa Selarong yang juga dapat dijadikan objek wisata religi yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar. Air terjun ini berlokasi di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari, kabupaten Bantul, Jogjakarta.

 

Air Terjun Parangtritis

  1. Air Terjun Parangtritis

Air terjun air terjun Parangtritis terletak di sisi paling timur Pantai Parangtritis di kawasan pantai Parangendog. Dengan ketinggian sekitar 15 meter kita dapat menikmati indahnya air terjun dan juga dapat berkeliling menggunakan kuda, dengan ATV atau berjalan kaki sambil menikmati sepoi-sepoi angin pantai ini.

 

Curug Watu Jonggol

  1. Curug Watu Jonggol

Tempat wisata berikutnya adalah Curug Watu Jonggol yang berlokasi di desa Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang tak jauh dari perkebunan teh Nglinggo yang cukup populer di Jogja. Karena lokasinya yang cukup sulit untuk dijangkau air terjun ini masih sepi dari pengunjung walaupun memiliki air terjun yang sangat indah. Lokasi Air Terjun ini terdapat di perbukitan Menoreh di Kulon Progo pada ketinggian 900 mdpl, jadi jika ingin menikmati suasana air terjunnya maka wisatawan harus mengeluarkan tenaga yang cukup banyak karena banyak kita temui jalan Setapak yang panjang dan juga curam.

 

Air Terjun Setawing

  1. Air Terjun Setawing

Air terjun setawing berlokasi di Dusun jonggrangan Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo,2 Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketinggian yang dimiliki oleh air terjun setawing ini sekitar 45 m dengan pemandangan yang sangat eksotis ditambah lagi lokasinya yang berada di ketinggian perbukitan akan menambah suasana semakin menyatu dengan alam.

 

Air Terjun Perawan Sidoharjo

  1. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun ini berlokasi di desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten kulon Progo. Air terjun ini jarang dijamah dan juga sepi pengunjung karena lokasi yang sulit untuk dijangkau dan membutuhkan tenaga untuk sampai ke tempat ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter serta ada kolam pemandian yang di bawahnya yang pastinya akan seru untuk mandi-mandi.

Next Prev

Hanya kata WOWW… yang bisa di ucapkan setelah mengetahui begitu banyak tempat wisata yang ada di Yogyakarta, memiliki wilayah yang tidak terlalu luas Yogyakarta memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Hal tersebut tidak lepas dari partisipasi penduduknya yang ikut menjaga wisata yang ada di Yogyakarta dari tangan tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk Anda yang ingin menikmati liburan, tak salah jika memilih Yogyakarta sebagai destinasi liburan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Check Also

Wisata Alam Majalengka Yang Menegangkan

Wisata Alam Majalengka Yang Menegangkan

Jawa Barat memiliki wisata yang banyak membuka mata untuk melihatnya, sehingga menarik para wisatawan untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *