Friday , December 13 2019
Home / Nusa Tenggara Timur / 10 Wisata Laut Terbaik Dan Terindah Di Provinsi Nusa Tenggara Timur
10 2BWisata 2BLaut 2BTerbaik 2BDan 2BTerindah 2BDi 2BProvinsi 2BNusa 2BTenggara 2BTimur

10 Wisata Laut Terbaik Dan Terindah Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Laut merupakan tempat yang asik untuk dijadikan destinasi wisata ketika liburan. Di Indonesia, terdapat banyak daerah yang memiliki keindahan laut yang luar biasa terutama pada daerah timur Indonesia seperti kepualuan Maluku, Papu, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
Keindahan Provinsi Nusa Tenggara Timur memang sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak sekali keunikan serta keindahan dari provinsi ini yang tidak bisa kamu temukan di provinsi-provinsi lainnya. Salah satu hal yang menarik dari provinsi ini adalah keindahan laut atau pantainya.
Apabila berlibur ke Nusa Tenggara Timur tentunya tidak lengkap apabila tidak mengunjungi kawasan lautnya. Berikut 10 wisata laut terbaik dan terindah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang wajib kamu kunjungi.


1. Pantai Pulau Bidadari
Pulau Bidadari merupakan pulau yang terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Pulau Bidadari terkenal sebagai pantai pasir putih yang dikelilingi oleh pepohonan dan juga perbukitan.
Banyak para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk melakuka snorkeling karena pulau ini memiliki keindahan dalam laut yang luar biasa seperti ekosistem terumbu karang dan banyaknya ikan warna-warni yang meramaikan ekosistem tersebut, selain itu kamu juga dapat melihat air pirus dengan ombak kecil atau sekedar bersantai menunggu sunset sambil menikmati hembusan angin dari pepohonan yang berada disekitarnya.


2. Pantai Mali
Pantai Mali terletak di Desa Kabola, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Alor merupakan salah satu daerah yang terkenal di Nusa Tenggara Timur karena banyaknya lokasi scuba diving
Pantai Mali lebih dikenal para wisatawan sebagai tempat untuk menyaksikan sunrise, banyak sekali para wisatawan yang rela mendatangi pantai ini subuh-subuh untuk melihat pemandangan matahari terbit dari pantai ini. Bagaimana? Menarik bukan?


3. Pulau Rutong
Pulau Rutong merupakan pulau yang terletak di Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung, tepatnya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.
Pulau Rutong memiliki pesona dengan pemandangan pasir putihnya yang indah, selain itu kondisi perairan di Pulau Rutong juga sangat jernih dan berwarna hijau toska sehingga kita dapat menyaksikan terumbur karang serta berbagai macam jenis ikan dengan jelas dari atas kapal.
Disini, para pengunjung juga bisa mendaki ke atas bukit yang terletak di daratan Pulau Rutong, dari atas bukit para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah dari keseluruhan Pulau Rutong yang dikelilingi oleh pasir putih disertai gradasi biru dari laut yang sangat cantik.


4. Pulau Kepa
Pulau Kepa merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.
Pulau ini memiliki perairan bewarna biru jernih yang mampu memanjakan mata, selain itu pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat lembut dan juga pirus yang cukup tenang.
Bagi kamu yang memiliki hobi snorkeling tentunya akan sangat disayangkan apabila tidak menyempatkan diri untuk menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Kepa. Pasalnya terumbu karang yang terdapat di pulau ini dinominasikan sebagai salah satu kawasan dengan karang terindah di Dunia. Tidak hanya itu, jika kamu beruntung kamu dapat menyaksikan ikan paus yang muncul di permukaan loh.
Disini juga terdapat pondok-pondok yang telah dirancang seperti desa tradisional Alor yang dapat kamu tinggali dan kamu pesan sebelum melakukan liburan ke Pulau Kepa.


5. Pantai Pink
Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur.
Jika kebanyakan pantai memiliki pasir bewarna putih, maka berbeda dengan Pantai Pink yang memiliki pasir berwarna pink. Selain itu, aktivitas snorkeling atau diving juga tidak boleh kamu lewatkan apabila berkunjung ke pantai ini, pasalnya di pantai ini terdapat ratusan jenis batu karang, berbagai macam jenis ikan dan berbagai jenis biota laut lainnya.
Pantai Pink terletak di Kawasan Taman Nasional Komodo, oleh sebab itu sebaiknya tetap berhati-hati saat melakukan kunjungan ke pantai ini karena terdapat kemungkin ada beberapa komodo yang berkeliaran di sekitar pantai.


6. Pantai Kolbano
Pantai Kolbano terletak di Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Jika kebanyakan pantai memiliki pasir putih yang halus, berbeda dengan Pantai Kolbano yang memiliki hamparan pasir putih yang sedikit kasar. Pasir-pasir yang kasar ini disebabkan oleh banyaknya bebatuan yang bergerombol tetapi hal ini justru menjadikan pantai ini lebih antik dan eksotis.
Di pantai ini kamu dapat menjumpai sebuah batu raksasa yang menyerupai kepala manusia, batu raksasa ini merupakan salah satu spot foto menarik yang banyak diincar oleh para wisatawan.
Sayangnya, Pantai Kolbano belum memiliki fasilitas-fasilitas seperti toilet, gazebo, mushola atau warung-warung yang menjajakan kuliner dikarenakan letak pantai ini yang cukup terpencil. Tetapi terlepas dari itu semua tentu saja pantai ini tetap wajib kamu kunjungi karena memiliki keindahan tersendiri dari pantai-pantai lainnya.


7. Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu terletak di Wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini masuk kedalam 100 pantai terbaik di dunia dan berada di peringkat ke-17. Bahkan keindahan Pantai Nihiwatu mampu mengalahkan keindahan panorama terkenal di Hawaii, yaitu Hanalei Bay.
Pantai ini merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatwan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk berselancar dan menantang ombak yang cukup ganas di pantai tersebut.
Pantai Nihiwatu memiliki suasana yang sepi dan nyaman sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin menyendiri sembari menimati keindahan alam yang berada di pantai ini.


8. Pulau Meko
Pulau Meko terletak di Pledo, Wihitama, Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Di pulau ini terdapat sebuah objek wisata yang bernama Pasir Timbul Meko.
Pasir Timbul Meko merupakan gundukan pasir berwarna pink ditengah laut yang menyerupai pulau kecil tak berpenghuni yang memiliki luas kurang lebih 1 kilometer persegi. Pasir berwarna pink yang terdapat di pulau ini berasal dari karang yang sudah hancur.
Keindahan pulau ini semakin jadi karena perpaduan warna laut yang biru kehijauan, selain itu juga terdapat pulau-pulau berwarna hijau yang subur. Di pantai ini tidak ada ombak yang ganas, hanya terdapat ombak dengan riak-riak kecil yang menyapu pasir di pinggiran pantai.
Bila anda ingin mengunjungi Pasir Timbul Meko, maka anda harus menyewa perahu yang dimiliki oleh nelayan lokal yang berada di sekitar wialyah tersebut dengan membayar Rp. 400.000 (termasuk pulang pergi).
Selama perjalanan menuju Pasir Timbul Meko, para wisatawan akan menyaksikan berbagai macam pemandangan mulai dari Bukit Sandosi dan Lembata, Gunung Api, Ile (Gunung) Boleng dan juga hamparan terumbu karang warna-warni yang berada di laut tersebut.


9. Pantai Liman
Pantai Liman terletak di Pulau Semau, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Terdapat alasan kenapa pantai ini diberi nama Pantai Liman, yaitu karena terdapat sebuah bukit yang dikenal oleh masyakarat dengan nama Bukit Liman.
Kamu dapat menaiki Bukit Liman apabila ingin menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian bukit tersebut.
Pantai ini memiliki hamparan pasir berwaran cream yang dengan perpaduan air laut yang berwarna biru muda kehijauan serta biru tua. Tidak hanya itu, terdapat pepohonan disekitar pantai tersebut yang seolah-olah menjadi pagar keberadaan pantai tersebut.


10. Pantai Tablolong (Tablolong Beach)
Pantai Tablolong atau Tablolong Beach adalah salah satu pantai yang terletak di Tablolong, Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk memasuki pantai ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya karcis alias gratis.
Pantai ini memiliki keindahan berupa hamparan pasir putih bernama Tablolong dengan air laut yang berwarna biru toska, selain itu dari pantai ini kamu juga dapat menyaksikan keindahan pulau Rota yang tampak dari sebrang pantai.
Meskipun pantai ini memiliki jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 25 Km dari pusat kota, tetap saja banyak para pengunjung yang mengunjungi pantai ini untuk menghabiskan waktu pada saat hari libur.
Itulah tadi 10 wisata pantai terbaik dan terindah yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kita kunjungi seperti dengan tidak membuat sampah sembarangan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

Wisata Bali Yang Populer Dan Instagramable Di Tahun 2020

Wisata Bali Yang Populer Dan Instagramable Di Tahun 2020

Tak pernah ada kata cukup untuk dapat menikmati dan berpetualang mencari tempat wisata baru di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *