Tuesday , December 10 2019
Home / Bali / Serunya Berlibur Di Kawasan Wisata Kintamani Bali
Serunya 2BBerlibur 2BDi 2BKawasan 2BWisata 2BKintamani 2BBali

Serunya Berlibur Di Kawasan Wisata Kintamani Bali

 

 
Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memang banyak menarik minat para wisatawan, tidak hanya wisatawan dalam negeri tetapi wisatawan luar negeri pun juga banyak yang mengunjungi provinsi yang satu ini.
 
Bagi kamu yang ingin berlibur ke Bali terdapat salah satu kawasan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu kawasan wisata Kintamani Bali. Ada apa saja sih di kawasan wisata tersebut? Berikut beberapa informasi mengenai kawasan wisata Kintamani Bali.
Lokasi Wisata Kintamani Bali
Kawasan wisata Kintamani Bali terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Apabila kamu berada di kota Denpasar, maka kamu harus menempuh jarak kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju ke objek wisata Kintamani. Tetapi, apabila kamu menuju ke objek wisata Kintamani dari Bandara Ngurah Rai maka kamu harus menempuh jarak kurang lebih 79,9 kilometer.
 
Terdapat banyak akses yang dapat kamu lewati untuk menuju kawasan wisata Kintamani, tetapi banyak para turis atau wisatawan yang memilih untuk melewati kawasan pariwisata Ubud untuk menuju ke kawasan wisata tersebut.
Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Kintamani
Untuk memasuki tempat wisata Kintamani, sebaiknya kamu sebagai pengunjung menyiapkan uang tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik yaitu Rp. 15.000/orang sedangkan untuk wisatawan asing harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000/orang.
 
Setelah mendapatkan tiket masuk, para pengunjung harus menyimpan tiket itu karena terdapat beberapa tempat wisata di Kintamani yang harus menunjukkan bukti tiket masuk.
Daya Tarik Kawasan Wisata Kintamani Bali
Sebagai kawasan wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, tentunya kawasan wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, beberapa daya tarik wisata Kintamani Bali yang banyak menarik perhatian para wisatawan adalah:
1. Menjadi kawasan pertanian di Bali yang subur
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebagian besar mata pencaharian penduduk yang berada di Kecamatan Kintamani Bali ini adalah sebagai petani dan berkebun.
 
Dari Kecamatan Kintamani sendiri terdapat hasil pertanian dan perkebunan para petani yang banyak dikenal oleh masyarakat yang berada di luar kecamatan Kintamani Bali, seperti hasil perkebunan buah dan sayuran contohnya tomat, bawang merah, wortel, bawang daun, kembang kol dan buah jeruk dimana hasil pertanian ini  akan dikirim ke salah satu pasar yang berada di daerah Bali seperti pasar Candi Kuning Bedugul.
2. Merupakan tempat wisata alam di Bali yang sangat indah
Kawasan wisata Kintamani Bali memiliki pemandangan yang berbeda dari kawasan wisata lainnya, kawasan wisata Kintamani Bali memiliki keindahan pemandangan alam berupa Gunung Batur yang dilengkapi Danau Batur dan Pura Ulun Danu Batur-nya.
 
Kawasan wisata yang satu ini memiliki udara yang sangat sejuk. pada siang hari udara di kawasan ini bisa mencapai 21oC dan akan terasa jauh lebih dingin pada malam hari.
3. Sudah dilengkapi berbagai macam sarana dan prasarana pariwisata
Salah satu daya tarik dari kawasan wisata Kintamani adalah banyaknya tersedia sarana dan prasarana yang memadai bagi para pengunjung. Di kawasan wisata Kintamani ini sudah tersedia banyaknya tempat makan mulai dari warung sederhana sampai cafe atau restoran.
 
Banyak sekali para pengunjung yang mengunjungi tempat ini hanya untuk menikmati hidangan makan siang sambil melihat keindahan pesona pemandangan Danau Batur dan Gunung Batur.
 
Bagi kamu yang ingin bermalam di tempat wisata ini kamu tidak perlu khawatir karena di kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan seperti hotel atau villa dengan harga sewa yang beragam.
Objek Wisata di Kintamani Bali
Terdapat beberapa objek wisata yang dapat kamu kunjungi apabila berada di kawasan wisata Kintamani Bali seperti:
 
1. Danau Batur
Danau Batur terletak di desa Penelokan Utara Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Yang menjadi daya tarik dari wisata ini adalah adanya sejarah dan lagenda danau tersebut yang apabila dilihat dari ketinggian maka akan terlihat seperti bulan sabit. Bahkan banyak para wisatawan asing yang meyakini bahwa Danau Batur merupakan Kaldera terindah di dunia.
 
 
 
2. Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani
Pemandian air panas Kintamani terletak di Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Banyak para wisatawan yang mengunjungi pemandian air panas ini karena dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, meremajakan kulit dan menyegarkan tubuh.
 
Yang lebih unik lagi, sumber air pemandian air panas ini berasal dari Gunung Batur yang panasnya mencapai 50oC dan terletak di pinggir Danau Batur.
Pemandian air panas ini dibagi menjadi 4 kolam, yaitu:
1. Kolam renang Toya Bungkah
2. Kolam floating sunburn Batur Natural Hot Spring
3. Kolam pemandian air panas Toya Bungkah untuk anak
4. Kolam natural therapy Hot Spring Water Toya Bungkah
Selain itu, di pemandian air panas ini juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti locker, toiler, area parkir, ruang ganti, restaurant, pool bar dan fasilitas-fasilitas lainnya.
 
 
 
3. Gunung Batur
Gunung Batur berlokasi di Desa Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Walaupun Gunung ini masih berstatus aktif tetapi tetap banyak para wisatawan yang berdatangan untuk mengunjungi gunung Batur yang merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung.
 
Untuk memasuki kawasan Gunung Batur para pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang dan bagi kamu yang ingin melakukan pendakian di gunung ini, maka kamu perlu mendaftar terlebih dahulu di Pos Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur.
 
 
4. Pura Ulun Danu Batur
Pura Ulun Danu Batur terletak di Jl. Kintamani, Batur Selatan, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Pura ini merupakan salah satu pura kahyangan jagat di Bali seperti Pura Ulun Danau Beratan Bedugul dan pura Taman Saraswati Ubud Bali.
 
 
 
5. Desa Penelokan Kintamani
Desa Penelokan Kintamani terletak di Jl. Raya Penelokan, sebelah selatan Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Yang menjadi daya tarik dari desa ini adalah karena desa ini berada diatas ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut sehingga para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam Gunung Batur serta Danau Batur sambil menyantap hidangan kuliner daerah tersebut.
 
Di desa ini terdapat banyak restaurant atau rumah makan yang dapat kamu kunjungi, selain itu juga ada penginapan yang dapat kamu pesan apabila ingin bermalam di Desa Penelokan Kintamani Bali. Untuk memasuki objek wisata Desa Penelokan Kintamani Bali, para pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang.
 
 
6. Pemakaman Desa Trunyan
Tempat Pemakaman Desa Trunyan terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.Yang menarik dari desa ini adalah tradisi budaya penguburan mayat orang yang sudah meninggal tidak dibakar (ngaben) atau dikubur melainkan dengan cara dibaringkan diatas tanah dibawah sebuah pohon yang sudah berusia ribuan tahun, lalu mayat tersebut akan ditutupi dengan ancak saji yang terbuat dari bambu dan dedaunan. 
 
Meskipun proses penguburan mayat tidak dilakukan dengan cara dikubur atau dibakar, mayat-mayat tersebut tidak mengeluarkan bau busuk seperti mayat-mayat pada umumnya. Terdapat kepercayaan yang mengatakan bahwa mayat-mayat tersebut tidak mengeluarkan bau busuk dikarenakan adanya sebuah pohon yang bernama Pahon Taru Mennyan.
 
Apabila kamu ingin mengunjungi desa ini, biasanya terdapat harga tiket masuk yang disatukan dengan harga tiket naik perahu sebagai transportasi untuk menuju ke desa tersebut.
Itulah beberapa informasi mengenai kawasan wisata Kintamani Bali. Terdapat banyak sekali keindahan serta tempat-tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di daerah tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang.

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *