Jawa Barat
ik.imagekit.io

Wisata Pegunungan Di Jawa Barat Yang Meskipun Baru Tetapi Mampu Menarik Banyak Pengunjung

Sebagian  besar  orang  menganggap  bahwa,di  Jawa  Barat  hanya  Kota  Bandung  saja  yang  memiliki beragam   tempat wisata,   padahal   potensi   wisata   Jawa   Barat   ada   beberapa   daerah   sebut   saja Pangandaran, Garut, Sukabumi, Bogor  sampai  ke  Cianjur  yang  memiliki  keindahan alam  tak  kalah dengan Bandung yang akan membuat Anda betah berada di tempat ini berlama-lama. Berikut ini adalah beberapa  tempat  wisata  yang  ada  di  daerah  Jawa  Barat, yang  bisa  anda  jadikan  destinasi  untuk merencanakan liburan bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat anda.

 

Hidden Valley Hills
i2.wp.com

Hidden Valley Hills

Hidden  Valley  Hills  adalah  sebuah  tempat  wisata  yang  berada  di  Kabupaten  Purwakarta,yang  memiliki keeksotisan terhits saat ini. Letaknya memang tersembunyi, tetapi tidak menyurutkan minat wisatawan untuk  datang  dan  menikmati  panorama  di Hidden  Valley Purwakarta.  Di  setiap  pekan,  di  tempat  ini kerap  kali  diserbu  oleh  wisatawan  yang  rata-rataingin  menikmati  panorama  alam  yang  eksotis,  dan pengunjung  yang  datang  tak  hanya warga  lokal  tetapi juga kita temui  wisatawan  yang  berasal  dari luar Kabupaten.

Hidden  Valley  Hills  merupakan  destinasi  wisata  yang  terbilang  baru,  letaknya  berada  di  Desa  Cibodas, kecamatan  Sukatani.  Hidden  Valley  Hills  didirikan  karena  terinspirasi  dari  adanya  sebuah tugu  Belanda kuno  Anno  bertuliskan  tahun  1898  masehi  yang  ditemukan  di  lokasi  tersebut.  Pencetus  awal  adalah Hendri Chandrawinata yang mengangkat tema destinasi wisata berbasis alam.

Hidden Valley Hills2
travelingan.net

Sebelumnya  tempat  ini  adalah  tempat  peristirahatan  sang pencetus  dengan  keluarganya,  tapi  setelah beliau  melihat sebuah  tugu  bertuliskan  bahasa  Belanda  maka,saat  itu  pula  beliau  terinspirasi  untuk menjadikan tempat tersebut sebagai tempat wisata. Awalnya  tempat  ini  merupakan  tempat  peristirahatan  pribadi  yang  dibangun  di  tahun  2014,  dan  tanpa disengaja  Hendri  menemukan  sebuah  tugu  yang  diduga  buatan  di  zaman  Belanda  Anno1898  dalam keadaan  rusak.

Lalu  tugu  tersebut  diperbaiki  tanpa  merubah  bentuk  lamanya.  Sang  pemilik  pun merancang    tempat    beristirahat    sedemikian    rupa,dan    tanpa    diduga    memberikan    hasil yang menakjubkan,   didukung   lagi   dengan   adanya   daerah   perbukitan   di   mana   anda   dapat   melihat pemandangan luas hamparan hutan yang ada di bawahnya. Hingga  akhirnya  Hidden  Valley  Hills  tersebar  dari  mulut  ke  mulut  yang  membuat  pengunjung  yang penasaran datangke tempat ini,meskipun hanya untuk sekedar berfoto.

Hidden Valley Hills4
hiddenvalleyhills.com

Kini tempat yang dahulu hanya tempat beristirahat, akhirnya berkembang pesat menjadi tempat wisata alam favorit. Hidden Valley Hills berada   di   ketinggian   333  mdpl yang   kurang   lebih   setara   dengan   Gunung Cupu,   yang   membuat wisatawan dapat   menikmati pemandangan   yang   disuguhkan   di   tempat   ini.   Pemandangan   yang disuguhkan  di  tempat  ini  antara  lain  pegunungan,  pemukiman  warga,  jalur  tol  Purbaleunyi,  areal persawahan hingga Bendungan Jatiluhur yang benar-benar memanjakan mata pengunjung.

Dan satu hal yang menarik di lokasi ini adalah, adanya tulisan kuno yang menceritakan kerajaan di tanah Pasundan, dan juga lokasi ini adalah salah satu jalur perlintasan Raja Prabu Siliwangi. Tentu hal ini sangat menarik  bagi  anak-anak,  karena dapat  menjadi  sarana  edukasi  selain  dapat  menikmati  pemandangan yang  ada.    Anak-anak dapat mendengarkan cerita sejarah yang  tertulis  di  7  pilar  yang  ada  di  bangunan ini, di mana saat ini buku sejarahnya sedang disusun.

Hidden Valley Hills3
1.bp.blogspot.com

Tak  hanya pemandangan  alam  dan  beberapa  tugu  bersejarah,  di  lokasi  ini  pengelola  pun  melengkapi fasilitas  yang  menunjang  kenyamanan  pengunjung, meskipun  ada  beberapa  fasilitas  yang  masih  dalam tahap pembangunan. Beberapa fasilitas yang telah siap adalah resort, meeting room, kolam renang, dan outdoor event adalah fasilitas yang siap digunakan dan fasilitas lainnya akan menyusul.

Selain Hidden Valley Hills yang ada di kecamatan Sukatani, Anda juga dapat menemukan kawasan wisata Cikao  Park  dan  danau  Djuanda  di  Kecamatan  Jatiluhur,Giri  Tirta  Kahuripan  di  kecamatan  Wanayasa serta  penginapan  ekstrim  yang  penuh  dengan  keseruan  karena  berupa  Hotel  gantung  yang  berada  di Gunung Parang di Kecamatan Tegalwaru.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Kuliner Bandung yang Paling Banyak Diburu Wisatawan!

 

De Voyage Bogor5
3.bp.blogspot.com

De Voyage Bogor

Bogor adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata yang sudah cukup terkenal,dan memang kota Bogor adalah salah satu tujuan wisata saat musim liburan tiba,di mana yang datang  tak hanya dari warga lokal tetapi warga dari luar kota Bogor pun datang berkunjung. Bogor  identik  dengan wisata  puncak  yang  selalu  dipadati  oleh  pengunjung,  yang  bahkan  memacetkan akses jalan menuju ke puncak. Tetapi kini di Bogor ada wisata baru yang memiliki nuansa Eropa yaitu De voyage Bogor.

De Voyage Bogor
wisatamilenial.com

Devoyage   Bogor   Mulyaharja   kota   Bogor   Jawa   Barat memiliki   luas   sekitar   1,5 hektare yang menyuguhkan  berbagai  macam  wisata  modern  yang  sedang  hits  saat  ini  seperti  spot  selfie  dengan bangunan  bergaya  Eropa.  Bangunan  bergaya  Eropa  ini  dibangun  sedetail  mungkin,  sehingga  dapat mengecoh orang yang menyangka kita benar-benar berada di Eropa. Berbagai macam hiburan yang bergaya Eropa asli dapat anda temukan disini, dilengkapi dengan 150 titik spot  foto  yang  dapat  memuaskan  hobi  anda dalam  bergaya di  depan kamera.

De Voyage Bogor6
i.postimg.cc

Tak  hanya itu, anda juga dapat  menemukan  banyak  macam  menu  kuliner  yang  tak  kalah  dengan  buatan  restoran  ternama  yang dapat menggugah selera anda. De voyage memang di rancang sedemikian rupa, hingga Anda akan benar-benar merasa beradadi Eropa, di  mana  kita  dapat  naik  perahu kecil sambil  mendayung di  sungai-sungai  untuk  berkeliling  mengelilingi bangunan tua yang menarik dengan warna yang klasik.

De Voyage Bogor2
nuzulul24kiki.blog.uns.ac.id

Menara Eiffel Perancis juga hadir di tempat ini, di mana menara itu menjulang tinggi benar-benar mirip aslinya.  Untuk  melengkapi  nuansa  Eropa Anda,di  tempat  ini  juga  tersedia  penyewaan  pakaian  khas Eropa dan anda bebas memilih sebuah bangunan untuk dijadikan latar mengambil gambar Anda. Berada  di  tengah perkampungan  yang  memiliki  hawa  sejuk  ini, ada  juga  sebuah red  phonebox  yang sering  kita  lihat  digunakan  para  aktor  untuk  menelepon  dalam  film.

De Voyage Bogor4
m.ayobogor.com

Red phonebox  ini  sangat  klasik, sehingga Anda tidak akan menahan diri untuk mengambil gambar di red phone box ini. Devoyage Bogor memiliki berbagai macam gambar dengan  aneka variasi tema menarik yang  bakal  membuat  anda wajib untuk  berpose dan  mengambil titik secara  tepat  dengan  harapan  mendapatkan  gambar  yang  bagus untuk diunggah ke media sosial. Di  tempat  ini  juga  ada  sebuah  permainan  seru, yaitu  permainan  menjadi Robin  Hood.

Hanya  dengan Rp30.000 anda dapat menjadi RobinHood sungguhan menggunakan anak panah mengarahkan busur ke sasaran. Setelah puas  menjelajahi berbagai wahana yang ada di De Voyage Bogor tentu anda akan merasa lelah dan  juga  lapar.  Jangan  khawatir,karena  di  tempat  ini  juga  banyak  menyediakan  aneka  varian  menu menarik  seperti  pizza,  sop,  beef,salmon,  stiek,  dengan  cita  rasa  berbeda  yang  diramu  menggunakan bumbu-bumbu yang sangat khas yang pastinya sangat nikmat di lidah.

Baca Juga :  Inilah 4 Objek Wisata Alam Paling Populer di Jawa Timur yang Sayang Banget Dilewatkan!

 

Karacak Valley
hargatiket.net

Karacak Valley

Karacak  Valley  memiliki  julukan  sebagai  Bukit  Bintang  dari  Garut  yang  memang  sangat  cocok  ditujukan untuk  objek  wisata  barudi  Kabupaten  Garut  ini.  Letak Karacak  Valley Garut berada  di  Kelurahan Sukanegla, kecamatan Garut Kota. Pemandangan Garut terlihat sangat jelas dari tempat ini, apalagi jika kita berada di dogar atau domba garut yang tak terlalu jauh dari pintu masuk.

Berada di kawasan Karacak Valley, Anda akan merasakan semilir angin sepoi-sepoi khas pegunungan dan bunyi  gemericik  air  seolah  membawa Anda dalam  ketenangan dan  kesegaran  fikiran.  Lanskap  alam dengan latar pegunungan, dilengkapi air terjun yang memiliki air sangat jernih, membuat tempat wisata alam  terbuka  ini  banyak  dikunjungi  oleh  para  wisatawan  3  tahun   belakangan  ini.  Banyak  sekali masyarakat  yang  antusias untuk  datang  menikmati  suasana  alam  yang  benar-benar asri, meskipun berada tak jauh dari pusat kota Garut.

Karacak Valley2
2.bp.blogspot.com

Di tempat ini pun sering diadakan kemah,karena ada tempat khusus untuk kemping yaitu blok camping ground   Karacak   Valley.   Hal   ini   karena   Karacak   Valley   memiliki   sejuta   pesona   pegunungan yang menghadap  langsung berhadapan  dengan  kawasan  kota  Garut. Selain  itu,camping  di  tempat  ini  juga terbilang  praktis  karena  selain  murah  hanya  dengan  membayar  15  ribu, anda  tidak  perlu  repot  untuk membawa  tenda  dari rumah, karena  di  tempat  ini  disediakan  penyewaan  tenda  seharga  Rp50.000per malam.

Kepraktisan  lain  yang  bisa  anda  dapatkan  jika  berkemah  di  sini  adalah,pengelola  menawarkan nasi  liwet  lengkap  dengan  lauk  pauknya,  sehingga  Anda  pun  tidak  perlu  repot  membawa  bahan makanan ataupun alat masak untuk berkemah di tempat ini. Dari  tempat  ini,  Anda  juga  dapat  mengunjungi  curug  Ngembul,  dan  jika  beruntung  anda  akan  dapat berinteraksi dengan monyet dan lutung yang masih banyak berkeliaran di tempat tersebut. Atau burung elang yang juga masih sering mengitari kawasan hutan Karacak.

Karacak Valley3
1.bp.blogspot.com

Karacak Valley masih masuk dalam kawasan Perhutani di bawah pengelolaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan atau LMDH Jaya Mandiri. Karacak Valley juga termasuk objek wisata yang bagus aja dibuka, tetapi sudah dapat membawa pengunjung untuk datang ke tempat ini, terutama pada saat hari libur yang bisa mencapai 1000 orangpengunjung. Ada  juga Puncak Dogaralias  domba  garut,  jika  anda  ingin  melihat  suasana  Garut  dari ketinggian.

Letak Garut tidak  jauh  dari  pintu  masuk,  dan  disana  juga  terdapat  Ilalang  yang  bisa  juga  dijadikan  sebagai tempat untuk berfoto. Kita  dapat  menemui  taman  cinta  di  perjalanan  menuju  curug,  ini  selalu  dibuat  agar  menarik  bagi pasangan untuk  mengabadikan  momen  mereka  datang  ke  Karacak.  Jadi  jika  dalam  perjalanan  Anda merasa lelah, anda dapat beristirahat sejenak di taman cinta.

Baca Juga :  Tempat Wisata Yang Ada di Kabupaten Kuningan Untuk Berlibur Bersama Keluarga

 

Ampera Waterpark
1.bp.blogspot.com

Ampera Waterpark

Tempat wisata  airdengan  konsep  kolam  renang  di  era  sekarang  ini  bukan  hanya  sekedar  untuk berolahraga  air,tetapi  banyak  juga  yang  menawarkan  aneka  fasilitas  yang  akan  memuaskan  para pengunjungnya.  Konsep  kolam  renang  tematik  lengkap  dengan  aneka  sport  menarik  dan  terutama wahana  berenang  adalah  konsep  wisataair  yang  saat  ini  sedang  populer.

Konsep  ini  tentu  saja  akan menarik wisatawan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Konsep  tersebut  di  atas  ada  di  kolam  renang Ampera  Waterpark Tasikmalaya  Jawa  Barat yang berlokasi di Jalan Cibeureum,nomor 217, Pamoyanan, Ciawi, Tasikmalaya. Wahana wisata kolam renang ini  dibuka  pada  tanggal  20  Agustus  2017,  hanya  dalam  kurun  waktu  3  tahun  tempat  ini  sudah  menjadi pilihan  favorit  para  pengunjung  wisatawan  hingga  para  pengguna  jalur  selatan.

Ampera Waterpark2
1.bp.blogspot.com

Terutama  padamusim liburan ataupun weekend tempat ini akan dipenuhi oleh para pengunjung.Ampera  Waterpark  adalah  salah  satu  taman  wisata  air  yang  memiliki  fasilitas  cukup  lengkap  dan  juga menarik,  termasuk  beragam  permainan yang  bisa  Anda ditemukan  untuk  segala  usia.  Selain  itu,daya tarik  waterpark ini memiliki  suasana  yang  sangat  mendukung,  udaranya yang  sejuk  lengkap  dengan pemandangannya yang akan membuat keceriaan anda semakin mengesankan.

Ampera Waterpark3
1.bp.blogspot.com

Di Ampera Waterpark tersedia 4 pilihan kolam renang, yang pertama adalahkolam arus, kolam ombak, kolam  olympic  dan  juga  ada  pula  kolam  edukasi  yang  dikhususkanuntuk  anak-anak. Dan  daya  tarik lainnyayang  ada  di  Ampera  Waterpark  adalah  tersedianya  kolam  air  panas  alami  yang  tentu  saja membuat berbeda dari wisataair lainnya yang ada di Tasikmalaya. Selain  kolamair  panas,  ada  juga  kolam  rendam  yang  ditawarkan  di  Ampera  Waterpark  dan  juga termasuk fasilitas favorit bagi pengunjung yang datang ke tempat ini.

Ampera Waterpark4
2.bp.blogspot.com

Wilayah Jawa Barat memang terkenal memiliki keindahan alamnya yang tak dimiliki oleh wilayahlain di Indonesia. Jawa  Barat juga  memiliki  udara  sangat  sejuk  karena  dikelilingi  oleh  pegunungan,sehingga kawasan  ini memiliki tempat  wisata indah yang  elok  dan juga menawan. Tak  hanya  wisata alam,  tetapi wisata  budaya,  kuliner,  pantai  dan  juga  tempat  hiburan  dan  makan  yang  memiliki  konsep  sangat  unik menjadi   daya   tarik   yang   membuat   para   pengunjung   memilih   Jawa   Barat   sebagai   tempat   untuk menyegarkan pikiran, terutama wisata pegunungan jawa barat.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …