Home / Jawa Tengah / Wisata Kuliner Solo Murah Yang Wajib Kamu Cicipi
kuliner Solo
ksmtour.com

Wisata Kuliner Solo Murah Yang Wajib Kamu Cicipi

Berlibur  ke  sini  tentu  akan  terasa  lengkap  tanpa  mencicipi  makanan  khas  yang  ada  di  Solo.  Terdapat beragam  wisata  kuliner  yang  memang  dikenal  enak, murah  dengan  cita  rasa  yang  akan  membuatmu ketagihan.  Wisata yang  ada  di Solo tak hanya memiliki  wisata  sejarah  dan budaya,tetapi juga  memiliki beberapa tempat hiburan modern yang bisa kamu jadikan destinasi liburan bersama keluarga.

Tak  terkecuali  wisata  kulinernya  dengan  beragam  kuliner  makanan  khas  dari  tempat  yang  enak  hingga tempat  makan  romantis  semuanya  tersedia  di  Solo.  Berikut  ini  adalah  daftar  tempat  wisata  kuliner  di Solo yang tentunya takharus mengeluarkan budget yang mahal dengan rasa yang tidak diragukan lagi.

 

Galabo
upload.wikimedia.org

1. Galabo

Galabo  adalah kepanjangan  dari Gladag  Langen  Bogan  merupakan salah  satu wisata kuliner  yang  wajib kamu kunjungi  jika  sedang  berada  di  kota  Solo.  Galabo  hanya  buka  pada  malam  hari,  dan  berlokasi  di sebelah  timur  Bundaran  Gladak  tepatnya  Jalan  Mayor  Sunaryo.  Mampir  dan  mencicipi  makanan  di galabo  seolah  menjadi  ritual  yang  harus  dilakukan  oleh  wisatawan.  Ada  banyak  kios  makanan  yang menawarkan menu beragam, dan menu-menu di galabo antara lain adalah cabuk rambak dan sate kere menjadi menu yang paling khas di galabo.

Sate kere adalah sate sapi atau tempe gembus yang dimasak bacem dan dibakar dan biasanya disantap bersama sambal yang agak pedas. Menu lain yang bisa kamu dapatkan di Galabo yaitu cabuk rambak yang dimakan bersama sambal yang terbuat dari wijen. Galabo menjadi pusat kuliner malam yang banyak dikunjungi warga atau bahkan wisatawan yang ada di Solo.

 

Sate Buntel
assets-pergikuliner.com

2. Sate Buntel

Sate  buntel  adalah  makanan khas  yang  terbuat  dari  daging  kambing  cincang  dan  dibalut  dengan lemak daging.  Sate  buntel  ini  menjadi  idola  di  warung  sate  Ibu  Haji  Bejo,  yang  bahkan  Presiden  Jokowi berlangganan di warung yang berlokasi di Jalan Sungai Sebakung 10, Lojiwetan. Selain sate buntel,juga tersedia  menu  lain  seperti  tengkleng,  nasi  goreng,  sate  dan  gulai.

Selain  warung  sate  Ibu  Hj  Bejo  juga terdapat tempat makan sate buntel yang juga populer yaitu sate buntel Tambak Segaran yang berada di Jalan Tambak Segaran 39,Solo dan sate buntel warung Mbok Galak yang yang berada di Jalan Mangun Sarkoro nomor 1-2Banyuanyar.

 

Cafe Tiga Tjeret
pegipegi.com

3. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret adalah Cafe yang beroperasi di malam hari dengan berbagai menu khas angkringan Jawa dibalut  dengan  suasana  modern.  Terdapat  juga  aneka  wedang  dan  minuman  hangat  serta  nasi  dengan beragam  lauk  pauk  yang  ditawarkan  di  kafe  ini.  Menu  yang  ada  di  Cafe  Tiga  tjeret  antara  lain  wedang jahe,  wedang  Jeruk tape,  nasi teri, nasi oseng  dan aneka gorengan.  Cafe  Tiga  tjeret  ini terletak  di  Jalan Ronggowarsito nomor 97,dan buka setiap hari dari pukul 10 hingga pukul 1.

Baca Juga :  10 Destinasi Wisata di Klaten yang Populer Dan Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Timlo Sastro
phinemo.com

4. Timlo Sastro

Timlo adalah  makanan  yang  berkuah yang  diberi  potongan lauk pauk  seperti  ati  ampela,  telur,  daging dan lain-lain. Timlo adalah  makanan yang sesuai untuk disantap di siang hari dan salah satu Timlo yang cukup  tersohor  adalah Timlo  Sastro yang  berada  di  Jalan  Pasar  Gede  Timur  Nomor  12.  Timlo  Sastro termasuk kuliner yang sudah cukup melegenda,karena sudah beroperasi sejak tahun 1952.

Harga yang dibanderol  cukup  murah  yaitu  satu  porsi  timlo  komplit  dengan  harga  Rp18.000,  dan  untuk  minuman dibanderol  dari  harga RP1500. Saat bersantap  di  warung  ini  kamu  akan  ditemani oleh live musik keroncong, pengamen yang sudah dikontrak untuk menghibur pelanggan.

 

Gudeg Margoyudan
sgp1.digitaloceanspaces.com

5. Gudeg Margoyudan

Gudeg  Margoyudan adalah  sebuah  tempat  yang  sesuai  dengan  namanya, memiliki  menu andalan  yaitu gudeg  ceker  ayam, tak salah  jika  warung  ini  dikenal  dengan gudeg  ceker  Bu  kasno.  Warung  ini  mulai membuka  lapaknya  pada  pukul  nol  1.30–05.30  pengunjung  yang  ingin  menikmati gudeg yang  sudah akrab  di  lidah  masyarakat.

Rasa  gudeg  yang  ditawarkan  di  warung  Bu  kasno  memiliki  rasa  manis  dan gurih,  dapat  membuat  pengunjung  ketagihan.  Gudeg  Margoyudan  memang  dikenal  karena gudeg cekernya,tetapi juga ada menu lainnya yaitu krecek. Menyantap gudeg bersama krecek menjadi paduan yang pas, tak hanya pas dengan rasa tapi juga pas dengan perut.

 

Bakso Alex
pbs.twimg.com

6. Bakso Alex

Malang terkenal dengan baksonya, Solo juga punya bakso andalan yang bernama Bakso Alex. Bakso Alex telah memiliki beberapa cabang di Solo dan salah satunya berada di Jalan Gajah Mada,Banjarsari. Bakso Alex  terkenal  memiliki  rasa  yang  lezat,  rasa  daging  sapi  juga  lebih  kuat  dibandingkan  dengan  tepung dengan kuah yang segar yang sangat  pas  disantap pada pagi hari. Ada beragam menu yang disajikan di bakso Alex seperti bakso  daging,  bakso  tahu  dan  bakso  tempe  yang  menjadi  menu  spesial.  Kamu  juga bisa melengkapi kenikmatan makan bakso dengan menambah rusuk.

 

Bale Padi Resto
cdns.klimg.com

7. Bale Padi Resto

Bali Padi Resto adalah tempat wisata kuliner yang dikemas dalam bentuk resto. Bersantap akan semakin menyenangkan  jika  dinikmati  di  tengah  hamparan  sawah  hijau yang akan menjadi  pengalaman  yang tidak  terlupakan.  Angin  yang  bertiup  akan  menambah  kenikmatan  dalam  bersantapdan  bersantai bersama keluarga.

Di Bale padi Resto menyajikan konsep sajian siang dan malam yang berbeda, dari pagi hingga sore  kamu akan sajikan  menu kuliner  tradisional  seperti tumis  tahu,empal  gepuk  oseng  tempe pare, dan gulai kakap. Sedangkan di malam hari ini yang disajikan berita olahan seafood lezat. Menu  kelapa  muda  bakar  rempah  juga  bisa  kamu  dapatkan  di  tempat  ini.

Minuman  Unikyang  berupa paduan  kelapa muda  bahan yang disajikan  bersama rempahberisi jahe,cengkeh,serai  dan kayu manis akan  menghangatkan  tubuhmu.  Cara  menikmatinya  cukup  mudahyaitu  campurkan  rempah  ke  dalam kelapa yang sudah di bakar. Inginmerasakan bersantap di tengah hamparan persawahan dengan angin semilir khas pedesaan,kamu  bisa  pergi  ke  Bale  padi  Resto  yang  terletakdi  Jalan  Kadilangu  Baki Pandeyen,Sukoharjo.

 

Warung Selat Mbak Lies
shintadaniel.files.wordpress.com

8. Warung Selat Mbak Lies

Di  Solo juga  memiliki  salad bernama  Selat. Selat  adalah  salat yang  namanya  mengikuti penyebutanwarga  lokal, Selat ini  ada  di  Warung Selat  Mbak  Lis  yang  terletak  di  Jalan  Serengan  42.  Yang  menjadi menu  andalan  di  warung Selat  Mbak Lies berupa  panduan  daging  sapi,  telur  pindang,  wortel,  kentang goreng,  buncis,  selada,  acar  mentimun, irisan  bawang  merah  dan mayones  Jawa. Minuman yang  cocok disandingkan  dengan  salat  adalah  es  degan  dengan  pilihan  gulaberupa  gula  jawa  gula  putih  atau  Sigit sebagai  pemanis.  Yang  unik  di  warung  Mbak Lies adalah  pelayannya  yang  menggunakan  seragam  lucudan warna yang mencolok.

Baca Juga :  Kamu harus tahu ini! 4 Objek Wisata Kampung di Jawa Timur yang Menyajikan Panorama Terindah

 

Es Krim Tentrem
2.bp.blogspot.com

9. Es Krim Tentrem

Siapa  yang  tidak  suka  dengan  minimum yang  memiliki  berbagai  macam  rasa,  hampir  semua  orang menyukai  es  krim. Dan  yang  menjadi kedai  es  krimlegendaris  di Solo adalah  es  krim  Tentrem  yang berada di Jalan Urip Sumoharjo dan telah berdiri sejak tahun 1952. Menu yang ditawarkan di tempat ini antara lain tutti fruity, rum’n coffee, robin rose dan rainbow.

 

Soto Gading dekat alun alun Keraton Solo
phinemo.com

10. Soto Gading dekat alun-alun Keraton Solo

Soto  Ayam  tentu menjadi  pilihan  yang  pas  untuk  menjadi  sarapan  pada  pagi  hari  di  Solo, dansatu warung  yang menyediakan  Soto  adalah Soto  Gading  yang  berada  di  Jalan  Brigadir  Jendral Sudiarto nomor 75 Pasar Kliwon,tepatnya di sekitar alun-alun Keraton Solo. Soto Gading ini berisi mie soun dan sayuran  daging  ayam,lalu  disiram  kuah  bening  dengan  wangi  rempah  yang  akan  membuat  perut  tak sabar untuk menyantapnya.

 

Itulah  beberapa  tempat  kuliner  yang  murah  dengan  rasa  yang tak  kalah  lezat.  Jadi  lengkapi  berlburmu dengan berwisata kuliner di Solo. Selamat berlibur!

Check Also

wisata Banjarmasin

Ragam Kuliner Khas Kalimatan Selatan Yang Wajib Dicoba

Setiap daerah memiliki kuliner khas daerah masing masing yang kebanyakan juga memiliki  cita  rasa  tersendiri  …