Home / Sulawesi Utara / Wisata Populer Di Sulawesi Utara
Panorama Sulut
upload.wikimedia.org

Wisata Populer Di Sulawesi Utara

Sulawesi  Utara  merupakan  salah  satu  provinsi  yang  ada  di  Indonesia  yang  memiliki  objek  pariwisata yang  sangat  kaya,  hanya  saja  ada sebagian  yang  belum  tereksplor.  Di  samping  itu,Sulawesi  Utara  juga memiliki  beberapa tempat  tempat  wisata  di  Sulawesi  Utarayang  sudah  cukup  terkenal  di  Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Sulawesi  Utara  adalah  sebuah  provinsi  yang  memiliki  11  kabupaten  dan  4  Kota,  Sulawesi  Utara  juga berbatasan  secara  langsung  dengan  provinsi  Gorontalo  yang  juga  merupakan  hasil  dari  pemekaran provinsi Sulawesi Utara. Dengan luas wilayah sekitar 15.376 km2 Sulawesi Utara memiliki tempat wisata yang beragam dan berikutini adalah rangkumannya.

 

Danau Tondano
1.bp.blogspot.com

1.Danau Tondano

Danau  Tondano  merupakan  sebuah  danau  yang  terletak  di  antara  2  Kabupaten  yaitu  Kabupaten Tomohon  dan  kabupaten  Kawangkoan,  tepatnya  di  desa  Remboken.  Danau  ini  terletak  di  ketinggian sekitar 600 mdpl dengan luas4278 hektar. Danau  Tondano  adalah  salah  satu  objek pariwisata  di  Sulawesi  Utara yang  wajib  kamu  kunjungi  jika berada di Sulawesi Utara, telah banyak wisatawan yang datang dari luar kota bahkan dari mancanegara untuk  menikmati  pemandangan  yang  disajikan  di  Danau  Tondano.

Terdapat  padang  padang  hijau  yang menghiasi tepi  danau serta  restoran  yang  juga menyediakan menu ikan  bakar  dengan  berbagai  macam ikan beserta kangkung tumis. Dan jangan ketinggalan untuk mencicipi makanan khas daerah yang paling terkenal yaitu dabu dabu, sambal pedas yang terbuat dari irisan cabe,bawang merah dan tomat. Keindahan Danau ini makin bertambah karena dikelilingi  gunung dan perbukitan yang mengapit Danau ini yaitu gunung Kaweng,Bukit Tampusu, pegunungan Lambeyan dan gunung Masarang.

Danau Tondano3
beritadaerah.co.id

Danau ini juga dilewati oleh  jalan  yang  menuju Kota Tondano,  kecamatan  Eris,  kecamatan  Kakas,  kecamatan  Tondano Timur, kecamatan Tondano Selatan dan Kecamatan Remboken. Di dalam danau ini juga terdapat beberapa ikan air tawar seperti ikan mujair,payangka Wiko atau lebih dikenal udang kecil, piyo atau kabus, nike dan lain-lain.

Jika berada di Danau Tondano maka kamu akan melihat  dengan  jelas  gunung  Kaweng  yang  konon  Danau  ini  terbentuk karena adanya  letusan  yang sangat  dahsyat  karena,terdapat  cerita  sepasang  insan  manusia  yang  melanggar  larangan  orang  tua mereka  untuk  menikah  yang  akhirnya  mereka  nekat  dan  lari  ke  hutan,  akibatnya  mereka  menikah membuat Gunung Kawengini meletus dan terbentuklah danau tersebut.

Sulawesi  Utara  adalah  pemilik  wisatayang  tidak  bisa  dipisahkan  dari  pantai Kora  Kora  dan  Danau Tondano  yangmemiliki pesona  yang  sangat  luar  biasa,  udaranya sangat  sejuk di  pagi hari dengan  sinar cahaya matahari pagiyang menembus permukaan danau membuat danau ini semakin terlihat indah. Untuk  kamu  yang  ingin  menikmati  keindahan  Danau  ini secara  puas  kamu  dapat  menyewa  perahu dengan  harga  sewa  Rp50.000  untuk  perahu  yang  memuat  10  penumpang.

Danau Tondano2
panduanwisata.id

Daya  tarik  lain  yang  ada  di Danau Tondano adalah adanya ikan khas yang hanya terdapat di danau ini yaitu Marble goby atau ikan betutu  yang  merupakan  salah  satu  komoditi  dengan  nilai  ekonomis  tinggi,  bahkan  memiliki  harga  yang cukup tinggi di beberapa negara hingga mencapai ratusan ribu per kilo. Di  danau  ini  juga  sering  diselenggarakan  sebuah pesta  rakyatyang  biasanya  dimeriahkan  dengan banyaknya  perahu  bolotu  dengan  corak  warna  warni  di  tengah  danau.

Banyak  kegiatan  yang  sering dilakukan   di   pesta   ini   seperti   lomba   perahu   hias,   lomba   dayung,   lomba   tangkap   ikan   tanpa menggunakan  alat  serta  parade  Perahu  bolotu.Menarik  bukan?  Tunggu  apalagi,  segera  susun  rencana liburanmu bersama teman atau keluargamu dari sekarang.

Baca Juga :  Jangan Lewatkan Kesempatan Menelusuri Keindahan Bawah Laut di 5 Tempat Wisata Diving Terbaik Di Sulawesi

 

Pulau Bunaken
ik.imagekit.io

2. Pulau Bunaken

Siapa yang tak kenal dengan pulau Bunaken, sebuah pulau yang menyimpan kecantikan alam bawah laut yang  mampu  membuat  wisatawan  kagum  akan  ciptaan  Tuhan  yang  satu  ini.  Didalamnya  juga  terdapat biota  laut  berbagai  jenis  yang  mampu  menarik  wisatawan  untuk  datang  menikmati  pemandangan bawah laut Bunaken. Terumbu karang sangat terjaga, jenis ikan cantik dengan aneka warna sangat mudah ditemukan di pulau Bunaken.

Pulau ini terletak di teluk Manado bersebelahan dengan pulau Manado Tua, pulau Siladen dan pulau  Mantehage  dengan  luas  sekitar  8000  hektar  dan  secara  administratif  masuk  ke  wilayah  Kota Manado. Untuk bisa sampai ke pulau Bunaken, kamu bisa berangkat dari pelabuhan Kota Manado atau Pelabuhan Marina,  banyak  perahuyang  siap  untuk  membantu  wisatawan  menyebrang  ke  pulau  Bunaken  dengan sewa perahu berkisar Rp900.000-Rp2500.000 yang semuanya  tergantung dengan ukuran perahu yang digunakan.

Pulau Bunaken2
pesonaindo.com

Membutuhkan waktu sekitar  30  menit  untuk  tiba  di  pulau  Bunaken,  setelah  sampai  di  dermaga  kamu masih  harus  berjalan  ke  pulau  Bunaken.  Sesampainya  di  pulau  Bunaken  kamu  akan  disambut  dengan hamparan Pasir Putih kehitaman dan perahu nelayan serta perahu pengangkut wisatawan yang nampak berjejer rapi di pinggir pulau ini. Jika  kamu  menjelajah  lebih  dalam  kamu  akan  menemukan  sebuah  monumen  yang  berbentuk  pulau Bunaken  yang  memanjang,  tak  jarang  wisatawan  mengabadikan  momen  berada  di  Pulau  ini  dengan berfoto dengan latar monumen ini.

Berjalan di tepi pantai adalah aktivitas yang menyenangkan sebelum kamu  mencoba  untuk menceburkan  dirike  laut  yang  biru,  atau  kamu  juga  dapat  melihat  proses pembuatan kapal yang dilakukan oleh nelayan secara bergotong-royong atau mendorong perahu di tepi Pulau ini. Setelah  puas  menyaksikan  keindahan  Pulau  ini  maka  sampailah  pada  tujuan  utama,yaitu  menikmati pemandangan  bawah  laut  pulau  Bunaken yang  sudah  sangat  terkenal.

Pulau Bunaken3
1.bp.blogspot.com

Jika kamu tidak  punya atau  lupa membawa  perlengkapan  maka,di  tempat  ini  juga  terdapat  penjual  jasa  penyewaan  alat  snorkling bahkan, juga ada kelas menyelam yang dilengkapi dengan instruktur dan alat penyelaman. Kecantikan  karang  dan  ikan-ikan berbagai  jenis  yang  ada  di  bawah  laut  pulau  Bunaken  mampu menghipnotis  para  wisatawan  untuk  kembali  datang  ke  pulau  ini,  bahkan  jenis-jenis  air  laut  tidak mampu menyembunyikan terumbu karang yang sangat terjaga.

Pulau Bunaken4
pix10.agoda.net

Terumbu karang di Pulau ini ini berupa dinding atau  tebing yang menjorok ke bawah, dimana semakin ke bawah keindahan biodiversitas yang ada di Taman Nasional ini akan semakin terlihat. Oleh karena itu di   Pulau   ini   banyak   sekali   terdapat   titik   penyelaman   yang   patut   untuk   diselami   demi   melihat pemandangan  yang  jauh  lebihindah  ke  dalam  pulau  Bunaken. Bunaken  dapat  kamu  jadikan  destinasi yang wajib mengisi daftar liburanmu yang berkesan.

 

Pulau Lihaga
kissparry.files.wordpress.com

3. Pulau Lihaga

Sulawesi  Utara  terkenal  memiliki  wisata  bahari  yang  sangat  mengagumkan,  yang  salah  satunya  adalah Pulau  Lihaga  yang  terletak  di  Minahasa  Utara  yang    sayang  untuk  kamu  lewatkan.  Meskipun  Pulau  ini memiliki luas kurang lebih 8 hektar tetapi, pulau ini tidak memiliki penghuni di pulau yang yang dikenal sebagai pulau kecil. Lebih tepatnya lagi berada di Likupang,di Kabupaten Minahasa Utara meskipun tak berpenghuni tetapi keindahan pulau yang sangat menawan tidak dapat dipungkiri.

Saat  kamu  berkunjung  ke  pulau Lihaga maka,kamu  akan  disambut  dengan  hamparan  pasir  putih  yang terasa halus dengan air laut yang sangat jernih. Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu harus menempuh waktu  sekitar  3  jam  yang  akan  sampai  di  pelabuhan  terdekat  dari  kota  Manado,  dan  kemudian  kamu masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan kapal sewa. Kamu  tidak  akan  menyesal  datang  ke  pulau  tak  berpenghuni  ini,kamu  akan  kagum  melihat  keindahan bawah  laut  dengan  snorkeling.

Pulau Lihaga2
4.bp.blogspot.com

Pemandangan  bawah  laut  di  Pulau  ini bisadisandingkan  dengan  Taman Nasional  Bunakenyang  lebih  dulu  telah  terkenal  hingga  ke  mancanegara.  Di  Pulau  ini  memang  tanpa penghunitetapi,untuk fasilitas utama telah disediakan seperti toiletdan ruang ganti. Bahkan di tempat inikamu  juga  bisa  bermalam  tanpa  di  pungut  biaya  sedikit  pun,  hanya  saja  kamu  harus  membawa perlengkapan sendiri seperti tenda karena, di tempat ini tidak ada jasa tendauntuk dijual atau di sewa.

Jangan  lupa  juga  untuk  membawa  makanan  dan  minuman sebelum  berkunjung  ke  Pulau  ini,  karena  di Pulau ini tidak ada satupun kios-kios yang menjajakan makanan dan minuman. Keindahan  yang  dimiliki  Pulau  Lihaga  memang  diakui  sangat  mengagumkan,  yang  keindahan  telah populer  di  kalangan  fotografer.  jadi  tak  heran  jika  kamu  banyak  bertemu  dengan  para  fotografer  yang sibuk  mencari  spot  menarik  pengambilan  foto.  rencanakan  dari  sekarang  untuk  mengunjungi  pulau Lihaga.

 

Taman Laut Tumbak
seputarsulut.com

4. Taman Laut Tumbak

Bagi kamu pecinta wisata bahari maka,kamu harus mencoba untuk datang ke Taman Laut Tumbak yang menjadi  salah  satu  tempat  wisata  di  Sulawesi  Utara.  Di  Taman  Laut  Tumbak  ini  kamu  dapat  menemui wisata yang cukup menarik dan harus kamu coba, menyelam adalah cara menikmati wisata yang ada di taman laut ini di mana kamu juga akan merasakan kesejukan di taman laut ini. Di Taman  Laut  Tumbak kamu  juga  bisa  menikmati  beberapa  permainan,kurang  lebih  ada  20  Spot menyelam    yang    dapat    kamu    explore    dan    membuat    pengunjungsemakin    penasaran    untuk menikmatinya.

Taman Laut Tumbak2
dolandolen.com

Tempat ini sangat sesuai untuk kamuyang hobi menyelam atau pecinta wisata bahari. Wisata  Taman  Laut  Tumbak  ini  berlokasi  di  Kabupaten  Minahasa  Utara  dimana  kamu  bisa  memuaskan hobimu.  Dan  untuk  sampai  ke  tempat  ini  kamu  membutuhkan  waktu  sekitar  3  jam  jika  berangkat  dari Manado.  Memang  sedikit  jauh  tetapi keeksotisanalam  ini  akan  menggantikan  kelelahanmu  dalam perjalanan.

Baca Juga :  Menjelajahi Keindahan Alam Indonesia Tersembunyi di Pantai Ora Maluku

 

Gunung Api Mahangetang
s.kaskus.id

5. Gunung Api Mahangetang

Di Indonesia tidak hanya ada gunung api di daratan tetapi,ternyata juga ada yang tersembunyi di bawah laut  yaitu  gunung  api  Mahangetang  yang  diselimuti  Samudra  serta,dikelilingi  kehidupan  bawah  laut yang  indah  layaknya  Bunaken.  Banyak  orang  yangingin  mencoba  untuk  menyelami  Mahangetang, karena  selain  mendapatkan  sensasi  unik,kamu  akan  merasakan  air  yang  hangat  di  dalam  lautan membuat banyak orang penasaran dan ingin merasakan untuk menyelam di Mahangetang.

Berikut  ini  adalah  beberapa  fakta  yang  membuat  sebagian  orang  penasaran  untuk  menyelam di  pulau Mahangetang yang menakjubkan.

Gunung api Mahangetang di dalam lautan Gunung  api

Mahangetang  hingga  kini  masih  menjadi  gunung  berapi  yang  masih  aktif  yang  berada  di deretan Ring of Fire Pacific, dimana warga sekitar menyebutnya dengan nama BanuaWuhu. Untuk bisa menuju  puncak  kamu  harus  menyelami  lagi di  kedalaman 6  hingga 8  m  untuk  aman  dari  bahaya  lava atau  udara  yang beracun.  Bahkan  CNN  menobatkan  Banua  Wuhu  sebagai  tempat  yang  paling  unik  di dunia.

Gunung Api Mahangetang2
1.bp.blogspot.com

Underwater volcano

Jika ingin melihat ekosistem bawah laut di pulau Mahangetang yang jauh lebih indah,kamu harus berani menyelami Pulau ini di kedalaman 10 hingga 20 meter, terdapat gugusan terumbu karang yang berjajar sangat rapat serta kondisi terumbu karang pun sangat terjaga. Kamu juga akan menemukan keberadaan biota  laut  serta  beraneka  ragam  ikan  yang  penuh  dengan  warna,  dan  keunikan  inilah  yang  membuat pulau Mahangetang selalu  dipadati  wisatawan  lokal  hingga  mancanegara  serta,menjadi  pulau  yang memiliki ekosistem bawah laut terindah di dunia setelah kepulauan Karibia.

Gunung Api Mahangetang4
gocelebes.com

Ekosistem bawah laut terindah di dunia

Yang  dimaksud  atraksi  underwater  volcano  adalah  proses  keluarnya  gelembung-gelembung  dari  balik terumbu karang yang terdapat di daerah sekitar puncak gunung api, hal tersebut dikarenakan suhu air di kedalaman   itu   mencapai   37   sampai  38   derajat   Celcius.   Namun   gelembung-gelembung   ini   makin menambah   cantik   penampilan   terumbu   karang,   tetapi   disarankan   jangan   sekali-kali   menyentuh gelembung yang  berada  dalam  rongga  terumbu  karang  karena,masih  sangat  panas  dibandingkan dengan gelembung yang berada di luar terumbu karang yang telah tercampur dengan suhu air laut.

Gunung Api Mahangetang3
wego.co.id

Untuk bisa  menuju  ke  pulau  Mahangetang  ada  dua  pilihan  yaitu  melalui  jalur  laut  atau  melalui  jalur udara. Jika kamu lebih memilih Jalur laut maka,dari Pelabuhan Manado kamu harus menuju ke Tahuna menggunakan  kapal  dengan  waktu  tempuh  sekitar  5  hingga  6  jam  yang  kemudian  akan  dilanjutkan  ke pulau  Mahangetang.

Tetapi  jika  kamu  memilih  jalur  udara  maka,kamu  bisa  berangkat  dari  Bandara Internasional   Sam   Ratulangi   langsung   menuju   ke   Tahunadankemudian   dilanjutkan   ke   pulau Mahangetang.  Dan  untuk  menuju  Spot  divingunderwater  volcano  maka,  kamu  harus  menempuhnya denganperjalanandalam waktu 1 jam.

Baca Juga :  Tempat Wisata Baru Di Tabanan, Nusa Dua Dan Nusa Lembongan

 

Danau Linow
cdn.bobobox.co.id

6. Danau Linow

Gunung  Linow adalah  salah  satu  destinasi  wisata  unggulan  yang  ada  di  daerah  ini.  Danau  ini  dikenal sangat  cantik  karena,memiliki  keindahan  tiga  warna.  Saat  kamu  sampai  di  tempat  ini,  kamu  akan mencium aroma telur busuk yang sangat menyengat yang tentu saja mengganggu indra penciuman mu. Aroma   tersebut   berasal   dari   bau belerang yang   tersebar   di   sekitar   danau,   dan   menurut   cerita masyarakat  sekitar  belerang  ini  adalah  sisa  letusan  gunung  Mahawu yang  terjadi ratusan  tahun  yang lalu.

Linow adalah  bahasa  Minahasa  yakni  lilinowan yang  diartikan  tempat  berkumpulnya  air.  Dan  di danau  ini  terdapat  air  yang  sewaktu-waktu  dapat berubah warna  menjadi  warna  hijau,  biru  ataupun kuning  kecoklatan.  Terjadinya  perubahan  warna  pada  Danau  ini  karena  terdapat  unsur  belerang  yang tertimbun di dalam permukaan danau,yang kemudian terjadipantulan cahaya matahari. Dan hal inilah yang menjadi penyebab warna air di Danau Linow bisa berubah sewaktu-waktu.

Danau Linow2
i.pinimg.com

Tak  banyak  orang  yang  mengetahui  adanya  tempat  ini,  padahal  Danau  Linow  memiliki  keindahan  yang sangat  luar  biasa  yang  sesuai  untuk  dijadikan  wisata  menarik  yang  ada  di  Sulawesi  Utara.  Berjalan berkeliling di  tepi  danau  adalah  aktivitas  yang  bisa  dilakukan,  dan  jangan  sekali-sekali  mencoba  untuk berenang  di  danau  ini  karena  kandungan  belerangnya  yang  sangat  tinggi  bisa  berakibat  fatal  jika  di tubuh kamu ada luka. Kamu  akan memiliki  pengalaman  yang  menyenangkan  berada  di  Danau  Linow, yang  tentu  saja  kamu tidak akan luput untuk mengabadikan momen indah berada di danau ini menggunakan kamera.

 

Bukit Kasih Minahasa
beritahusulut.com

7. Bukit Kasih Minahasa

Selain  Bunaken  terdapat  juga  sebuah  objek  wisata  yang  sudah  cukup  populer  dan  menjadi  sebuah simbol  toleransi  antar  umat beragama  yaitu  Bukit  Kasih.  Bukit Kasih  terletak  di  Desa  Kanonang, Kecamatan  Kawangkoan,  Kabupaten  Minahasa,  Manado  Sulawesi Utara. Kamu akan  melihat  panorama yang sangat indah dari bukit,meskipun dengan bau belerang yang cukup menyengat. Bukit Kasih dibuka pada tahun 1999 oleh Gereja Bukit Sion,yang kemudian diambil alih manajemennya oleh  pemerintah  provinsi  Sulawesi  Utara  di  tahun  2002.

Adanya  Bukit Kasih bertujuan  sebagai  simbol keharmonisan umat  beragama  dan  sebagai  wujud  kasih  sayang diantara  agama-agama yang  berbeda, dimana sesama manusia harus saling mengasihi dan menyayangi. Saat melihat pemandangan di sini maka akan ditemui asap belerang yang cukup tebal yang mengepul ke udara,  hal  ini  disebabkan  lokasi  Bukit  letaknya  tak  jauh  dari  sebuah  sumberair  panas  yang  memiliki kandungan belerang.

Bukit Kasih Minahasa3
dolandolen.com

Jadi wajar saja akan tercium bau belerang yang menusuk hidung bahkan,panasnya belerang juga bisa dimanfaatkan untuk merebus jagung dan telur yang telah dibungkus terlebih dahulu. Atau  ada  juga  pengunjung  yang  datang  dan  merendam  kaki  mereka  di  mata  air  selepas  meniti  tangga agar menjadi rileks kembali. Untuk  menuju  puncak Bukit  Kasih terdapat  2  rute  jalan  yaitu  pada  sisi  kanan  dan  sisi  kiri.  Untuk sisikanan,jalannya  agak  curam  dan  juga  rute  untuk  menuju  ke  kawasan  salib  yang  bisa  dibilang  cukup melelahkan  untuk  dilewati.

Bukit Kasih Minahasa2
upload.wikimedia.org

Rute  yangcukup  berat  karena  adanya  undakan  tinggi  dan  kemiringan  yang cukup curam.  Untuk  sisi  kiri,jalannya  lumayan  landai  dan  banyak  wisatawan  yang  memilih  sisi  kiri karena  tidak  melelahkanseperti  di  sisi  kanan.  Bukit  Kasih  memiliki  ketinggian  sekitar  22  m  diatas permukaan air laut, dimana kamu juga akan melihatsebuah Tugu toleransi berbentuk segi lima dengan lambang agama utama di tanah air.

Di tugu tersebutterdapat relief serta tulisan yang diambil dari lima agama yangada di Indonesia yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu dan Budha. Ketika  kamu  telah  sampai  di  puncak  maka,sejauh  mata  memandang  kamu  hanya  akan  melihat pemandangan  alam  yang  sangat  menakjubkan,  bahkan  dari  puncak  ini  kamu  juga  bisa  melihat  Danau Tondano  dengan  airnya yang  biru.

Bukit Doa Tomohon2
ceritaeka.files.wordpress.com

Memang  berada  di  atas  puncak  adalah  paling  favorit  dengan  latar tempat ibadah yang tentu saja sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Di Bukit Kasih juga sering diadakan festivalBukit Kasih seperti lomba tarian maengket, pemilihan putra-putri  pesona  Minahasa  dan  lain-lain.  Kamu  juga  akan  menemukan  pahatan  raksasa  kepala  Toar  dan Lumimmut yang merupakan tokoh legenda tanah Minahasa.

Baca Juga :  Taman Air Di Manado Yang Mampu Menceriakan Liburanmu

 

Bukit Doa Tomohon
jesandy.com

8. Bukit Doa Tomohon

Berada  di  Bukit  Doa Tomohon,  Kamu  akan  menikmati  keindahan  alam  dengan  tiupan  sejuknya  udara khas pegunungan membuatmu betah berlama lama berada di tempat ini. Tak heran jika kawasan wisata ini adalah kawasan yang menjadi destinasi favorit di Sulawesi Utara. Sejauh  mata  memandang,kamu  hanya akan  melihat  hamparan  pohon  hijau  sertarerumputan  yang memenuhi tempat  ini  menambah  keeksotisan  Bukit  Doa.

Terkadang  Bukit  Doa  sebagai  tempat  wisata alam  dan religi umat  Kristiani  juga sering  dijadikan  lokasi outbound,  gathering,  pemberkatan  nikah dan pesta pernikahan yang bernuansa outdoor. Di Bukit Doa memiliki dua pintu masuk. Pada pintu masuk hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki karena,adanya  Jalan  Salib yaitu  sebuah prosesi untuk mengenang  peristiwa  sengsara  nya Yesus  Kristus. Sambil melewati rute ini kamu akan menemukan patung-patung di perhentian, rute ini juga telah diaspal beton jadi tidaklah sulit dilewati untuk menelusuri tangga-tanggamenuju Via Dolorosa. Jalan  ini  dikenal  dengan  Jalan Salib  Mahawu.

Bukit Doa Tomohon 1
pigunigu.com

Ada  14  lokasi  perhentian  yang  akan  ditemui  selama menelusuri  Jalan  Salib  ini.  Setibanya  di  puncak  maka  rasa  lelahmu  akan  hilang  seketika  karena,sajian pemandangan di puncak sungguh sangat memanjakan mata. Di puncak dari Via Dolorosa yakni Chapel of Mother Mary atau kapel Maria. Kapel  ini  memiliki  bentuk  yang  cukup  unik  yang  tidak  seperti gereja pada  umumnya  yang  membuat gereja  ini  sangat  menarik  untuk  dijadikan  Spot  favorit  berfoto.  Kapel  ini  juga  menjadi  saksi  bisu banyaknya pasangan yang mengikat janji suci mereka.

Di   Bukit Doa   juga   terdapat   sebuah   amphiteater   yaitu   tempat   yang   menyerupai   sebuah   tempat pertunjukan yang tempat duduknya terbuat dari beton berbentuk setengah lingkaran dan tersusun rapi,mirip  seperti  Colosseum  di  Roma.  Di  amphiteater  ini  sering  diselenggarakan hajatan  pertunjukan  seni dan budaya. Ada juga Gotoh mother Mary di mana kamu bisa memanjatkan doa secara mendalam.

Bukit Doa Tomohon2 1
3.bp.blogspot.com

Indahnya  bangunan-bangunan  membuat  pesona  Bukit  Doa  ini  semakin  terpancar,  perkebunan hijau serta  dapat  terlihatnya  pemandangan  kota  Tomohon,pegunungan  sekitar  dan  gunung  Lokon  yang merupakan gunung paling aktif di dunia membuat Bukit doa ini doa wajib kamu kunjungi. Jika kamu tidak ingin lelah dengan berjalan kaki mak,a kamu bisa mengikuti jalur sebelah dimana mobil dan  motor  bisa  digunakanuntuk  melalui  rute  ini.  Selama  perjalanan  kamu  akan  ditemani  hamparan perbukitan hijau.

Hanya dalam waktu 10 menit kamu sudah akan sampai. Bukit Doa Tomohon ini memang kawasan wisata religi bagi umat Kristiani, tetapi ternyata tak hanya dari umat Kristensaja yang berkunjung ke objek wisata ini.Bahkan selain agama Nasrani,banyak kita jumpai dari lintas  agama berkunjung  ke  tempat  ini karena  ingin  menikmati pesona  alamnya  yang  mempesona. Pengelola  juga  menyediakan  bangunan-bangunan  jika  ingin  menggelar  kegiatan,  bahkan  terdapat beberapa pendopo yang bisa digunakan untuk bersantai. Untuk urusan perut kamu tidak perlu khawatir karena,di kawasan ini juga telah tersedia restoran yang terletak  di  Puncak.

Bukit Doa Tomohon3
media-cdn.tripadvisor.com

Restoran  tersebut  menyediakan  aneka  kuliner  dan  minumanyang  bisa  dinikmati, selain lezat harganya juga sangat terjangkau.Bukit Doa berada di Jalan Lingkar Timur kota Tomohon, tepatnya di kaki gunung Mahawu, di Kelurahan Kakaskasen  II,Kecamatan Tomohon  Utara.  Untuk  menuju  ke  Bukit  Doa,jika  berangkat  dari  Manado kamu memakan waktu sekitar 60 menit dan melewati jalan menanjak serta berkelok. Sebaiknya  jika  ingin  ke  Bukit  Doa,kamu  menyewa  mobil  agar  bisa  mengunjungi  tempat-tempatwisatalain di Tomohon dengan mudah, karena  tak ada angkutan umum ke Bukit Doa.

 

Itulah beberapa objek wisata yang populer di Sulawesi Utara yang layak untuk di jadikan destinasi wisata favorit  bagi  wisatawan.  Kamu  tidak  akan  menyesal  berkunjung  disini,  justru  akan  menjadi  pengalaman liburanmu  yang  paling  berkesan.  Suguhan  pemandangan  alam  yang  eksotis  mampu  menghipnotis  para wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangan alam yang di suguhkan. Jika kamu belum pernah menguinjungi  tempat  wsata  tersebut  maka,  cobalah  untuk  mengunjunginya,  di  jamin  kamu  akan ketagihan dan ingin kembaliuntuk bisa menikmati pesona alam pariwisata Sulut.

Check Also

Desa wisata Raja Ampat

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  …