Home / Jawa Barat / Wisata Kuningan Yang Lagi Hits Berikut Mampu Menarik Perhatian Pengunjung
wisata alam kuningan
cintaihidup.com

Wisata Kuningan Yang Lagi Hits Berikut Mampu Menarik Perhatian Pengunjung

Kuningan  adalah  sebuah  daerah  di  Jawa  Barat,di  mana  anda  tidak  akan  menyangka  bahwa  daerah  ini terletak di sebelah timur Jawa Barat memiliki potensi wisata yang dapat disandingkan dengan wisata di daerah  lain  yang  ada  di  Indonesia. Kuningan masuk  kota  kecil  tetapi  tak  sedikit  tempat  wisata  yang dapat  kamu  temukan  dengan keindahandan  menarik  untuk  dikunjungi.

Bahkan  di  beberapa  tempat wisata di  Kuningan  yang  sedang  hits  di  media sosial,karena  pemandangannya  yang  sangat  eksotis. Jika anda  berencana  untuk mengunjungi Kuningan untuk  berlibur  maka,  berikut  ini  adalah  rekomendasi tempat  wisata  di  Kuningan  yang  lagi  hitsuntuk  menambah  koleksi  foto  Anda  yang  sayang  jika  anda lewatkan.

 

Waduk Darma
i0.wp.com

Waduk Darma

Objek wisata Waduk Darma yang berada di Darma Kuningan Jawa Barat merupakan salah  satu tempat wisata  yang  berada  di  desa  Darma,Kabupaten  Kuningan,Provinsi  Jawa  Barat.  Objek  wisata Waduk Darma Kuningan merupakan tempat wisata yang sering di padati oleh wisatawan di hari biasa ataupun hari  libur,karena  memiliki  tempat  yang  sangat  indah  dan  dapat  memberikan  sensasi  yang  berbeda dengan  aktivitas  yang  kita  temui  sehari-hari.

Keindahan  yang  dimiliki  oleh  wisata  Waduk  Darma  ini sangat  menarik  untuk  dikunjungi,jika  anda  berada  di  kota  Kuningan  sayang jika kamu lewatkan  untuk menuju wisata Waduk yang memiliki keindahan sangat mempesona. Luas  Waduk  menempati sekitar  425  hektar  yang  dikelilingi  oleh  bukit serta  lembah lengkap  dengan pemandangan  yang  sangat  eksotis  dan udara  yang  sangat  sejuk.  Menurut  cerita masyarakat  dulu  saat para  Wali  masih  hidup,  waduk Dharma  adalah  bendungan  atau  situ  yang  cukup  luas  yang  dibuat  oleh Mbah  Satori  atau  mbah  dalam  Cageur.

Dan  air  yang  mengairi Waduk  Darma  berasal  dari  mata  air Cihanyir  yang  berada  di  tengah  Waduk  Darma  dan  dari  hulu  sungai Cisanggarung.  Adanya area yang sangat  luas  membuat  kamu akan  puas  berada  di  tempat  ini  menikmati  keindahan  Waduk  bersama dengan  keluarga  ataupun  teman.  Fasilitas  yang  tersedia  di  tempat  ini  pun  cukup  lengkap  seperti  area parkir kendaraan, musholla, kamar mandi, penginapan, tempat makan, dan masih banyak lagi. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kenyamanan di objek Waduk Darma ini sangat terjamin.

Baca Juga :  Pantai Berikut Ini Akan Menjadi Pariwisata Pantai Di Jogja 2020

 

Desa Cibingbin
travelnatic.com

Desa Cibingbin

Desa  Cibingbinini  merupakan  perbatasan  antara  Jawa  barat  dan  Jawa  Tengah  atau  lebih  tepatnyaberbatasan  langsung  dengan  kabupaten  Brebes. Meskipun  sebagai  Desa  perbatasan, Desa  Cibingbin memiliki  daya  tarik  tersendiri  yang  dapat  menjadi wisata  Cibingbin  Kuninganyang  mampu  menarik wisatawan  untuk  berkunjung,  seperti  contoh  banyaknya  ditemukan tempat  tempat yang  sangat  cocok dijadikan untuk tempat menyegarkan pikiran.

Selain alamnya, Desa Cibingbin juga memiliki kuliner yang menjadi  ciri  khas  seperti  rujak  kangkung, tape  ketan  dan  beberapa  kuliner  lainnya.  Ada  juga  beberapa tempat yang menjadi icon dari Desa Cibingbin ini, antara lain adalah,

Tugu Kujang
1.bp.blogspot.com

Tugu Kujang

Pada setiap perbatasan, akan kamu temui sebuah tugu yang di bagian timur Desa Cibingbin ini terdapat sebuah tugu yang menjadi pertanda bahwa kamu telah berada di Desa Cibingbin, karena Kujang adalah senjata khas dari Desa Cibingbin dan sekaligus sebagai Desa perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Bukit Cariang
s3.ap-southeast-2.amazonaws.com

Bukit Cariang

Bukit Cariang adalah sebuah perbukitan yang terletak di bagian timur Cibingbin yang oleh desa setempat dinamakan  bukit Cariang.  Berada  di Bukit ini Kamu  akan  dengan  puas  menikmati  sunrise  dan  juga melihat  pemandangan  dari  kejauhan Situ  Malahayu,  tak  heran  jika  tempat  ini  sering  dijadikan tempat untuk berkemah.

Cijangkelok
blue.kumparan.com

Cijangkelok

Cijangkelok adalah sebuah nama sungai yang ada di desa Cibingbin. Cijangkelok adalah sungai yang dulu pernah menyebabkan musibah banjir bandang di Kuningan akibat dari luapan Sungai Cijangkelok.

Cipanas
asset.kompas.com

Cipanas

Cipanas  adalah  nama  tempat  sebuah  pemandian  air  panas  yang  berada  di Desa  Ciangir, Kecamatan Cibingbin.  Pemandian  air  panas  ini  terbilang  istimewa, karena  air  panas  alami  keluar  dari  dalam  tanah tepatnya  dari  sebuah  pohon  besar.  Tak  jarang  orang  bertanya-tanya  asal  air  panas  tersebut, karena tempatnya  jauh  dari  gunung  atau  pegunungan  tetapi  bisa  mengeluarkan  air panas.  Tak jarang  orang datang untuk berobat terutama penyakit kulit.

Sedangkan kuliner yang ada di desa Cibingbin yang dapat kita jumpai antara lain adalah,

karaca
i2.wp.com

Karaca

Karaca adalah   sejenis   keong   atau   biasa   disebut   dengan   tutut,   yang   dimasak   berkuah   dan   cara pengolahannya tidak berbau amis. Rasa sudah pasti terjamin enak,karena masakan tradisional memiliki rasa khas dan juga di masakoleh para sesepuh sesepuh di sana.

Lotek Lotek
1.bp.blogspot.com

Lotek

Lotek  bentuknyatidak  jauh  berbeda  dengan  pecel,tetapi  perbedaannya  adalah  tambahankerupuk merah.  Lotek  merupakan  jajanan  yang  banyak  digemari,  dan  jika kamu  mengunjungi  Desa  Cibingbing maka kamu wajib untuk mencuci lotek khas Desa Cibingbin.

Rujak kangkung
s4.bukalapak.com

Rujak kangkung

Pada  dasarnya  rujak  kangkung  semua  sama,  hanya  di  Desa  Cibingbing  memiliki  perbedaan  yaitu menggunakan  sambal  terasi,cabe  rawit hijau dan  juga  cabe  merah.  Karena  itu  sambelnya  memiliki warna hijau gelap tetapi rasa tetap terjamin enak.

Dorokdok
goodnewsfromindonesia.id

Dorokdok

Dorokdok adalah  sejenis  kerupuk  khas  Desa  Cibingbin  yang  selalu  dijadikan  buah  tangan oleh  para wisatawan  yang  datang  ke  desa  Cibingbin.  Dorokdok  memiliki  ukuran  sebesar  ibu  jari  dengan  warna-warni dan biasanya disantap menggunakan sambal atau sebagai pendamping lotek dan rujak kangkung.

Opak geol
s1.bukalapak.com

Opak geol

Opakgeol  adalah  sebuah  jenis  kerupuk  yang  terbuat  dari  tepung  aci  yang  cara  memasaknya  adalah menggunakan arang atau ditaruh di atas arang seperti di asap.

Papais
foodnesia.net

Papais

Makanan  ini  biasanya  tersedia  di  acara-acara  tertentu seperti di  pernikahan,selamatan,kelahiran  dan lain-lain.  Papais  adalah  sebuah  makanan  yang  terbuat  dari  tepung  beras  yang  berisi  inti  kelapa  dan pisang.  Kue  ini  biasanya  dibuat  sebagai  kue  kue hantaran menggunakan  daun  pisang  yang  disebut papais.

Sangu lengkok
eresep.com

Sangu lengkok

Sangulengkok bentuknya  mirip  dengan  nasi  kucing  yang  sering  kita  jumpai  di  Jogja,  tetapi  di  desa Cibingbin  disebut  sangulengkok.  Sangu lengkok memiliki  harga  yang  cukup  terjangkau  yang  isinya adalah mie bihun berwarna biru, sambel, kerupuk, bawang goreng serta tumisan tahu dan kentang yang dihargai 1.500 dan mungkin sekarang sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000.

Surabi
lh3.googleusercontent.com

Surabi

Surabi yang ada di desa Cibingbin adalah serabi asin yang disajikan dengan gorengnya. Gorengan terbuat dari tepung yang diisi dengan campuran jagung atau kedelai yang lalu digoreng.

Baca Juga :  Pantai Baru Yang Ada Di Gunung Kidul Jogjakarta

 

Pemandian Cibulan
travelblog.id

Pemandian Cibulan

Berenang adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, tetapi apa jadinya jika kamu berenang bersama ikan ikan yang dikeramatkan. Tentunya hal ini menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan, dan berenang dengan sensasi yang berbeda inidapat kamu temukan di objek wisata pemandian Cibulan Kuningan yang berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Selain berenang pengunjung juga dapat mengenal ikan Dewa yang oleh masyarakat sekitar dianggap keramat.

Pemandian  Cibulan  memiliki  2  kolam  utamayang  masing-masing  kedalaman  berbeda.  Untuk  kolam pertama  memiliki  kedalaman  sekitar  2  meter,dan  kolam  kedua  hanya  memiliki  kedalaman  60  hingga 120  cm.  Dan  tak  ketinggalan  kedua  kolam  ini  juga  diisi  oleh  Ikan  Dewa  yang  dikeramatkan  oleh masyarakat  sekitar.

Pemandian Cibulan2
asset-a.grid.id

Ikan  Dewa  adalah  jenis  ikan  kancra  Bodas  dan  dianggap  sakral  oleh  warga  karena sebuah  mitos.  Awalnya  mitos  tersebut  diawali  dari  kisah  Prabu  Siliwangi  raja  dari  kerajaan  Pajajaran yang murka terhadap para pengikutnya yang membangkang, amarah pun memuncak dengan mengutuk prajuritnya  menjadi  seekor  ikan.  Bahkan  hingga  kini  ikan-ikan  prajurit  Prabu  Siliwangi  masih  berada  di pemandian   Cibulan.

Uniknya, masyarakat   percaya   saat   kolam   sedang   dikuras   ikan-ikan   dengan sendirinya dan akan muncul kembali saat kolam telah kembali terisi. Ikan Dewa berwarna hitam memiliki ukuran panjang mulai dari 60 cm hingga Sepanjang 1 meter. Ikan ini memang terlihat aneh tetapi tidak perlu takut dengan keberadaannya saat berada di kolam renang.

Ikan Dewa  tidak  akan  mengganggu  justru  dikenal  sangat  ramah  kepada  pengunjung,  apabila ada  yang membawa  makanan  berupa  roti  atau  kacang  ikan  akan  mendekat  kambing  mengambil  makanan  yang diberikan. Pemandian Cibulanmemiliki air yang sangat bersih dan jernih sehingga banyak pengunjung yang datang memadati  tempat  ini  baik  oleh  masyarakat  sekitar  ataupun  dari  luar  kota.  Bahkan  Perusahaan  Daerah Air Minum PDAM menjadikan air Cibulan sebagai sumber mata air untuk mengairi daerah setempat.

Objek  wisata  pemandian  Cibulan  diresmikan  oleh  Bupati  Kuningan  yang  saat  itu  dijabat  oleh  R.A.A Mohamand  Achmad  pada  tanggal  27  Agustus  1939.  Dan  hingga  saat  ini  pemandian  Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati untuk dikunjungi.

 

Curug Landung2
i.ytimg.com

Curug Landung

Curug Landungadalah sebuah air terjun yang sangat eksotis yang berlokasi di kaki gunung Ciremai atau tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Meskipun tak sepopuler CobanRais di Batu atau Curug lain di Jawa Barat, grojogan berketinggian 30 meter ini baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2016 lalu, yang  meskipun  masih  baru  ternyata  tak  sedikit  pengunjung  yang  datang  karena tertarik  dengan keeksotisan  alamnya.

Curug  ini  memiliki  air  sangat  bening  yang  menjadi  alasan  pertama  pengunjung betah untuk berlama-lama tinggal di sini. Dari  awal  diresmikan, destinasi  wisata  alam  ini  terus  berbenah  diri  untuk  menambah  fasilitas.  Setelah mendirikan  sebuah  gubuk  peristirahatan  di  jurang  Landung  pengelola  juga  semakin  giat  membangun dengan  terus  menambah spot  foto  yang  sangat  instagramable  yang  dibantu oleh  komunitas  penggerak pariwisata.

Curug Landung3
travelspromo.com

Dan tepat di 10 Mei 2017 lalu fasilitas Curug Landung telah dilengkapi dengan beberapa spot foto  menarik  seperti  wingsky  atau  ayunan.  Kamu  juga  dapat  menemukan wahana  menariklain  seperti sunflower,  sarang  burung,tower bambu,bambusky hingga  rumah  Hobbit. Fasilitas  yang  disediakan  di Curug Landung sudah cukup memadai seperti mushola,kamar mandi, dan area parkir yang sudah cukup luas.

 

Itulah  beberapa  objek  wisata  yang  dapat  kamu  temui  di  Kuningan,  meskipun  Kuningan adalah  daerah yang tidak terlalu luas tetapi memiliki tempat wisata yang mampu menarik perhatian pengunjung, yang tak  hanya  dari  lokal  tetapi  bahkan  hingga  dari  luar  kota.  Jika  kamu  memiliki  rencana  untuk  berkunjung ke Kuningan, maka objek wisata di atas dapat menjadi pilihan untuk mengisi liburanmu bersama teman atau keluarga. Selamat berlibur

Check Also

wisata gembong

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di …