Home / Sumatera Utara / Wisata Minahasa Yang Seru Untuk di Kunjungi
wisata Minahasa
genpi.id

Wisata Minahasa Yang Seru Untuk di Kunjungi

Merupakan  pengalaman  yang  sangat  menyenangkan  jika  berkunjung  ke  suatu  tempat  yang  baru pertama  kali  dikunjungi.  Ketika  anda  ingin  berkunjung  dan  menjelajahi salah  satu  daerah  di  Sulawesi Utara  yaitu  Minahasa.  Berikut  ini  adalah  tempat  wisata  yang  sangat  cocok  untuk  kamu  kunjungi  saat berkesempatan untuk menginjakkan kaki ke Minahasa.

 

Bukit Kasih2
upload.wikimedia.org

Bukit Kasih

Bukit  kasih  adalah  salah  satu  potensi  wisata  yang  ada  di  Minahasa  Sulawesi  Utara,  yang  merupakan bukit  belerang  yang  masih  sangat  alami  dan  juga  sebagai  sebuah  monumen.  Bukit  kasih  didirikan  pada tahun  2002  dengan  tujuan  tempat  peribadatan  bagi  semua  pemeluk  agama  yang  masih  berupa  bukit serta hutan  rimbun yang  berkabut.

Di bukit  kasih  terdapat  5  tempat  ibadah agama  yang  berbeda  yaitu Masjid murah dan juga gereja yang juga dipercaya sebagai tempat asal nenek moyang Suku Minahasa. Jika  berangkat  dari  arah  Tomohon  maka, kita  memerlukan  waktu  sekitar  2  jam  untuk  bisa  sampai  ke Bukit Kasih, dengan jalan yang sangat curam dan berliku diperlukan kewaspadaan saat berjalan menuju ke  Bukit  Kasih.

Bukit Kasih
i.misteraladin.com

Selama  perjalanan  kamu  akan  disuguhkan  pemandangan  yang  dapat  menghilangkan penat. Dan untuk bisa sampai ke Puncak kamu harus melewati 2435 anak tangga.Danau Tondano Danau Tondanoadalah danau yang paling luas di Sulawesi Utara yang berada di wilayah Tondano. Untuk bisa sampai ke danau Tondano, kamu membutuhkan waktu sekitar 50 menit atau dengan jarak tempuh sekitar 40 km dari Manado.

Di  sekitar  danau  Tondano  terdapat  tiga  gunung  dan  satu  bukit  yang  mengapit  yaitu  gunung  Lembean, gunung Kaweng, gunung Masarangdan bukit Tampusu dan yang paling nampak adalah gunung Kaweng yang terlihat menjulang tinggi di tepi danau. Bagi  kamu  yang gemar  memancing  maka, kamu  bisa  melakukan  hobimu,  karena  Danau  Tondano terkenal  memiliki  banyak  ikan  tawar  seperti  ikan  mujairdan  sepat  di  danau  seluas  4000  hektar  ini.

Bukit Kasih3
celotehlaila.files.wordpress.com

Bahkan  air  di  Danau  difungsikan  untuk  menyuplai  kebutuhan  air untuk  warga sekitar,  terkadang  kamu juga  akan  menjumpai  tambak-tambak yang  tersusun  rapi  di  tepi  danaumencegah  agar  ikan-ikan  tidak keluar. Berada di danau ini kamu akan merasakan kesejukkanmeskipun di siang hari yang sangat terik.Banyak sekali  penginapan  yang  bahkan  telah  ada  sejak  tahun  90-an,saat  wisata  alam  ini  ini  telah  banyak dikunjungi oleh wisatawan.

 

Desa Pulutan
indonesiakaya.com

Desa Pulutan

Desa  Pulutan  berada  di  arah  selatan  dari  kota  Manado  sekitar  40  km,  dimana  desa  tersebut  sebagian besar   penduduknya   bermata   pencaharian   sebagai   pengrajin keramik.   Keberadaan   Desa   Pulutan tepatnya berada di Desa Pulutan di kecamatan Remboken, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Salah  satu  pengrajin  keramik  yang  berasal  dari  desa Pulutanmengatakan  bahwa  untuk  membuat keramik  diperlukan  beberapa  tahap,  tahap  pertama mencaribahan  dengan  mengambil  tanah  di  kebun yang  biasanya  adalah  tanah  liat.  Tanah  liat  banyak  ditemukan  karena  tanah  jenis  ini  cocok  dan  kuat menjadi bahan baku pembuatan keramik.

Desa Pulutan2
cdn2.tstatic.net

Tanah  yang  telah  diambil  dan  dikumpulkan  masih  harus  melewati  proses penggilingan,  setelah  digiling dimasukkan  kesebuah  wadah  atau  karung  lalu  diambil  sedikit  demi  sedikit  dalam  proses  pembuatan keramik. Ada  berbagai  macam  bentuk  kerajinan  keramik  yang  terdapat  di  Desa  Pulutan  seperti  pot  bunga,pajangan  keramik, dan  lain-lain,  bahkan  Desa  Pulutan  juga  menerima  pembuatan  bentuk  dan  motif keramik yang diinginkan oleh konsumen.

Para  pengrajin keramik  yang  ada di  desa Pulutanrata-rata bisa menghasilkan  sekitar  50  keramik  dalam ukuran kecil atau 10 keramik dalam  ukuran sedang,  dan untuk keramik berukuran  besar menghabiskan waktu pembuatan lebih dari satu hari.

Pertumbuhan  Desa  pengrajin  keramik  Pulutan  turut  didukung  oleh  pemerintah  daerah  yang  kerap mengadakan berbagai  pelatihan  dan juga kerjasama dengan  pengrajin seIndonesia,  tetapi setelah  satu pengrajin mengatakan bahwa pemerintah daerah kurang dalam mempromosikan Desa Pulutan sebagai Desa  penghasil  keramik  unggulan,  hingga  tak  banyakyang  mengenal  Desa  Pulutan  yang  unggul  dalam hal pembuatan keramik berkualitas.

Baca Juga :  Temukan Pengalaman Menyenangkan dengan Berlibur ke Objek Wisata Kebun Buah Malang dan Sekitarnya

 

Museum Pinawetengan
padior.org

Museum Pinawetengan

Di  Museum  Pinawetengankamu  dapat  melihat  berbagai  eventinternasional  dan  dunia  di  bidang  seni budaya  yang  telah  diselenggarakan  oleh  ISB Sulut,meskipun hanya melalui foto  dan video. Di  museum ini  kamu  dapat  melihat  berbagai  benda  sendiri  yang  berupa  alat  musik  zaman  dulu  serta  busana  yang digunakan para penari tempo dulu.

Di  museum  ini  juga  kamu  bisa  menyaksikan  proses  untuk  mendapatkan  rekor  dunia  Guinness  World Record  seni  berupa  kolintang  raksasa,kolintang  Makassar, terompet, kontrabas  raksasa, musik  bambu massal asal dari Desa Batu Likupang hingga tercatat di Guinness World Record.

Museum Pinawetengan2
indonesiakaya.com

Ada juga rekor dunia seni kain yaitu kain tenun Pinawetengandan revolusi dunia kuliner Minahasa yaitu nasi Jaha terpanjang. Komplek  Pa’  Dior  (  dalam  bahasa  daerah  tontemboan  artinya  terutama  atau  terdepan  )  di  daerah Pinawetengan, Kecamatan Tampusu, Kabupaten Minahasa yang merupakan tempat Institut Seni Budaya Sulawesi  Utara  berada yang merupakan  pusat  kebudayaan  Minahasa  yang  letaknya  berada  di  tengah antara Minahasa Selatan Minahasa Tenggara dan Minahasa Utara Bitung.

Membutuhkan  waktu  sekitar  45  hingga  1  jam  jam  perjalanan.  Berada  di  lokasi  ini  memiliki hawa  yang dingin   di   mana   kamu   dapat   menghirup udara   gunung   yang   jauh   dari   polusi   serta   menyaksikan pemandangan pegunungan dan hamparan hijau sawah dan kebun pertanian warga setempat.

Museum Pinawetengan3
indonesiakaya.com

Kamu dapat melihat secara  langsung  benda-benda yang telah diakui dunia sebagai  benda seni terbesar di  dunia  ataupun  kain  tenun  terpanjang  di  dunia  yang  diwujudkan  dalam  bentuk  kunjungan  dan pemberian  sertifikat  Guinness  World  Record  langsung  oleh  manajer  unit  of  Mr.  Alex  dan  ajudication  Manager Guinness World of record Ms. Lucia Sinigiglesia.

Baca Juga :  Wisata Eksotis Di Manado Yang Wajib Di Jelajahi

 

Pulau Lihaga
holamigo.id

Pulau Lihaga

Pulau  Lihaga  adalah  salah  satu  tempat  wisata  yang  ada  di  Minahasa  Utara,  yang  secara  administrasi pulau yang  memiliki luas kurang lebih 8 hektar  ini berada di kecamatan Likupang, kabupaten Minahasa Utara. Untuk  menuju  ke Pulau  Lihaga  kamu  harus  menempuh  perjalanan  sekitar  90  menit  Jika  berangkat  dari kota Manado menuju Likupang, setelah di Likupang kamu masih harus menempuh perjalanan selama 40 menit  menggunakan  perahu  nelayan  yang  biasanya  memang  untuk  membawa  wisatawan  menyebrang ke Pulau Lihaga dari pelabuhan Serei, dengan harga sewa Rp800.000 untuk 20 orang penumpang.

Membutuhkan waktu hingga 2  jam  untuk bisa sampai ke  Pulau  Lihaga, tetapi perjalanan  tersebut  tidak akan  sia-sia  karena  saat  kamu  sudah  tiba  di  Pulau  tanpa  penghuni  ini  kamu  akan  disambut  dengan hamparan  Pasir  Putih  halus  serta  birunya  lautan.  Dan  untuk  bisa  menikmati  keindahan  Pulau  ini  anda akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 orang.

Pulau Lihaga2
azriansdotcom.files.wordpress.com

Di Pulau Lihaga kamu dapat Menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Pemandangan bawah laut  yang  tersaji  tidak  kalah  menarik  dengan  Taman  Laut  Bunaken  yang  memang  sudah  dikenal  hingga ke  mancanegara.  Pulau  ini  memang  tanpa  penghuni  tetapi  fasilitas  yang  ada  di  bumi  sudah  tersedia seperti  tolet  dan  ruang  ganti,  bahkanada  penginapan  yang  bangunan  yang  bangunannya  terbuat  dari kayu dengan ukuran yang cukup besar dan kamu tidak akan dipungut biaya.

Untuk mendirikan tenda kamu harus membawa sendiri Karena di tempat ini tidak ada penyediaan tenda, dan jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah karena di Pulau Lihaga tidak ada warung yang menjajakan makanan atau minuman.Pantai Mahembang Pantai mahembang terdapat di desa Mahembang Kecamatan Kakas Minahasa. Pantai Mahembang mulai dikenal wisatawan di sekitar tahun 2016, tetapi sebelum pantai ini dikenal dan menjadi destinasi wisata populer  di  Sulawesi  Utara, pantai  ini  telah  menjadi  favorit  masyarakat  di  sekitar  Desa  Mahembang.

Pulau Lihaga3
journeyofindonesia.com

Keindahan pasir putihnya disebut-sebut mampu disandingkan dengan pantai-pantaiyang ada di Bali,jadi tak  heran  jika  di  Sulawesi  Utara  ini  banyak  sekali  wisata  wisata  alam  yang  memiliki  hamparan  Pasir Putih. Keindahan  tebing-tebing  yang  ada  di  sekitar  pantai  membuat  suasana  menjadi  sangat  eksotis  serta keindahannya yang semakin elok dengan rumputan hijau yang tumbuh di tebing-tebing sebut.

Untuk bisa sampai ke pantai ini kamu bisa melewati rute Manado-Tondano -kakas -Mahembang dan memerlukan  waktu  sekitar  2  setengah  jam  saja,  tetapi  jangan   takut  bosan  karena  di  sepanjang perjalanan  kamu  akan  disuguhkan  keindahan  persawahan  serta  eloknya  Danau  Tondano.  Tak  ada hentinya pantai ini memancarkan pesonanya mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

Baca Juga :  Inilah 5 Desa Wisata Malang yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Raewaya Hills Airmadidi3
celebes.co

Raewaya Hills Airmadidi

RaewayaHills  Airmadidi  wajib  kamu  kunjungi, tempatwisata di  Minahasayang  mengangkat  tema hiburan  ini,sejak  dibuka  beberapa  tahun  lalu  telah  banyak  dikunjungi  oleh  wisatawan  terutama  pada hari-hari libur. Objek  wisata  ini  baru  dibuka  sekitar  tahun  2017  yang  ternyata  telah  berhasil  untuk  menarik  perhatian wisatawan  dan  datang  memadati objek  wisata ini.  Jika  dihitung  hingga  kini  mungkin  sudah  ada ribuan pengunjung yangmenikmati suguhan keindahan alam RaewayaHills Airmadidi.

Setelah padatnya objek wisata ini membuat pengelola menambahkan Cafe restoran yang akhirnya destinasi wisata ini mendapat kunjungan lebih banyak, terutama kenaikan yang sangat signifikan di saat akhir pekan atau hari libur. Letak objek wisata Raewaya Hills berada di kaki Gunung Klabat, dan di ketinggian tersebut membuatmu bisa  menikmati  pemandangan  luas  bahkan  Kota  Manado  dan  pulau  Manado  tua  dapat  terlihat  dengan jelas  yang mampu menyegarkan  pikiran.

Raewaya Hills Airmadidi2
pigunigu.com

Udaranya  yang  bertiup  menyejukkan membuatmu merasa enggan untuk meninggalkan tempat ini. Banyak  sekali  pengunjung  yang  datang  untuk  menyegarkan  pikiran  dari  riuhnya  kota  besar,  mereka mengambil solusi untuk datang ke tempat ini. Objek wisata ini diberikan nama Raewaya karena pemilik tempat  wisata  ini  memiliki  seorang Putra  semata  wayang  bernama  Raewayayang  akhirnya  dijadikan nama objek wisata ini.

Objek wisata ini juga menyediakan beberapa wahana yang kebanyakan adalah wahana yang menantang adrenalin, seperti wahana sepeda langit atau Sky Bike. Sepeda udara ini akan digantungkan dengan slingyang akan melewati area yang juga berasal dari tali, layaknya pemain sirkus yang berjalan diatas seutas tali di  ketinggian.

Tidak perlu  takut  karena  pengamanan  sudah  cukup  terjamin,  pengunjung  akan diberi pengamanan seperti helm dan tali yang melingkar pada tubuh untuk mencegah jatuh dari ketinggian. Saat  menaiki wahana ini kamu bisa sembari memandang  pemandangan  dari ketinggian yang  tentu saja akan lebih menarik, dan yang pasti kamu tidak nyata untuk mengabadikan menjajal kegiatan bersepeda di  udara  ini.  Kamu  harus  menaklukan  lintasan  sepanjang  200  M  dengan  wahana  ini  di  atas  ketinggian 1000 mdpl.

Selain  wahana  sepeda  di  udara,  ada  juga  wahana  lainnya yang  juga cukup  menguji  adrenalin  seperti Ekstrem  Swing.  Extreme  Swingatau  berayun  di  udara  khusus  untuk  kamu  yang  tidak  takut  dengan ketinggian ya, jadi yang takut ketinggian lebih baik berfikir dua kali untuk mencoba wahana ini. Wahana  lain  yang  menantang  adrenalin  juga  ada  seperti  flying  fox  yang memang  sudah banyak dilakukan  orang.

Semua  permainan  ekstrem  yang  ada  di  objek  wisata  ini  telah  dilengkapi  dengan pengamanan   yang   memadai,lengkap   dengan   operator   pada   permainan   yang   ada   yang   memiliki pengalaman dan menjamin keselamatan anda. Ada  Wahana  ekstrim, ada  juga  Spot  foto  menarik,  beberapa  Spot  foto  yang  bisa  kamu  temui  di  objek wisata  ini  adalah  rumah  balon  yang  terinspirasi  dari  film  kartun  Up,  balon  udara  yang  akan  membuat kamu  benar-benar seperti  beradadi  atas  balon  udara,  spot  bulan  sabit  dengan  papan  bertuliskan Raewayadan masih ada banyak foto Spot foto keren yang juga anti mainstream.

 

Fasilitas  yang  tersedia  di  Raewaya  Hillsyang  telah  memadai  terutama  toilet  yang  bersih  dan  terjaga, gazebo   untuk   tempat   beristirahat   serta   area   parkir   yang   luas   dan   mampu   menampung   banyak kendaraan.  Setelah  lelah  menjajal  semua  wahana  dan  Spot  selfie  sudah  saatnya  kamu  mengisi  perut, dan  di  wahana  ini  juga  telah  tersedia caferestoran  yang  selalu  ramai  karena  sajian  makanannya  yang lezat.

Untuk bisa  menikmati  keindahan di Raewaya  Hills kamu  tidak  perlu  mengeluarkan  budget  yang  besar, karena kamu hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, tetapi tiket tersebut tidak termasuk  wahana-wahana yang akan  kamu  coba.  Bahkan untuk beberapa  Spot  foto  kamu  juga  harus membayar dengan sejumlah uang.

Berada  di  desa  Airmadidi  Atas,Kecamatan  Airmadidi,Minahasa  Utara,  yang  jika  berangkat  dari  pusat Kota  Manado  maka  kamu  akan  memakan  waktu  sekitar  20  menit  saja.  Kamu  dapat  menggunakan kendaraan pribadi karena memang jalannya sangat mudah dan juga mulus.

 

Pulau Bangka
upload.wikimedia.org

Pulau Bangka

Pulau  Bangka  hanyalah  sebuah  pulau  kecil  yang  letaknya  tepat  di  ujung  timur  laut  Sulawesi,  namun meskipun  kecil  Pulau  ini  memiliki  pantai  yang  cukup  indah  yang  masih  asri  karena  belum  banyak terjamah  tanganmanusia.  Pulau  Bangkasendiri  terletak  di  kecamatan  Likupang,kabupaten  Minahasa Utara,Provinsi Sulawesi Utara yang bisa dijadikan sebagai wisata menyelam yang sangat eksotis.

Pulau  Bangka  memiliki  lebih  dari  25 spot penyelaman,  terletak  di  epicentrum  segitiga  karang  yang sangat  identik  dengan  keanekaragaman  laut.  Bisa  menyelam  di  pulau  Bangka  dengan  topografi  bawah laut dengan dinding, puncak dan ngarai merupakan sesuatu yang istimewa dan hanya bisa ditemukan di Pulau Bangka. Penghuni bawah laut seperti pelagis, ikan karang,makhluk dan spesies ikan beserta karang warna-warni ikut  meramaikan  pemandangan  bawah  laut.

Pulau Bangka2
eljohnnews.com

Karang-karang  yang  ada  pulau  ini  cukup  sehat  termasuk Karang  lunak,  kipas  laut,  ponds,  karang  meja, karangpohon  dengan  puncak-puncakbatu  yang  diikuti oleh hiu Karang, tuna, fusilter dan Mackeler. Sebuah   pemandangan   yang   menakjubkan   kamu   dapat   melihat   keindahan   Bintang   yang   memang habitatnya  ada  di  di  Pulau  ini  termasuk  cincin  biru,  mimicdan  wonderpus  bahkan  para  dugong  lumba-lumba,paus pilot bisa kamu temukan jika beruntung saat melakukan penyelaman di pulau Bangka.

 

Ternyata tempat wisata di Minahasatak sedikit, hampir di setiap ruas kawasannya memiliki keindahan alam yang tersimpan yang mampu melambungkan nama Sulawesi Utara di bidang pariwisata ke kancah Internasional.  Wajiblah  kita  juga  untuk  ikut  menjaga  dan  melestarikan  keindahan  alam  tersebut,  agar tetap lestari hingga ke anak cucu kita.

Check Also

Daftar Wisata Gianyar Dan Karangasem Yang Memanjakan Mata Anda

Pulau Bali memiliki objek wisata dan juga tempat rekreasi yang tersebar di seluruh kabupaten, dan …