Home / Sulawesi Utara / Wisata Menarik di Sulawesi Utara Sebagai Solusi Penghilang Penat
Pesona Tomohon
cdn02.indozone.id

Wisata Menarik di Sulawesi Utara Sebagai Solusi Penghilang Penat

Manado  ibukota  provinsi  Sulawesi  Utara  dan  juga  kota  terbesar  kedua  di  pulau  Sulawesi.  Manado terletak di teluk Manado dan dikelilingi oleh pegunungan, yang akhirnya menciptakan sebuah panorama yang  sangat  indah.  Wisata  Manado  memang  di  dominasi  wisata  alam,  tetapi  Manado  juga  memiliki wisata lain yang tak kalah menarik mulai dari sejarah hingga kuliner. Kota  Tomohon  merupakan  salah  satu  kota  yang  ada  di  provinsi  Sulawesi  Utara  yang  sebelumnya merupakan  kecamatan  di  Kabupaten  Minahasa.

Kini  Tomohon  semakin maju  dan  memiliki  berbagai destinasi  wisata  yang  terus  dibenahi.  Tomohon  juga  terkenal  dengan  pusat  industri  dan  kini  terkenal sebagai industri rumah panggungnya. Tomohon bisa menjadi salah satu kota destinasi yang bisa kamu kunjungi, karena banyak sekali tempat-tempat menarikuntuk dijelajahi seperti ulasan di bawah ini tempat liburan di Manado dan sekitarnya,

 

Puncak Temboan
assets-a1.kompasiana.com

Puncak Temboan

Wisata  Puncak  Temboan  sangat  sesuai  dijadikan  sebagai  destinasi  wisata,  karena  tempat  ini  memiliki panorama  alam  perbukitan  yang sangat  menakjubkan.  Berada  diatas  puncaknya  akan  terasa  dingin menyegarkan yang dapat menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan penat. Saat  berada  di  Puncak  Temboan, kamu  dapat  melihat  pemandangan  alam  perbukitan  yang  tampak sangat  jelas  yaitu danau Tondano.  Selain  itu  kamu  juga  akan  melihat  kekokohan  Gunung  Klabat  dari kejauhan yang tentu saja kamu tidak akan menyia-nyiakan momen ini untuk diabadikan.

Puncak Temboan2
i.pinimg.com

Berada  di  puncak  Temboan  ini  kamu  dapat  bersantai  sembari  menikmati  panorama  Kota  Bitung  dari ketinggian  ditemani dengan  secangkir  kopi  atau teh  hangat  tentu sangat  serasi di  minum  di  saat  udara sedang dingin. Jika  terus  dikembangkan  kawasan  Puncak Temboan ini  sudah  pasti  akan  memiliki  potensi  yang  sangat besar seperti tempat camping di Manado yang tak kalah dengan wisata Puncak di Bogor,Jogja,Bandung dan  lain-lain  yang  juga  dilengkapi  dengan  wahana  permainan  seru, aneka  Spot  foto  serta  fasilitas-fasilitas  yang  mampu  membuat  pengunjung  merasa  nyaman.

Tetapi  walau  bagaimanapun,puncak Temboan tetap  menjadi  favorit  bagi  para  wisatawan  yang  selalu  mencari  tempat-tempat menarik latar berfoto. Objek  wisata  ini  terletak  di  Kampung  Rurukan  Satu,  Kecamatan  Tomohon  Timur,  Kota  Tomohon, Sulawesi  Utara.  Jika  berangkat  dari  kota  Tomohon  maka  kamu  membutuhkan  waktu 30  menit  untuk sampai di objek wisata ini. Untuk bisa menikmati puncak Temboan,kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam karena,kamu hanya akan membayar Rp5.000 untuk 1 orang.

Baca Juga :  Danau Linow, Danau Belerang yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa

 

Pagoda Ekayana
ksmtour.com

Pagoda Ekayana

Pagoda  Ekayana  menawarkan  keindahan alam  dan  merupakan salah  satuwisata  religi  yang  bisa  kamu kunjungi.  Mayoritas  masyarakat  yang  ada di  Sulawesi Utara  menganut  agama Nasrani tetapi,yang  satu ini bisa kamu kunjungi sekedar untuk mengetahui lebih dalam tentang objek wisata ataupun menikmati pemandangan  alam  di  sekitarnya.  Pagoda  Ekayana  memiliki  jumlah  lantai  mencapai  9  lantai  yang berlokasi  di  Gunung  Lokon,  masih  satu  kompleks  dengan  vihara  Buddhayana  yang  bisa  kamu  jadikan sebagai destinasi saat kamu mengunjungi kota ini.

Rumah  peribadatan  umat  Budhaini  memiliki  bentuk  Pagoda  yang  sangat  mewah,  bangunannya  yang tinggi menjulangakan menarik wisatawan untuk datang dan mengunjungi tempat ini saat berada di kota Tomohon. Arsitektur bangunan sangat indah dengan latar belakang Gunung Lokon yang tentu saja akan menurunkan  tingkat  stres  anda  saat  berada  di  lokasi  ini.  Bangunan  ini  pun  sarat  dengan  arsitektur  ciri khas negara Cina yang akan membuatmu takjub.

Pagoda Ekayana3
indonesiakaya.com

Saat  mengawali  langkahmu  masuk  ke  lokasi  ini,kamu  akan  disambut  dengan  18  patung  lohan  yang berderet mulai dari pintu masuk hingga menuju ke bangunan utama dari Pagoda, jangan khawatir untuk tersesat  karena  patung  louhan  yang  berjajar  bisa  menjadi  penunjuk  jalan  untuk  bisa  sampai  ke  pusat bangunan.  Patung-patung  yang berderet tak  hanya  sebagai  hiasan  tetapi,juga  terkandung  sebuah makna  yang  sangat  dalam.  Patung-patung tersebut  memiliki  warna  emas  yangmerupakan  simbol  atas 18 Pendosa yang bertaubat, dengan nama yang berbeda pada masing-masing patung.

Nama-nama  1840  tersebut  antara  lain  adalah  Pindola  The  Bharadavaja,  The  Vatsa,  The  Bharadavaja, Kanaka,  Katikam  Nadimitra  ,  Bodhidarma,  Fajraputra,  Vanavasa,  Nakula,  Gobaka,  Rahula,  Pantha  The Younger, Nagasane, Pantha The Elder, Asita, Pindola, Angida dan Nantimilota yang memiliki makna dan filosofinya masing-masing. Terdapat   juga   patung Budha   India   yang   berada   di   1 komplek   dengan   Pagoda   Ekayana, patung Bodhydharma  tersebut  adalah  patung  Budha  yang  berjenggot  khas  India  yang  bukan  merupakan  khas Cina.

Pagoda Ekayana5
3.bp.blogspot.com

Setelah  melewati  deretan  patung  yang  berjumlah  18  patung  maka, sampailah  kamu  kebangunan Pagoda Ekayana yang merupakan tempat sembahyang umat Budha. Pagoda Ekayana dibangun sejak tahun 1982 dengan proses yang cukup lama yaitu sekitar 27 tahun, dan baru diresmikan sekitar tahun 2009. Pagoda Ekayana berdiri di atas seluas 2 hektar dan memiliki 9 lantai dengan dominasi warna kuning dan merah.

Pagoda Ekayana2
festivaljalanjalan.com

Dilengkapi dengan sebuah kolam dan patung naga. Bagi Umat  Buddha,  Pagoda  adalah  simbol  untuk memperingati  para leluhur,  jadi tak  heran  jika  Pagoda ini  terdapat  beberapa  benda  sakral  yang  peletakannya  diurutkan  sesuai  dengan  lantainya.  Dan  yang berada di lantai paling atas adalah benda yang dianggap paling suci. Meskipun  bukan  beragama  Budha,  kamu  bisa  masuk  dan berkunjung  ketempat  ini  tetapi,harus melepaskan  alas kaki  dan  menjagaperilaku.

Pagoda Ekayana4
i.ytimg.com

Dan  cobalah  untuk  naik  ke  lantai  paling  atas,  kamu  akan menemukan pemandangan yang sangat apik,dimana Gunung Lokon dan wilayah sekitarnya terlihat dari ketinggian.Ada  yang  menarik,  kamu  bisa  mencoba  untuk  diramal  menggunakan  ramalan  kuno  Ciamsi,  ramalan  ini berisi syair-syair dari Cina tetapi,nantinya akan ada terjemahan bahasa Indonesia untuk anda mengerti.

 

Bukit Kasih Manado
upload.wikimedia.org

Bukit Kasih Manado

Bukit  Kasih  Manado  telah  dianggap  sebagai  simbol  keharmonisan  antar  umat  beragama,  lokasinya berada di  Desa Kanonang  di  Kawangkoan,  55  km  dari pusat  Kota  Manado.  Terdapat  sebuah  salib  putih yang mencapai ketinggian sekitar 53 meter, yang bahkan dapat dilihat dari pantai Boulevard Manado. Di  Kawasan  Bukit  Kasih  ada  lima  rumah  ibadah  dari  agama  yang  berbeda-beda seperti gereja  Katolik, gereja  Kristen,  kuil,  masjid,  dan  candi  Hindu  yang  dibangun  pada  puncak  yang  kedua.

Tempat  ini  juga diyakini  menjadi  tempat  nenek  moyang  Suku  Minahasa,  Toar  dan  Lumimuut  berasal,  hal  tersebut ditandai  dengan  adanya  ukiran  wajah  para  nenek moyang  yang  terdapat  di  lereng  bukit  bagian  bawah pada puncak kedua. Dinamakan  Bukit  Kasih  karena  semua  agama  yang  berbeda  dapat  berkumpul danberdampingan beribadah  di  tempat  ini,  dan  hal  inilah  yang  menjadi  simbol  keharmonisan  antar  umat  beragama  dari penduduknya.

Bukit Kasih Manado2
ksmtour.com

Berada  di  puncak  Bukit  Kasih  kamu  bisa  berjalan-jalan dengan cuaca  yang  cukup  dingin  sembari melewati  anak  tangga  satu  demi  satu,hingga  tanpa  sadar  kamu  telah  sampai  di  puncak  pertama  dan yang  kedua  yang  tentu  saja  akan  memberikan  pengalaman yang  tidak  akan  terlupakan sebagai tempat menarik di Manado.

Kamu akan melewati kawasan wisata kawah belerang di sebelah kanan monumen, akan terasa energi panas  dari tempat  ini yang  terkadang  dimanfaatkan oleh  wisatawan  atau  penduduk sekitar untuk memasak jagung,ubi dan pisang. Melewati sebanyak 2435 anak tangga sangat curam untuk bisa sampai ke puncak Bukit Kasih, tetapijika kamu  takut  kamu  bisa  memilih  alternatif  lain dengan  akses  aman  di  sisikananmonumen.  Sambil berjalan  kamu  dapat  menikmati indahnya  pemandangan kawah belerang, danmenyaksikan  aktivitas  di area air panas.

Bukit Kasih Manado3
dolandolen.com

Masih di Kawasan Bukit Kasih juga terdapat kios-kios souvenir khas seperti gelang,kalung dan kerajinan khas  lainnya  yang  terbuat  dari  bahan-bahan sederhana  seperti  tempurung  kelapa  atau  kayu  dengan berbagai bentuk dan sesuai harga,yang kesemuanya dibuat oleh penduduk setempat. Makanan khas di kawasan ini adalah jagung,pisang atau ubi rebus, menjadi khas karena menggunakan cara masak yang berbeda yaitu memasak di area wisata kawah belerang.

Baca Juga :  Wisata Minahasa Yang Seru Untuk di Kunjungi

 

Pulau Manado Tua
upload.wikimedia.org

Pulau Manado Tua

Pulau  Manado  Tua  masih  berada  di  1area  Taman  Nasional  Bunaken  yangmemiliki  pesona  bawah  air,terutama  bagi  pecinta  olahraga  air,  bahkan  World  Ocean  conference  tahun  2009  telah  dilaksanakan  di sini. Pulau Manado Tua  menyuguhkan panorama yang sangat mempesona, airnya jernih dan bersih dari sampah dengan ekosistem yang dilindungi,jadi tidak akan ada penangkapan ikan ataupun pengambilan terumbu karang apalagi menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti bahan peledak.

Terdapat  sekitar  3000  jiwa  penduduk  yang  tinggal  di  pulau  yang  di  bawahnya  terdapat  gunung  berapi, kontur  tanah  Pulau  Manado  sangat  berbeda  dengan pulau  lain  yaitu  miring  seperti  bentuk  gunung. Tetapi uniknya dataran tersebut terbelah oleh karang yang berkedalaman 25 hingga 50 meter. Banyak  sekali  biota  laut  yang  menghuni  taman  laut  Manado  tua  seperti  lumba-lumba,  dugong  dan beragam  jenis  ikan  hias  yang  berwarna  warni.

Pulau Manado Tua2
img.okezone.com

Terdapat  juga  sejenis  kima  raksasa,  hippocampus  SP, penyu   sisik   dan   penyu   hijau,   sedangkan   untuk   terumbu   karang   didominasi   oleh   seriatopora   SP, tubastrea  SP,  logo  Filia  Sp  dan  masih  banyak  lagi.  Taman  Nasional  Manado  tua  selain  menawarkan keindahan  pesona  bawah  laut,  juga  memiliki  aneka  wisata  lain  seperti  kubur  Raja  Mokodokettk,  raja Wulangklaangi, Pantai Apeng, Batu layar hungga Bua Alo.

 

Modoinding
jejakpiknik.com

Modoinding

Modoinding berada di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara dan berada di ketinggian 1600 dari permukaan  laut  memiliki  hawa  yang  sangat  sejuk  cenderung  dingin.  Saat  sore  tiba  maka  desa  akan disemuti  oleh  awan  putih  dengan  letak  berjejer  mengikuti  ruas  jalan  utama,  tak  lama  Halimun  turun perlahan dari puncak Wulurmaatus dan di bukit sekitarnya membentang lembah itu. Kecamatan  Modoinding  memiliki  luas  6640  hektar,  dan  hanya  5%  saja  yang  dihuni  oleh  penduduk karena  selebihnya  adalah  lahan  tanaman  holtikultura.

Kawasan  ini  mulai  ditinggali  sepenuhnya  atas inisiatif  pemerintah  kolonial  Belanda  di  tahun  1930,  dengan  membawa  sub  etnis  Kakak  dari  Minahasa induk  untuk  pindah  ke  daerah  lembah  di  bagian  Selatan. Dulu wilayah  Desa  terbagi  menjadi  beberapa wilayah dengan sebutan letter A untuk Wulurmaatus, letter B untuk Palelon, letter C untuk Makaaroyen, letter  D  untuk  Pinasungkulan,  letter  E  untuk  Sinisir,  letter  F  untuk  Linelean,  dan  letter  G  untuk Kankenturan.

Modoinding2
sulutpos.com

Penduduk  di  kawasan  ini  mayoritas  berprofesi  sebagai  petani  yang  menanam  berbagai  jenis  sayuran terutama  kentang  dan  kubis,  yang  kemudian  menjadi  sentra  penghasil  sayur  yang  sanggup  memenuhi kebutuhan 80% penduduk Sulut bahkan hingga provinsi di Indonesia Timur. Seiring  berjalannya  waktu  masyarakat  telah  beranjak  dari  tradisional  ke  wujud  industri  hortikultura dengan tujuan menjadikan sayur sebagai sumber rezeki terbesar.

Beberapa sayuran yang ditanam oleh petani antara lain adalah daun bawang, sayur kol, wortel, bawang putih, bawang merah, kentang hingga buah strawberry. Semua sayuran ini ditanam di area perkebunan milik  masyarakat  yang  tertata  rapi,  kamu  akan  takjub  melihat  pemandangan  hamparan  perkebunan yang kehijauan membuat mata menjadi terpesona. Mondoindingini  populer  karena  agrowisata  ataupun  wisata  pertanian  yang  dimiliki,  bahkan  hasil  bumi yang dihasilkan sudah terkirim hingga ke luar daerah. Pemerintah  pun  turun  tangan  untuk  melakukanmodernisasi  pertanian,  yang  sudah berjalanselama  2 tahundengan pihak swasta untuk pengembangan bawang putih demi kesejahteraan petani.

 

Itulah  beberapa  objek  wisata  menarik  yang  dapat  kamu  jumpai  di  Sulawesi  Utara  dengan  tujuan  agar kamu dapat mencari objek wisata lebih banyak dan bisa mengatur jadwal liburan.Selamat berlibur.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …