Wisata Penghilang Stress, Darajat Pass Bisa Jadi Pilihan

Wisata Penghilang Stress, Darajat Pass Bisa Jadi Pilihan

Garut adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Barat dan terkenal dengan dodolnya yang memiliki cita rasa tersendiri. Garut sendiri memiliki banyak kawasan wisata yang siap menyambut Kedatangan para wisatawan. Wisata tersebut antara lain seperti Situ Bagendit, Candi Cangkuang, Gunung Papandayan hingga Gunung Cikuray yang pesonanya mampu memanjakan mata wisatawan. Tak hanya wisata alam, kawasan wisata Garut juga memiliki kawasan wisata budaya dan sejarah di mana menceritakan kisah Garut pada masa kejayaan Hindu dan juga Islam. Selain itu Candi Cangkuang bisa menjadi wisata edukasi dan juga edukatif bagi wisatawan yang datang ataupun juga masyarakat yang ada di sekitar Garut.

Objek wisata lainnya adalah kawasan wisata yang juga berfungsi sebagai tempat penginapan dengan Resort, bungalow dan Villa yang berada di tengah-tengah pemandangan alam di sekitar kampung yang bernama Kampung Sampireun. Masih banyak lagi destinasi wisata yang tersimpan di balik kota Garut, karena Garut memang sudah cukup terkenal terutama dengan kulitnya. Masih ada kawasan wisata kuliner, yang dipadukan dengan penginapan seperti homestay atau hotel dan villa yang desainnya mengandalkan keindahan alam di sekitar kawasan tersebut, salah satunya adalah kawasan Puncak Darajat Pass.

Mengenal Darajat Pass

Kawasan wisata Darajat Pass telah ada sejak tahun 2010 yang didirikan dengan tujuan memberikan fasilitas serta pengalaman menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di kota Garut dan masyarakat yang ada di sekitar kawasan Puncak ini. Kawasan wisata Darajat Pass berada di daerah Desa Pandawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, dimana aksesnya juga cukup mudah untuk dilalui apalagi jalur dan jalan menuju ke Darajat Pass juga  sangat membantu wisatawan yang datang.

Garut dapat diakses dari Jakarta, Bandung hingga Cirebon tanpa ada kesulitan, dan kamu yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota besar maka kamu memilih tempat yang tepat jika memang menuju ke Darajat Pass. Darajat Pass adalah kawasan wisata yang cukup menarik, objek wisata ini juga salah satu area atau jalur pendakian untuk bisa sampai ke kawasan wisata Papandayan. Kawasan wisata sekaligus penginapan ini berdiri sejak tahun 2010 dan di tahun 2020 ini telah menjadi objek wisata favorit dengan kesan tersendiri di Garut.

Wisatawan juga selalu memadati objek wisata ini untuk menginap ataupun sekedar menikmati keindahan wisata yang ada. Darajat Pass tak salah jika saat ini menjadi Primadona, karena telah ada berbagai macam wahana permainan yang bisa dinikmati seperti Waterpark dan kolam renang. Adanya beragam Wahana ini tentu saja menjadi kawasan wisata yang seru jika dikunjungi bersama keluarga ataupun teman dan pasangan. Oleh karena itu banyak wisatawan yang memilih objek wisata ini untuk mengisi liburan atau menghabiskan akhir pekan.

 

wisata puncak darajat pass

Fasilitas Waterpark Darajat Pass

Darajat Pass telah memiliki fasilitas lengkap, dan salah satu fasilitas yang telah digunakan oleh pengunjung atau pengunjung penginapan dan para tamu adalah area Waterboom dan kolam air panas atau hot spring water. Pengunjung dapat menikmati kolam pemandian air panas yang konon dapat menyehatkan kulit serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Di kolam pemandian air panas juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti waterboom dan kolam khusus untuk anak-anak.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga, fasilitas Waterboom juga dilengkapi fasilitas seperti wahana papan slide atau seluncur yang akan membuat pengunjung merasakan sensasi berbeda. Bermain di tengah pemandangan alam tentu akan membuat pengalaman mu lebih berkesan, apalagi jika sambil bermain basah-basahan.

Khusus pengunjung anak-anak tersedia fasilitas menarik yaitu fasilitas ember tumpah dan kolam anak-anak serta wahana seluncur, karena khusus untuk anak-anak oleh karena itu fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup aman. Dan untuk pengunjung dewasa juga telah ada area khusus dengan fasilitas yang lengkap dan komplit yang mampu memanjakan para pengunjung dewasa maupun anak-anak. Di dekat pemandian air panas juga ada kawah Darajat yang sangat menarik untuk dilihat, namun jika pengunjung ingin melihat lebih dekat maka harus meminta izin terlebih dahulu kepada perusahaan pengelola kawah.

Fasilitas Outbound

Selain Waterpark pada Wahana outbound juga dilengkapi fasilitas yang sangat komplit. Jadi di tempat ini kamu tak hanya bisa menikmati area pemandian kolam air panas tetapi kamu juga dapat bermain di tengah suasana alam yang indah dan asri di tempat ini seperti permainan outbound dengan fasilitas yang menyenangkan. Fasilitas outbound bisa digunakan oleh para wisatawan, biasanya digunakan oleh para perusahaan yang sedang mengadakan acara di Darajat Pass. Kamu juga dapat melakukan beberapa kegiatan di area outbound.

Di area outbound pengunjung pasti akan bergabung dengan peserta lainnya untuk membuat sebuah tim dan dalam satu tim tentu sangat dibutuhkan kerjasama, sehingga secara tidak langsung permainan outbound akan melatih cara berpikir yang berbeda untuk mencapai satu tujuan. Hal tersebut tentu akan membuat peserta akan saling menghargai perbedaan, meskipun antara mereka tidak saling mengenal.

Mengabadikan gambar tentu tidak akan dilewatkan jika berada di suatu kawasan wisata, sama halnya di kawasan wisata Darajat Pass. Panorama keindahan wisata alam tentu akan menumbuhkan pesona yang mampu menarik perhatian dan menjadi sebuah perpaduan yang sangat menakjubkan. Fasilitas lain yang ada di outbond ini adalah ATV, dimana wisatawan bisa ikut berpetualang untuk menaklukkan jalur atau track yang cukup sulit, di tempat ini juga wisatawan bisa sambil melatih ketrampilan dan keahlian untuk bisa mengendarai ATV tersebut.

Selain ATV di area ini juga ada fasilitas menunggang kuda. Pengunjung dapat berkuda untuk berkeliling dan melihat kawasan Darajat Pass ini. Masih ada lagi fasilitas lain  yaitu jembatan gantung yang menjadi salah satu fasilitas yang menyenangkan dan juga seru, di mana pengunjung akan dibawa untuk menyeberangi sebuah jembatan yang sedikit menantang karena jembatan hanya menggunakan kayu dan tali tambang serta sling, sehingga jembatan tersebut terlihat kurang kokoh namun untuk segi keamanan sangat terjamin. Wahana jembatan gantung juga dapat melatih keterampilan dan keseimbangan tubuh.

Wahana flying fox yang ada di Darajat Pass juga siap memberikan pengalaman baru, apalagi lokasi ,tersebut berada di tengah pemandangan wisata kawasan wisata Darajat Pass yang sangat mengagumkan dan menyenangkan. Flying fox termasuk Wahana berkategori high-impact karena para pembimbing diwajibkan menggunakan peralatan safety untuk menjaga keamanan, tak ada satupun peralatan yang tertinggal. Tenaga operator operator dan semua instruktur telah memiliki pengalaman yang cukup handal di bidang flying fox tersebut. Pengunjung yang bermain flying fox harus menggunakan semua peralatan dan perlengkapan safety, dan itu semua perlengkapan adalah peralatan yang sudah teruji keamanannya, jadi pengunjung tak perlu khawatir.

 

wisata darajat pass yang fenomenal

Penginapan dan kuliner

Seperti yang sudah diketahui bahwa kawasan wisata Darajat Pass telah melengkapi fasilitas dengan penginapan dan area kuliner yang tak ketinggalan siap memanjakan lidah wisatawan. Ada berbagai macam jenis dan tipe penginapan untuk bermalam atau menginap di kawasan tersebut,  kawasan wisata kuliner siap memanjakan para wisatawan yang datang. Ada banyak tipe dan jenis penginapan yang bisa  dikunjungi oleh para wisatawan saat berlibur ke wisata ini. Bagi wisatawan yang ingin bermalam menikmati suasana di Darajat Pass bisa langsung menuju ke lokasi penginapan, pengunjung dijamin akan betah di penginapan tersebut karena letak dan lokasi yang sangat strategis yaitu di tengah keindahan alam di dalamnya.

Beberapa tipe kamar yang bisa digunakan oleh wisatawan yang berniat untuk berlibur di tempat ini adalah,

– untuk tipe room Sukalaksa, fasilitas yang didapatkan adalah 1 tempat tidur dengan 2 tempat tidur di dalamnya, kapasitas Sukalaksa berisi 4 orang dan sudah termasuk voucher untuk makan pagi. Di dalam kamar sudah terdapat kamar mandi lengkap dengan buthup serta fasilitas Welcome Drink. Fasilitas lainnya adalah televisi yang siap menghibur atau memberikan kemudahan pada para pengunjung. Sukalaksa ini pada hari biasa dihargai sebesar Rp 1.000.000 per malam, dan saat akhir pekan tarifnya berubah menjadi Rp 1.200.000 per malam.

Baca Juga :  Wisata Kota Bitung Yang Wajib Kamu Kunjungi

– Bungalow Karyamekar menjadi room pilihan berikutnya. Tarif Bungalow sekitar Rp 1.300.00 per malam dan pada akhir pekan dan libur nasional menjadi Rp 1.500.000 per malam. Kapasitas kamar dapat menampung 8 orang yang tentu saja sangat pas jika datang bersama rombongan. Terdapat dua kamar tidur yang terdiri dari 4 tempat tidur yang luas dan empuk. Bungalow juga tersedia area balkon buat kamu yang ingin bersantai dan menikmati suasana Darajat Pass dan tak ketinggalan taman yang sangat Asri. Kelengkapan lainnya adalah area ruang tamu serta pengunjung juga akan mendapatkan Welcome Drink. Kamar mandi juga sudah dilengkapi dengan air panas dan bathup yang besar. Di lihat dari fasilitas yang didapatkan oleh pengunjung, Bungalow Karyamekar harga seperti itu tentu masih terbilang murah.

– di room lainnya adalah Bungalow Pasirwangi dengan tarif sebesar Rp 1.2.00.000 per malam di hari biasa dan Rp 2.000.000 per malam di saat akhir pekan dan hari libur nasional. Memang terbilang mahal namun jika kamu telah melihat fasilitas yang disediakan pasti kamu akan mengatakan bahwa tempat ini murah. Bungalow Pasirwangi mampu menampung 12 orang yang tentu saja sangat pas jika pengunjung datang bersama rombongan atau sebuah perusahaan yang mengadakan acara gathering atau annual meeting dan Family Outing. Tersedia 3 kamar tidur yang didalamnya berisi 6 tempat tidur, ada dua tempat tidur. Bungalow Pasirwangi juga dilengkapi dengan area balkon untuk menikmati suasana di tengah-tengah keindahan Darajat Pass. Terdapat fasilitas ruang tamu di mana pengunjung dapat bercengkerama dengan keluarga atau teman sambil menikmati minuman hangat. Yang istimewanya lagi, di Bungalow Pasirwangi sudah ada mini kitchen, jadi pengunjung bisa memasak atau membuat makanan sendiri kapan pun mereka mau. Kamar mandi juga dilengkapi dengan air panas dan bathup. Dengan fasilitas lengkap dan dapat menampung 12 orang ini siap memanjakan pengunjung yang datang dan dengan harga yang masih terbilang murah.

– kamar Bedeng menjadi pilihan tipe kamar berikutnya, di mana kamar Bedeng ini akan menyediakan fasilitas breakfast serta kamar mandi didalam yang lengkap dengan bathup. Tipe kamar ini mampu menampung orang 4-5 sudah tersedia dua twin bed. Dengan harga berkisar Rp 400.000 – Rp 500.000 per malam kawasan wisata dan penginapan Darajat pas menjadi tempat yang siap mengistirahatkan pikiran dari hiruk-pikuk kota besar ataupun kesibukan yang kamu hadapi setiap hari.

Kawasan wisata dan penginapan Darajat pas juga menyediakan paket gathering bagi para pengunjung, tipe gathering tersebut terbagi dalam beberapa tipe dan bebas kamu pilih sesuai dengan selera.

– paket 10 orang sudah tersedia 1 Bungalow Pasirwangi dengan breakfast, lunch dan dinner secara gratis. Tiket outbound dan area Waterpark juga sudah lengkap, cukup dengan harga Rp 2.800.000 per malam pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas tersebut.

– paket 30 orang tersedia fasilitas komplit dengan harga sekitar Rp 320.000 per orang atau secara total bernilai Rp 9.600.000 per malam dan pengunjung sudah dapat menikmati  2 kamar Bungalow Pasirwangi dan 1 Bungalow Karyamekar.

Semua pengunjung yang ada di Darajat pas akan dihibur dengan musik-musik lengkap dengan MC dan 2 orang singer. Paket ini juga sudah dengan breakfast, lunch dan juga dinner, permainan outbound dan juga waterpark menjadi satu paket yang seru.

– Kapasitas 50 orang cocok bagi pengunjung yang ingin menggelar gathering atau acara sebuah perusahaan. Nikmati fasilitas kamar dengan dua tipe Bungalow Pasirwangi dan tiga Bungalow Karyamekar. Harga paket yang satu ini sebesar Rp 295.000 per malam atau secara total senilai Rp 14.750.000 per malam. Breakfast lunch dan dinner akan diberikan secara gratis serta mendapatkan pertunjukan musik lengkap dengan MC serta 2 penyanyi. Untuk outbound dan juga Waterpark wisatawan juga mendapatkan secara gratis, di mana mereka dapat bermain dengan bebas untuk menikmati liburan yang menyenangkan.

Selain tipe-tipe bungalow di atas masih ada tipe hotel yang siap memberikan kenyamanan para pengunjung.

– Untuk type 15 orang terdapat fasilitas 4 room Sukalaksa, sudah termasuk 2 buah tempat tidur yang ada didalam dengan interior ala hotel. Pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa makan pagi dan dinner serta tiket outbound dan Waterpark secara gratis. Paket ini dihargai sebesar Rp 380.000 atau jika di total sejumlah Rp 5.100.000.

– Untuk paket 30 orang dihargai total sekitar Rp 12.900.000 atau jika dihitung per orang seharga Rp 430.000. Fasilitas yang didapatkan di tipe yang ini berupa 8 room type Sukalaksa yang telah menyediakan 2 tempat tidur dan kamar mandi lengkap dengan air panas dan bathup. Sama dengan  paket 15 orang, di paket 30 orang juga akan mendapatkan fasilitas makan pagi, siang dan malam plus pertunjukan musik dengan MC dan 1 orang penyanyi. Keseruan akan bertambah dengan outbound dan Waterpark secara gratis.

– Dan paket yang terbesar adalah paket untuk 45 orang dengan total harga Rp 18.900.000 atau sekitar Rp  420.000 per orang. Fasilitas yang didapatkan adalah 16 room tipe Sukalaksa dengan dua tempat tidur dan satu kamar mandi yang juga dilengkapi dengan air panas dan bathup. Tak lupa juga akan diberi tiket gratis ke outbound dan Waterpark. Sama seperti paket lainnya, di paket ini juga akan diberikan gratis makan pagi, siang dan malam dengan menu yang bisa dipilih oleh pengunjung. Paket ini juga akan dilengkapi dengan pertunjukan musik yang dipandu 1 orang MC dan 2 orang penyanyi yang siap menceriakan malam pengunjung.

Kawasan wisata Puncak Darajat Pass ini memang sudah populer memiliki keindahan serta suasana alam yang alami. Lokasi kawasan wisata ini juga tak jauh dari Garut, yaitu di daerah administratif dari Kecamatan Pasirwangi, sekitar 25 km dari pusat kota Garut.

Jika berangkat dari Bandung bisa memilih arah Bundaran Tarogong Garut, lalu ambil jalur ke kanan dan melanjutkan perjalanan dengan terus berjalan sekitar 100 meter dari Bundaran tersebut hingga menemui pertigaan lalu ambil jalur ke kiri. Ikuti jalan hingga pengunjung menemui lagi pertigaan, lalu ambil ke arah kanan menuju kawasan wisata Darajat Pass. Kawasan ini memang lokasinya searah dengan Kampung wisata Kampung Sampireun, sehingga mudah ditemukan apalagi juga ada papan petunjuk yang siap membantu para wisatawan yang ingin menuju ke Darajat Pass.

Setelah bertemu dengan pertigaan dari Panunjuk Samarang, ikuti jalan sekitar 1 km dan lagi akan bertemu pertigaan ambil jalur ke Kampung Sampireun dan ambil jalur ke arah jalan raya Pasirwangi. Teruskan berjalan hingga bertemu dengan kawasan wisata Darajat Pass yang letaknya di ujung jalan utama.

Itulah informasi tentang kawasan wisata Darajat Pass yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Jika ingin mengetahui lebih jelas, wisatawan dapat mengunjungi website atau situs resmi Darajat Pass serta mengunduh brosur untuk mengetahui tentang detail dan fasilitas yang tersedia di tempat ini. Di situs resmi Darajat Pass wisatawan juga dapatnomor telepon atau kontak personal dengan pengelola kawasan ini, atau bisa juga melalui akun Facebook Darajat Pass. Semua akan dijelaskan secara detail di situs tersebut mengenai tipe harga dan biaya permalam.

Menarik bukan? Segera agendakan dari sekarang liburan dan pastikan memilih Darajat Pass untuk dapat menikmati pemandangan alam yang alami dan mempesona. Selamat berlibur!

Check Also

25 Tempat Makan Recommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

25 Tempat Makan dan CafeRecommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

Bogor menjadi pilihan utama bagi warga ibukota yang ingin menyegarkan pikiran di akhir pekan, karena …