Kuliner Raja Ampat
belanga.id

Kuliner Khas Raja Ampat Yang Terbilang Ekstrim Namun Menyehatkan

Setiap  wilayah  pasti  memiliki  kuliner  khas,termasuk  kepulauan  Raja  Ampat  yang  juga  memiliki  kuliner yang  wajib kamu coba. Kuliner-kuliner  tersebut  memiliki  cita rasa yang  cukup  unik,  dan dan bahan dan rempah  yang  digunakan  pun  berbeda  dari  makanan  yang  pada  umumnya  dibuat  untuk  sajian kuliner. Mencoba mencicipi kuliner Raja Ampat,maka akan menambah rasa baru yang ada di lidahmu. Berikut ini beberapa  kuliner  khas  Raja  Ampat  dengan  bahan-bahan  yang  tidak  biasanya  kamu  temukan  di  daerah lain.

 

Ulat Sagu
i.ytimg.com

1. Ulat Sagu

Ulat sagu dapat ditemukan di seluruh antero Papua Barat, bahkan di beberapa daerah Indonesia Timur. Ulat ini merupakan larva kumbang merah yang tinggal di pohon sagu tua yang telah ditebang atau telah diambil sagunya. Cara menyajikan ulat sagu ini biasanya di bakar atau di sate, pengolahan seperti itu akan menimbulkan tekstur  mirip  dengan  sosis  bakar  saat  sudah  matang.  Bumbu  yang  digunakan  juga  cukup  bervariasi, bahkan bisa juga dijadikan pepes.

Ulat Sagu2
i.ytimg.com

Masyarakat  lokal  di  Raja Ampat  biasanya  menyantap  ulat  sagu  tanpa dimasak  atau  mentah.  Menurut mereka  ulat  sagu  yang  dimakan  mentah-mentah memiliki  cita  rasa  manis  dan gurih,  saat  digigit  akan keluar cairan yang terasa manis dari perutnya. Ulatsagu  ini  termasuk  makanan  yang  sehat  karena  bebas  kolesterol  dan  kaya  protein.  Cukup  menguji adrenalin, apakah kamu berani coba?

 

Cacing Laut
phinemo.com

2. Cacing Laut

Cacing laut berasal dari Raja Ampat bagian utara yang menjadi cemilan penduduk Kepulauan Ayau. Dan cukup mudah untuk bisa menemukan kuliner yang satu ini,karena banyak dijual di pusat kota. Cacing  biasa  diperoleh  dengan  cara  di  buru  bukan  dibudidayakan.  Cara  memburunya  yaitu  pasir  akan dikeruk dengan tangan, lalu memasukkan sebatang kayu yang akan membuat cacing melilit batang, lalu batangtinggal  ditarik.  Sebelum  dijadikan  makanan,lebih  dahulu cacing  akan  dibersihkan dengan  cara dipotong kepala dan ekornya.

Untuk  mengolahnya  harus  melalui  beberapa  proses  yaitu proses  pertama  yaitu  dibersihkan  dengan membelah bagian tubuh dan mengeluarkan pasir yang ada di dalamnya dan bilas hingga bersih. Setelah dibersihkan cacing dipanggang dengan serabut dan tempurung kelapa yang dicampur dengan sedikit kayu bakar. Proses pembakaran seperti ini dinamakan Ashar. Warna cacing akan berubah saat sudah matang menjadi kecoklatan dari yang awalnya berwarna putih.

Cacing Laut2
3.bp.blogspot.com

Cacing  yang  sudah matang,  terlihat  lebih  mirip kentang,teksturnya kenyal dan akan terasa alot  seperti gurita. Umumnya cacingan dipanggang bercita rasa manis dan gurih namun itu semua tergantung bumbu yang digunakan dan selera masing-masing penikmatnya. Kuliner  ini  akan  lebih  nikmat  disajikan  dengan  sayuran  atau  di  asap  untuk  menjadi  keripik.  Harga  yang ditawarkan juga cukup murah Rp10.000 tinggal Rp25.000 per satu porsi cacing laut.

Baca Juga :  Mutiara Wisata Di Tanah Papua Yang Menyejukkan Mata

 

Papeda ikan kuah kuning
traviamgz.com

3. Papeda ikan kuah kuning

Papeda tak hanya menjadi makanan khas Raja Ampat tetapi di seluruh Papua dan Maluku juga dapat kita temukan kuliner papeda. Perbedaannya terletak pada paduan ikan kuah kuning. Papeda  adalah  bubur  sagu  yang  memiliki   tekstur  lengket  dengan  cara  membuatnya  yang  cukup sederhana. Tepung sagu dicampurkan dengan air mendidih, rasanya memang hambar biasa dicampur lauk pauk dan sayuran.

Ikan kuah kuning biasanya menggunakan bahan dasar ikan cakalang,tuna,gabus,mubara atau tongkol. Sedangkan  kuah  terbuat  dari  campuran  bahanseperti  kunyit,  bawang merah,  bawang  putih,kemangi,sereh,jeruk  nipis,jahe,  daun  bawang  dan  cabe  rawit  jika  ingin  pedas.  Kuah ini  memiliki  rasa  gurih  dan asam.  Kuliner  yang  satu ini  banyak  ditemukan  di  daerah  Waisai    pulau  Waigeo  dengan  kisaran  harga Rp25.000 hingga Rp30.000.

 

Martabak Sagu
cdns.klimg.com

4. Martabak Sagu

Martabak  manis  atau  martabak telur mungkin  sudah  akrab  di  telinga,karena  merupakan  cemilan  khas indonesia yang mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Namun ada martabak yang sedikit berbeda yaitu martabak sagu. Martabak  sagu  dibuat  dari  sagu  yang  sudah  dikeringkan lalu  digoreng  dengan  tambahan  gula  aren  atau gula  merah  sebagai  pemanis.  Kue  yang  satu  ini  sangat  nikmat disantap  sebagai  penutup  makan dan menetralisir rasa gurih di lidah.

 

Udang Selingkuh
blogunik.com

5. Udang Selingkuh

Mendengar nama kuliner yang satu ini memang cukup unik dan mengundang rasa penasaran yaitu udang selingkuh.  Dinamakan  udang  selingkuh  karena  terdapat  capitudang  yang  menyerupai  kepiting  dengan ukuran besar sehingga perumpamaan tersebut adalah akibat selingkuhdengan kepiting. Menurut orang yang  pernah menikmati kuliner ini,sensasi makanan hidangan  ini seperti memakan udang  dan kepiting dalam satu kali santap.

 

Itulah beberapa kuliner yang unik dan khas yang ada di Raja Ampat. Bagi sebagian orang memang kuliner-kuliner ini cukup ekstrim dan bahkan tidak berani menyantapnya. Namun kamu wajib mencicipi makanan khas Raja Ampatmemiliki protein yang cukup tinggi.Selain itu kamu juga dapat menambah varian rasa lidahmu. Selamat mencoba!

Check Also

Pesona Pontianak

Jelajah Kuliner Di Kalimantan Barat

Berwisata  bukan  berarti  hanya  menjelajahi  tempat  tempat  wisata  di  suatu  daerah,  kamu  juga  harus memasukkan …